Logo Bee Web

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan

Metode perpetual adalah metode yang digunakan untuk mencatat dan melacak persediaan barang secara terus-menerus.
Penulis: Al Faris
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 13 July 2023

Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

Memahami pengertian, jenis, keuntungan, dan kelemahan metode perpetual dalam konteks bisnis bisa memberikan wawasan yang berharga bagi para pemimpin maupun pelaku bisnis.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makna dari perpetual, mempelajari beberapa jenis metode yang terkait, serta menganalisis keuntungan dan kelemahan dari penerapan metode ini di dunia bisnis. Langsung simak sampai selesai ya!

Pengertian Metode Perpetual Adalah

Metode perpetual merupakan metode yang digunakan untuk mencatat dan melacak persediaan secara terus-menerus.

Dalam metode ini, setiap kali terjadi transaksi yang terkait dengan persediaan, catatan langsung diperbarui dalam akun persediaan untuk menggambarkan perubahan tersebut.

Jadi, metode perpetual memungkinkan perusahaan untuk memiliki pembaruan real-time tentang stok persediaan yang ada.

Setiap kali barang diterima atau dijual, data transaksi dicatat dalam akun persediaan. Informasi tersebut mencakup jumlah barang, tanggal transaksi, harga beli, harga jual, dan pihak terkait juga bisa dicatat.

Metode Perpetual Adalah

Metode perpetual biasanya digunakan oleh pebisnis dengan skala besar seperti gerai ritel (Credit: Freepik)

Metode perpetual adalah metode yang memberikan beberapa keuntungan.

Pertama, perusahaan mempunyai visibilitas yang jelas terhadap persediaan yang tersedia, sehingga bisa mengelola stok dengan lebih efisien dan menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan yang tidak perlu.

Kedua, metode ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dengan cepat adanya kecurangan atau kehilangan persediaan karena catatan terus diperbarui secara real-time.

Namun, metode perpetual juga mempunyai beberapa kelemahan. Pertama, metode ini membutuhkan sistem akuntansi yang kuat dan terkomputerisasi untuk mencatat serta memelihara catatan persediaan yang terus-menerus.

Kedua, biaya pengelolaan dan pemeliharaan sistem tersebut bisa menjadi faktor yang signifikan bagi perusahaan kecil atau usaha yang baru berkembang.

Jadi, secara umum metode perpetual merupakan pendekatan yang berguna dalam mengelola persediaan dengan lebih efektif dan memastikan akurasi informasi persediaan.

Jenis-Jenis Metode Perpetual

Sistem perpetual adalah sistem akuntansi yang memperbarui catatan keuangan secara terus-menerus sepanjang waktu. Dalam metode ini, setiap transaksi keuangan dicatat secara individual saat terjadi.

Metode perpetual melibatkan penggunaan jurnal umum, buku besar, dan akhirnya menghasilkan laporan keuangan yang up-to-date. Berikut adalah beberapa jenis metode perpetual yang umum digunakan dalam akuntansi, antara lain:

1. Metode Persediaan Perpetual

Ini digunakan untuk mengelola persediaan barang dagangan yang mana setiap kali ada pembelian atau penjualan barang, catatan diupdate dalam akun persediaan.

Dalam metode perpetual, persediaan bisa terus dipantau secara real-time dan informasi mengenai persediaan yang tersedia, pembelian, dan penjualan bisa diperoleh kapan saja.

2. Metode Piutang Perpetual

Jenis metode perpetual adalah untuk mengelola piutang usaha yang mana setiap kali terjadi penjualan kredit, catatan tentang jumlah piutang harus diterima dicatat secara individual.

Jadi, metode ini memungkinkan perusahaan untuk memantau jumlah piutang yang masih harus dibayar oleh pelanggan dan mengidentifikasi piutang jatuh tempo.

3. Metode Hutang Perpetual

Selanjutnya, jenis ini digunakan untuk mengelola hutang usaha yang mana setiap kali perusahaan membeli barang atau jasa secara kredit, catatan tentang jumlah hutang yang harus dibayar dicatat secara individual.

Menggunakan metode ini, berarti memudahkan perusahaan dalam melacak dan mengelola hutang usaha secara efektif.

4. Metode Aset Tetap Perpetual

Metode perpetual adalah jenis metode untuk mengelola aset tetap perusahaan, seperti tanah, bangunan, mesin, kendaraan, dan lain sebagainya.

Manajemen perpetual Aset

Pencatatan persediaan barang juga penting supaya perusahaan dapat mengoptimalkan aset

Setiap kali terjadi perolehan atau penghapusan aset tetap, catatan individual dicatat untuk memperbarui informasi tentang nilai dan kondisi aset tersebut.

5. Metode Investasi Perpetual

Terakhir, jenis metode ini berguna untuk mengelola investasi perusahaan dalam saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Setiap kali terjadi transaksi investasi, catatan individual dibuat untuk mencatat pembelian, penjualan, atau perubahan nilai investasi.

Keuntungan Mengaplikasikan Metode Perpetual

Metode perpetual adalah salah satu instrumen dalam bisnis dan sangatlah membantu dan menguntungkan. Adapun berikut adalah daftar beberapa keuntungan menggunakan metode perpetual dalam akuntansi yang wajib Anda ketahui, antara lain:

1. Informasi yang Akurat dan Real-Time

Metode perpetual memungkinkan perusahaan untuk memiliki informasi keuangan yang akurat dan real-time setiap saat. Setiap transaksi yang terjadi dicatat segera, sehingga manajemen bisa melacak arus kas, inventaris, dan posisi keuangan secara lebih efektif.

2. Pengendalian Stok yang Lebih Baik

Persediaan perpetual terkait barang dicatat secara terus-menerus sehingga memungkinkan perusahaan untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang persediaan, tingkat pemakaian, dan nilai persediaan setiap saat.

Kontrol Stok Bpm

Dengan informasi ini, perusahaan mampu mengelola persediaan dengan lebih efisien, mencegah kekurangan stok, dan mengurangi biaya penyimpanan yang tidak perlu.

Aplikasi manajemen stok yang sangat efektif adalah Beepos Mobile, hanya dengan hanya satu klik, Anda akan mendapatkan berbagai data yang Anda butuhkan, salah satunya adalah data yang terkait dengan stok barang yang tersedia. Selain itu, program ini juga akan meminimalkan kesalahan dalam perhitungan.

Ini tentu saja jauh lebih baik daripada ketika Anda menggunakan manual yang kurang praktis dan memiliki risiko kesalahan manusia yang lebih besar.

3. Lebih Cepat Mendeteksi Adanya Kecurangan

Metode yang memungkinkan pencatatan secara terus-menerus, sehingga adanya ketidakcocokan atau ketidaksesuaian antara catatan fisik dan catatan akuntansi bisa terdeteksi lebih cepat.

Hal ini bisa membantu mengidentifikasi dan mencegah kecurangan atau ketidakakuratan yang mungkin terjadi.

4. Memungkinkan Analisis dan Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Memiliki informasi keuangan yang terkini dan akurat, berarti perusahaan bisa melakukan analisis jauh lebih baik tentang kinerja keuangan, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan.

Perpetual adalah metode yang memungkinkan manajemen bisa melihat secara langsung bagaimana setiap transaksi mempengaruhi posisi keuangan perusahaan.

5. Kemudahan Pelaporan Keuangan Pada Setiap Transaksi

Metode perpetual memungkinkan pelaporan keuangan yang lebih mudah dan cepat karena setiap transaksi dicatat segera, persiapan laporan keuangan menjadi lebih efisien, dan tidak memerlukan banyak penyesuaian akhir periode.

Kelemahan Menggunakan Metode Perpetual

Meskipun perpetual adalah metode dengan beberapa kelebihan menguntungkan, tetapi ada pula beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini adalah poin-poin tentang beberapa kelemahannya, antara lain:

1. Biaya Implementasi yang Cukup Mahal

Mengadopsi metode perpetual pastinya memerlukan investasi awal dalam sistem yang memadai untuk memantau dan memperbarui persediaan secara real-time.

Ini melibatkan biaya perangkat keras, perangkat lunak, dan pelatihan staf yang bisa menjadi cukup mahal bagi perusahaan kecil atau usaha dengan anggaran terbatas.

2. Kemungkinan Adanya Kesalahan Catatan

Perpetual adalah metode yang melibatkan pembaruan terus-menerus dari catatan persediaan, tetapi ada potensi kesalahan manusia bisa terjadi selama proses tersebut.

Kesalahan dalam memasukkan atau memperbarui data bisa menghasilkan informasi persediaan yang tidak akurat dan mengganggu keseluruhan sistem manajemen persediaan.

3. Kompleksitas yang Cukup Rumit

Metode perpetual bisa jadi lebih rumit dibandingkan dengan metode lain, seperti periodik yang mana persediaan hanya dihitung pada periode tertentu.

Memperbarui catatan persediaan secara terus-menerus pastinya membutuhkan pemantauan dan pemahaman detail tentang sistem yang digunakan.

Ini bisa menambah tingkat kompleksitas dan memerlukan personel yang terlatih untuk menjalankan metode ini dengan benar.

4. Ketergantungan pada Sistem IT

Perpetual adalah jenis metode yang bergantung pada sistem informasi andal dan infrastruktur teknologi memadai.

2 Wanita Melakukan Pencocokan Stok Di Sistem Dan Manual

Kegagalan perangkat IT bisa mengganggu pembaruan persediaan secara real-time

Selain itu, jika organisasi tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk memelihara dan memperbarui sistem IT, maka metode ini mungkin menjadi tidak efektif.

5. Kompleksitas dalam Pengawasan atau Pemantauan

Dalam metode perpetual, pemantauan persediaan dilakukan secara berkelanjutan, yang bisa saja membutuhkan waktu dan sumber daya tambahan.

Pengawasan yang tidak tepat atau kurang teliti nantinya bisa menyebabkan perbedaan antara jumlah fisik persediaan dan jumlah tercatat, sehingga memperkenalkan ketidakakuratan yang sulit untuk diatasi.

Kesimpulan

Pemahaman mengenai perpetual menjadi satu hal penting dalam upaya mencapai keberhasilan bisnis. Walaupun mempunyai banyak keuntungan, tetapi penting juga untuk mempertimbangkan kelemahan dan tantangan yang mungkin muncul dalam penerapannya.

Membaca artikel ini, berarti Anda sudah memahami pengertian, jenis, keuntungan, dan kelemahan metode perpetual, sehingga para pemimpin dan pelaku bisnis mungkin bisa mengambil keputusan yang lebih baik.

Selain itu, metode perpetual adalah metode untuk mengembangkan strategi yang memungkinkan keberhasilan bisnis dalam jangka panjang. Sudah siap untuk mengaplikasikannya?

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Liabilitas Jangka Pendek: Kelebihan dan Cara Analisisnya
Dalam operasional perusahaan, aspek keuangan memiliki peranan yang sangat penting. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah liabilitas jangka pendek
Baca Juga
12 Contoh Wirausaha Berbagai Bidang & Contoh Usahanya
Jika Anda seorang pebisnis yang tengah mencari inspirasi dan pandangan segar dalam dunia kewirausahaan, tak ada yang lebih bermanfaat daripada
Baca Juga
Intrapreneur Adalah: Mengenal Peran & Karakteristiknya
Apakah Anda pernah mendengar istilah "intrapreneur"? Intrapreneur berbeda lho dengan Entrepreneur. Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, inovasi dan kreativitas
Baca Juga
Proses Bisnis: Pengertian, Jenis, Tahapan & Manfaatnya
Segala sesuatu yang berkaitan dengan rancangan konsep, maksud atau tujuan, hingga strategi pemasaran bisa disebut sebagai proses bisnis. Setiap proses
Baca Juga
Peran Rumah Tangga Produsen, Pengertian dan Contohnya
Secara pengertian rumah tangga produsen adalah seorang individu atau kelompok yang bertanggung jawab dalam menambah nilai guna sebuah benda atau
Baca Juga
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
Permintaan dan penawaran merupakan dua kekuatan utama yang membentuk dinamika pasar dalam ekonomi. Faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran pun
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu