Logo Bee Web

22 Ide Peluang Usaha Rumahan, Manfaat, dan Tantangannya

Mencari peluang usaha rumahan? Simak ide bisnis di rumah yang menguntungkan dan mudah dijalankan di artikel ini.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 25 May 2023

Banyak orang bermimpi untuk memiliki usaha sendiri, namun terkadang sulit untuk memulainya karena keterbatasan modal, waktu, atau tidak memiliki pengalaman bisnis yang cukup serta tidak memiliki ide peluang usaha rumahan

Namun, dengan berkembangnya teknologi dan kemajuan internet, memulai bisnis rumahan menjadi lebih mudah dan terjangkau.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu usaha rumahan, manfaat dan keuntungannya, mengapa banyak usaha sampingan gagal, dan peluang usaha rumahan yang bisa bikin untung.

Apa itu Usaha Rumahan?

Usaha rumahan adalah bisnis yang dijalankan dari rumah atau tempat tinggal. Jenis bisnis ini cukup fleksibel karena pemilik bisnis dapat menentukan jam operasional yang sesuai dengan kebutuhan dan waktu yang tersedia.

Usaha Rumahan

Usaha rumahan bisa menghasilkan pundi-pundi uang (Credit: Freepik/tirachardz)

Ada berbagai jenis bisnis di rumah yang dapat dijalankan, mulai dari menjual produk atau jasa, hingga membuka toko online.

Manfaat dan Keuntungan dari Peluang Usaha Rumahan

Memulai bisnis rumahan memiliki berbagai keuntungan dan manfaat, di antaranya:

1. Jam Operasional Bisnis yang Fleksibel

Dalam usaha rumahan, Anda dapat menentukan jam operasional yang lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengatur jadwal kerja Anda agar tetap dapat menjalankan bisnis dan mengurus kegiatan lain seperti mengurus anak atau menjalankan pekerjaan utama.

2. Hemat Biaya Operasional

Ketika Anda memulai bisnis rumahan, Anda tidak perlu membayar biaya sewa ruang atau kantor. Anda dapat menghemat biaya operasional dan lebih fokus pada pengembangan bisnis. Selain itu, Anda juga dapat menghemat biaya transportasi dan parkir yang sering menjadi masalah di kota-kota besar.

3. Skala yang lebih kecil

Bisnis rumahan biasanya memiliki skala yang lebih kecil dan lebih mudah diatur. Hal ini memungkinkan Anda untuk memulai bisnis dengan modal yang lebih kecil dan mengontrol perkembangan bisnis dengan lebih mudah.

4. Potensi keuntungan yang tinggi

Meskipun bisnis rumahan memiliki skala yang lebih kecil, namun bisnis ini memiliki potensi keuntungan yang tinggi. Anda dapat memasarkan produk atau jasa Anda dengan biaya yang lebih murah dan lebih efektif melalui internet.

Mengapa Banyak Usaha Sampingan Gagal?

Meskipun memulai bisnis rumahan memiliki banyak keuntungan, namun tidak sedikit juga yang gagal dalam menjalankannya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa banyak usaha sampingan gagal:

1. Salah Menentukan Prioritas

Salah satu penyebab utama kegagalan bisnis rumahan adalah karena tidak bisa menentukan prioritas dengan baik. Terkadang, pemilik bisnis terlalu fokus pada pekerjaan utama dan mengabaikan bisnis sampingannya. Sebagai hasilnya, bisnis sampingan menjadi terlantar dan tidak berkembang.

2. Salah Menentukan Kebutuhan

Usaha sampingan sering gagal karena salah menentukan kebutuhan. Hal ini terjadi ketika pemilik usaha tidak benar-benar memahami apa yang dibutuhkan oleh pasar atau konsumen potensialnya. Ini dapat mengakibatkan kekurangan permintaan dan penjualan yang rendah, bahkan pada produk atau layanan yang sebenarnya berkualitas baik.

3. Tidak Memiliki Rencana Bisnis yang Jelas

Banyak pemilik bisnis rumahan yang tidak memiliki rencana bisnis yang jelas. Mereka hanya memulai bisnis karena tergoda dengan potensi keuntungan yang besar atau ingin mencoba-coba. Tanpa rencana bisnis yang jelas, peluang usaha rumahan seperti ini sulit untuk berkembang dan mencapai kesuksesan.

4. Tidak Mempunyai Pengetahuan dan Keterampilan yang Cukup

Untuk menjalankan bisnis rumahan dengan sukses, Anda perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Tanpa pengetahuan dan keterampilan yang cukup, bisnis rumahan sulit untuk berkembang dan dapat mengalami kegagalan.

5. Tidak Pernah Melakukan Pencatatan Pembukuan

Pencatatan pembukuan usaha adalah hal yang sangat penting dalam menjalankan usaha sampingan. Tanpa pencatatan yang baik, sulit untuk mengontrol arus keuangan dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Banyak usaha sampingan yang gagal karena tidak melakukan pencatatan pembukuan dengan baik dan teratur. Dengan catatan yang baik, Anda bisa memonitor keuntungan dan kerugian, mengelola stok barang, dan mengetahui sumber pengeluaran yang tidak perlu

Beecloud Untuk Semua Usaha Ukm Kelola Keuangan Akurat

Namun, dengan menggunakan aplikasi pembukuan seperti Beecloud, pengusaha bisa dengan mudah mencatat setiap transaksi dan keuangan bisnis di rumah.

Hal ini akan membantu untuk memantau perkembangan bisnis dan mengambil keputusan yang tepat. Jadi, mulailah mencatat setiap transaksi dan keuangan bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi pembukuan yang tepat seperti Beecloud.

20+ Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan dan Mudah Dijalankan

Bisnis rumahan menjadi alternatif bagi para pekerja yang ingin meningkatkan pendapatan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama mereka.

Kini, semakin banyak orang yang tertarik dengan bisnis rumahan karena biaya operasional yang rendah dan fleksibilitas jam kerja yang tinggi.

Pada poin ini, kami akan membahas 22 peluang bisnis di rumah yang bisa memberikan keuntungan dan mudah dijalankan.

1. Laundry Kiloan

Bisnis laundry kiloan adalah bisnis yang cukup menjanjikan di era modern ini. Dalam bisnis ini, Anda bisa menerima pakaian dari pelanggan dan mencuci, mengeringkan, dan menyetrika pakaian tersebut sebelum dikembalikan ke pelanggan.

Bisnis ini bisa dilakukan dengan modal yang relatif rendah karena hanya memerlukan mesin cuci, mesin pengering, dan setrika. Selain itu, dengan sistem antar jemput pakaian, bisnis laundry kiloan dapat dijalankan tanpa harus membuka tempat usaha dengan biaya sewa yang tinggi.

2. Cuci Motor atau Mobil

Bisnis cuci motor atau mobil menjadi salah satu peluang bisnis rumahan yang dapat dijalankan dengan modal yang terjangkau. Anda hanya memerlukan alat cuci, air, dan deterjen untuk memulai bisnis ini.

Warung Wifi

warung wifi banyak diminati dari berbagai kalangan usia (Credit: Freepik)

Pelanggan bisa datang langsung ke rumah Anda atau Anda bisa memberikan jasa antar jemput untuk memperluas jangkauan pelanggan.

3. Menjahit Pakaian

Jasa menjahit pakaian adalah bisnis rumahan yang menjanjikan, terutama jika Anda memiliki keterampilan menjahit yang baik. Anda bisa menerima jasa menjahit pakaian atau menerima pesanan pakaian dari pelanggan. Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal yang terjangkau karena hanya memerlukan mesin jahit dan alat-alat kecil lainnya.

4. Jasa Pengetikan

Bisnis jasa pengetikan adalah bisnis yang menjanjikan karena hampir semua orang membutuhkan jasa ini. Bisnis ini memerlukan mesin setrika dan meja setrika yang dapat dioperasikan dari rumah Anda.

Dalam bisnis ini, Anda bisa menawarkan jasa penyetrikaan baju, seprai, atau kain lainnya.

5. Jual Pulsa Elektrik

Peluang usaha rumahan selanjutnya adalah bisnis jual pulsa elektrik juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa bergabung dengan agen pulsa terpercaya dan menjual pulsa elektrik kepada pelanggan.

Dalam bisnis ini, Anda bisa memperoleh keuntungan dari selisih harga yang diberikan oleh agen pulsa.

6. Makanan Pagi (Sarapan)

Bisnis makanan pagi (sarapan) bisa dijalankan dengan modal yang terjangkau dan menjanjikan. Anda bisa membuat menu makanan yang sederhana, seperti nasi goreng, mie goreng, atau bubur ayam, dan menjualnya pada pagi hari. Bisnis ini bisa dilakukan dengan cara membuka warung atau dengan sistem antar jemput makanan ke rumah pelanggan.

7. Membuka Warung Wifi

Dalam menjalankan usaha ini, Anda hanya perlu menyediakan koneksi internet yang stabil dan beberapa meja kursi sebagai tempat untuk pelanggan duduk. Pelanggan dapat mengakses internet dan memesan minuman atau makanan dari warung Anda.

Warung Wifi

Bisnis warung wifi ini dapat menguntungkan, terutama jika berada di daerah yang padat pengunjung seperti dekat kampus atau sekolah. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan paket internet dengan harga yang terjangkau untuk menarik lebih banyak pelanggan.

8. Membuka Rental Play Station

Bisnis rental play station juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa membeli beberapa unit play station dan menyewakan per jam kepada pelanggan. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan di lingkungan yang padat penduduk, terutama di dekat sekolah atau pusat perbelanjaan.

9. Budidaya Ikan Hias

Budidaya ikan hias adalah bisnis rumahan yang menjanjikan bagi pecinta ikan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan membuat kolam ikan hias di halaman rumah. Bisnis ini memerlukan pengetahuan tentang ikan hias dan peralatan yang tepat untuk membuat kolam ikan.

10. Membuka Jasa Servis Barang Elektronik

Bisnis jasa servis barang elektronik juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa memberikan jasa servis televisi, kulkas, atau alat elektronik lainnya kepada pelanggan. Bisnis ini memerlukan pengetahuan tentang teknologi dan peralatan yang tepat untuk memperbaiki barang elektronik.

11. Membuka Pertamini di Depan Rumah

Bisnis pertamini bisa dijalankan di depan rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa membeli mesin pertamini dan menjual bensin kepada pelanggan. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan di lingkungan yang jauh dari stasiun bensin terdekat.

12. Membuka Jasa Air Minum Isi Ulang

peluang Usaha rumahan Isi Ulang Air

Ilustrasi ide usaha isi ulang air (Credit: Freepik)

Bisnis jasa air minum isi ulang juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa membeli mesin air isi ulang dan menyediakan air bersih kepada pelanggan. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan di lingkungan yang sulit mendapatkan air bersih.

13. Jasa Potong Rambut

Bisnis jasa potong rambut juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa membeli peralatan potong rambut dan memberikan jasa potong rambut kepada pelanggan. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan di lingkungan yang padat penduduk.

14. Ternak Hewan

Bisnis ternak hewan bisa dijalankan di halaman rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa memelihara ternak hewan seperti ayam, kambing, atau sapi. Bisnis ini memerlukan pengetahuan tentang cara merawat hewan ternak dan membangun kandang yang baik.

15. Warung Makan

Bisnis warung makan juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa membuat menu makanan yang disukai oleh pelanggan dan membuka warung makan di depan rumah. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan di lingkungan yang padat penduduk.

16. Warung Kopi

Bisnis warung kopi juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa membuat menu kopi dan makanan ringan yang disukai oleh pelanggan dan membuka warung kopi di depan rumah. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan di lingkungan yang padat penduduk.

17. Bengkel Motor

Usaha rumahan Bengkel

Ilustrasi ide usaha bengkel

Bisnis bengkel motor bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa membeli peralatan untuk memperbaiki motor dan memberikan jasa perbaikan motor kepada pelanggan. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan di lingkungan yang padat kendaraan bermotor.

18. Kelas Privat

Bisnis kelas privat juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa memberikan kelas privat untuk pelajaran tertentu kepada siswa atau mahasiswa yang membutuhkan. Bisnis ini memerlukan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni pada mata pelajaran yang diajarkan.

19. Toko Sembako

Bisnis toko sembako bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa menjual berbagai macam bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari kepada pelanggan. Bisnis ini sangat cocok untuk dijalankan di lingkungan yang sulit mendapatkan bahan makanan.

20. Persewaan Kostum

Bisnis persewaan kostum bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa menyediakan berbagai macam kostum untuk acara tertentu seperti ulang tahun atau pesta kostum. Bisnis ini memerlukan pengetahuan tentang jenis-jenis kostum yang disewakan.

21. Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa membuat makanan siap saji yang bisa disimpan dalam freezer dan dijual kepada pelanggan. Bisnis ini memerlukan pengetahuan tentang cara membuat makanan yang tahan lama di dalam freezer.

22. Salon Rumahan

salon rumahan

Ilustrasi usaha salon di rumah

Bisnis salon rumahan juga bisa dijalankan dari rumah dengan modal yang terjangkau. Anda bisa membeli peralatan untuk perawatan rambut dan kecantikan dan memberikan jasa perawatan kepada pelanggan. Bisnis ini memerlukan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni pada bidang perawatan rambut dan kecantikan.

Kesimpulan

Memulai bisnis rumahan memiliki berbagai keuntungan, seperti jam operasional yang fleksibel, hemat biaya operasional, skala yang lebih kecil, dan potensi keuntungan yang tinggi.

Namun, agar bisnis rumahan dapat sukses, perlu memiliki rencana bisnis yang jelas, mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang cukup, serta menentukan prioritas dengan baik.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Blueprint Adalah: Pengertian, Contoh, Tahapan dalam Bisnis
Blueprint adalah dokumen yang mencakup semua informasi penting mengenai ide bisnis, dari mulai tujuan, target, rencana keuangan, proses pelaksanaan dan
Baca Juga
28 Ide Bisnis Minuman Kekinian + Tipsnya
Minuman kekinian, fenomena yang tak bisa dihindari dalam dunia kuliner masa kini. Berbicara tentang minuman kekinian seakan membawa kita dalam
Baca Juga
Corporate Adalah Perusahaan, Ini Pengertian dan Jenisnya
Dalam bahasa Indonesia corporate adalah perusahaan atau korporasi, istilah corporate bukan menjadi istilah asing lagi bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi
Baca Juga
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Analisis pasar menjadi kunci utama bagi pelaku bisnis yang ingin bertahan dan berkembang. Pasar yang berubah dengan cepat memerlukan pengamatan
Baca Juga
Biaya Operasional: Pengertian, Jenis dan Tips Mengelola
Biaya operasional adalah salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis. Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan operasional bisnis,
Baca Juga
Mengenal Analisis Peluang Usaha dan Cara Menganalisanya
Apabila saat ini Anda tertarik untuk terjun ke dunia usaha, mengetahui, memahami, dan melakukan analisis peluang usaha merupakan hal yang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu