Logo Bee Web

13 Ide Usaha Sampingan Karyawan Menguntungkan 2024

Ini dia beberapa ide usaha sampingan karyawan bisa dilakukan secara online maupun offline, dari jadi content creator dan masih banyak lainnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Wednesday, 6 December 2023

Meningkatkan kebutuhan hidup hanya mengandalkan gaji pokok sebagai karyawan kadang kala tidak cukup, sehingga timbul ide untuk membuka usaha sampingan karyawan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Selain itu, usaha sampingan juga bisa jadi sarana untuk melampiaskan hobi bahkan refreshing setelah seharian bekerja. Saat ini usaha sampingan cukup beragam ada yang bisa dikerjakan secara online maupun offline. Simak selengkapnya berikut ini!

Ide Usaha Untuk Karyawan Tanpa Ganggu Waktu Kerja

Ide Usaha Sampingan Karyawan

Content Creator jadi Usaha Sampingan Karyawan Paling Populer Saat ini (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa ide usaha sampingan karyawan menguntungkan tanpa ganggu waktu kerja:

1. Jadi Content Creator

Ide usaha untuk karyawan yang pertama ada jadi content creator, hal ini sudah menjadi hal yang tidak asing lagi, mulai dari membuat konten berupa video, artikel, foto dan masing banyak lagi.

Jadi content creator juga bisa jadi ajang refreshing sekaligus pelampiasan hobi karyawan setelah seharian kerja. Dengan konsistensi dan kualitas konten yang menarik pastinya kreatifitas Anda juga akan mendapatkan hasil, bisa dari iklan, endorse, atau sponsor.

Untuk konten yang akan dibuat sangat bisa disesuaikan dengan kreatifitas dan hobi Anda, seperti konten makanan, memasak, storytelling, hiburan, tips menarik di dunia kerja dan masih banyak lagi lainnya.

1. Bisnis Online

Berikutnya adalah bisnis online, bisnis online sendiri sudah menjadi bisnis umum dan tren saat ini. Mengingat tingginya peminat belanja online itu sendiri.

Anda bisa membuka pasar secara online tanpa harus memiliki toko fisik, sehingga modal yang digunakan bisa lebih minim dan yang paling penting adalah bisa dikelola tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Bisnis online cukup beragam, mulai dari jualan pakaian, skincare, makanan ringan dan masih banyak lagi. Platformnya juga cukup banyak dari e-commerce, marketplace, hingga media sosial. Sesuaikan kembali dengan minat Anda, agar bisnis jadi lebih menyenangkan.

3. Jasa Fotografer

Ide usaha karyawan berikutnya ada jasa fotografer, bisnis ini cocok sekali untuk karyawan yang memiliki hobi dan kemampuan dalam bidang fotografi. Anda bisa membuka jasa di waktu weekend atau malam hari saja ketika pekerjaan utama sudah selesai.

Meskipun buka haya waktu weekend tidak menjadikan bisnis jasa fotografi Anda sepi, karena biasanya event-event yang membutuhkan jasa fotografi adanya di weekend, ketika pekerjaan utama Anda sedang libur.

4. Reseller

Keempat ada menjadi reseller, bisnis ini cukup efektif bagi karyawan dimana untuk bisa menjual barang atau jasa tidak harus memproduksi produk sendiri.

Dengan menjual produk dari produsen atau distributor lain, karyawan dapat memanfaatkan berbagai produk dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.

Modal awal yang relatif rendah membuat reselling menjadi opsi yang dapat diakses oleh banyak karyawan. Dengan mengelola usaha ini di waktu senggang atau di akhir pekan, karyawan dapat meningkatkan penghasilan mereka secara signifikan.

5. Toko Kelontong

Selanjutnya adalah membuka toko kelontong atau warung kecil adalah pilihan lain yang dapat diterapkan oleh karyawan sebagai bisnis sampingan.

Bisnis ini bisa Anda di rumah, dimana keluarga Anda yang lain bisa turut andil dalam menjalankan bisnis ini, seperti untuk menjaga toko dan melayani pelanggan. Sehingga bisnis bisa dikerjakan tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama.

Bisnis toko kelontong juga termasuk bisnis jangka panjang yang tidak mudah rugi, asalkan Anda bijak dalam mengelolanya, terutama dalam hal stok dan arus kas keuangan.

Baca Juga: Toko Kelontong: Asal Mula Bisnis Modal Kecil Indonesia

6. Jualan Kerajinan Tangan

Usaha Sampingan Untuk Karyawan

Jadi Karyawan Bukan Berarti Harus Berhenti Berkarya (Credit: Freepik.com)

Ide usaha ini cocok sekali untuk mengekspresikan bakat seni mereka sambil mendapatkan penghasilan tambahan. Bisnis handmade saat ini juga memiliki pasar yang cukup baik dan tinggi peminat sehingga tidak ada salahnya jika Anda mencoba peluang bisnisnya.

Anda dapat menjual hasil karya mereka secara online atau membuka pesanan dari orang terdekat, teman kantor salah satunya.

Keuntungan dari bisnis ini tidak hanya bersifat finansial, tetapi juga memungkinkan karyawan untuk mengejar hobi mereka dan merasakan kepuasan melihat produk buatan tangan mereka diminati oleh orang lain.

7. Jualan Makanan Kekinian

Ide bisnis selanjutnya adalah jualan makanan kekinian, produk Anda ini bisa Anda jalan kepada teman kantor Anda atau di jual di rumah saja. terutama jenis makanan kekinian saat ini terus berkembang dan menjadi trend yang memiliki banyak peminat.

Mulai dari tanghulu, es kul kul, kue crepes, aneka dimsum, korean food dan masih banyak lagi lainnya. Bisnis ini juga bersifat fleksibel yang mana Anda dapat menjual aneka jenis makanan sesuai dengan trendnya.

Sehingga Anda perlu update dan memahami trend makanan yang sedang berkembang saat ini agar tidak kehilangan pasar. Dengan peluang pasar yang besar dan daya tarik merek yang menarik usaha ini cukup menjanjikan keuntungan yang menjanjikan.

Baca Juga: 7 Ide Jualan Makanan yang Lagi Viral 2023

8. Jualan Makanan Ringan

Selain bisnis makanan kekinian, Anda karyawan yang sibuk juga bisa mencoba usaha sampingan jualan makanan ringan, Anda bisa menjual berbagai jenis makanan ringan atau kudapan dengan rotasi cepat.

Sehingga memungkinkan Anda untuk mendapatkan pendapatan tambahan secara konsisten. Dengan fleksibilitas waktu, bisnis ini dapat dijalankan pada waktu senggang atau di akhir pekan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

9. Jual Foto Online

Jika rekomendasi ide sebelumnya adalah jasa fotografer, kali ini jualan fotonya. Bukan berarti Anda jualan foto customer atau sejenisnya, namun Anda menjual foto unik mulai dari pemandangan, buah, dan lain sebagainya untuk dijual.

Permintaan akan foto berkualitas tinggi untuk keperluan bisnis dan pribadi terus meningkat, memberikan karyawan kesempatan untuk memonetisasi keterampilan fotografi mereka.

Dalam hal ini Anda bisa menjual foto atau video Anda di banyak platform, Shutterstock, Adobe Stock, iStock by Getty Images, Alamy, Foap, Twenty20, EyeEm dan Picfair.

10. Desain Grafis

Berikutnya menawarkan jasa desain grafis adalah opsi bisnis sampingan yang menarik bagi karyawan dengan keterampilan dalam desain. Dimana jasa ini cukup dibutuhkan di berbagai bidang.

Khususnya dalam bisnis online, Anda dapat menawarkan layanan kepada berbagai klien secara online, baik melalui media sosial atau platform freelance.

Bisnis ini memiliki banyak keuntungan, mulai penghasilan yang lumayan, bisa dikerjakan secara fleksibel dan kapan saja hingga potensi Anda bertemu dengan klien yang beragam.

11. Jualan Bumbu Instan

Usaha Sampingan

Punya hobi masak? Jualan bumbu instan bisa jadi hal yang menguntungkan (Credit: Freepik.com)

Ide usaha sampingan karyawan selanjutnya cocok untuk yang memiliki hobi dan kemampuan memasak yang mumpuni, dimana Anda bisa menjual bumbu racikan masakan khas Anda baik secara online maupun offline.

Saat ini kecenderungan masyarakat menyukai hal yang praktis namun hasil yang maksimal. Dengan menjual bumbu instan atau rempah-rempah khusus, mereka dapat menawarkan solusi praktis bagi konsumen yang mencari cara mudah untuk memasak.

12. Catering Sederhana

Ide usaha ini masih berkaitan dengan masak-memasak, yakni usaha katering sederhana. Bagi para karyawan Anda bisa membuka usaha ini dimulai dari membuka pesanan menu makan siang kepada teman sesama karyawan Anda.

Buat bisnis secara sederhana saja, agar tidak terlalu mengganggu pekerjaan utama. Bisnis ini juga bisa menjadi solusi bagi teman Anda yang bosan dengan makanan di kantin kantor yang begitu-begitu saja.

13. Budidaya Hewan Ternak

Ide usaha sampingan karyawan selanjutnya ada budidaya hewan ternak, seperti ayam, kambing, atau ikan memberikan karyawan kesempatan untuk terlibat dalam sektor pertanian.

Usaha ini tidak butuh pemantauan setiap hari, sehingga Anda bisa mengerjakan setiap hari tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Tips Sukses Bangun Usaha Sampingan Karyawan

Untuk membangun usaha sampingan yang berkelanjutan dan tidak menganggu pekerjaan utama Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Pilih Usaha yang Sesuai

Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuka usaha sampingan adalah pemilihan usaha. Usahakan memilih usaha yang sesuai dengan minat dan tentunya tidak mengganggu pekerjaan utama.

Mengingat status Anda masih menjadi karyawan dan memiliki tanggung jawab kerja di jam kerja. Dengan memilih usaha yang tepat Anda bisa melakukan proses yang lain dengan lebih mudah dan tentunya Anda akan lebih menikmati proses bisnis.

2. Manajemen Waktu

Berikutnya adalah miliki manajemen waktu yang baik, atur jadwal dengan bijaksana antara pekerjaan utama dan usaha sampingan. Prioritaskan tugas-tugas yang krusial dan alokasikan waktu secara efisien untuk mencegah tumpang tindih yang dapat mengakibatkan kelelahan dan penurunan kinerja.

3. Gunakan Software untuk Memantau Bisnis

Selanjutnya manfaatkan software atau aplikasi yang dapat membantu memantau dan mengelola keuangan bisnis serta performa bisnis sampingan Anda. Khususnya yang bisa membantu Anda memantau dimana saja dan kapan saja.

Beecloud, Pantau Omset Dan Penjualan Lebih Optimal Dimana Saja Kapan Saja

Seperti menggunakan software akuntansi online Beecloud, dengan ini dapat membantu mempermudah tugas administratif dan memberikan wawasan yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

4. Recruit Asisten (Jika Perlu)

Jika bisnis sampingan telah berkembang, pertimbangkan untuk merekrut asisten atau tim kecil untuk membantu dengan tugas-tugas tertentu. Ini dapat membantu mengurangi beban kerja Anda dan meningkatkan efisiensi operasional.

5. Evaluasi dan Terus Belajar

Terakhir, pastikan untuk selalu melakukan evaluasi rutin terhadap kinerja usaha sampingan Anda. Identifikasi area yang perlu ditingkatkan dan teruslah belajar dari pengalaman serta perkembangan dalam industri Anda. Keberlanjutan bisnis tergantung pada kemampuan untuk beradaptasi dan memperbaiki diri seiring waktu.

Nah, sekian ide usaha sampingan untuk karyawan dan tips suksesnya, semoga membantu dan sampai jumpa di artikel berikutnya

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Tutorial Mudah Cara Pengisian Aplikasi e-SPT PPh 21
Aplikasi e-SPT PPh 21 diciptakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan pembuatan dan pelaporan SPT PPh 21. Sebelum era e-SPT,
Baca Juga
Contoh Pembukuan Sederhana Online Shop, Mudah dan Akurat!
Contoh pembukuan sederhana online shop membantu Anda untuk dapat memantau perkembangan bisnis serta kondisi keuangan yang dimiliki. Bisnis online shop
Baca Juga
5 Contoh Bisnis Model Canvas serta Elemen Penting Didalamnya
Bisnis model canvas menjadi alat untuk menentukan arah bisnis perusahaan kedepannya, yang sudah tidak menjadi hal asing di kalangan pebisnis.
Baca Juga
13 Ide Konten Instagram Tingkatkan Engagement Rate
Ide Konten Instagram Menarik - Di era digital yang berkembang pesat saat ini, platform media sosial telah menjadi salah satu
Baca Juga
Sebelum Buka Usaha, Kenali Surat Izin Usaha Dahulu
Agar bisnis Anda terjamin legalitasnya, surat izin usaha untuk dagang merupakan hal krusial yang wajib dimiliki. Pemerintah Indonesia menerapkan aturan
Baca Juga
4 Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Consumer behavior atau perilaku konsumen merupakan studi mengenai organisasi dan individu. Ada berbagai faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang wajib
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu