🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Beverage Adalah: Bisnis Minuman, Jenis dan Tips Suksesnya

Artikel ini membahas tentang bisnis minuman atau beverage, termasuk jenis-jenis bisnis minuman dan tips sukses dalam menjalankannya.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 23 February 2023

Beverage atau bisnis minuman merupakan industri yang sangat besar dan berkembang pesat di seluruh dunia. Bisnis minuman dapat mencakup berbagai jenis produk, mulai dari minuman non-alkohol seperti air mineral, jus, teh, kopi, minuman berenergi, hingga minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan minuman berbasis spritus.

Bisnis minuman sendiri memiliki potensi besar untuk mendatangkan keuntungan yang besar, terutama di pasar yang terus berkembang seperti Asia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang apa itu bisnis beverage, jenis-jenis beverage dan juga tips sukses menjalakannya.

Apa itu Bisnis Minuman? Bisnis Beverage Adalah …

Bisnis minuman atau beverage adalah sebuah jenis bisnis yang bergerak di bidang produksi, distribusi, dan penjualan berbagai jenis minuman.

Bisnis minuman memiliki pasar yang sangat luas dan dapat menjangkau berbagai segmen konsumen, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dan dapat dijual baik di toko-toko kecil hingga restoran, bar, dan supermarket.

Meskipun persaingan di industri minuman cukup tinggi, bisnis minuman dapat memberikan keuntungan yang besar bagi para pelakunya jika dilakukan dengan strategi dan manajemen yang tepat.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian Paling Laris 2023

Jenis Bisnis Minuman

Banyak sekali jenis-jenis bisnis minuman kekinian, namun ada 4 jenis utama ini yang umumnya sering ditemui. Berikut adalah beberapa jenis bisnis minuman yang populer:

Bisnis Kopi Salah Satu Contoh Bisnis Minuman

Bisnis Minuman Kopi Kekinian (Sumber: Freepik.com)

Kedai Kopi

Bisnis yang menjual berbagai jenis kopi, seperti espresso, latte, cappuccino, dan masih banyak lagi. Kedai kopi biasanya menyediakan lingkungan yang santai untuk pelanggan menikmati minuman mereka, seringkali dilengkapi dengan akses WiFi untuk para pelanggan yang ingin bekerja atau bersantai.

Anda bisa melihat referensi Brand Kopi Indonesia di sini

Cafe

Ukuran cafe identik lebih besar daripada kedai kopi. Dan umumnya cafe mempunyai area tempat duduk yang nyaman dilengkapi dengan AC. Desain interior juga dirancang secara tematik, sehingga menghadirkan nuansa yang unik.

Minuman yang disajikan di cafe merupakan sajian yang mudah dan cepat diolah. Harga yang ditawarkan tentunya lebih terjangkau dibandingkan restoran. Pengunjung cafe kebanyakan meliputi remaja sekolah, pekerja, mahasiswa, dan lain sebagainya.
Untuk meningkatkan kenyamanan, beberapa cafe rutin menggelar acara live music yang bisa disaksikan gratis oleh pengunjung.

Bar

Bisnis yang dikenal menjual aneka minuman beralkohol ini biasanya tersedia di hotel dan restoran. Namun ada juga bar yang berdiri sebagai usaha mandiri. Selain minuman, beberapa jenis makanan berat hingga kudapan ringan juga ditawarkan.

Sebesar 65%-70% keuntungan bisnis ini berasal dari penjualan minuman beralkohol yang banyak dikonsumsi sebagai hiburan oleh anak muda.

Bisnis Restoran Minuman

Restoran juga Menyediakan Beverage (Sumber: Freepik.com)

Restoran

Bisnis makanan yang biasanya menyediakan menu minuman sebagai bagian dari keseluruhan pengalaman makanan. Restoran dapat menyediakan berbagai jenis minuman, mulai dari minuman bersoda, bir, hingga anggur.

Jenis bisnis minuman lainnya yang semakin populer adalah bisnis minuman bubble atau bubble tea, yang biasanya terdiri dari teh yang dicampur dengan susu dan bola gelatin berukuran kecil yang terbuat dari tepung tapioka.

Setiap jenis bisnis minuman memiliki karakteristik dan tantangan yang berbeda-beda, dan akan memerlukan strategi dan manajemen yang berbeda-beda pula untuk mencapai kesuksesan.

Baca Juga: Ingin Punya Restoran Ramai Pengunjung? Inilah 5 Tipsnya

Tips Sukses Bisnis Beverage untuk Pemula dan Profesional

Untuk menjalankan bisnis minuman yang sukses, perusahaan perlu melakukan riset pasar dan mengembangkan produk yang berkualitas tinggi serta inovatif untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen.

Selain itu, faktor-faktor seperti branding, pemasaran, distribusi, dan manajemen rantai pasok juga sangat penting dalam memastikan kesuksesan bisnis minuman.

Melakukan Inovasi

Di era sengitnya persaingan bisnis minuman, melakukan inovasi adalah cara agar bisnis bisa bertahan. Inovasi diperlukan agar bisnis Anda memiliki nilai orisinalitas yang menjadi daya tarik calon konsumen.

Mulailah bereksperimen menciptakan minuman yang tidak dijual oleh kompetitor. Bisa juga dengan menghadirkan konsep tempat minum yang menghadirkan pengalaman baru.

Inovasi hendaknya dilakukan berdasarkan riset yang ada di lapangan. Ikuti tren di sosial media supaya menciptakan inovasi yang berhasil.

Bangun Tim yang Kuat

Mempunyai tim yang berkualitas dapat memudahkan Anda dalam mencapai tujuan-tujuan bisnis. Ketika merekrut tenaga kerja, pilihlah orang-orang berpengalaman dan memiliki kemampuan yang relevan dengan bidang bisnis yang ditekuni. Tidak hanya itu, karakter seseorang juga menjadi pertimbangan supaya menghasilkan lingkungan kerja yang minim konflik.

Baca Juga: Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B

Barista Bisnis Beverage

Berikan Layanan dengan Senyuman (Sumber: Freepik.com)

Jaga Kualitas Pelayanan

Pelayanan yang baik sangat penting dalam membangun kesetiaan pelanggan. Pastikan staf Anda terlatih dengan baik dalam memberikan pelayanan yang ramah dan efisien, dan tanggap terhadap kebutuhan pelanggan.

Selalu perhatikan pengalaman pelanggan dalam konsumsi produk Anda. Ciptakan lingkungan yang nyaman dan menarik untuk pelanggan, sehingga mereka merasa senang dan ingin kembali ke toko atau restoran Anda.

Gunakan Metode Pemasaran yang Sesuai

Setelah menentukan target market, langkah berikutnya dalam mendirikan bisnis beverage adalah merancang metode pemasaran yang sesuai. Caranya dengan melakukan segmentasi calon konsumen dan analisis SWOT. Pertimbangkan juga metode yang mau dipilih dengan anggaran pemasaran yang dimiliki.

Rancang Anggaran Bisnis

Keuangan adalah aset berharga dalam bisnis. Anda perlu mengaturnya dengan benar supaya bisnis tidak merugi. Dengan membuat rancangan anggaran, pengeluaran bisnis menjadi lebih terkendali.

Menyiapkan rancangan anggaran berguna dalam memastikan agar tidak ada pengeluaran yang sia-sia atau tidak penting. Untuk membuat rencana anggaran bisnis juga tidak harus dilakukan oleh akuntan, Anda sendiri bisa melakukannya.

Anda bisa membuat dan mengontrol anggaran biaya-biaya Anda menggunakan aplikasi kasir Beepos. Dengan aplikasi ini Anda bukan hanya bisa mencatat penjualan dan cetak nota saja, namun juga bisa otomatis menghitung stok, rekap setoran kasir, membuat promo-promo menarik seperti buy 1 get 1 atau promo member.

Thumbnailvid Demo Aplikasi Kasir Cafe Shop

Dan yang menarik aplikasi ini terintegrasi langsung dengan laporan pembukuan seperti; laba rugi, neraca dan juga cash flow. Jadi Anda bisa tahu laba bersih bisnis minuman Anda.

Tetap Konsisten dan Rutin Evaluasi

Setelah mempunyai rencana bisnis yang sukses, Anda tidak bisa berhenti begitu saja. Penting untuk melakukan eksekusi langsung. Memang membutuhkan waktu bagi bisnis kecil untuk menjadi bisnis besar. Kuncinya yaitu tetap konsisten.

Kenali pula karakter dan kebutuhan para pelanggan guna meningkatkan kesuksesan bisnis. Jangan sampai Anda merasa putus asa akibat bisnis yang sepi. Bisa jadi itu baru tahapan awal dan masyarakat sekitar masih mencoba mengenali bisnis Anda.

Disarankan memilih tempat yang ramai dan strategis untuk menarik calon pelanggan baru. Lakukan evaluasi secara berkala ketika menemukan hal-hal yang mengurangi performa bisnis. Dengan begitu, bisnis terus memperbaiki diri sampai menyesuaikan dengan kebutuhan nyata masyarakat.

Bisnis minuman atau beverage adalah bisnis yang menarik untuk dibahas. Mengingat minuman menjadi kebutuhan pokok manusia, bisnis ini selalu laris di mana saja dan kapan saja. Ikuti tips-tips yang dijelaskan tadi apabila menginginkan bisnis beverage yang besar dan menguntungkan.

Artikel Terkait

13 Langkah Memulai Bisnis Rice Box Peluang Usaha Kekinian
Peluang usaha semakin kesini semakin bervariasi salah satunya adalah bisnis rice box, sebuah sajian nasi lengkap dengan aneka lauk yang
Baca Juga
Definisi Bisnis Model Canvas Makanan dan Elemennya
Bisnis kuliner menjadi yang paling banyak diminati oleh para pebisnis saat ini. Hal tersebut dikarenakan peminat dari kuliner tidak pernah
Baca Juga
20 Cafe Instagramable di Jakarta, Ada Outdoor dan Rooftop Cafe
Cafe instagramable di Jakarta, rekomendasi dari yang outdoor hingga rooftop cafe. Cafe adalah tempat nongkrong paling nyaman yang dapat dikunjungi
Baca Juga
7 Tips Bangun dan Kelola Warkop Kekinian ala Starbuck
Punya bisnis kopi di era sekarang memang terbilang menjanjikan, mulai dari munculnya trend ngopi yang akhirnya jadi kebiasaan. Mau acara
Baca Juga
Contoh dan Cara Promosi Makanan Menarik
Ada banyak orang yang penasaran dan ingin tahu tentang bagaimana cara promosi makanan menarik serta efektif agar bisa mendapatkan cuan
Baca Juga
11 Kunci Sukses Bisnis Rumah Makan Sederhana, Dijamin Cuan!
Rumah makan sederhana adalah salah satu bisnis kuliner yang dibutuhkan banyak kalangan. Logikanya, setiap manusia membutuhkan makan dan bisnis kuliner
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu