Web Logo Bee
Penulis: Farhan Anggara

Contoh Laporan Keuangan Excel untuk Bisnis

Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 17 May 2022

Contoh laporan keuangan excel sangat dibutuhkan sebagian pengusaha atau akuntan untuk keperluan manajemen keuangan. Contoh laporan keuangan excel ini biasanya digunakan sebagai refrensi dalam membuat laporan keuangan yang dibuat menggunakan aplikasi microsoft excel.

Sebagai pemilik usaha, memiliki laporan keuangan merupakan suatu hal yang wajib. Sebab laporan keuangan adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur perkembangan usaha yang dijalankan. Jika tak memilikinya, bagaimana bisa mengetahui kondisi keuangan usaha?

Itulah mengapa, contoh laporan keuangan ini memiliki manfaat terutama bagi Anda yang baru ingin mempelajari cara membuat laporan keuangan. Manfaatnya adalah Anda akan lebih mudah dalam menyusun dan mencatat pemasukan dan pengeluaran usaha.

Artikel ini akan membahas secara lengkap dan rinci mengenai pengertian hingga contoh laporan keuangan berbentu excel yang bisa Anda jadikan refrensi dalam belajar dan membuat sendiri laporan kauangan untuk usaha.

Apa itu Laporan Keuangan?

Apa Itu Laporan Keuangan

Ilustrasi Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Sederhananya, laporan keuangan adalah sebuah informasi keuangan pada perusahaan pada periode tertentu yang dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi perkembangan dan kinerja perusahaan.

Jenis-jenis laporan keuangan yang biasanya dibuat oleh banyak Perusahaan adalah:

  • Laporan laba rugi, laporan ini berisi informasi laba atau rugi bersih perusahaan dalam satu periode
  • Laporan keuangan / neraca, laporan ini berisi posisi keuangan yang dikelompokkan dalam bentuk aset, kewajiban, dan modal
  • Laporan perubahan modal, yang berisi laporan ini berisi informasi yang menunjukkan modal pemilik dalam satu periode
  • Laporan arus kas, laporan ini berisi informasi tentang arus keuangan dalam suatu periode

Laporan keuangan memang terdengar cukup rumit untuk dibuat, khususnnya pemula. Tetapi tidak semua laporan keuangan harus rumit. Biasanya, perusahaan akan bekerja sama dengan akuntan yang akan membantu membuat laporan keuangan secara rinci.

Di beberapa perusahaan besar, ada bagian keuangan yang mengurus ini. Atau pilihan lain yaitu merekrut freelancer akuntan untuk membantu membuat laporan keuangan.

Tak jarang juga banyak pemilik bisnis yang memilih untuk membuat laporan keuangan mereka sendiri untuk menghemat biaya pengeluaran.

Manfaat Membuat Laporan Keuangan Menggunakan MS. Excel

Ilustrasi Akuntan Mengerjakan Laporan Keuanga Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Cara mudah dalam membuat laporan keuangan untuk usaha adalah menggunakan aplikasi ms. excel. Tentu saja, contoh laporan keuangan berbentuk excel sangat dibutuhkan untuk mengethaui bagaimana cara menyusun laporan keuangan yang tepat.

Menggunakan MS Excel untuk laporan keuangan tentu dapat menjadi solusi bagi Anda pemilik bisnis yang membuat laporan keuangan tanpa menggunakan layanan akuntan.

Selain satu keuntungan menggunakan MS Excel di atas, tentu saja ada keunggulan lain yang diperoleh saat menggunakan Excel untuk membuat laporan keuangan sendiri, diantaranya:

  1. Lebih mudah karena semua data dapat otomatis terhitung benar. Selama formula yang dimasukkan tepat dan setiap data transaksi dicatat dengan benar, kemungkinan muncul jumlah yang salah akan lebih kecil.
  2. Lebih praktis ketika ada perubahan. Dengan fitur insert comment seperti dijelaskan di atas, Anda dan tim Anda tidak perlu membuat perubahan data secara manual. Cukup melalui MS Excel tanpa harus pusing dengan mencari data yang salah.
  3. Lebih ramah lingkungan. Tentu saja masalah ramah lingkunag yang gencar menjadi keuntungan bagi para pengusaha yang memilih menggunakan Ms. Excel untuk menyusun laporan keuangan. Sebab dengan menggunakan excel, Anda akan lebih mudah meminimalisir penggunaan kertas sehingga lebih ramah lingkungan.

Spesifiknya, sebenarnya ada banyak keuntungan yang diperoleh ketika dapat membuat laporan keuangan sendiri menggunakan aplikasi excel. Salah satu contoh lainnya adalah Lebih Hemat.

Benar saja Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk menyewa seorang akuntan atau merekrut karyawan yang ahli dalam bidang akuntan. Karena, biaya untuk menyewa akuntan terbilang sangat mahal untuk industri kecil. Apalagi jika usaha baru dirintis.

Meskipun membuat laporan keuangan secara mandiri, tetap saja Anda harus selalu teliti dan disiplin terhadap setiap tranksaksi yang dilakukan di perusahaan.

Kenapa Pembukuan Keuangan itu Sangat Penting

Ilustrasi pentingnya Laporan Keuangan untuk Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Setiap ada nominal yang masuk maupun keluar haruslah di input secara tepat agar laporan keuangan perusahaan tetap sehat dan tidak mengalami kerugian. Laporan keuangan yang dilakukan secara disiplin dapat dijadikan referensi perusahaan untuk menilai kondisi Perusahaan.

Dalam laporan keuangan dapat diketahui berapa banyak biaya dan seberapa efektif penggunaan dana yang dimiliki oleh Perusahaan. Bahkan laporan keuangan juga dapat digunakan untuk mengelola aset perusahaan.

Dari laporan keuangan, dapat dilihat banyak hal yang bermanfaat bagi perusahaan. Oleh karena itu, pemilik bisnis tidak disarankan untuk mengabaikan laporan keuangan perusahaan.

Baik itu setiap bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan satu tahun. Setiap laporan keuangan dibuat dapat menyatakan kondisi perusahaan selama periode sebelumnya dan digunakan untuk mengambil langkah-langkah perusahaan pada periode berikutnya.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan dengan Ms. Excel

Membuat laporan keuangan yang mudah dan sederhana bukanlah hal yang sulit saat ini. Ada banyak layanan yang dapat digunakan.

Bahkan untuk beberapa kasus, pemilik bisnis memilih untuk membuat laporan keuangan mereka sendiri. Apa yang perlu dipertimbangkan adalah selalu berhati-hati dan rinci dalam menulis setiap transaksi baik pendapatan dan pengeluaran.

Membuat laporan keuangan sering identik dengan perusahaan besar, meskipun ini tidak benar. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering membuat transaksi keuangan tetapi tidak pernah membuat laporan keuangan pribadi.

Berbeda dengan perusahaan yang harus membuat laporan keuangan secara rinci, tepat dan akurat. Laporan keuangan sangat penting untuk dibuat dan disajikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan.

Untuk divisi keuangan biasanya sudah memiliki sistem akuntansi yang memfasilitasi laporan keuangan. Untuk penggunaan pribadi, membuat laporan keuangan sederhana dapat dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel.

  • Contoh Laporan Neraca Excel

Laporan Neraca merupakan salah satu jenis laporan keuangan yang menunjukkan posisi dan informasi keuangan perusahaan. Dalam laporan Neraca, Anda akan melihat informasi tentang aset, kewajiban dan modal perusahaan secara lengkap dan terperinci.

contoh laporan keuangan excel

Contoh Laporan Keuangan Neraca dengan Excel

  • Contoh Laporan Arus Kas Excel

Laporan arus kas memberikan informasi tentang informasi kas yang masuk dan keluar. Selain itu, laporan arus kas juga berfungsi sebagai indikator untuk memprediksi arus kas pada periode mendatang.

contoh laporan keuangan excel

Contoh Laporan Arus Kas Excel

  • Contoh Laporan Laba Rugi Excel

Definisi laporan laba rugi adalah laporan yang biasa digunakan oleh Perusahaan untuk mengetahui bagaimana posisi keuangan apakah mengalami laba atau kerugian dalam perusahaan.

Jenis laporan laba rugi atau profit and loss statement atau juga income statement adalah laporan yang berfungsi untuk menilai kinerja keuangan. Tujuan laporan laba rugi yang dibuat untuk perusahaan adalah untuk referensi kondisi perusahaan dan mengambil langkah selanjutnya bagi pemimpin perusahaan.

contoh laporan keuangan excel

Contoh Laporan Laba Rugi Excel

Bikin Laporan Keuangan Lebih Cepat dan Mudah

Bikin laporan keuangan lebih cepat dan mudah dengan software akuntansi Beeaccounting. Hanya sekali klik akan muncul informasi keuangan yang Anda butuhkan. Laporan laba rugi, neraca, arus kas, semua sudah tersaji secara otomatis dan data yang diberikan juga sangat akurat.

Analisa bisnis lebih mudah dengan fitur unggulan yang tidak dimiliki software akuntansi lain yaitu Bee Financial Analisys (BFA). Fitur ini memberikan segala keadaan kaungan bisnis Anda dalam bentuk angka yang akurat, sehingga memudahkan Anda dalam mengambil keputusan.

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Laporan Akuntansi Pakai Software Akuntansi Beeaccounting

Baca Juga: Mudahnya Bikin Laporan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan

Kesimpulan

Membuat laporan keuangan secara mandiri menggunakan excel adalah pilihan yang tepat untuk menghemat pengeluaran dalam perusahaan. Karena biaya untuk menyewa akuntan terbilang mahal untuk saat ini. Namun ada pilihan lebih efisien dengan menggunakan software akuntansi yang memiliki banyak keuntungan salah satunya adalah laporan keuangan yang terbuat secara otomatis dengan penghitungan yang akurat.

Jika Anda keberatan dengan program yang menerapkan sistem bayar bulanan, atau gak mau terkunci langganan, maka Beeaccounting adalah solusinya. Cukup bayar sekali untuk seumur hidup.

Bagaimana Cara Membuat Buku Kas Sederhana?
Ulasan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat buku kas secara sederhana. Seperti namanya cara membuat buku kas sederhana, […]
Baca Juga
Cara Membuat Pembukuan Bengkel Motor Excel
Pembukuan bengkel motor excel merupakan salah satu dokumen penting yang sangat dibutuhkan oleh pemilik bengkel. Karena format excel dapat diterapkan […]
Baca Juga
Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel Sederhana
Di sini akan disajikan cara membuat laporan keuangan toko kelontong Excel secara sederhana yang bisa diaplikasikan pada usaha Anda. Laporan […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu