Apa itu E-Commerce? Inilah Penjelasannya

Wednesday, 9 December 2020
Anggara Farhan
Anggara Farhan
Penjelasan Apa Itu E-commerce

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Berkat Internet, perkembangan teknologi telah menimbulkan peluang baru dalam dunia bisnis. Web E-commerce adalah salah satunya. Banyak orang belum mengetahui apa itu e commerce, atau bahkan hingga saat ini masih banyak yang menjalankan bisnisnya secara offline. Namun, apakah Anda tahu apa itu e commerce?

Apakah bisnis e commerce adalah salah satu bisnis yang akan bermanfaat bagi Anda? Bagaimana perkembangannya di Indonesia? Silahkan simak lebih lanjut artikel ini yang menjelaskan tentang pengertian e commerce.

Apa itu E commerce?

Penjelasan Apa Itu E-commerce

Memahami Pengertian E-commerce (Sumber: Pexels.com)

Apa itu e commerce? Pengertian website e commerce adalah semua kegiatan pembelian dan penjualan yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun sarananya termasuk televisi dan telepon, sekarang e-commerce lebih umum melalui internet.

Karena pemahaman ini, ada kesalahpahaman dari e commerce dan marketplace. Istilah e commerce digunakan untuk menggambarkan semua transaksi menggunakan media elektronik.

Marketplace sendiri merupakan salah satu model e commerce, di mana itu bermanfaat sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu melayani pembelian. Semua kegiatan lain seperti manajemen situs web telah dirawat oleh platform. Situs-situs seperti Tokopedia dan Blibli adalah dua contoh marketplace.

Baca Juga:ย Contoh Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan

Perkembangan E-commerce di Indonesia

Industri e commerce berkembang sangat pesat di Indonesia akhir-akhir ini. Bahkan, negara kita berada di atas 10 negara yang pertumbuhan e commerce tercepat di dunia.

Pada 2018 itu sendiri, e commerce di negara kita memiliki pertumbuhan 78%. Dari tingkat pertumbuhan, 17,7% di antaranya merupakan transaksi pembelian produk tiket pesawat dan pemesanan hotel. Di sisi lain, pembelian produk fashion beserta alas kaki menyumbang 11,9%, sedangkan 10% berasal dari produk kosmetik dan produk kesehatan.

Dinilai dari statistik ini, memiliki situs e commerce tentu akan sangat menguntungkan, baik bagi Anda yang sudah memiliki bisnis dan yang baru akan dimulai. Apalagi, e commerce menawarkan banyak manfaat.

Apa manfaat E commerce?

e commerce adalah

Keunggulan Binsis di E Commerce (Sumber: Freepik.com)

Perkembangan industri e commerce di Indonesia sangat cepat. Dengan banyaknya pelaku bisnis online, Anda tentu bertanya-tanya apa manfaat e commerce? Berikut adalah beberapa keunggulan yang dapat Anda dapatkan:

1. Jangkauan yang luas

Sebagai pemilik toko offline, Anda hanya dapat menjangkau pembeli dari area yang sama. Beda kasus jika Anda memiliki situs web e commerce. Dengan demikian, pembeli dari berbagai bagian negara dapat melakukan transaksi di toko Anda.

2. Tidak dibatasi oleh waktu

Toko-toko offline hanya dapat beroperasi selama 24 jam setiap hari, tetapi biaya untuk mendukungnya akan sangat besar. Melalui internet, pembeli masih dapat mengakses dan membeli dari toko bahkan jika Anda tertidur.

3. Biaya yang lebih murah

Biaya operasional toko online sangat rendah dibandingkan dengan toko berbentuk bangunan. Setidaknya, Anda tidak perlu memikirkan gaji karyawan, sewa bangunan, dan biaya listrik.

4. Tidak perlu stok barang Anda sendiri

Di industri e commerce, Anda bisa menjadi dropshipper. Teknik pemasaran ini memungkinkan Anda untuk menjual tanpa memiliki barang stok. Ketika pesanan datang, Anda hanya melanjutkan ke produsen item yang diinginkan.

5. Kemudahan mengelola transaksi dan pengiriman

Dengan memiliki toko online, Anda tidak perlu khawatir tentang memikirkan transaksi dan pengiriman barang. Sekarang ada berbagai layanan pembayaran elektronik yang dilakukan melalui internet. Selain itu, pengiriman dapat dilacak secara online.

6. Anda Dapat Mempelajari Kebiasaan Pelanggan

Menjalankan bisnis online tanpa mengetahui karakteristik pelanggan akan menyia-nyiakan usaha Anda. Saat ini ada banyak alat analitis yang dapat digunakan untuk mempelajari data toko online Anda, seperti Google Analytics.

7. Bekerja dari mana saja

Seperti yang disebutkan sebelumnya, toko online dapat diakses kapan saja. Oleh karena itu, Anda juga dapat menjalankannya dari mana saja dari memiliki perangkat yang memadai dan koneksi Internet.

Kesimpulan

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, jika Anda memiliki bisnis ritel tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis di e-commerce. Anda bisa berbisnis sambil duduk-duduk di rumah atau tiduran di kasur. Tidak perlu lagi Anda capek-capek pergi keluar rumah cukup dengan satu klik barang diantar. Bahkan di sini semua barang tersedia Anda hanya perlu memainkan jari-jari Anda di keyboard Handphone maupun laptop.

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga harus bisa melihat masalah yang mungkin timbul sebelum hal itu benar-benar terjadi. Dalam hal ini, pemilik bisnis bisa terbantu dengan adanya software yang mendukung. Saat mempertimbangkan software mana yang paling tepat diaplikasikan untuk bisnis e-commerce Anda, pertimbangkan beberapa hal seperti keamanan, kemudahan penggunaan, serta pastikan bahwa nantinya software Anda bisa disesuaikan dengan perkembangan bisnis e-commerce.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Fitur lengkap yang dimiliki Beecloud bisa membantu mengatasi masalah seperti manajemen keuangan, pengontrolan stok, pemantauan hutang dan piutang, dan dapat dilihat di mana saja dan kapan saja secara realtime karena telah berbasis cloud. Berminat? Yuk coba gratis selama 14 hari klik di sini.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :