Logo Bee Web

Contoh Barang Ekonomi, Jenis dan Perbedaannya

Contoh barang ekonomi dalam kehidupan sehari-hari sering ditemui, baik konsumsi, modal dan sejenisnya. Ada apa saja? Cek berikutnya disini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 5 December 2023

Dalam ilmu ekonomi ada tiga jenis barang yang digunakan manusia dalam menunjang keberlangsungan hidup, yakni barang bebas, barang illith dan barang ekonomi. Artikel ini kita akan membahas mengenai contoh barang ekonomi dan beberapa informasi terkait lainnya.

Barang ekonomi memiliki sendiri berperan penting sebagai pendorong aktivitas ekonomi suatu negara. Barang ekonomi merupakan segala jenis produk atau komoditas yang diperdagangkan dan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi.

Melalui artikel ini kita dapat menggali lebih dalam mengenai apa itu barang ekonomi, contoh, jenis, perbedaan dan contohnya.

Barang Ekonomi Adalah ...

barang ekonomi adalah

Ilustrasi contoh barang ekonomi konsumsi (Credit: Freepik.com)

Pengertian barang ekonomi adalah barang yang dapat memenuhi kebutuhan manusia namun dengan jumlah yang terbatas. Istilah terbatas ini mengarah pada jumlah barang yang lebih sedikit dibandingkan dengan kebutuhan manusia.

Dengan keterbatasan ketersediaan barang ini menjadikan manusia membutuhkan usaha lebih untuk mendapatkan manfaatnya. Seperti mewajibkan seseorang untuk mengeluarkan uang, tenaga kerja ataupun pikiran sebelum mendapatkan produk.

Tersedianya barang ekonomi ini dapat dilakukan dengan dua hal, yakni produksi yang dilakukan oleh tenaga manusia dan produk yang sudah tersedia di alam dan bisa digunakan secara percuma oleh siapa saja.

Barang ekonomi dapat berupa barang konsumsi seperti makanan, pakaian, dan peralatan rumah tangga, atau barang produksi seperti mesin, bahan baku, dan peralatan industri.

Dengan adanya keberadaan barang ekonomi membentuk dasar dari sistem ekonomi. Di mana proses produksi, distribusi, dan konsumsi berlangsung untuk memastikan pemenuhan kebutuhan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi: Jenis, Pelaku, Contoh, dan Tips Optimasi

Perbedaan Barang Ekonomi dan Non Ekonomi

Berikut beberapa barang ekonomi dan non-ekonomi, yang melibatkan aspek-aspek seperti nilai, sifat, dan tujuan penggunaannya. Berikut penjelasannya:

1. Nilai Ekonomi

Perbedaan barang ekonomi dan non ekonomi yang pertama adalah dari nilai nya, dimana barang ekonomi memiliki nilai ekonomi karena dapat diperdagangkan dengan harga yang ditentukan oleh mekanisme pasar, permintaan dan penawaran.

Sedangkan untuk barang non ekonomi tidak memiliki nilai ekonomi yang dapat diukur atau diperdagangkan. Nilainya bersifat intrinsik atau memiliki nilai lebih pada aspek non-moneternya.

2. Tujuan Penggunaan

Perbedaan selanjutnya adalah tujuan dari penggunaannya, dimana barang ekonomi digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan manusia, dan seringkali diperdagangkan di pasar untuk mendapatkan keuntungan.

Sedangkan barang non ekonomi digunakan untuk memenuhi kebutuhan, tetapi tidak diperdagangkan dalam konteks pasar. Tujuannya lebih bersifat kepuasan langsung terhadap kebutuhan pengguna.

3. Sifat Keterbatasan

Berikutnya adalah dari ketersediaannya, barang non ekonomi memiliki ketersediaannya terbatas dan dapat mengalami kelangkaan. Hukum penawaran dan permintaan dapat mempengaruhi ketersediaan dan harga barang ekonomi. Sedangkan barang ekonomi seringkali lebih melimpah dan tidak terpengaruh oleh hukum pasar karena tidak diperdagangkan.

4. Pertukaran

Selanjutnya barang ekonomi dapat dipertukarkan atau diperdagangkan dalam sistem ekonomi. Pertukaran ini melibatkan transaksi uang atau barang. Kemudian barang non ekonomi biasanya tidak dipertukarkan dalam konteks pasar dan umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan langsung tanpa melibatkan pertukaran ekonomi.

5. Sifat Produksi

Berikutnya adalah dari segi sifat produksinya, barang ekonomi sering diproduksi secara massal dengan melibatkan produksi yang komplek dengan harapan mendapatkan keuntungan melalui penjualan. Berbeda dengan barang non ekonomi, yang lebih sederhana dan todal melibatkan proses produksi lebih ekonomis.

Catat Biaya Produksi Menggunakan Beecloud

Karakteristik Barang Ekonomi

Berikut beberapa karakteristik utama abarang ekonomi:

  • Karakteristik pertama barang ekonomi adalah dari segi keterbatsan sumber daya yang digunakan, baik dalam produksi mupun perolehannya.
  • Adanya permintaan dan penawaran di pasar, di mana hukum penawaran dan permintaan memainkan peran kunci dalam menentukan harga dan kuantitas produksi.
  • Barang ekonomi memiliki nilai ekonomi yang dapat diukur, mencerminkan sejauh mana barang tersebut diinginkan atau dibutuhkan oleh masyarakat, tercermin dalam harga atau daya tukar.
  • Produksi barang ekonomi melibatkan penggunaan faktor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan manajemen untuk menciptakan barang atau jasa.
  • Memiliki kemampuannya untuk diperdagangkan atau dipertukarkan, memungkinkan terjadinya pertukaran barang dan jasa serta spesialisasi untuk meningkatkan efisiensi produksi.

Baca Juga: 3 Aspek Manajemen Produksi, Fungsi dan Prosesnya

Jenis -Jenis Barang Ekonomi

Berikut beberapa jenis barang ekonomi:

1. Barang Konsumsi

Jenis barang ekonomi berikutnya adalah barang konsumsi, dimana barang konsumsi adalah unsur penting dalam kehidupan sehari-hari, digunakan oleh individu untuk memenuhi kebutuhan pribadi mereka.

Contoh barang konsumsi melibatkan ragam kebutuhan, mulai dari makanan dan pakaian hingga alat tulis dan kendaraan pribadi. Kategori ini dibagi menjadi dua, yakni:

  • Barang konsumsi sekali pakai: barang yang bisa langsung habis dalam sekali konsumsi, contohnya makanan, bahan bakar, pakaian, dan sejenisnya.
  • Sedangkan barang konsumen tahan lama: jenis barang yang bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama dan bisa bisa dimanfaatkan secara berulang. Contohnya TV, Laptop, dan sejenisnya.

2. Barang Modal/ Produsen

Berikutnya adalah barang modal atau yang juga dikenal dengan barang produsen. Jenis barang ekonomi ini mengarah pada barang-barang yang bisa menunjang proses produksi barang maupun jasa. Tujuannya pun sama, yakni untuk menunjang kepuasan pelanggan.

Contoh barang modal ini ada mesin, alat berat, gedung pabrik, dan sejenisnya. Sama seperti barang konsumsi, barang modal/ produksi dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Barang Modal Sekali Pakai: Dimana barang yang digunakan akan habis dalam satu produksi, seperti kertas untuk mencetak buku dan batu bara untuk pabrik.
  • Barang Modal Tahan Lama: Sedangkan untuk jenis barang ini dapat digunakan berulang kali tanpa kehilangan fungsinya, seperti mesin, pabrik, dan bangunan pabrik perkakas..

3. Barang Intermediet

Selanjutnya barang intermediet, yakni komponen kunci dalam rantai produksi, digunakan dalam proses pembuatan barang lainnya. Bahan baku, suku cadang, dan bahan bakar adalah contoh barang intermediet yang tidak dijual langsung kepada konsumen akhir.

Peranannya dalam mendukung produksi dan memastikan kelancaran rantai pasokan menjadikannya esensial bagi perusahaan-manufaktur dan industri.

4. Barang Luks

Berikutnya ada barang luks, yakni produk atau jasa yang dianggap sebagai kebutuhan mewah atau tidak penting, seringkali dikelompokkan dalam kategori barang konsumsi.

Contoh barang luks adalah perhiasan, mobil mewah, perabotan rumah tangga mahal, dan parfum eksklusif dan barang lainnya yang mencerminkan status sosial dan gaya hidup yang tinggi.

5. Barang Inferior

Terakhir ada barang inferior, yakni barang yang menunjukkan karakteristik yang berlawanan dengan barang superior, yaitu mengalami penurunan permintaan saat pendapatan konsumen meningkat.

Contoh barang inferior yang sering dikonsumsi oleh individu dengan pendapatan minimum adalah mie instan, rokok, dan transportasi umum . Ketika pendapatan meningkat, konsumen cenderung beralih ke barang atau layanan yang dianggap lebih berkualitas atau lebih baik.

Contoh Barang Ekonomi

Contoh barang ekonomi yang jumlahnya terbatas dan dibutuhkan adalah:

Contoh Barang Ekonomi Yang Jumlahnya Terbatas Dan Dibutuhkan

Air Putih Adalah Contoh Barang Ekonomi Yang Jumlahnya Terbatas Dan Dibutuhkan (Credit: Freepik.com)

1. Air Putih

Contoh barang ekonomi dengan jumlah terbatas dan dibutuhkan pertama ada air bersih. Air bersih merupakan kebutuhan dasar untuk kehidupan manusia dan digunakan dalam berbagai sektor.

Seperti konsumsi, pertanian, dan industri. Meskipun air mencakup sebagian besar permukaan bumi, ketersediaan air bersih yang dapat digunakan terbatas, terutama di beberapa wilayah yang mengalami kekeringan atau pencemaran air.

2. Minyak Bumi

Berikutnya ada minyak bumi, yakni sumber energi utama yang digunakan secara luas di seluruh dunia.

Seperti digunakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi, industri, dan energi rumah tangga. Ketersediaan minyak bumi terbatas dan permintaan yang terus meningkat menjadikannya barang ekonomi yang strategis.

3. Logam Mulia (Emas, Perak)

Logam mulia seperti emas dan perak juga termasuk dalam contoh ekonomi terbatas namun dibutuhkan. Barang ini memiliki nilai ekonomi tinggi dan biasa digunakan dalam pembuatan perhiasan, industri, dan investasi.

Ketersediaan logam-logam ini terbatas karena pertambangan dan ekstraksi yang memerlukan sumber daya alam yang terbatas.

4. Obat-Obatan Langka

Beberapa obat-obatan yang dianggap langka atau sulit diproduksi memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena kebutuhan medis yang khusus.

Keterbatasan produksi, terkadang disebabkan oleh kompleksitas formulasi atau ketergantungan pada bahan baku langka, membuat obat-obatan ini menjadi barang ekonomi yang dicari.

5. Tanah Pertanian yang Subur

Tidak hanya dalam bentuk produk, tanah pertanian yang subur juga termasuk contoh barang ekonomi memiliki keterbatasan jumlahnya dan sangat penting untuk mendukung produksi pangan.

Dalam menghadapi pertumbuhan populasi dan urbanisasi, tanah pertanian yang baik menjadi semakin terbatas, membuatnya menjadi barang ekonomi yang strategis.

Dapat disimpulkan bahwa contoh-contoh barang ekonomi mencakup berbagai produk dan komoditas yang menjadi tulang punggung dinamika perekonomian.

Dari barang konsumsi seperti makanan dan pakaian yang memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga barang modal seperti mesin dan pabrik yang mempengaruhi produktivitas industri, setiap jenis barang ini memiliki peran khasnya dalam menyokong pertumbuhan ekonomi.

Pengertian Sustainable Business, Contoh dan Konsepnya
Bisnis berkelanjutan atau sustainable business bukan hanya sekadar tren, melainkan sebuah pendekatan holistik yang menekankan pada pertanggungjawaban sosial dan lingkungan,
Baca Juga
Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Mengenal Apa Itu Ekonomi Mikro dan Ruang Lingkupnya
Ekonomi mikro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang wajib diketahui saat ini karena berhubungan dengan masyarakat. Ekonomi mempunyai banyak
Baca Juga
Apa itu Inflasi? Ini Arti, Penyebab, Dampak & Cara Ukurnya
Apa itu inflasi? Istilah inflasi mungkin sudah sering kita dengar, terutama saat mengakses informasi berita ekonomi dan keuangan. Inflasi sendiri
Baca Juga
Prinsip Ekonomi Syariah: Tujuan dan Perannya untuk Indonesia
Ekonomi syariah merujuk pada sistem ekonomi yang didasarkan pada prinsip prinsip syariah Islam, prinsip ekonomi syariah memiliki pengaruh yang semakin
Baca Juga
Rumus Fungsi Penawaran dan Cara Menghitungnya (Lengkap)
Tahukah bahwa harga-harga barang yang ada di pasar dipengaruhi oleh hukum penawaran dan permintaan? Ketika suatu barang sedang banyak dicari
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu