Logo Bee Web

Content Marketing: Pengertian, Bentuk dan Cara Membuatnya

Ingin membuat content marketing yang menarik dan unik agar trafik tinggi? Simak tips dan caranya pada artikel di bawah ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Thursday, 6 April 2023

Content Marketing saat ini memang memegang peranan yang sangat penting. Secara umum, strategi pemasaran konten bisa diterapkan oleh berbagai macam bisnis, khususnya UMKM.

Jadi tidak heran bila strategi ini akan membantu meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Hal ini tentunya karena potensi keberhasilan serta keuntungannya sangat tinggi.

Apa itu Content Marketing?

Content Marketing Concept.

Content Marketing Berguna untuk Mempromosikan Sekaligus Membangun Brand Awareness Bisnis (Credit: Freepik.com/ @vector4stock)

Pengertian Content Marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang akan menciptakan serta mendistribusikan konten relevan, dan konsisten agar bisa menarik perhatian audiens. Akan tetapi, konten marketing tidak hanya mengenai cara membuat konten untuk audiens saja.

Tujuan dari pemasaran konten ini untuk bisa membangun hubungan dalam jangka panjang yang lebih kuat dengan para audiens. Oleh sebab itu, konten yang akan dibuat harus lebih relevan sehingga audiens memiliki kedekatan emosional terhadap konten tersebut.

Misalnya saja dalam pembuatan marketing pada Content Marketing Institute (CMI). Dimana mereka merupakan salah satu penyedia konten paling besar di YouTube dalam bentuk video statistik.

Faktanya, saat ini mereka telah memperluas strategi untuk bisa memasukkan podcast. Tujuannya yaitu agar bisa menjalin hubungan dengan publik pada semua media sosial.

Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Bentuk-Bentuk dari Content Marketing

Konten Marketing terbagi atas beberapa bentuk yang perlu dipahami. Berikut ini adalah penjelasan terkait bentuk konten marketing.

1. Infografis

Banyak sekali orang yang merasa tidak paham dengan informasi yang disajikan di media sosial. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan tren infografis.

Infografis mampu menyajikan data yang lebih kompleks dengan format mudah dipahami. Keunggulan dari infografis yaitu menyajikan perpaduan antara gambar dan teks, namun informasi yang akan disampaikan sangat penting.

2. Website atau Blog

Apabila Anda tidak mempunyai tempat untuk membuat konten, maka bisa menggunakan situs web atau blog. Situs web ini memungkinkan Anda untuk membuat artikel yang lebih relevan dengan audiens.

Selain dapat membuat artikel yang sesuai dengan audiens, Anda juga bisa memperhatikan optimasi pada mesin pencari. Misalnya saja SEO tidak bisa dipisahkan dari konten marketing.

Secara umum, strategi SEO yang baik akan mendatangkan banyak sekali traffic ke website atau blog milik Anda. Selain itu, Anda harus bisa memastikan website atau blog responsif terhadap handphone.

3. Podcast

Sebagian besar pembuat konten juga bisa menggunakan kesempatan podcast untuk meningkatkan kesadaran para audiens. Tema podcast ini dapat dimodifikasi sesuai dengan audiens.

Podcast sendiri merupakan salah satu tempat untuk bisa menggantikan radio. Audiens nantinya bisa langsung menikmati konten Anda di mana saja, dan kapan saja sambil melakukan hal yang lain.

4. Video

Video juga menjadi salah satu alat yang ampuh dalam Content Marketing, khususnya melalui YouTube. Hal ini tentunya karena masyarakat Indonesia masih berminat terhadap YouTube.

Selain itu, konten yang berupa video jauh lebih mudah dipahami dan dapat dinikmati dimana saja. Caranya cukup dengan membuat video yang bermanfaat bagi audiens.

Cara Mudah Membuat Content Marketing Menarik

Instagram Bee

Contoh Sosial Media Instagram Sebagai Media Promosi (Credit: Bee.id)

Pada umumnya, untuk bisa membangun hubungan yang jauh lebih kuat dengan para audiens maka harus menyediakan konten berkualitas dan relevan. Hal ini tentunya bisa menumbuhkan hubungan emosional dengan penonton bila dilakukan secara konsisten.

Ketika hubungan semakin kuat dan berhasil dibangun, maka publik akan membuat keputusan terhadap produk. Berikut ini adalah cara membuat strategi konten marketing.

1. Menetapkan Tujuan Terlebih Dahulu

Sebelum Anda buat Content Marketing, maka harus tahu tujuan yang ingin dicapai. Misalnya saja menetapkan visi, misi merek, serta kebutuhan bisnis.

Tujuan ini juga kapan saja bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari perkembangan serta kebutuhan bisnis. Jadi pastikan tujuan tersebut telah terpenuhi dengan baik.

2. Memahami Para audiens

Agar strategi pemasaran semakin berhasil, maka juga harus lebih memperhatikan audiens. Pahamilah audiens Anda, agar strategi yang dibuat bisa berjalan lebih efektif.

Lalu kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang audiens, mulai dari jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, usia, pendapatan. Kemudian, cari tahu juga apa yang disukai bagi audiens.

3. Membuat Konten Berkualitas

Apabila konten yang disajikan lebih berkualitas dan konsisten, maka akan mendapatkan kepercayaan dari para audiens. Jadi jangan ragu untuk membuat video, postingan blog, serta konten berkualitas lainnya.

Ketika Anda telah memahami audiens maka lebih mudah memunculkan ide konten yang lebih berkualitas. Jadi buatlah konten Anda tidak hanya informatif, namun juga memberikan solusi.

4. Melakukan riset

Cara ini sebenarnya bisa Anda gunakan untuk menemukan ide konten yang lebih berkualitas. Anda bisa meneliti tentang pesaing terlebih dahulu.

Ketahui apa saja yang dilakukan pesaing namun ingat jangan plagiat. Dapatkanlah hal-hal menarik yang tidak ada di dalam konten para pesaing.

Manfaat dan Fungsi Content Marketing

Pada dasarnya, konsep konten marketing ini mempunyai daya tarik tersendiri. Ada beberapa manfaat dan fungsi konten marketing, antara lain:

1. Membangun Awareness

Salah satu kunci paling terpenting agar konten marketing berhasil yaitu terus memberikan konten unik di situs dan mempromosikannya pada media sosial. Hal ini tentunya akan menciptakan lebih banyak peluang bagi pelanggan baru untuk menjadi konsumen.

2. Meningkatkan Penjualan

Biasanya, semakin banyak orang yang mengunjungi situs web dan melihat konten, maka akan semakin besar kemungkinan menjadi konsumen. Nantinya, orang ingin tahu sebanyak mungkin tentang produk sebelum membelinya.

3. Meningkatkan Keterlibatan dengan Audiens

Membuat konten yang lebih menarik kemungkinan akan diterima dengan baik oleh para pelanggan. Selain itu, juga memberi Anda kesempatan untuk terlibat langsung dengan mereka.

Baca Juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan dalam Strategi Marketing

Contoh Content Marketing Menarik

Agar bisa membantu Anda memahami strategi konten marketing sudah ada beberapa contohnya. Berikut ini adalah contoh content marketing yang bisa dicoba.

1. Pemasaran Konten di Web

Contoh content marketing yang pertama adalah website, situs web menjadi jembatan paling utama antara bisnis dan pelanggan di Internet. Oleh karena itu, seorang pengusaha harus memiliki situs web agar pelanggan sering menjangkau bisnis milik Anda dari mana saja.

Situs web juga cenderung lebih menggunakan halaman statis, yang biasanya tidak sering berubah. Oleh sebab itu, gunakanlah teks yang menyenangkan dan menarik sehingga membuat pengunjung betah menjelajahi situs web dalam waktu yang lama.

2. Tulis konten marketing di blog

Tidak sama seperti situs web, blog memungkinkan Anda untuk bisa mengembangkan strategi pemasaran dengan lebih banyak tulisan. Anda juga bisa memperbarui tulisan terus-menerus atau menerbitkan artikel setiap hari.

Apabila blog adalah content marketing, maka bisa menulis artikel yang lebih panjang dan jelas. Contohnya saja untuk mendeskripsikan produk, kemudian menambahkan pesan yang mengajak pembaca untuk membeli produk Anda.

3. Simpan dan unggah video

Video juga dikenal sebagai salah satu konten yang dapat digunakan untuk marketing. Anda dapat mengunggahnya ke berbagai macam platform yang memiliki audiens besar seperti TikTok, YouTube, atau Instagram.

Pastikan Anda telah membuat konten yang memenuhi persyaratan dari setiap platform tersebut. Contohnya saja, di TikTok atau Instagram, bisa unggah video dengan format potret pendek saja.

Namun, kualitas harus bagus karena kedua platform ini termasuk platform seluler non-lanskap. Tidak sama seperti YouTube, Anda bisa mengunduh video yang lebih panjang secara horizontal.

Kesimpulan

Jadi dapat dikatakan bahwa konten marketing sangat dibutuhkan dalam dunia usaha. Namun, jika Anda ingin menggunakan strategi ini harus banyak belajar lebih dulu. Saat ini sudah banyak informasi yang ada di internet, jadi bisa dipelajari dengan mudah. Ketahui juga semua contoh content marketing agar lebih mudah dan menjadikan penjualan lebih optimal.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Yuk, scale up bisnis bersama menggunakan software akuntansi online beecloud, mudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis, kontrol anggaran bisnis secara lebih efektif berdasarkan laporan keuangan yang ada. Rencana pemasaran bisa dilaksanakan dengan lebih efisien perencanaan bisnis pun tidak asal-asalan lagi.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
Permintaan dan penawaran merupakan dua kekuatan utama yang membentuk dinamika pasar dalam ekonomi. Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran pun
Baca Juga
Cara Membuat SIUP Online 2022
SIUP merupakan  sebuah perpanjangan dari Surat Izin Usaha Perdagangan. Buat yang hendak membangun bisnis terutama di bidang perdagangan, maka harus
Baca Juga
Strategi Manajemen Piutang: Efektif Kelola Keuangan Bisnis
Apakah Anda memiliki bisnis yang sering mengalami masalah dengan piutang? Apakah Anda ingin meningkatkan arus kas dan mengoptimalkan kinerja keuangan
Baca Juga
Gak Tau Cara Ekspor Barang? Simak 5 Tips Berikut!
Istilah eskpor dan impor pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita semua. Kegiatan perdagangan ini jadi salah satu bagian
Baca Juga
Apa itu Telemarketing? Tugas dan Strateginya dalam Pemasaran
Telemarketing adalah sebuah strategi pemasaran yang telah lama ada, dan terus mengalami evolusi yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi.
Baca Juga
5+ Tips Branding Kedai Kopi Agar Mudah Terkenal
Di kota-kota besar, pastinya anda sangat mudah menemukan bisnis kedai kopi dengan ciri khas masing-masing. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu