🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Pengertian Biaya Akomodasi Adalah dan Contohnya (Lengkap)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) akomodasi diartikan sebagai sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 2 September 2023

Istilah akomodasi bisa diartikan menjadi banyak makna, tergantung dimana konteks penempatan kalimat ini berada. Sedangkan biaya akomodasi adalah jenis biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan perjalanan.

Selain itu, istilah ini juga kerap digunakan dalam bisnis biasa berkaitan dengan kegiatan distribusi atau keperluan bisnis lainnya. Biasanya biaya ini akan dikeluarkan oleh perusahaan namun harus ada syarat ketentuan yang di lengkapi.

Apa itu Biaya Akomodasi? Biaya Akomodasi Adalah

Laporan Posisi Keuangan Aset

Mengenal biaya akomodasi dalam dunia bisnis (Credit: Freepik.com)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) akomodasi diartikan sebagai sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, akomodasi juga bisa diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan perjalanan.

Dimana biaya akomodasi adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk kegiatan perjalanan jauh dari tempat kerja biasanya yang berkaitan dengan pekerjaan. Biaya akomodasi meliputi biaya penginapan, transportasi, keperluan makan dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Biaya Akomodasi dan Contohnya

Secara garis besar biaya akomodasi dikelompokkan menjadi 3 kelompok, berikut diantaranya:

1. Akomodasi Komersil

Jenis pertama ada akomodasi komersil, mengacu pada tempat-tempat tinggal yang dijalankan dengan tujuan mendapatkan keuntungan finansial. Ini adalah jenis akomodasi yang umumnya ditemukan di sektor perhotelan dan pariwisata.

Biaya akomodasi komersil mencakup berbagai layanan dan fasilitas, seperti tempat tidur, kamar mandi pribadi, pelayanan kebersihan, makanan dan minuman, akses Wi-Fi, kolam renang, pusat kebugaran, dan banyak lagi.

Contoh jenis akomodasi komersial termasuk hotel, motel, resort, dan penginapan komersial lainnya. Biaya akomodasi komersil bisa sangat bervariasi, tergantung pada kelas kamar, fasilitas, lokasi, dan musim.

2. Akomodasi Semi Komersil

Selanjutnya adalah akomodasi semi komersil, merujuk pada tempat-tempat tinggal yang memiliki tujuan komersial sebagian, tetapi juga dapat digunakan untuk tujuan non-komersial.

Biaya ini mencakup tempat tinggal seperti villa atau apartemen yang disewakan kepada tamu untuk jangka pendek, tetapi pemiliknya juga dapat menggunakannya untuk tinggal sendiri dari waktu ke waktu.

Biaya akomodasi semi komersil dapat bervariasi tergantung pada seberapa sering tempat tersebut disewakan kepada tamu dan seberapa sering pemiliknya menggunakannya sendiri.

3. Akomodasi Non Komersil

Berikutnya adalah akomodasi non komersil, yakni tempat tinggal yang tidak dikelola untuk mendapatkan keuntungan finansial. Ini mencakup tempat-tempat seperti rumah pribadi, kediaman keluarga, rumah liburan pribadi, dan rumah peternakan.

Biaya akomodasi non komersil dapat mencakup biaya-biaya seperti pemeliharaan, listrik, air, dan perawatan properti, tetapi tidak ada niat untuk menghasilkan pendapatan dari penyewaan kepada tamu. Orang-orang mungkin memilih akomodasi non komersil untuk penggunaan pribadi, seperti liburan atau tempat tinggal jangka panjang.

Tips Optimalkan Biaya Akomodasi untuk Keperluan Bisnis

akomodasi adalah

Lakukan negoisasi untuk mengoptimalkan biaya akomodasi (Credit: Freepik.com)

Mengoptimalkan biaya akomodasi adalah langkah penting untuk menjaga efisiensi keuangan perusahaan. Berikut diantaranya:

1. Pencarian Harga Terbaik

Tips pertama adalah mencari harga yang terbaik dan sesuai dengan budget. Pastikan untuk selalu lakukan riset untuk menemukan harga terbaik. Gunakan situs perbandingan harga hotel atau platform pemesanan online yang menawarkan diskon khusus untuk bisnis. Bandingkan berbagai pilihan akomodasi berdasarkan lokasi, fasilitas, dan harga.

2. Pemesanan Awal

Tips berikutnya adalah melakukan pemesanan di awal, dengan memesan akomodasi jauh-jauh hari dapat membantu Anda mendapatkan tarif yang lebih rendah. Banyak hotel dan layanan akomodasi menawarkan diskon untuk pemesanan jauh-jauh hari atau untuk tinggal dalam waktu yang lebih lama.

3. Pilih Lokasi Strategis

Berikutnya, cob pilih akomodasi yang strategis terletak dekat dengan tempat tujuan kunjungan atau pertemuan. Dengan memilih lokasi yang dekat, Anda dapat mengurangi biaya transportasi dan waktu perjalanan. Hal ini tidak hanya menghemat uang, tetapi juga memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam perjalanan bisnis Anda.

Baca Juga; 5 Strategi Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis

4. Negosiasi Tarif Korporat

Berikutnya, lakukan negoisasi, ketika merencanakan perjalanan bisnis yang rutin, pertimbangkan untuk bernegosiasi langsung dengan hotel untuk mendapatkan tarif korporat atau kesepakatan khusus.

Banyak hotel menawarkan harga khusus kepada perusahaan yang sering membawa tamu untuk menginap. Dengan berkomunikasi langsung dengan pihak hotel, Anda dapat merundingkan tarif yang lebih baik berdasarkan kebutuhan perusahaan Anda.

5. Alternatif Akomodasi

Selain mempertimbangkan opsi hotel, pertimbangkan alternatif akomodasi seperti apartemen jangka pendek atau layanan sewa akomodasi korporat.

Terkadang, opsi ini dapat lebih ekonomis terutama jika Anda membutuhkan ruang yang lebih besar atau fasilitas dapur. Hal ini juga bisa menjadi solusi yang baik jika Anda ingin merasa lebih seperti tinggal di rumah daripada di hotel.

6. Kendalikan Fasilitas Tambahan

Saat menginap di hotel, pertimbangkan untuk mengendalikan penggunaan fasilitas tambahan yang bisa menambah biaya. Hindari memanfaatkan minibar atau layanan binatu hotel jika tidak benar-benar diperlukan. Hal ini akan membantu Anda menghindari biaya tambahan yang tidak perlu dan menjaga pengeluaran tetap dalam batas anggaran.

7. Program Loyalitas dan Fleksibilitas

Pertimbangkan untuk mendaftar program loyalitas hotel yang dapat memberikan Anda diskon khusus, penawaran eksklusif, atau poin yang dapat ditukarkan dengan diskon di masa mendatang.

Selain itu, jika memungkinkan, fleksibel dengan jadwal perjalanan Anda. Menghindari periode waktu sibuk atau mempertimbangkan perjalanan di luar puncak dapat membantu Anda mendapatkan tarif yang lebih rendah.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dan Faktornya

Kesimpulan

Sederhananya, biaya akomodasi adalah biaya yang merujuk pada pengeluaran yang terkait dengan tempat tinggal sementara atau fasilitas penginapan selama perjalanan, baik bisnis maupun liburan.

Contoh biaya akomodasi mencakup pembayaran untuk menginap di hotel, resor, atau apartemen jangka pendek. Untuk mengoptimalkan biaya akomodasi, sebaiknya lakukan riset harga terbaik melalui situs perbandingan dan beberapa lainnya. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat menghemat biaya akomodasi dan mengelola pengeluaran dengan lebih efisien.

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Artikel Terkait

Produsen Adalah: Peran, Tantangan hingga Strategi Sukses
Dalam perekonomian modern, produsen adalah perusahaan yang memiliki peran sangat penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan nasional, dan menyediakan
Baca Juga
Usaha Mikro Kecil Menengah: Panduan Sukses Lengkap, Praktis
Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk memulai usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau ingin memperluas bisnis yang sudah ada? Jika iya,
Baca Juga
Manajemen Salesman: Pengertian, Aspek, dan Cara Melakukan
Salesman (manajemen) merupakan elemen penting dalam strategi penjualan suatu perusahaan. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki tim penjualan yang efektif
Baca Juga
Mengenal Data Warehouse, Komponen dan Karakteristiknya
Data warehouse merupakan suatu konsep yang penting dalam dunia teknologi informasi, yang memungkinkan perusahaan dan organisasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan
Baca Juga
Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang dan Formatnya
Hai, sahabat Pebisnis! Pernah tidak merasa bingung atau khawatir saat mengutang atau meminjam uang kepada teman atau bisnis partner? Nah,
Baca Juga
WIP Adalah: Fungsi, Rumus dan Contoh Laporannya
Dalam dunia manufaktur dan akuntansi, pemahaman yang kuat tentang WIP adalah kunci utama dalam mengelola proses produksi yang efisien dan
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu