Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Cara Menghitung Biaya Penyusutan Nilai dan Contohnya

Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 24 August 2022

Tempat tinggal Anda dan sebagian besar isinya seperti atap, perabotan, dll dapat kehilangan nilainya seiring waktu karena faktor-faktor seperti usia dan usang. Kehilangan nilai ini biasa disebut dengan depresiasi. Ada beberapa cara menghitung biaya penyusutan tergantung dengan metodenya.

Konsep penyusutan mengakui bahwa aset menurun nilainya dari waktu ke waktu dan mengurai biaya selama masa manfaatnya. Penyusutan adalah cara untuk menghapus biaya aset tetap sedikit demi sedikit, selama masa manfaatnya. Lalu bagaimana cara untuk menghitung biaya penyusutan itu sendiri?

Apa itu Biaya Penyusutan?

Apa Itu Biaya Penyusutan

Ilustrasi Biaya Penyusutan (Sumber: Freepik.com)

Penyusutan adalah proses akuntansi untuk mengalokasikan biaya aset tetap berwujud selama jangka waktu yang diharapkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan dari penggunaannya.

Ada beberapa metode untuk menghitung penyusutan, masing-masing membutuhkan penggunaan data dan perkiraan yang terinformasi.

Perusahaan dapat menggunakan metode yang berbeda untuk menghitung penyusutan untuk laporan laba rugi  dan tujuan pajak.

Penting untuk menghitung penyusutan secara akurat, karena dapat berdampak signifikan terhadap hasil keuangan dan kewajiban pajak perusahaan.

Jenis Aset Apa yang Disusutkan?

Akuntan memiliki definisi aset yang sangat spesifik dan berbeda dari penggunaan kata sehari-hari. Aset modal adalah alat dengan manfaat ekonomi di masa depan yang bisa dibeli atau dikendalikan oleh bisnis. 

Aset modal dapat berwujud (seperti peralatan dan bangunan, atau tidak berwujud seperti paten atau merek dagang. Perusahaan juga memiliki aset lancar, yang bersifat jangka pendek dan mencakup kas/setara kas, persediaan, piutang, dll.

Penyusutan diterapkan pada aset berwujud tertentu, yang dikenal sebagai aset tetap. Proses alokasi biaya yang berbeda, yang disebut amortisasi, diterapkan pada aset tidak berwujud.

Aset tetap adalah bagian dari aset berwujud yang diharapkan bertahan lebih dari satu tahun dan nilainya menurun seiring waktu. Misalnya, komputer adalah aset tetap karena kemungkinan akan digunakan selama beberapa tahun dan nilainya akan menurun setiap tahun. 

Baca Juga: Biaya Penyusutan dan Metode Perhitungannya

Cara Menghitung  Biaya Penyusutan

Cara Menghitung Biaya Penyusutan

Ilustrasi Menghitung Biaya Penyusutan (Sumber: Freepik.com)

Ada tiga hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika menetapkan biaya penyusutan untuk aset tertentu:

1. Biaya Awal yang Dapat Didepresiasi

Biaya awal aset dikurangi nilai sisa. Biaya awal mencakup jumlah yang dibayarkan untuk aset serta setiap biaya yang dikeluarkan untuk menggunakannya pada penggunaan tertentu. Nilai sisa adalah perkiraan berapa banyak aset yang dapat dijual ketika telah dihapus dari layanan.

2. Masa Manfaat

 Perkiraan periode aset dapat digunakan sebelum menjadi usang atau aus. Masa manfaat mungkin berbeda dari umur fisik aset.

3. Metode Penyusutan yang Digunakan

 Metode yang digunakan untuk menghitung penyusutan harus sistematis dan rasional terkait dengan sifat aset. 

Beberapa metode menganggap penyusutan adalah fungsi penggunaan, sementara yang lain didasarkan pada berlalunya waktu. Pemilihan metode sering kali bermuara pada kesederhanaan, untuk mengurangi biaya karena aset sudah usang.

Metode Biaya Penyusutan

Format Order Metode Pembayaran

Ilustrasi Seseorang Menghitung Uang

Metode penyusutan yang paling umum digunakan terbagi dalam tiga kategori, meskipun ada metode khusus lainnya yang dapat diterapkan untuk situasi tertentu.

  • Metode Garis Lurus

Metode garis lurus mengasumsikan bahwa kegunaan ekonomis suatu aset adalah sama setiap tahun selama masa manfaatnya. Memperkirakan secara akurat masa manfaat suatu aset sangat penting ketika menerapkan metode berbasis waktu.

Penyusutan garis lurus adalah metode berbasis waktu yang paling sederhana dan paling umum digunakan. Rumus garis lurus adalah :

(Biaya ‚Äď Nilai Sisa) / Perkiraan Beban Umur Manfaat = Penyusutan Tahunan

  • Metode Unit Produksi

Selanjutnya, ada metode unit produksi yang menghasilkan biaya penyusutan terkait dengan output aset. Jenis metode ini sangat membantu perusahaan yang memiliki periode ketika produktivitas bervariasi secara signifikan. Rumus untuk unit produksi adalah:

[(Biaya ‚Äď Nilai Sisa / Total Perkiraan Produksi)] x Unit yang Diproduksi Tahun Ini = Beban Penyusutan Tahunan

  • Metode Jumlah Angka Tahun

Metode penyusutan yang berdasarkan jumlah angka tahun menghitung penyusutan menurun dari biaya awal aset yang dapat disusutkan, dengan menggunakan jumlah tahun yang tersisa dalam masa manfaat aset. 

Rumus untuk setiap periode tertentu adalah:

(Biaya ‚Äď Nilai Sisa) x (Usia Bermanfaat ‚Äď Periode Penyusutan + 1) x 2 : Umur Manfaat x (Usia Manfaat + 1) = = Beban Penyusutan Tahunan

Baca Juga: Cara Menghitung Depresiasi dan Penjelasannya Dalam Akuntansi

Kesimpulan

Cara menghitung biaya penyusutan nilai barang pada dasarnya disesuaikan dengan metode yang digunakan. Adapun masing-masing perusahaan memiliki metodenya sendiri dalam menghitung depresiasi aset yang dimiliki. 

Secara sederhana, depresiasi adalah penyusutan nilai mata uang. Adapun contoh beberapa aset yang mengalami penyusutan yaitu bangunan, kendaraan operasional perusahaan, alat kerja.

Akibatnya aset yang sudah menurun nilainya, akan mempengaruhi laba bersih. Sebab, depresiasi sebuah aset tersebut, akan dihitung sebagai beban biaya alias pengeluaran di sebuah laporan keuangan. Perlu diketahui penghitungan depresiasi hanya bisa dihitung kepada aktiva yang berwujud saja.

Menghitung nilai depresiasi suatu aset merupakan hal yang sangat membingungkan jika Anda orang yang awam dalam akuntansi. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan alat bantu atau software akuntansi agar Anda lebih mudah dalam menghitung nilai depresiasi. Coba gratis 30 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Laporan-Akuntansi-Pakai-Software-Akuntansi-Beeaccounting

Entrepreneur Adalah? Simak Arti, Ciri, dan Perbedaannya Dengan Pengusaha
Banyak yang mengira entrepreneur sama saja dengan pengusaha, padahal pernyataan tersebut masih keliru dan keduanya memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. […]
Baca Juga
4 Cara Mudah Membuat Barcode Produk
Barcode produk atau yang juga dikenal dengan sebutan kode bar, kode batang, atau kode palang merupakan sekumpulan data optik yang […]
Baca Juga
15 Ide Bisnis Kreatif Kekinian dengan Modal Kecil
Perkembangan minat dan selera masyarakat membuat banyak inovasi ide bisnis berdatangan. Penyesuaian produk dilakukan agar mampu memenuhi selera dan kebutuhan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu