6 Rahasia Sukses Bisnis Kedai Kopi Sederhana

Tuesday, 30 July 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

bisnis kedai kopi sederhana – Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Rasa dan baunya yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi minuman ini. Saat ini, kopi hadir dengan berbagai varian rasa sehingga menambah sensasi bagi para penikmatnya. Bukan hanya bapak-bapak saja saat ini yang berperan sebagai penikmat kopi, anak-anak muda juga ditemani secangkir kopi saat nongkrong bersama teman-temannya.

Hal inilah yang menjadi peluang besar bagi Anda untuk membuka bisnis kedai kopi. Untuk memulai menjalankan bisnis kedai kopi, Anda juga tidak harus dituntut memiliki kafe besar. Cukup dengan kedai kopi sederhana pun Anda sudah dapat menjadi pengusaha sukses. Lalu bagaimanakah caranya? Terdapat 6 rahasia sukses bisnis kedai kopi sederhana, antara lain…

1. Menjadi unik

Hal yang menjadi magnet bagi kedai kopi Anda adalah sajikan sesuatu yang unik dan berbeda dari kedai kopi yang telah ada sebelumnya. Konsumen akan lebih memilih mencoba sesuatu yang baru karena memiliki tarik tersendiri.

2. Mengikuti tren

bisnis kedai kopi sederhana
Gambar 1. Mengikuti Tren (Sumber: Freepik.com)

Untuk menarik para konsumen, Anda sebagai pemilik warung kopi juga harus kekinian seperti warung kopi Anda. Anda harus mencari tahu mengenai berita yang sedang hangat di masyarakat sesuai dengan perkembangan jaman misalnya tentang era, minat konsumen dan gaya hidup. Setelah itu, baru Anda mengaplikasikannya untuk mengembangkan bisnis kedai kopi Anda.

Anda dapat mendesain kedai kopi Anda sesuai dengan nuansa kekinian. Gaya hidup anak-anak muda yang suka bermain gadget, dapat Anda jadikan sebagai peluang meramaikan kedai kopi Anda dengan memasang wifi gratis di kedai kopi Anda.

Baca Juga: 5 Tips Branding Kedai Kopi Agar Mudah Terkenal

3. Perhatikan pelayanan dan kualitas

Konsumen adalah raja bagi kedai kopi Anda, jadi berikan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Selain dari segi keramah tamahan, kualitas dari rasa kopi, desain ruangan, makanan maupun minuman yang lainnya juga harus Anda perhatikan. Konsumen yang merasa puas dengan pelayanan serta kualitas kedai kopi Anda, akan membuat mereka sering datang karena merasa nyaman.

Mereka kemungkinan juga akan membawa teman, saudara dan keluarga mereka sehingga lambat laun kedai kopi Anda akan semakin ramai dan bertambah sukses.

4. Berikan contoh yang baik

Sebagai pemilik kedai kopi, alangkah baiknya jika Anda juga turun tangan dalam menjalankan bisnis Anda. Anda dapat bekerja sama dan terlibat langsung menangani konsumen sehingga hal tersebut akan memberikan contoh bagi para karyawan untuk bekerja dengan baik. Jika bosnya saja bisa bekerja dan melayani konsumen dengan baik, tentunya karyawan juga akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama bahkan lebih.

5. Luwes dalam bergaul

Konsumen yang datang ke kedai kopi Anda pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda. Agar dapat berkomunikasi dengan baik dan lebih akrab dengan konsumen, Anda dan karyawan dituntut untuk memiliki keluwesan dalam bergaul agar terjadi komunikasi yang baik saat memberikan pelayanan kepada konsumen.

6. Jadikan karyawan sebagai sahabat

Saat Anda tidak bisa menjalankan bisnis Anda sendiri, tentunya Anda akan membutuhkan bantuan karyawan. Perlakukan karyawan Anda layaknya seorang sahabat sehingga tidak ada kesan atasan dan bawahan. Hubungan yang harmonis antara Anda dengan karyawan juga merupakan kunci sukses bisnis kedai kopi Anda.

Menumbuhkan rasa memiliki dan peduli terhadap kedai kopi Anda, akan membuat karyawan Anda bekerja dengan lebih giat dan sepenuh hati. Sense of belonging dari karyawan dapat terbentuk jika atmosfer kerja yang fleksibel dapat Anda berikan.

Uraian di atas merupakan penjelasan singkat mengenai 6 rahasia sukses bisnis kedai kopi sederhana. Cukup mudah bukan untuk dilakukan? Semoga Anda dapat menjadi pebisnis kedai kopi yang sukses ke depannya.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :