Logo Bee Web

5+ Contoh Ide dan Peluang Usaha Paling Menjanjikan 2023

Sedang mencari ide dan peluang usaha 2023 modal kecil untung besar? Beberapa opsi bisnis kekinian ini pasti cocok dengan minat Anda!
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 7 July 2022

Di era revolusi industri 4.0 ini, tingkat pertumbuhan UMKM di Indonesia memang meningkat drastis. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari pengaruh perkembangan teknologi informasi, yang membuat berbagai macam ide dan peluang usaha menjadi semakin mudah dan menjanjikan.

Meskipun tingkat persaingan bisnis di era ini sangat tinggi, namun menjalankan aktivitas usaha bisa menjadi lebih mudah, praktis, dan minim modal dengan bantuan teknologi digital. Pasalnya, sekarang pelaku bisnis dapat menjangkau pasar lebih luas karena pemasaran produk bisa dilakukan online.

Daftar Ide dan Peluang Usaha Modal Kecil Terlengkap

Ide Dan Peluang Usaha Modal Kecil

Ilustrasi Contoh Peluang Usaha Modal Kecil seperti Online Shop (Sumber: Freepik.com)

Anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis, tapi bingung ingin memulai bisnis di bidang apa? Beberapa contoh usaha minim modal dengan peluang untung menjanjikan di bawah ini mungkin sesuai dengan skill dan passion Anda!

  • Makanan Ringan

Salah satu contoh ide dan peluang usaha makanan yang bisa dijadikan referensi adalah memulai bisnis camilan (makanan ringan). Agar lebih dilirik oleh pangsa pasar, maka Anda bisa berinovasi dengan menghadirkan aneka camilan unik dan beda dengan berbagai variasi rasa.

Usaha camilan memiliki peluang laku sangat tinggi sebab peminatnya sangat banyak. Supaya bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, maka Anda bisa menawarkan opsi yang lebih beragam. Misalnya, memodifikasi camilan keripik kaca dengan varian rasa, seperti keju, barbeque, dan sebagainya.

  • Desain Uang Mahar

Bagi Anda yang memiliki jiwa kreatif, maka bisa mencoba menggeluti peluang usaha desain uang mahar custom. Selain tidak membutuhkan modal besar, Anda juga tidak akan kesulitan mencari pelanggan karena mahar berupa uang yang didesain sedemikian rupa sangat diminati di Indonesia.

Untuk memperluas jangkauan konsumen, Anda bisa bergabung dengan berbagai platform online, termasuk membuka lapak di marketplace. Semakin banyak yang tahu mengenai jasa yang Anda tawarkan, maka semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan.

Baca Juga: Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Coba

  • Thrift Store

Contoh Ide Peluang Usaha Thrift Shop

Ilustrasi Usaha Thrift Shop (Sumber: Pexels.com)

Peluang untuk sukses dengan membuka usaha thrift store (pakaian bekas) nyatanya sangat besar. Menariknya lagi, Anda bahkan tidak perlu mempersiapkan modal besar untuk memulainya. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah membeli pakaian bekas bagus dan layak pakai yang harganya murah.

Hanya saja, karena tingkat persaingannya tinggi. Anda dituntut dapat menghadirkan strategi pemasaran kreatif. Misalnya, Anda memang fokus mencari pakaian bekas branded. Dengan label barang branded tersebut, tentu tidak akan sulit bagi Anda menjualnya dengan harga tinggi.

  • Souvenir

Ide dan peluang usaha yang bisa dijadikan bahan pertimbangan selanjutnya adalah bisnis souvenir. Seperti diketahui, event-event besar seperti, pernikahan, ulang tahun, dan sebagainya sangat erat kaitannya dengan souvenir. Sehingga peluang larisnya juga semakin tinggi.

Mengingat tingkat persaingan di bidang bisnis souvenir cukup ketat. Anda harus mampu menyuguhkan produk yang beda dari lainnya. Jadi, selain menawarkan harga yang terjangkau, kualitas dan desain produk souvenir Anda juga harus unik serta bagus agar mudah terjual.

  • MUA (Makeup Artist)

Anda suka bermain-main dengan alat rias tapi masih bingung ingin bisnis apa ya 2023 ini? Kenapa tidak mencoba peruntungan berkarir sebagai MUA? Apalagi, dewasa ini semakin banyak perempuan yang sadar akan betapa pentingnya tampil menarik, tidak peduli apapun backgroundnya.

Selain acara krusial seperti, pernikahan. Saat ini jasa MUA juga banyak digunakan untuk keperluan photoshoot. Jadi, peluang mendapatkan klien memang jauh lebih besar. Untuk mempromosikan layanan rias, Anda dapat memanfaatkan sosial media atau kerjasama dengan wedding organizer.

  • Frozen Food

Jika Anda memiliki modal cukup besar, maka tidak ada salahnya mencoba menjajaki ide dan peluang usaha frozen food atau makanan beku. Di zaman modern sekarang, sebagian orang lebih suka dengan hal-hal praktis. Termasuk dalam menyajikan dan mengkonsumsi makanan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka frozen food selalu menjadi opsi pilihan utama. Jika Anda ingin bisnis frozen food lebih laris, cobalah berkreasi dengan menghadirkan varian rasa atau bentuk baru. Misalnya, membuat fish cake yang bentuknya benar-benar terlihat seperti ikan.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda

Kesimpulan

Berencana untuk mencoba satu dari enam ide dan peluang usaha modal kecil untung besar diatas, tapi bingung mengelolanya? Jangan cemas, percayakan semua kebutuhan akuntansi keuangan bisnis Anda dengan software terbaik Beecloud.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka bisnis, selain ide dan persiapan yang matang Anda juga butuh mengetahui berapa modal yang Anda punya, perhitungan HPP, stok dan nantinya perhitungan laba-rugi.

Pada laporan laba rugi seperti jumlah laba/rugi, rincian pendapatan, rincian beban. Kemudian, hitunglah dan lakukan analisis rasio keuangan seperti profitabilitas, efisiensi, ROI (Return of Investment), laba per lembar saham dan lainnya.

Selain kinerja keuangan perusahaan, lewat laporan laba rugi Anda juga dapat menilai risiko dari bisnis Anda. Lihatlah laba yang memperoleh setiap bulan ataupun dari tahun ke tahun.

Untuk mengolah data dengan cepat dan melakukan pembukuan keuangan usaha Anda, perlu software akuntansi online seperti Beecloud. Laporan keuangan langsung jadi hanya dengan 1x klik. Lihat laporan laba rugi juga bisa kapan saja dan di mana saja. Coba gratis software akuntansi Beecloud sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Banner Beecloud Laporan Neraca

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

7+ Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis UMKM
Dalam menjalankan bisnis menentukan target  market atau target pasar adalah hal penting, agar proses pemasaran nanti mendapatkan angka penjualan yang
Baca Juga
Contoh Laporan Bisnis Sederhana dan Cara Membuatnya
Laporan bisnis menjadi salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan lagi dalam proses berbisnis, dimana dari laporan ini akan memberikan
Baca Juga
Jastip Adalah: Pengertian, Cara Kerja serta Tips
Jastip adalah singkatan dari jasa titip, bisnis ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama dengan semakin berkembangnya teknologi
Baca Juga
Mau Belajar Membuat Akuntansi Laporan Keuangan? Ini Caranya!
Laporan keuangan berperan penting dalam operasional usaha, baik skala besar hingga kecil sekalipun. Selain memudahkan proses administrasi, juga memperlancar keuangan
Baca Juga
Tips Manajemen Konflik, Atasi Masalah di Tempat Kerja
Manajemen konflik - Anda tentu pernah mengalami situasi di mana perbedaan pendapat atau kepentingan muncul di antara individu atau kelompok
Baca Juga
Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda
Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung tentang cara menemukan ide bisnis kreatif. Sebenarnya, menemukan ide bisnis yang kreatif itu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu