Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Apa itu Produsen dan Kriterianya Agar Memenangkan Persaingan

Dipublish Tgl: Tuesday, 20 September 2022

Sebuah bisnis, tidak akan lengkap tanpa adanya produsen, karena merupakan unsur penting dalam penyediaan sebuah produk yang akan diperjualbelikan. Lantas apa itu produsen, apa cirinya hingga seperti apa kriteria terbaiknya jika ingin menjadi penguasa pasar?

Jika dijelaskan secara sederhana, di dalam dunia bisnis produsen memiliki peran sangat penting. Begitu juga dalam proses produksi. Berikut ini penjelasannya.

Apa itu Produsen?

Apa Itu Produsen

Ilustrasi Produsen Minyak (Sumber: Freepik.com)

Produksi adalah usaha menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan. Orang yang menghasilkan barang atau jasa untuk dijual atau dipasarkan disebut produsen. Sebuah usaha produksi baru bisa bekerja dengan baik bila dijalankan oleh produsen atau yang sering kita sebut pengusaha.

Arti dari produsen itu sendiri sama dengan pelaku sebuah usaha personal atau badan usaha yang memiliki sertifikasi hukum maupun tidak.

Produsen beroperasi untuk melakukan berbagai kegiatan usaha dalam ruang lingkup ekonomi. Produsen bisa berupa pabrik, koperasi, perusahaan jenis swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pengertian lainnya, menurut situs Econlib produsen dinyatakan sebagai personal yang memiliki tugas membuat barang dan menjadi pemasok barang baik yang berbentuk maupun berupa jasa.

Jenis-jenis Produsen

Jenis Produsen

Ilustrasi Produsen Kosmetik (Sumber: Freepik.com)

Secara garis besar ada dua jenis produsen, yang dikenal dalam praktek bisnis bidang ekonomi. Yaitu produsen personal atau individu dan kelompok berbentuk badan usaha. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.

  • Produsen Individu (Perseorangan)

Jenis ini akan melakukan rantai kegiatan produksi tanpa campur tangan orang lain alias mandiri. Tapi, tetap ada bantuan yang diberikan agar bisa memproduksi barang atau jasa yang nantinya akan diperjualbelikan

Contoh konkretnya adalah produsen kerajinan tangan seperti kerajinan anyaman homemade, kemudian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan produsen berbagai jenis makanan.

Biasanya produsen jenis ini, ruang lingkup usahanya masih skala kecil karena bergantung pada kemampuan sendiri.

  • Produsen Kelompok (Badan Usaha)

Yaitu produsen berbentuk sebuah kelompok, yang biasa disebut badan usaha. Isinya terdiri dari sekelompok orang yang memiliki tujuan sama, yaitu untuk menciptakan sebuah produk tertentu.

Ada yang pembiayaannya dilakukan sendiri atau disebut perusahaan swasta, ada juga yang dibiayai pemerintah atau badan usaha pemerintah.

Produk yang dihasilkan sudah masuk skala besar dan dalam jumlah banyak, yang akan dijual kepada lebih banyak orang. Contohnya adalah, perusahaan yang memproduksi listrik. Kemudian perusahaan penyedia semen, cat, dan perusahaan air minum.

Tujuan Adanya Produsen

Tujuan Adanya Produsen

Ilustrasi Pabrik Produksi (Sumber: Freepik.com)

Eksistensi dari produsen di dunia bisnis memiliki setidaknya lima tujuan utama. Perlu dipahami bahwa selain paham apa itu produsen, setiap tujuan akan sangat berkaitan satu sama lain.

  • Mendapatkan Keuntungan

Tujuan utamanya tentu mendapatkan keuntungan dari proses produksi barang. Ketika mereka berhasil memproduksi barang, kemudian dipasarkan maka akan didapatkan keuntungan yang nantinya digunakan untuk operasional usaha, agar tetap stabil dan bisa bertahan jangka panjang.

  • Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Produk yang dihasilkan oleh produsen, tentunya sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumennya. Sehingga otomatis ketika produk itu sudah tersedia, maka konsumen akan membeli dan memanfaatkannya.

  • Membantu Meningkatkan Nilai Guna dari Barang

Nilai Guna Barang Produksi

Ilustrasi Produk Mentah Jadi Produk Jadi (Sumber: Freepik.com)

Nilai barang juga akan meningkat ketika digunakan dalam produksi produk usaha, yang awalnya memiliki harga rendah kemudian setelah diolah menjadi produk tertentu otomatis akan memiliki nilai lebih.

Contohnya saja, kaca yang mungkin harga barang murninya rendah namun ketika sudah dijadikan produk kaca jendela dan lainnya akan meningkat nilainya.

  • Motor Penggerak Ekonomi Sebuah Negara

Dengan adanya produsen, maka akan ada rantai penggerak ekonomi yang selalu dinamis. Mulai dari saat barang diproduksi untuk skala besar, kemudian produsen dan timnya akan menerima keuntungan.

Kemudian semakin besar skala usaha dari pelaku usaha tersebut, pendapatannya juga akan meningkat berbanding lurus dengan pendapatan masyarakat yang terkait dengan produsen tersebut.

  • Menambah Kas Negara

Ketika produsen mampu menghasilkan produk untuk skala besar, dijual di dalam negeri dan eksport ke luar negeri. Maka akan ada penambahan kas negara, melalui pajak yang dibebankan kepada produsen.

Kriteria Produsen yang Akan Sukses

Kriteria Produsen Sukses

Ilustrasi Produksi Barang (Sumber: Freepik.com)

Tidak semua produsen bisa berhasil bertahan dalam persaingan, apalagi ketika memproduksi barang yang sama dengan banyak produsen lainnya. Ada kriteria yang dapat dijadikan patokan, kesuksesan produsen tersebut. Di antaranya:

  • Memiliki segmentasi pasar yang luas
  • Mampu Menciptakan Produk dengan karakteristik tersendiri dan disukai oleh konsumen dalam jumlah besar
  • Mampu menjaga kepercayaan konsumen dan rekanan tentang kualitas produk, melalui interaksi terbaik dengan pihak yang terkait dengan proses produksi hingga pemasaran
  • Memiliki sistem promosi yang selalu berkembang, sehingga memungkinkan untuk produsen mendapatkan konsumen secara kontinu.

Kesimpulan

Ternyata peran produsen sangat penting, tidak salah jika sebelum menjadi bagian pentingnya dibutuhkan pemahaman yang jelas tentang apa itu produsen dan semua hal yang berkaitan.

Melihat banyaknya laporan yang harus dikerjakan mulai dari awal hingga akhir proses produksi sampai ke penjualan dan operasional, tentu akan kesulitan jika harus terus – menerus menggunakan metode pencatatan manual. Mulai dari stok bahan baku, hutang/piutang, keluar masuk bahan baku dan barang setengah jadi, keluar masuk uang, control karyawan, biaya operasional, pajak dll. Yang tentu akan sangat memakan waktu jika anda masih menerapkan pencatatan manual dalam usaha manufaktur anda. Walaupun perusahaan produksi anda belum masuk dalam kategori skala besar, tentu tetap membutuhkan laporan yang akurat, efektif dan efisien.

Lalu Bagaimana Solusinya ?

Banner Beeaccounting untuk Pabrik Produksi Manufaktur

Kini telah hadir Beeaccounting untuk memudahkan anda dalam mencatat semua hal dalam usaha produksi anda. Tidak perlu catat manual dan semua terintegrasi sampai akunting. Software akuntansi yang sesuai dengan usaha produksi anda dan sangat fleksibel. Sehingga anda bisa mengontrol bisnis anda sewaktu – waktu darimana saja. Coba Beeaccounting sekarang!

Apa itu Owner? Tugas Utama dan Bedanya dengan C-Level
Point Penting di Konten Ini Apa itu Owner?Tanggung Jawab Owner1. Memimpin Perusahaan2. Membuat Peraturan Perusahaan3. Mereview Action Plan dan Strategi […]
Baca Juga
Ini Dia Macam-Macam Bukti Transaksi yang Harus Diketahui!
Beberapa orang mengaku bahwa mereka suka menyimpan macam-macam bukti transaksi, tujuannya agar jika ingin mengembalikan atau menukar barang yang sudah […]
Baca Juga
3+ Program Bengkel Terbaik Untuk Usaha Bengkel Anda
Program bengkel akan selalu dibutuhkan untuk pemilik usaha bengkel karena memiliki berbagai fungsi yang dapat dimanfaatkan. Kenyamanan selalu menjadi prioritas […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu