Logo Bee Web

9 Tips Sukses Bisnis Warung Sederhana

Istilah warung sederhana bukan lagi menjadi istilah asing masyarakat Indonesia, bisnis warung menyediakan kebutuhan sehari-hari
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 27 February 2023

Istilah warung sederhana bukan lagi menjadi istilah asing masyarakat Indonesia, bisa berupa bisnis warung kelontong yang menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari-hari atau warung makan dengan sajian makanan khas rumahan.

Sebagai pebisnis warung dengan kebiasaan masyarakat seperti ini tentu saja akan sangat menguntungkan, Karena potensi konsumen berdatangan tinggi.

Namun, ramai saja ternyata tidak cukup. Pebisnis perlu melakukan scale up seperti layanan kasir dan nota, agar bisa bersaing dengan warung-warung lainnya.

Untuk itu, dalam artikel ini akan membahas tentang strategi untuk meningkatkan kualitas warung baik internal maupun eksternal.

Tips Sukses Bisnis Warung Sederhana Untung Milyaran

Berikut deretan tips sukses kelola bisnis warung sederhana jadi profesional dan untung besar:

1. Rencana Bisnis yang Matang (Business Plan)

Tips pertama yang wajib dilakukan oleh pebisnis sebelum benar-benar memulai bisnis warung sederhana adalah melakukan perencanaan terlebih dahulu. Kenapa? Hal ini untuk membantu Anda mengelola bisnis di masa depan.

Rencana Bisnis Warung Sederhana

ilustrasi perencanaan bisnis (sumber: Unsplash)

Dengan melakukan perencanaan juga Anda akan mengetahui jenis bisnis warung sederhana apa yang akan Anda jalankan, bagaimana caranya, dibangun di mana, bagaimana pengelolaannya sampai bagaimana manajemen bisnis nantinya untuk mengelola operasional warung.

Jika saat ini bisnis warung Anda sudah berdiri dan belum memiliki perencanaan yang matang, coba atur kembali dan tentukan apa kekurangan dan kelebihannya selama Anda mengoperasikannya. Dari data ini Anda bisa melakukan evaluasi untuk bisnis yang lebih baik lagi nantinya.

2. Analisa Target Pasar

Kedua adalah melakukan analisa target pasar. Analisa target pasar ini digunakan untuk menentukan bagaimana sistem operasional warung sederhana secara keseluruhan. Mulai dari desain warung sampai pada harga yang akan ditetapkan.

Meskipun warung Anda warung sederhana, perencanaan yang matang dan analisa pasar masih perlu dibutuhkan. Sebab, dengan strategi yang matang ini warung sederhana Anda berpotensi mendapatkan keuntungan yang tidak sederhana.

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Jika rencana sudah disusun dan analisa target pasar sudah dilakukan, berikutnya adalah memilih lokasi yang strategis untuk dijadikan sebagai warung sederhana ini. Usahakan lokasi yang Anda pilih adalah lokasi yang mudah dijangkau oleh banyak orang.

Lokasi Strategis Untuk Bisnis

ilustrasi survey lokasi strategis (sumber: Unsplash)

Jika merasa bingung dan kerepotan, Anda bisa menggunakan bagian depan rumah Anda untuk dijadikan sebagai tempat warung sederhana. Anda bisa lebih hemat dalam biaya sewa lokasi warung Anda.

4. Analisa Kompetitor

Tips berikutnya agar bisnis warung sederhana bisa untuk jutaan adalah jangan malam untuk menganalisis kompetitor. Bukan bermaksud jahat atau sejenisnya, analisa Kompetitor ini digunakan untuk mengetahui bagaimana kinerja kompetitor sehingga kita bisa bersaing dengan sehat dengan mereka.

Cara analisa Kompetitor paling sederhana adalah dengan mencatat apa saja keunggulan dan kekurangan dan bisnis kompetitor lali bandingkan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Dari perbandingan ini ambil hasilnya dan lakukan perbaikan jika memang ada kesalahan, atau bisa menambahkan jika dirasa ada hal yang perlu ditambahkan. Selain itu, dengan melakukan analisa kompetitor Anda bisa mengetahui bagaimana pergerakan mereka, sehingga Anda tidak terlalu jauh ketinggalan dalam melakukan inovasi. Sehingga, bisa terus bersaing dengan mereka.

5. Menghitung Modal Biaya

Selanjutnya adalah menghitung modal awal, modal biaya ini nantinya akan digunakan untuk merancang bagaimana warung sederhana ini akan dibangun, produk apa saja yang akan dijual, bagaimana pengoperasiannya dan lain sebagainya.

Perhitungan Modal Biaya

ilustrasi perhitungan modal biaya (sumber: Istockphoto)

Perhitungan modal ini cukup penting untuk pebisnis pemula, agar mereka tidak salah langkah dalam mengambil keputusan. Bisnis pun bisa dijalankan dengan lancar karena dari awal sudah diperhitungkan.

Dikutip dari modal rakyat. Modal ini akan terus berulang sesuai dengan tingginya kapasitas produksi. Artinya, semakin banyak kapasitas yang diproduksi akan membuat biaya operasional semakin meningkat karena harus membayar listrik lebih banyak, karyawan lebih banyak, dan lainnya.

6. Riset dan Menentukan Supplier

Berikutnya adalah melakukan riset supplier untuk menentukan siapa pemasok barang yang kompatibel dengan rencana Anda, baik dalam segi harga maupun kualitas barang yang mereka sediakan. Untuk menemukannya Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Bisa melalui sosial media, internet, atau dari kompetitor yang sudah Ada analisa sebelumnya.

Kenapa harus melakukan riset terlebih dahulu? Sebab, supplier ini akan menentukan seberapa kualitas produk yang Anda jual dan berapa biaya yang anda keluarkan. Yang mana, produk-produk yang akan Anda tawarkan nantinya berasal dari supplier ini, jika salah memutuskan mengambil supplier. Maka, imbas kepada bisnis Anda nantinya juga akan cukup besar. Salah satunya, ketidaksesuaian kualitas produk yang menyebabkan banyak konsumen kecewa.

Nama bisnis Anda akan tercoreng di mata konsumen, penjualan menurun dan akhirnya akan rugi. So, lebih baik berhati-hati dan lakukan riset sedalam mungkin sebelum memutuskan siapa supplier yang tepat untuk menjadi pemasok produk dalam warung sederhana Anda.

7. Gunakan Konsep Unik

Selanjutnya adalah menggunakan konsep yang unik. Sudah menjadi sifat dasar manusia yang suka penasaran dengan hal baru dan cenderung tertarik dengan hal-hal asing yang belum mereka temui sebelumnya.

Dengan ini, Anda bisa dijadikan sebagai peluang dengan mendesain warung sederhana Anda menjadi warung yang berbeda dan unik jika dibandingkan dengan yang lain.

Selain bisa menarik perhatian konsumen, penggunaan konsep yang unik juga memudahkan warung Anda dikenal banyak orang sehingga proses branding-nya juga bisa terjadi lebih mudah dibandingkan dengan bisnis yang biasa-biasa saja.

Ada satu catatan penting dalam menerapkan konsep unik ini selain siap-siap kebanjiran konsumen. Yakni, ungkapan ketidaksukaan dari konsumen yang memang tidak sejalur dengan selera Anda. Jangan khawatir, berbeda selera itu wajar dan sebagai pebisnis Anda bisa jadikan sebagai bahan evaluasi untuk perkembangan di masa depan.

8. Lakukan Promosi

Tips berikutnya agar bisnis warung sederhana Anda bisa main cuan adalah dengan melakukan promosi. Dengan melakukan promosi ini diharapkan warung Anda semakin dikenal banyak orang.

Jika memang target market Anda adalah masyarakat sekitar Anda bisa melakukan promosi melalui pesan teks atau dengan menyebarkan selebaran terkait produk apa saja yang bisa dibeli di warung Anda.

Promosi Bisnis Melalui Sosmed

ilustrasi mempromosikan usaha di sosial media (sumber: Unsplash)

Atau dengan memasang promo tertentu, sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media sosial untuk melakukan promosi, khususnya jika warung Anda menyediakan pembelian jarak jauh.

9. Kelola Manajemen Keuangan dengan Baik

Selanjutnya adalah mengelola keuangan warung dengan baik. Sistem pengelolaan keuangan dalam warung sangat menentukan bagaimana kinerja bisnis warung Anda selama ini. Sebab, dari keuangan ini Anda akan mengetahui seberapa besar pemasukan bahkan berapa besar kerugian dari bisnis yang Anda jalankan. Sehingga, dimana depan Anda bisa melakukan evaluasi.

Caranya mengelola manajemen keuangan warung sederhana yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan pembukuan, baik pembukuan secara manual dengan buku, menggunakan Excel atau menggunakan software akuntansi. Yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Manajemen keuangan ini juga akan memudahkan Anda dalam mengatur urusan lain khususnya untuk pengembangan bisnis. Karena, hampir sebagian besar pebisnis hanya fokus dalam urusan dan masalah keuangan mereka saja dan melupakan urusan scale up bisnis yang sama-sama pentingnya.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis warung sederhana dengan dengan pengelolaan stok dan keuangan yang tidak begitu sulit, Anda bisa menggunakan software kasir Beepos. Untuk masalah pengelolaan stok atau keuangan, Penasaran? Klik di bawah untuk lebih detailnya!

Software Kasir Untuk Akuntansi

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Rincian Modal dan Persiapan Memulai Usaha Digital Printing
Digital printing merupakan bidang dengan lingkup yang sangat luas, serta membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sebelum memulai usaha digital printing,
Baca Juga
10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023
Bisnis sukses, dikenal banyak orang sampai menjadi pilihan utama konsumen ketika akan membeli produk sejenis, salah satu caranya adalah paham
Baca Juga
11 Ide Bisnis Musim Konser Dijamin Menguntungkan
Musim konser di Indonesia sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2022 lalu, mulai dari konser artis dalam negeri, beberapa grup KPOP
Baca Juga
Contoh Laporan Kegiatan Usaha dan Cara Membuatnya
Laporan kegiatan usaha menjadi salah satu landasan perusahaan dalam mengevaluasi kinerja. Melalui laporan ini, perusahaan dapat menggambarkan pencapaian, tantangan, dan
Baca Juga
Contoh Segmentasi Psikografis, Karakteristik dan Cara Penerapannya
Konsep segmentasi psikografis dalam bisnis digunakan sebagai alat yang sangat berharga bagi para pemasar dan pemangku kepentingan bisnis. Segmentasi prikografis
Baca Juga
Usaha Thrift Adalah Bisnis Peluang Besar, Begini Tipsnya
Thrift adalah sejenis usaha dengan menjual barang bekas namun masih layak pakai. Akhir-akhir ini usaha thrift menjadi bisnis yang menjanjikan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu