Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Warung Kelontong Strategi Bertahan di Tengah Gempuran Zaman

Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 26 August 2022

Sejak adanya pandemi COVID-19, banyak usaha bisnis yang terganggu dan terpaksa harus undur diri alias bangkrut. Namun sepertinya hal tersebut tidak berlaku untuk usaha warung kelontong. Salah satu usaha mikro yang masih bertahan ditengah krisis ekonomi yang disebabkan COVID-19 ini mampu bertahan. Pada saat itu perekonomian Indonesia mengalami kontraksi hingga minus 5,32%. Ditambah tingginya angka pengangguran membuat masyarakat harus memutar otak agar bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan modal kecil untuk membuka usaha.

Dalam dunia bisnis, modal memang mempunyai peran penting. Namun bukan alasan dengan modal kecil kita tidak bisa membuka usaha. Meskipun modal yang kita miliki kecil, kita tetap bisa membuka usaha seperti warung kelontong yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti minyak, beras, gula dan lain sebaginya. Kita bisa menyesuaikan apa yang akan kita jual dengan modal yang kita punya. 

Apa itu Warung Kelontong?

Apa Itu Warung Kelontong

Ilustrasi Seorang Wanita di Warung Kelontong (Sumber: Freepik.com)

Warung kelontong adalah usaha berskala kecil yang mnjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Barang yang dijual di warung kelontong lebih banyak jenisnya dan lebih lengkap. Produk yang dijual seperti bumbu dapur, peralatan mandi, sabun cuci pakaian dan kebutuhan lainnya.

Perlu kalian tau, warung kelontong merupakan salah satu UMKM yang pernah menyelamatkan ekonomi Indonesia di krisis 1989. Warung kelontong berhasil menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia saat itu. Kini warung kelontong menjadi UMKM yang berkembang sangat pesat. 

Sejarah Singkat Warung Kelontong

Menurut artikel kompas.com warung kelontong berawal dari penjual kelontongan yang keliling. Kemudian ia mulai bermunculan pada akhir abad ke-19. Kelontong merupakan alat yang dibawa pedagang keliling dari China pada jaman dahulu. Alat ini dapat menghasilkan suara ketika digerakkan. Suara ini yang menjadi tanda bahwa hadirnya pedagang keliling.

Model Kepemilikan Warung Kelontong"Model

  • Kepemilikan Pribadi

Model warung kelontong jenis ini sering kita jumpai. Warung ini biasanya memiliki bangunan yang dekat dengan rumah pemilik. Ada juga warung yang menyatu dengan rumah pemilik. Warung model ini biasanya milik keluarga inti, tidak melibatkan pihak luar. 

  • Sewa/Kontrak

Warung dengan model seperti ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki modal besar. Mereka hanya membangun warung dan untuk operasionalnya mereka akan menyewakannya kepada orang lain. Tentunya dengan kesepakatan dua belah pihak berapa fee yang harus dibayarkan setiap bulan atau setiap tahun kepada pemilik warung.

  • Tukar-Guling Warung

Jenis seperti ini biasanya kita temui di kota-kota besar. Banyak perantau dari kota lain yang memiliki warung dikota besar. Kemudian memutuskan untuk pulang kampong sehingga pemilik warung pun harus menjualnya ke orang lain. 

  • Aplusan

Aplusan mempunyai arti mengganti atau menggilir. Dalam jenis ini kepemilikan warung bisa berubah-ubah. Dikarenakan pengelolaan warung diganti secara bergilir. Pertama, kepemilikian beberapa warung oleh satu orang kemudian bergilir dengan anggota keluarga lainnya. Kedua, ada juga yang kepemilikan satu warung oleh 2 orang namun tetap bergilir dengan pemilik yang lain.

  • Kepegawaian

Jenis ini biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki banyak warung. Mereka membutuhkan karyawan untuk mengelola warung yang dimilikinya. Meskipun begitu, karyawan tetap harus melakukan pelaporan berkala kepada pemilik warung.

Bagaimana Strategi Bisnis Warung Kelontong  Bertahan di Zaman Modern?

tips membuka bisnis toko kelontong

Ilustrasi Seorang Wanita Menjaga Warung Kelontong

Banyak warung yang masih belum melakukan pembukuan penjualan. Pengelolaannya yang masih tradisional membuat terhambat perkembangan bisnis warung. Lalu bagaimana warung kelontong dapat bertahan ditengah era digital yang semakin modern ini?

1. Menghadirkan Pembayaran Digital

Sekarang telah banyak bermunculan dompet digital. Dimana hal ini dapat dimanfaatkan pemilik usaha warung kelontong untuk mengupgrade metode pembayaran ketika bertransaksi. Contohnya dengan menerapkan metode pembayran secara cashless. Dalam prakteknya pemilik toko kelontong tak perlu khawatir untuk mencari uang kembalian. Uang hasil penjualan dapat langsung masuk ke rekening kita.

Menggunakan metode ini juga menghindarkan pemilik toko kelontong dari pelanggan yang sering berdalih tidak membawa dompet alis ngutang dulu. Karena pembayaran dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone.

2. Lebih Kreatif dalam Mendesain Toko

Sebagian besar toko kelontong hanya berupa ruangan persegi yang disekat. Gambaran ini sangat umum dan sering kita jumpai. Akan lebih baik apabila warung didesain lebih bagus namun masih nyaman. Agar warung terlihat beda dengan warung lain sehingga pelanggan tertarik berbelanja di warung kalian.

3. Melayani Sistem Titip Barang

Sangat bagus apabila warung kita memiliki berbagai macam barang yang dijual. Namun karena keterbatasan modal yang dimiliki, maka belum mampu untuk melaksanakannya. Namun jangan khawatir, kalian bisa menerima jasa titip barang dari orang lain. Selain membuat warung terlihat bervariasi, kalian juga bisa meminta komisi sebagai fee sewa tempat.

4. Dapat Meretur Barang

Tidak banyak warung kelontong yang mau menerima pengembalian barang. Kecuali barang memeang rusak parah. Hal ini dapat menjadi inovasi baru bagi pemilik toko kelontong agar menerima pengembalian barang yang tidak sesuai.

Tips Memulai Bisnis Warung Kelontong untuk Pemula

Warung Kelontong Adalah Penjelasan dan Kiat Sukses Bisnis Toko Kelontong

Ilustrasi Warung Kelontong

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kalian mulai tertarik untuk membuka warung kelontong? Lalu apa saja kira-kira yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis ini, simak penjelasannya di bawah ini :

  • Menjalin kerjasama dengan distributor

Sebelum membuka warung kelontong, alangkah baiknya kalian melakukan survey mengenai supplier atau distributor yang memiliki harga terbaik sebagai tempat kalian mengambil barang. Jalin kerja sama yang baik agar kalian bisa mendapatkan barang dengan harga yang rendah.

  • Menerapkan manajemen bisnis yang baik

Hal penting yang perlu menjadi perhatian bagi pelaku usaha warung kelontong yaitu manajemen bisnis. Sebelum membuka usaha toko kelontong kalian perlu memikirkan bagaimana manajemen operasional usaha nantinya. Termasuk bagaimana kalian melakukan pencatatan transaksi penjualan.

  • Berburu ilmu sebelum terjun

Pelajari hal-hal apa saja yang masih menjadi kelemahan warung kelontong yang ada di dekat rumah kalian. Bandingkan satu dengan yang lain. Lakukan analisa apa kekurangan dan kelebihannya setiap warung. Cari solusi dari permasalahan yang ada di toko kelontong tersebut. Jadikan warung kalian sebagai solusi dari permasalahan yang ada di toko kelontong kompetitor kalian.

  • Berikan promosi dan layanan ekstra terhadap pelanggan

Dalam kegiatan jual beli, pasti kalian telah familiar dengan kata promosi, diskon dan lainnya. Sebagai usaha baru, kalian dapat memberikan promosi untuk menarik perhatian dan secara tidak langsung memberi tahu bahwa kalian telah membuka usaha. Tetap memperhatikan strategi pemasaran, jangan membakar uang pada usaha kecil seperti ini. Cukup imbangi dengan pelayanan yang baik kepada pelanggan. 

Di era teknologi yang semakin berkembang, ada baiknya pemilik usahatoko kelontong mengikuti perkembangan teknologi. Seperti mulai melakukan pencatatan transaksi penjualan menggunakan aplikasi kasir oleh Beecloud. Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh pelaku bisnis toko kelontong. Selain mempermudah pembukuan, cara penggunaannya juga mudah sehingga gampang digunakan oleh orang awam. Apabila kalian tertarik, kalian bisa menghubungi kami dikontak di bawah ini. Mulai perubahan kecil kearah yang lebih baik. 

Kesimpulan

Setelah mengetahui bagaimana warung kelontong bisa bertahan hingga sekarang dan berbagai informasi mengenai warung kelontong. Apakah kalian mulai tertarik untuk memulai bisnis warung kelontong?

Warung kelontong memiliki berbagai macam produk seperti sembako, jajanan, alat tulis, dll. Oleh sebab itu diperlukan kontrol stok yang tepat dan pencatatan penjualan yang mudah. Kesalahan dalam menghitung stok bisa berakibat fatal bagi bisnis. Untuk menghindari kesalahan hitung stok dan pecatatan penjualan Anda bisa menggunakan Software Kasir Beepos yang memiliki fitur lengkap seperti potong stok otomatis, pembuatan faktur otomatis, pencatatan pengeluaran dan pemasukan, penghitungan aset, dan bisa pantau secara realtime laporan keuangan seperti laba dan rugi.

Coba gratis 14 hari dengan klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Hindari-Selisih-Stok-dan-Catat-Penjualan-Toko-Kelontong

 

Demikian artikel mengenai Warung Kelontong Strategi Bertahan di Tengah Gempuran Zaman. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian.

 

7+ Inspirasi Desain Meja Kasir Bikin Pelanggan Makin Betah Mampir
Desain meja kasir adalah kesan pertama saat seseorang memasuki cafe. Sehingga kita harus berusaha menciptakan kesan pertama yang baik dengan […]
Baca Juga
8 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Pemula
Bisnis rental mobil pemula adalah jеnіѕ bіѕnіѕ jаѕа уаng раlіng mudаh untuk Anda jаlаnkаn dan раѕtі menguntungkan. Cаrа kеrjаnуа juga […]
Baca Juga
Cara Menghitung Untung Jualan Dengan Tepat dan Cepat
Cara menghitung untung jualan penting dikuasai para pebisnis. Dengan menghitung keuntungan yang benar, maka bisnis terhindar dari kerugian. Ada berbagai […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu