Logo Bee Web

6 Rahasia Sukses Bisnis Kedai Kopi Sederhana

Simak beberapa rahasia sukses jalankan bisnis kedai kopi sederhana agar bisa bertahan ditengah sengitnya persaingan bisnis.
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Tuesday, 30 July 2019

bisnis kedai kopi sederhana - Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Rasa dan baunya yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi minuman ini. Saat ini, kopi hadir dengan berbagai varian rasa sehingga menambah sensasi bagi para penikmatnya.

Bukan hanya bapak-bapak saja saat ini yang berperan sebagai penikmat kopi, anak-anak muda juga ditemani secangkir kopi saat nongkrong bersama teman-temannya. Hal inilah yang menjadi peluang besar bagi Anda untuk membuka bisnis kedai kopi.

Untuk memulai menjalankan bisnis kedai kopi, Anda juga tidak harus dituntut memiliki kafe besar. Cukup dengan kedai kopi sederhana pun Anda sudah dapat menjadi pengusaha sukses. Lalu bagaimanakah caranya? Terdapat 6 rahasia sukses bisnis kedai kopi sederhana, berikut diantaranya:

Rahasia Sukses Bisnis Kopi Sederhana dan Efektif

Alasan Usaha Kedai Kopi jadi Usaha Prospektif di 2022

Tips Sukses Bisnis Kopi Kedai (Credit: Freepik.com)

1. Menjadi Unik

Hal yang menjadi magnet bagi kedai kopi Anda adalah sajikan sesuatu yang unik dan berbeda dari kedai kopi yang telah ada sebelumnya. Konsumen akan lebih memilih mencoba sesuatu yang baru karena memiliki tarik tersendiri.

2. Mengikuti Tren

Untuk menarik para konsumen, Anda sebagai pemilik warung kopi juga harus kekinian seperti warung kopi Anda. Anda harus mencari tahu mengenai berita yang sedang hangat di masyarakat sesuai dengan perkembangan jaman misalnya tentang era, minat konsumen dan gaya hidup. Setelah itu, baru Anda mengaplikasikannya untuk mengembangkan bisnis kedai kopi Anda.

Anda dapat mendesain kedai kopi Anda sesuai dengan nuansa kekinian. Gaya hidup anak-anak muda yang suka bermain gadget, dapat Anda jadikan sebagai peluang meramaikan kedai kopi Anda dengan memasang wifi gratis di kedai kopi Anda.

Baca Juga: 5 Tips Branding Kedai Kopi Agar Mudah Terkenal

3. Perhatikan Pelayanan dan Kualitas

Konsumen adalah raja bagi kedai kopi Anda, jadi berikan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Selain dari segi keramah tamahan, kualitas dari rasa kopi, desain ruangan, makanan maupun minuman yang lainnya juga harus Anda perhatikan. Konsumen yang merasa puas dengan pelayanan serta kualitas kedai kopi Anda, akan membuat mereka sering datang karena merasa nyaman.

Mereka kemungkinan juga akan membawa teman, saudara dan keluarga mereka sehingga lambat laun kedai kopi Anda akan semakin ramai dan bertambah sukses.

4. Berikan Contoh yang Baik

Sebagai pemilik kedai kopi, alangkah baiknya jika Anda juga turun tangan dalam menjalankan bisnis Anda. Anda dapat bekerja sama dan terlibat langsung menangani konsumen sehingga hal tersebut akan memberikan contoh bagi para karyawan untuk bekerja dengan baik. Jika bosnya saja bisa bekerja dan melayani konsumen dengan baik, tentunya karyawan juga akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama bahkan lebih.

5. Luwes dalam Bergaul

Konsumen yang datang ke kedai kopi Anda pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda. Agar dapat berkomunikasi dengan baik dan lebih akrab dengan konsumen, Anda dan karyawan dituntut untuk memiliki keluwesan dalam bergaul agar terjadi komunikasi yang baik saat memberikan pelayanan kepada konsumen.

6. Jadikan Karyawan sebagai Sahabat

Saat Anda tidak bisa menjalankan bisnis Anda sendiri, tentunya Anda akan membutuhkan bantuan karyawan. Perlakukan karyawan Anda layaknya seorang sahabat sehingga tidak ada kesan atasan dan bawahan. Hubungan yang harmonis antara Anda dengan karyawan juga merupakan kunci sukses bisnis kedai kopi Anda.

Menumbuhkan rasa memiliki dan peduli terhadap kedai kopi Anda, akan membuat karyawan Anda bekerja dengan lebih giat dan sepenuh hati. Sense of belonging dari karyawan dapat terbentuk jika atmosfer kerja yang fleksibel dapat Anda berikan.

7. Gunakan Aplikasi Kasir Cafe dari Beepos

Rahasis sukses bisnis kedai kopi paling penting yang tidak boleh dilewatkan adalah menggunakan aplikasi kasir cafe dari Beepos, dengan banyak fitur pendukung dan keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakannya.

Mulai dari memberikan pelayanan yang cepat, program loyalitas untuk pelanggan, kontrol kasir, arus kas, stok, laporan keuangan akuntansi dan masih banyak lagi lainnya. Dapatkan keuntungannya dengan langganan sekarang juga dan cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan web

Uraian di atas merupakan penjelasan singkat mengenai 6 rahasia sukses bisnis kedai kopi sederhana. Cukup mudah bukan untuk dilakukan? Semoga Anda dapat menjadi pebisnis kedai kopi yang sukses ke depannya.

Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit
Contoh rekap orderan olshop agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merekap orderan online
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk Online Shop Dengan Tepat
Baik Anda pebisnis online baru atau sudah lama, mempelajari cara memasarkan suatu produk akan sangat berguna. Tanpa strategi pemasaran yang
Baca Juga
Perhitungan Upah Lembur, Kewajiban dan Sanksi Perusahaan
Membahas mengenai perhitungan upah lembur tentu tidak bisa lepas dengan komponen pendukungnya, kewajiban perusahaan bahkan cara perhitungannya. Jika Anda masih
Baca Juga
Syarat dan Cara Lapor Pajak Online untuk Pelaku Usaha
Pemerintah sudah menyediakan cara lapor pajak online untuk memudahkan proses pelaporan hingga pembayaran pajak bagi pengusaha atau individu, melalui layanan
Baca Juga
Cara Mengatasi Inflasi Bagi Bisnis dan Penyebabnya
Inflasi adalah masalah yang serius tentang kestabilan dari ekonomi suatu negara dan ada penjelasan mengenai cara mengatasi inflasi tersebut. Beberapa
Baca Juga
7 Tips Kelola Hutang Usaha dengan Mudah
Ketika memiliki perusahaan seringkali kebutuhan operasional tidak terpenuhi, sehingga cara yang banyak digunakan yaitu berhutang hingga menimbulkan hutang usaha. Dalam
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu