🎂🎉 PROMO ANNIVERSARY BEE KE-15TH, DISKON HINGGA 20%
Logo Bee Web

Apa itu E-Commerce? Inilah Penjelasannya

Apa itu e commerce? Pengertian website e commerce adalah semua kegiatan pembelian dan penjualan yang dilakukan melalui media elektronik.
Penulis: Farhan Anggara
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 9 December 2020

Berkat Internet, perkembangan teknologi telah menimbulkan peluang baru dalam dunia bisnis. Web E-commerce adalah salah satunya. Banyak orang belum mengetahui apa itu e commerce, atau bahkan hingga saat ini masih banyak yang menjalankan bisnisnya secara offline. Namun, apakah Anda tahu apa itu e commerce?

Apakah bisnis e commerce adalah salah satu bisnis yang akan bermanfaat bagi Anda? Bagaimana perkembangannya di Indonesia? Silahkan simak lebih lanjut artikel ini yang menjelaskan tentang pengertian e commerce.

Apa itu E commerce?

Penjelasan Apa Itu E-commerce

Memahami Pengertian E-commerce (Sumber: Pexels.com)

Apa itu e commerce? Pengertian website e commerce adalah semua kegiatan pembelian dan penjualan yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun sarananya termasuk televisi dan telepon, sekarang e-commerce lebih umum melalui internet.

Karena pemahaman ini, ada kesalahpahaman dari e commerce dan marketplace. Istilah e commerce digunakan untuk menggambarkan semua transaksi menggunakan media elektronik.

Marketplace sendiri merupakan salah satu model e commerce, di mana itu bermanfaat sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu melayani pembelian. Semua kegiatan lain seperti manajemen situs web telah dirawat oleh platform. Situs-situs seperti Tokopedia dan Blibli adalah dua contoh marketplace.

Baca Juga: Contoh Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan

Perkembangan E-commerce di Indonesia

Industri e commerce berkembang sangat pesat di Indonesia akhir-akhir ini. Bahkan, negara kita berada di atas 10 negara yang pertumbuhan e commerce tercepat di dunia.

Pada 2018 itu sendiri, e commerce di negara kita memiliki pertumbuhan 78%. Dari tingkat pertumbuhan, 17,7% di antaranya merupakan transaksi pembelian produk tiket pesawat dan pemesanan hotel. Di sisi lain, pembelian produk fashion beserta alas kaki menyumbang 11,9%, sedangkan 10% berasal dari produk kosmetik dan produk kesehatan.

Dinilai dari statistik ini, memiliki situs e commerce tentu akan sangat menguntungkan, baik bagi Anda yang sudah memiliki bisnis dan yang baru akan dimulai. Apalagi, e commerce menawarkan banyak manfaat.

Apa manfaat E commerce?

e commerce adalah

Keunggulan Binsis di E Commerce (Sumber: Freepik.com)

Perkembangan industri e commerce di Indonesia sangat cepat. Dengan banyaknya pelaku bisnis online, Anda tentu bertanya-tanya apa manfaat e commerce? Berikut adalah beberapa keunggulan yang dapat Anda dapatkan:

1. Jangkauan yang luas

Sebagai pemilik toko offline, Anda hanya dapat menjangkau pembeli dari area yang sama. Beda kasus jika Anda memiliki situs web e commerce. Dengan demikian, pembeli dari berbagai bagian negara dapat melakukan transaksi di toko Anda.

2. Tidak dibatasi oleh waktu

Toko-toko offline hanya dapat beroperasi selama 24 jam setiap hari, tetapi biaya untuk mendukungnya akan sangat besar. Melalui internet, pembeli masih dapat mengakses dan membeli dari toko bahkan jika Anda tertidur.

3. Biaya yang lebih murah

Biaya operasional toko online sangat rendah dibandingkan dengan toko berbentuk bangunan. Setidaknya, Anda tidak perlu memikirkan gaji karyawan, sewa bangunan, dan biaya listrik.

4. Tidak perlu stok barang Anda sendiri

Di industri e commerce, Anda bisa menjadi dropshipper. Teknik pemasaran ini memungkinkan Anda untuk menjual tanpa memiliki barang stok. Ketika pesanan datang, Anda hanya melanjutkan ke produsen item yang diinginkan.

5. Kemudahan mengelola transaksi dan pengiriman

Dengan memiliki toko online, Anda tidak perlu khawatir tentang memikirkan transaksi dan pengiriman barang. Sekarang ada berbagai layanan pembayaran elektronik yang dilakukan melalui internet. Selain itu, pengiriman dapat dilacak secara online.

6. Anda Dapat Mempelajari Kebiasaan Pelanggan

Menjalankan bisnis online tanpa mengetahui karakteristik pelanggan akan menyia-nyiakan usaha Anda. Saat ini ada banyak alat analitis yang dapat digunakan untuk mempelajari data toko online Anda, seperti Google Analytics.

7. Bekerja dari mana saja

Seperti yang disebutkan sebelumnya, toko online dapat diakses kapan saja. Oleh karena itu, Anda juga dapat menjalankannya dari mana saja dari memiliki perangkat yang memadai dan koneksi Internet.

Kesimpulan

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, jika Anda memiliki bisnis ritel tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis di e-commerce. Anda bisa berbisnis sambil duduk-duduk di rumah atau tiduran di kasur. Tidak perlu lagi Anda capek-capek pergi keluar rumah cukup dengan satu klik barang diantar. Bahkan di sini semua barang tersedia Anda hanya perlu memainkan jari-jari Anda di keyboard Handphone maupun laptop.

Sebagai pemilik bisnis, Anda juga harus bisa melihat masalah yang mungkin timbul sebelum hal itu benar-benar terjadi. Dalam hal ini, pemilik bisnis bisa terbantu dengan adanya software yang mendukung. Saat mempertimbangkan software mana yang paling tepat diaplikasikan untuk bisnis e-commerce Anda, pertimbangkan beberapa hal seperti keamanan, kemudahan penggunaan, serta pastikan bahwa nantinya software Anda bisa disesuaikan dengan perkembangan bisnis e-commerce.

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Fitur lengkap yang dimiliki Beecloud bisa membantu mengatasi masalah seperti manajemen keuangan, pengontrolan stok, pemantauan hutang dan piutang, dan dapat dilihat di mana saja dan kapan saja secara realtime karena telah berbasis cloud. Berminat? Yuk coba gratis  klik di sini.

Artikel Terkait

Contoh Kode Produksi, Pengertian dan Cara Membuatnya
Kode produksi adalah sebuah informasi penting sebuah produk untuk menunjukkan bagaimana proses produksi produk itu sendiri, biasanya berisi tentang tanggal
Baca Juga
Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula
Menjamurnya artikel tentang cara jualan mendorong setiap orang ingin berwirausaha. Menjadi pedagang online salah satu yang banyak dilirik. Tawaran peluang
Baca Juga
Contoh Surat Izin Usaha: Cara Membuat dan Syarat Membuat
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan surat perizinan yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang menjalankan usaha di bidang perdagangan
Baca Juga
Cara Menghitung Laba Penjualan dan Contohnya
Laba pada bisnis menunjukkan performa keuangan bisnis dan menjadi tolok ukur kesuksesannya. Pelaku usaha wajib tahu bagaimana cara menghitung laba
Baca Juga
Cara Buat Akuntansi Sederhana untuk UKM!
Permasalahan paling krusial yang kerap kali terjadi pada bisnis UKM (Usaha, Kecil, dan Menengah) adalah keuangan. Sebab, masih banyak pelaku
Baca Juga
Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset
Menjalankan bisnis tidak jauh akan pernah jauh dari kegiatan promosi, kegiatan ini juga tidak bisa dilakukan oleh sembarangan, sebab promosi
Baca Juga

Artikel Populer

Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu