🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda

mau memulai bisnis tapi bingung mau membuka bisnis apa? Coba praktekkan beberapa tips pada artikel di bawah ini.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 28 August 2019

Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung tentang cara menemukan ide bisnis kreatif. Sebenarnya, menemukan ide bisnis yang kreatif itu tidak sesulit yang dibayangkan.

Cukup pikirkanlah sesuatu yang dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dan kembangkanlah pemikiran tersebut. Dengan begitu, Anda bisa melihat peluang untuk mulai berbisnis.

Langkah Mudah Untuk Menemukan Ide Bisnis yang Kreatif

ide kreatif bisnis

Lakukan riset terlebih dahuli (Sumber: Freepik.com)

Hal yang terpenting dalam membuka suatu usaha atau bisnis adalah melangkah dengan yakin dan benar. Beberapa langkah yang akan dibahas pada artikel kali ini semoga dapat menjadi pedoman bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis. Sehingga, Anda semakin yakin dan benar dalam melangkah dan mengembangkan bisnis Anda tersebut.

1. Melakukan Riset Pasar dan Produk

Hal yang pertama adalah melakukan sebuah riset terhadap produk yang akan Anda jual. Anda dapat mencoba membuat daftar pertanyaan singkat untuk melakukan sebuah riset misalnya, dimanakah Anda akan menjual barang tersebut?, siapa yang cocok membeli barang dagangan Anda?, apa saja keunggulan dari produk Anda?, dan pertanyaan lainnya seputar barang itu.

Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi lebih lanjut tentang barang tersebut melalui internet. Anda bisa mengembangkan ide yang sudah ada menjadi ide yang lebih baik lagi. Anda dapat menambahkan ciri khas yang unik dan istimewa sehingga membuat barang dagangan Anda benar-benar orisinil dan tidak akan dijumpai di tempat lain.

2. Belajar dari Orang Lain

Misalnya Anda ingin membuka bisnis kedai kopi, maka datanglah ke beberapa kedai kopi yang laris manis di daerah Anda. Anda juga bisa menanyakan pada pemilik kedai kopi itu mengenai cara-cara mereka berbisnis dan melihat peluang yang baik. Setelah itu, Anda dapat meramu pengalaman dan masukan mereka untuk dijadkan sebagai pedoman awal bisnis Anda.

3. Jadikan Masalah Pribadi jadi Inspirasi Bisnis

Tanpa kita sadari, seringkali ide bisnis yang kreatif itu awalnya berasal dari masalah pribadi. Misalnya, Anda sulit untuk menemukan kain dengan kualitas yang baik dengan harga murah di daerah Anda. Kebanyakan penjual kain di daerah Anda menjual kain dengan kualitas biasa saja tapi harganya sangat mahal. Hal ini bisa dijadikan ide Anda membuka sebuah toko kain.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Kreatif Kekinian 2023 dengan Modal Kecil

4. Analisa Lingkungan Sekitar

Tak hanya masalah pribadi, masalah orang lain juga bisa menjadi sebuah inspirasi dalam berbisnis. Awalnya Anda hanya ingin membantu teman atau saudara, lama kelamaan hal itu dapat dijadikan sebuah ide bisnis.

Contohnya jasa titip yang sedang marak di pasaran. Jasa titip adalah jasa membelikan barang dari tempat yang jauh dan tidak memungkinkan untuk didatangi. Anda dapat menawarkan jasa titip ini untuk memudahkan mereka yang menginginkan barang dari tempat tertentu.

Misalnya dari barang dari luar negeri atau toko-toko yang ada diluar daerah yang tidak dapat didatangi langsung oleh teman atau saudara Anda. Dengan begitu, Anda dapat membuka bisnis yang menguntungkan sekaligus juga membantu orang tersebut.

5. Mencoba Lebih Kritis dan Sigap Membaca Peluang Bisnis

Ide bisnis yang kreatif bisa juga didapatkan dari hal-hal yang sedang tenar. Anda hanya perlu jeli dalam melihat hal-hal yang sedang tenar agar bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Seperti penjual slime yang sekarang banyak kita jumpai. Banyak orang menjual slime bermacam warna. Mereka mencoba menjualnya setelah slime mulai tenar pada waktu itu.

Sebenarnya, untuk memulai bisnis itu tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu berpikir kreatif atau thinking out of the box lalu mengembangkannya. Sampai disini sudah menemukan ide bisnis yang Anda inginkan? Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam berbisnis.

Bisnis yang sukses membutuhkan kontrol yang kuat atas keuangan. Dengan software akuntansi Beeaccounting, Anda dapat dengan mudah mengontrol dan memantau cash flow bisnis Anda.

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Dapatkan laporan harian, bulanan, atau tahunan secara otomatis yang memberikan wawasan yang jelas tentang kinerja keuangan bisnis Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini, langganan sekarang dan rasakan perbedaannya!

Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis, Contoh dan Caranya
Guerilla marketing atau pemasaran gerilya adalah strategi pemasaran yang tak konvensional dan kreatif, telah menjadi seni tersendiri dalam menghadapi persaingan
Baca Juga
Ingin Punya Restoran Ramai Pengunjung? Inilah 5 Tipsnya
Restoran ramai adalah impian semua pebisnis di bidang kuliner. Peluang bisnis di bidang kuliner memang sangat menjanjikan karena akan selalu
Baca Juga
Contoh Format Order untuk Usaha Online Shop
Ketika pertama kali membuat sebuah bisnis online shop, tentu siapapun akan bingung untuk memulainya dari mana. Salah satu yang sering
Baca Juga
15 Contoh Usaha Jasa di Tahun 2023 dan Tips Suksesnya
Usaha jasa adalah jenis bisnis yang menyediakan layanan atau jasa kepada konsumen. Contoh usaha jasa ini tidak memproduksi barang fisik,
Baca Juga
Kompetitor Adalah Pesaing, Pahami Arti dan Cara Analisisnya
Kompetitor adalah pesaing usaha yang berbisnis dibidang yang sama, menawarkan produk/ jasa yang sama. Bisa berada di wilayah yang berbeda
Baca Juga
7 Digital Marketing Strategy Tokcer yang Bisa Anda Coba
Banyak perusahaan atau pebisnis yang membutuhkan digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa yang mereka miliki. Akan tetapi, banyak
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu