Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Penyusunan Laporan Pajak Online bagi Perusahaan

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 July 2022

Sebelumnya lapor pajak hanya bisa dilakukan secara offline sehingga membuat Anda lebih repot dibandingkan sekarang. Kini Anda sudah bisa menyertakan laporan pajak online dengan memenuhi berbagai syarat dan dokumennya. 

Apa itu Laporan Pajak Online?

Solusi Jika Lupa Efin Pajak

Ilustrasi Laporan Pajak (Sumber: Freepik.com)

Laporan pajak adalah laporan keuangan yang ditujukan kepada kantor pajak oleh wajib pajak badan, baik itu PT, CV, Firma dan lainnya. Badan usaha tersebut berkewajiban untuk lapor pajak atas hasil usahanya, laporan secara masa maupun tahunan. Penyusunan laporan pajak dilakukan oleh bagian keuangan dari perusahaan. Berikut jenis pajak badan usaha yang wajib setor pajak kepada negara. 

  • Pajak Penghasilan Pasal 21

Jenis pajak ini dikenakan kepada seluruh wajib pajak badan terhadap penghasilan yang diterima setiap karyawan. Pajak ini dipotong berdasarkan tarif pada pasal 17 yang berupa pajak progresif. 

  • Pajak Penghasilan Pasal 26

Pajak penghasilan yang dikenakan atas penghasilan dari Indonesia dan diterima oleh wajib pajak luar negeri selain bentuk usaha tetap di Indonesia. aturan tarif umum pajak penghasilan berdasarkan pasal 26 yakni 20% dan dapat berubah sesuai Persetujuan Penghindaran Pajak Berganda. 

  • Pajak Pertambahan Nilai

Pajak yang dibebankan kepada badan usaha yang telah diakui sebagai pengusaha kena pajak dengan tahapan pengajuan dan memenuhi syarat. Pajak tersebut dikenakan pada tiap transaksi pembelian dan penjualan yang disebut sebagai pajak masukan dan pajak keluaran. 

  • Pajak Penghasilan Pasal 25

Angsuran pajak yang berasal dari pajak penghasilan terutang berdasarkan SPT tahunan PPh dan dikurangi PPh yang dipotong serta PPh yang dibayar atau terutang di luar negeri yang boleh dikreditkan. 

  • Pajak Penghasilan Pasal 29

Apabila jumlah pajak terutang dalam waktu satu tahun lebih besar dibandingkan jumlah kredit pajak setelah dipotong oleh pihak lain dan dipotong sendiri, maka nilai lebih dari pajak terutang tersebut menghasilkan PPh pasal 29. 

Baca Juga: EFIN Pajak: Pengertian, Cara Aktivasi dan Solusi Lupa EFIN

Kelebihan Laporan Pajak Perusahaan Lebih Awal

software akuntansi memudahkan dalam pembayaran pajak

Ilustrasi Laporan Pajak Perusahaan 

Laporan pajak online yang diberikan lebih awal dapat memberikan berbagai keuntungan, yakni:

  • Beban Petugas Lebih Ringan

Petugas yang bekerja mengurus perpajakan akan merasa lebih ringan. Ada banyak wajib pajak yang melakukan pelaporan pajak menjelang batas waktu terakhir. Dampak yang dapat terjadi ketika melakukan pelaporan pajak online menjelang batas akhir adalah server mengalami gangguan. Hal ini juga dapat berpengaruh bagi pihak DJP dan kenyamanan pelapor. 

  • Tidak Buang Waktu dan Biaya

Lapor pajak lebih awal membuat Anda hemat waktu dan biaya. Anda tidak perlu lagi antri ketika server mengalami gangguan karena deadline. Seorang pengusaha pasti tidak ingin terbebani urusan lainnya agar lebih fokus dalam mengelola bisnis. 

  • Terhindar dari Kesalahan

Apabila Anda lapor pajak pada waktu yang mepet tentu konsentrasi terganggu karena terburu-buru. Hal itu dapat membuat kesalahan hitung pada laporan pajak perusahaan. 

  • Lapor Pajak Lebih Awal untuk Kesehatan Keuangan

Lapor pajak sebelum deadline dinilai lebih disiplin sehingga investor dan lainnya melihat bahwa keuangan perusahaan dalam kondisi sehat. Rajin lapor pajak dinilai sebagai wujud taat peraturan pemerintah demi membangun negara agar lebih baik. 

Syarat Laporan Pajak Perusahaan

cara membuat laporan pajak

Ilustrasi Syarat Laporan Pajak

Syarat yang harus dipenuhi untuk pelaporan pajak badan usaha, yakni:

  1. Fotokopi dokumen pendirian dan perubahan untuk wajib pajak badan dalam negeri atau surat keterangan penunjukan dari kantor pusat bagi usaha tetap. 
  2. Fotokopi NPWP dari salah satu pengurus atau fotokopi paspor dan surat keterangan tempat tinggal dari pejabat pemerintah seperti lurah atau kepala desa sebagai penanggung jawab warga asing. 
  3. Fotokopi dokumen izin usaha oleh instansi berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha dari pemerintah setempat. 

Baca Juga: Tutorial Mudah Cara Pengisian Aplikasi e-SPT PPh 21

Kesimpulan

Cara membuat laporan pajak online akan lebih mudah dengan beralih menggunakan software akuntansi. Segala bentuk laporan keuangan akan disusun dengan baik serta meminimalisir kesalahan hitung yang kerap terjadi.

Ketika Anda memahami pajak online, laporan seperti SPT tahunan online harus dibayarkan untuk menghindari denda pembayar pajak yang terlambat. Semoga Anda tidak melakukan kesalahan saat melaporkan pajak bisnis Anda. Untuk memfasilitasi pajak pada perusahaan, Anda dapat menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Beecloud merupakan salah satu software akuntansi online terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan operasional usaha Anda, termasuk untuk melakukan ekspor import e-faktur. Coba gratis software akuntansi online Beecloud sekarang!

Banner Beecloud Laporan Neraca

 

Apa itu Catatan Atas Laporan Keuangan?
Pada urusan akuntansi perusahaan, Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) menjadi salah satu laporan yang penting. Laporan keuangan umumnya terdiri dari […]
Baca Juga
Laporan Keuangan Terdiri Dari: Penjelasan dan Jenisnya
Laporan keuangan terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki peran yang sangat penting. Laporan keuangan membantu Anda dalam menjalankan operasional […]
Baca Juga
Unsur Unsur, Tujuan, dan Contoh Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK)
Pentingnya Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Kecil / UMKMCatatan atas Laporan Keuangan (CaLK) merupakan dokumen tambahan pada isi laporan keuangan. Tujuannya […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu