Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda

Wednesday, 28 August 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung tentang cara menemukan ide bisnis yang kreatif. Sebenarnya, menemukan ide bisnis yang kreatif itu tidak sesulit yang dibayangkan. Cukup pikirkanlah sesuatu yang dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dan kembangkanlah pemikiran tersebut. Dengan begitu, Anda bisa melihat peluang untuk mulai berbisnis.

Baca Juga: Urutan E-Commerce Terbaik untuk Anda yang Ingin Ekspansi Bisnis

Langkah Mudah Untuk Menemukan Ide Bisnis yang Kreatif

Hal yang terpenting dalam membuka suatu usaha atau bisnis adalah melangkah dengan yakin dan benar. Beberapa langkah yang akan dibahas pada artikel kali ini semoga dapat menjadi pedoman bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis. Sehingga, Anda semakin yakin dan benar dalam melangkah dan mengembangkan bisnis Anda tersebut.

1. Melakukan sebuah riset terhadap barang maupun pasar

ide kreatif bisnis
Gambar 1. Lakukan riset terlebih dahuli (Sumber: Freepik.com)

Hal yang pertama adalah melakukan sebuah riset terhadap produk yang akan Anda jual. Anda dapat mencoba membuat daftar pertanyaan singkat untuk melakukan sebuah riset misalnya, dimanakah Anda akan menjual barang tersebut?, siapa yang cocok membeli barang dagangan Anda?, apa saja keunggulan dari produk Anda?, dan pertanyaan lainnya seputar barang itu.

Selain itu, Anda juga bisa mencari informasi lebih lanjut tentang barang tersebut melalui internet. Anda bisa mengembangkan ide yang sudah ada menjadi ide yang lebih baik lagi. Anda dapat menambahkan ciri khas yang unik dan istimewa sehingga membuat barang dagangan Anda benar-benar orisinil dan tidak akan dijumpai di tempat lain.

2. Belajar dari kesuksesan bisnis orang lain

Misalnya Anda ingin membuka bisnis kedai kopi, maka datanglah ke beberapa kedai kopi yang laris manis di daerah Anda. Anda juga bisa menanyakan pada pemilik kedai kopi itu mengenai cara-cara mereka berbisnis dan melihat peluang yang baik. Setelah itu, Anda dapat meramu pengalaman dan masukan mereka untuk dijadkan sebagai pedoman awal bisnis Anda.

3. Masalah pribadi bisa dijadikan sebuah ide bisnis

Tanpa kita sadari, seringkali ide bisnis yang kreatif itu awalnya berasal dari masalah pribadi. Misalnya, Anda sulit untuk menemukan kain dengan kualitas yang baik dengan harga murah di daerah Anda. Kebanyakan penjual kain di daerah Anda menjual kain dengan kualitas biasa saja tapi harganya sangat mahal. Hal ini bisa dijadikan ide Anda membuka sebuah toko kain.

4. Terinspirasi dari masalah orang lain

Tak hanya masalah pribadi, masalah orang lain juga bisa menjadi sebuah inspirasi dalam berbisnis. Awalnya Anda hanya ingin membantu teman atau saudara, lama kelamaan hal itu dapat dijadikan sebuah ide bisnis. Contohnya jasa titip yang sedang marak di pasaran. Jasa titip adalah jasa membelikan barang dari tempat yang jauh dan tidak memungkinkan untuk didatangi.

Anda dapat menawarkan jasa titip ini untuk memudahkan mereka yang menginginkan barang dari tempat tertentu, misalnya dari barang dari luar negeri atau toko-toko yang ada diluar daerah yang tidak dapat didatangi langsung oleh teman atau saudara Anda. Dengan begitu, Anda dapat membuka bisnis yang menguntungkan sekaligus juga membantu orang tersebut.

5. Pandai-pandailah membaca peluang dari hal yang sedang tenar

Ide bisnis yang kreatif bisa juga didapatkan dari hal-hal yang sedang tenar. Anda hanya perlu jeli dalam melihat hal-hal yang sedang tenar agar bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Seperti penjual slime yang sekarang banyak kita jumpai. Banyak orang menjual slime bermacam warna. Mereka mencoba menjualnya setelah slime mulai tenar pada waktu itu.

Sebenarnya, untuk memulai bisnis itu tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu berpikir kreatif atau thinking out of the box lalu mengembangkannya. Sampai disini sudah menemukan ide bisnis yang Anda inginkan? Selamat mencoba dan semoga berhasil dalam berbisnis.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :