Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Coba

Wednesday, 28 August 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernahkah Anda mendengar atau melihat himbauan untuk mengurangi sampah plastik? Gerakan anti plastik ini mungkin terlihat sederhana namun besar manfaatnya. Ide Usaha kreatif ini dimulai dari kesadaran masyarakat tentang dampak buruk sampah bagi bumi. Kebiasaan yang baik ini ternyata juga bisa  dijadikan sebagai lahan bisnis. Tapi bagaimana caranya? Langsung saja simak penjelasannya.

Ide Kreatif yang Ramah Lingkungan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh GreenMatch, pada tahun 2020 yang akan datang, banyak orang akan lebih memilih barang atau jasa yang terbuat dari bahan dasar serta cara pembuatan yang ramah lingkungan. Hal ini berangkat dari kesadaran manusia untuk terus menjaga kebersihan bumi agar bumi tetap dapat menjadi tempat yang layak untuk ditinggali.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda

Anda akan mendapat banyak keuntungan jika konsisten dalam melakukan kebiasaan ini. Selain ikut menghijaukan dan memperbaiki kondisi bumi yang mulai rusak ini, Anda juga bisa menjadikannya sebagai peluang berbisnis. Kira-kira ada bisnis apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ini akan dijelaskan empat ide bisnis ramah lingkungan yang bisa Anda coba.

1. Daur ulang sampah non organik

ide usaha kreatif
Gambar 1. Memanfaatkan Sampah (Sumber: Google.co.id)

Ide bisnis yang pertama adalah jasa pengolahan sampah dengan sistem daur ulang. Dengan bisnis ini, Anda dapat membantu mengolah sampah agar tidak mencemari lingkungan. Anda dapat mengumpulkan berbagai macam sampah non organik yang ada di lingkungan sekitar dan mulai mendaur ulangnya menjadi beragam varian kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi.

Sekarang sudah banyak orang yang menjual aneka kerajinan tangan dari hasil pengolahan sampah. Anda pun bisa mencoba membuatnya dengan menambahkan ciri khas pada produk kerajinan tangan buatan Anda. Ada banyak kerajinan tangan yang dapat Anda buat dari sampah non organik ini contohnya, tas pergi, tempat pensil, tempat tisu, dompet, tas belanja, dan lain lain.

2. Membuat kemasan produk yang ramah lingkungan

Kemasan pada produk dan makanan merupakan salah satu penyumbang sampah plastik terbesar. Selain dapat mencemari lingkungan, sampah plastik juga menyebabkan banyak satwa yang tumbuh dengan tidak sehat bahkan tak sedikit pula yang mati. Melihat adanya fenomena ini, Anda dapat membuka bisnis pembuatan kemasan produk dan makanan yang lebih ramah lingkungan.

Pada bisnis food and beverage atau F&B, Anda dapat menciptakan inovasi pembuatan kemasan produk atau makanan yang tidak akan mencemari lingkungan walau hanya digunakan sekali saja. Anda juga bisa menciptakan alat makan yang bisa digunakan berkali-kali, misalnya menciptakan sendok dan garpu dari kayu dan kantong plastik yang bisa cepat terurai.

3. Membuat sabun yang ramah lingkungan

Sabun yang sering Anda gunakan kebanyakan mengandung zat yang dapat mencemari lingkungan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membuat sabun yang berbahan dasar non toxic contohnya, paraben free dan plant based sehingga sabun menjadi lebih ramah lingkungan. Bisnis ini pun tidak memerlukan banyak modal tapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Ini karena bahan dasar yang digunakan juga cukup mudah didapat dan harganya juga tidak terlalu mahal. Anda dapat memproduksi sabun badan, shampoo, sabun cuci piring, sabun cuci baju, pasta gigi, serta sabun pembersih lantai. Anda dapat memasarkannya langsung ke teman, tetangga, saudara, atau pebisnis besar seperti rumah makan, jasa laundry, atau hotel.

Banyak orang sudah sukses dengan ide usaha kreatif yang ramah lingkungan, kini giliran Anda. Hal yang terpenting yakni Anda harus jeli dalam melihat peluang maka ide kreatif akan muncul dengan sendirinya. Carilah produk yang bisa dijadikan solusi dalam usaha pencegahan pencemaran lingkungan dan kemudian susunlah strategi pemasarannya. Kira-kira apa ide kreatif Anda?

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :