Bagaimana Cara Memulai Bisnis Barbershop dari Nol?

Tuesday, 30 July 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Memulai Bisnis Barbershop – Bisnis barbershop mulai dilirik oleh sebagian masyarakat karena keuntungannya yang lumayan besar. Modal yang dibutuhkan untuk mengawali bisnis ini juga tidak terlalu besar. Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam memangkas rambut, peluang bisnis ini terbuka lebar buat Anda. Namun jika Anda tidak mahir memotong rambut, Anda dapat memperkerjakan seorang barber untuk menjalankan bisnis barbershop Anda.

Buat Anda yang belum pernah terjun ke dunia bisnis, tentunya akan mengalami beberapa kesulitan saat akan mengawali bisnis barbershop. Namun uraian di bawah ini akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimanakah cara memulai bisnis barbershop dari nol hingga dapat berdiri dan berkembang ke depannya. Cara-cara tersebut antara lain :

1. Ruangan Pangkas Rambut yang Nyaman

Ciptakan ruangan yang nyaman bagi para pelanggan Anda dan sediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang usaha Anda seperti :

  • Tersedianya toilet
  • Terdapat fasilitas AC
  • Kondisi ruang barbershop selalu bersih
  • Cahaya lampu yang terang sehingga akan memudahkan pelanggan untuk melihat hasil dari pangkas rambut
  • Tersedianya ruang tunggu yang nyaman dan dilengkapi berbagai fasilitas seperti wifi gratis, majalah, televisi, buku dan lain sebagainya sehingga mereka tidak akan bosan menunggu giliran.

2. Lokasi Barbershop

Pilihlah lokasi yang strategis untuk bisnis barbershop Anda. Tempat yang strategis akan meningkatkan jumlah pelanggan karena mudah dilihat dan mudah dijangkau. Lokasi sangat berperan terhadap keberhasilan bisnis barbershop Anda ke depannya. Beberapa lokasi strategis yang dapat Anda pilih sebagai referensi yaitu :

  • Dekat pasar
  • Dekat mimimarket atau pusat perbelanjaan
  • Sekitar pemukiman yang jumlah penduduk sangat padat
  • Pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas kendaraan bermotor
  • Dekat kampus, sekolah atau pusat pendidikan

3. Menyediakan peralatan barbershop

Cara Memulai Bisnis Barbershop
Gambar 1. Menyediakan Peralatan Barbershop (Sumber: Freepik.com)

Untuk mengawali bisnis barbershop, Anda harus menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan untuk menunjang usaha Anda yaitu :

  • Kursi barbershop untuk pelanggan. Untuk membeli kursi ini, setidaknya Anda harus mempersiapkan uang sebesar Rp. 1.000.000,-.
  • Kaca cermin depan belakang. Kaca cermin ini berfungsi untuk melihat hasil pangkas rambut baik dari depan maupun belakang.
  1. Sisir atau sasak
  2. Gunting rambut
  3. Handuk kecil
  4. Pisau cukur atau alat kerok untuk jenggot dan kumis.
  5. Mesin cukur dengan harga kira-kira Rp. 200.000,-
  6. Minyak rambut dan bedak
  7. Sprayer yang berfungsi untuk membasahi rambut dengan air
  8. Selimut yang berfungsi untuk melindungi tubuh pelanggan dari rambut yang jatuh saat dicukur

4. Tenaga Kerja

Jika Anda memiliki keahlian sendiri, maka Anda dapat membuka bisnis barbershop dengan mengandalkan diri sendiri sebagai tenaga kerjanya. Namun, jika Anda tidak mahir dalam melakukan pemangkasan rambut, maka Anda membutuhkan tenaga kerja untuk menjalankan bisnis barbershop Anda. Pilihlah tenaga kerja yang telah berpengalaman dan terampil serta sopan dan ramah.

Sehingga pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan di barbershop Anda mulai dari hasil pangkas rambutnya hingga keramahtamahan pekerjanya. Tidak menutup kemungkinan jika pelanggan tersebut akan menjadi pelanggan tetap Anda dan merekomendasikan barbershop Anda ke orang lain baik keluarga, teman dan tetangganya.

Baca Juga: 5 Tips Branding Kedai Kopi Agar Mudah Terkenal

5. Promosi

Melalui media promosi, bisnis barbershop Anda akan dikenal oleh banyak orang. Anda dapat memanfaatkan brosur, banner, pamflet, spanduk sebagai media promosi. Dengan menggunakan media promosi tersebut maka pelanggan akan mulai mengenal bisnis Anda. Semakin gencar Anda melakukan promosi maka semakin banyak pula pelanggan yang akan datang ke barbershop Anda.

Itulah sekilas uraian mengenai cara memulai bisnis barbershop dari nol. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini semoga berhasil. Terima kasih.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :