Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

11 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian Paling Laris 2023

Dipublish Tgl: Wednesday, 18 January 2023

Pengen buka usaha waralaba/ franchise minuman kekinian tapi bingung mau pilih yang mana? Bee telah merangkum 11 rekomendasi franchise minuman yang bisa Anda kelola.

Mulai dari informasi biaya hingga syaratnya, simak selengkapnya di bawah ini:

Bagaimana Sistem Bisnis Franchise Minuman

Franchise Minuman Kekinian

Ilustrasi Pelayanan Customer (Sumber: Freepik.com)

Sebelum membahas tentang rekomendasi, sebelum Anda memutuskan untuk bekerja sama, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana sistem bisnis franchise khususnya di Indonesia.

Nama lain dari franchise adalah waralaba yang memiliki arti keuntungan lebih. Wara sendiri artinya lebih dan bala artinya laba.

Waralaba atau franchise bukan menjadi metode bisnis baru di Indonesia, metode ini digunakan untuk memperluas sebuah usaha dengan cara mendistribusikan produk dengan menggunakan lisensi dagang yang dimiliki sebuah usaha.

Baca juga: Bisnis Waralaba: Sejarah Singkat, Kelebihan, dan Kelemahannya

Pada prakteknya bisnis franchise dilakukan dengan membuka bisnis baru ditempat baru dengan produk, nama, bahan hingga merek dagang yang sudah ada sebelumnya.

Untuk bisa membuka usaha seperti ini Anda perlu membayar biaya awal dan royalti kepada pemilik merek, dan Anda bisa mendapatkan produk, merek dan beberapa fasilitas lain yang diberikan sesuai dengan kesepakatan awal.

Bisnis ini cocok untuk seorang yang baru saja ingin mencoba berbisnis, atau Anda yang sedang mencari ide untuk mengisi waktu luang di rumah, karena minimnya resiko kerugian yang diterima. Sebab merek yang dijual belikan sebelumnya sudah terkenal dan Anda hanya perlu meneruskan saja.

Rekomendasi Franchise Minuman Terlaris

Franchise Mixue

Ilustrasi Miniatur Kedai Franchise Mixue (Sumber: Instagram/ @Moreecakeco

Berikut deretan rekomendasi franchise minuman kekinian lengkap dengan informasi syarat dan biaya yang bisa Anda coba:

1. Mixue

Rekomendasi franchise minuman pertama adalah franchise Mixue, sebuah merek yang menjual es krim, minuman teh dan sejenisnya dengan harga yang terbilang terjangkau.

Popularitas merek Mixue juga tidak bisa diremehkan, meskipun Mixue baru ada di Indonesia sejak tahun 2020, keberadaan merek ini cukup menarik perhatian konsumen. Sehingga tidak salah Anda mencoba membuka franchise Mixue.

Mixue sendiri merupakan merek yang berasal dari China dan sudah ada sejak tahun 1997. Untuk Anda yang ingin mencoba membuka franchise Mixue siapkan budget sebesar Rp700 juta - Rp900 juta dengan 3 tahun kontrak kerja.

Untuk memperpanjang franchise Anda cukup membayar biaya manajemen tahunannya saja. Biayanya juga tidak sama, tergantung dimana lokasi Anda membuka kedai nantinya.

Membuka franchise Mixue Anda perlu menyiapkan lokasi dengan luas bersih minimal 25 Meter Persegi, dengan lebar sisi 3,7 m, listrik 33.000 watt, air memadai dan NPWP.

Franchise Minuman Chatime

Franchise Minuman Chatime (Sumber: Zomato.com)

2. Chatime

Rekomendasi franchise minuman berikutnya adalah Chatime, salah satu pelopor minuman merek boba di Indonesia yang digemari berbagai kalangan.

Ada beragam jenis minuman yang dijajakan Chatime, mulai dari milk tea, smoothies, jus buah, hingga minuman signature drink mereka yang ditambah dengan berbagai toping pilihan.

Biaya lisensi untuk franchise minuman Chatime sendiri terbilang cukup mahal. Anda harus merogoh kocek berkisar $480.000 - $639.000 jika dirupiahkan mencapai Rp9.937.887.750,00.

Hal ini karena pada dasarnya Chatime sudah termasuk merek terkenal dan legendaris.

Foto Minuman Janji Jiwa

Minuman Janji Jiwa yang Lagi Hits (Sumber: Zomato.com)

3. Janji Jiwa

Berikutnya ada Janji Jiwa, merek minuman yang terkenal dengan produk kopinya. Janji Jiwa sendiri sudah menjadi merek besar dan laris secara penjualan offline maupun online.

Meskipun Janji Jiwa identing dengan kopinya, Janji Jiwa juga menyediakan beberapa minuman lain selain kopi yang hampir sama larisnya.

Untuk Anda yang ingin membeli lisensi waralaba merek ini, Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp 115 juta yang akan mendapatkan beberapa fasilitas sesuai kesepakatan.

Untuk mendapatkan lisensi franchise dari kopi ini, dibutuhkan modal yang besar, sekitar Rp 115 juta. Namun, Jiwa Toast tidak termasuk dalam franchise ini.

4. Kopi Soe

Masih berkaitan dengan dunia perkopian, Anda bisa mencoba membeli lisensi franchise Kopo Soe. Seperti namanya, Kopi Soe menjual produk utama berupa kopi dan beberapa varian lainnya yang pastinya akan disukai pecinta kopi.

Untuk membuka franchise minuman Kopi Soe Anda cukup menyiapkan budget sebesar Rp 18 juta sampai Rp 30 juta. Harga ini cukup termilang miring dibanding dengan 3 rekomendasi sebelumnya.

5. Menantea

Franchise Minuman

Potret Kedai Menantie Bersama Ownernya (Sumber: Instagram/@menatie.toko

Merek minuman dengan produk utama berbahan teh milik salah satu influencer Indonesia, Jerome Polin bisa menjadi rekomendasi franchise minuman kekinian berikutnya.

Untuk Anda yang ingin membeli lisensi franchise Menantea Anda perlu menyiapkan budget sebesar Rp125 Juta untuk outlet standar dan Rp175 Juta untuk outlet autopilot.

Apa perbedaan kedua outlet ini? Outlet standar artinya biaya yang sudah dikeluarkan tidak termasuk sewa ruangan, peralatan teh, dan makanan dan Semua pendapatan menjadi milik mitra sepenuhnya.

Sedangkan Outlet autopilot, buaya yang dikeluarkan pembeli sudah termasuk peralatan keperluan produksi dan penjualan. Namun, ada pembagian hasil sebesar 50% untuk pihak manajemen.

Haus Indonesia Minuman Kekinian

HAUS! Minuman Kekinian (Sumber: Zomato.com)

6. HAUS! Indonesia

Berikutnya ada HAUS! Indonesia, merek minuman yang menyajikan berbagai jenis minuman mulai dari milk tea, boba sampai cheese tea dengan harga yang murah.

Harga yang murah ini menjadikan HAUS! Indonesia memiliki segmentasi pasar yang cukup menjanjikan. Harga untuk membeli lisensi franchise HAUS! Indonesia Anda perlu menyiapkan budget sebesar Rp200 juta, tidak termasuk biaya sewa, bahan baku dan gaji pegawai.

Xi Boba Franchise Minuman Fnb

Xi Boba Franchise Baverage (Sumber: Zomato.com)

7. Xi Boba

Franchise minuman kekinian yang bisa Anda coba selanjutnya ada Xi Boba, merek yang menjajakan aneka ragam jenis minuman boba dengan varian toping yang beragam.

Outlet boba terbilang tidak pernah sepi dan hampir selalu ramai apalagi dengan harga jual yang mudah, menjadikan banyak konsumen tertarik untuk membelinya.

Harga franchise minuman Xi Boba berkisar sebesar Rp9.9 juta sudah termasuk peralatannya. Beberapa informasi lain juga menyebutkan budget yang perlu disiapkan hanya sebesar Rp8,5 juta saja sudah termasuk estimasi omzet setiap bulannya bisa mencapai Rp7 juta.

8. Es Teh Indonesia

Franchise

Contoh Produk Es Teh Indonesia (Sumber: Instagram/@voilajogja

Rekomendasi franchise minuman kekinian berikutnya adalah Es Teh Indonesia, merek yang menyajikan beragam variasi minuman kekinian yang digemari semua kalangan.

Jangkauan pasar Es Teh Indonesia juga luas dan sudah dikenal luas di Indonesia menjadikan Es Teh Indonesia cocok untuk direkomendasikan berikutnya.

Untuk Anda yang ingin membeli lisensi franchise Es Teh Indonesia Anda perlu menyiapkan beberapa hal.

Mulai dari lokasi strategis, biaya renovasi untuk standar interior gerai, visi misi, budget sebesar Rp 190 juta dan beberapa lainnya yang bisa Anda baca di laman resmi Es Teh Indonesia.

9. Teh Poci

Siapa yang tidak tahu Teh Poci, merek kedai penjual teh yang biasa berada di tepi jalan dan sudah tersebar di berbagai lokasi di Indonesia.

Biaya untuk mendaftar franchise juga tidak semahal franchise minuman lainnya, Anda hanya perlu menyiapkan budget investasi awal sebesar Rp5 juta sampai Rp 10 juta sesuai paket yang dipilih.

Dengan biaya tersebut Anda akan mendapatkan booth, meja counter, container es teh, termos, saringan, gelas plastik dan masih banyak lagi.

10. Cheese Tea

Berikutnya ada Cheese Tea, dengan dua paket pilihan yakni portable booth dengan harga Rp5 Juta dan eksklusif booth seharga Rp8 juta, tanpa perlu membayar royalti lagi.

11. Cappucino Cincau Tempo Doeloe

Waralaba/ franchise minuman berikutnya yang bisa Anda coba ada Cappucino Cincau Tempo Doeloe dengan harga franchise cukup mudah dengan budget berkisar Rp 2 juta tidak termasuk, gerobak, stand dan spanduk jualan.

Baca juga: 12 Franchise Makanan untuk Pemula Modal Kecil

Cara Kelola Bisnis Franchise Mudah

Untuk menunjang kesuksesan bisnis franchise, Anda perlu mengelolanya dengan optimal, untuk menghindari kerugian dan sejenisnya. Selain itu, Anda juga perlu meningkatkan efisiensi operasional pelayanan agar franchise Anda tidak kalah dengan kompetitor lainnya.

Mulai dengan pelayanan ramah dan cepat, menjadikan pelanggan nyaman untuk melakukan transaksi jual beli di kedai kalian. Karena, biasanya mereka yang datang sudah tahu apa produk yang akan mereka beli tinggal bagaimana Anda mengelola pelayanannya.

Cara kelola bisnis franchise minuman agar lebih efisien salah satunya dengan menggunakan teknologi, salah satunya aplikasi kasir cafe Beepos yang akan memudahkan anda melakukan transaksi bisnis hingga kelola keuangan.

Cta Beepos Mobile 110123

Seperti mengatur transaksi, pembelian bahan baku, penjualan produk, pembayaran dari pelanggan dan masih banyak lagi lainnya. GRATIS uji coba untuk pelanggan pertama dan panduan langsung dari tim profesional Bee.

Apa itu Warung Kopi? Cara Pembukuan dengan Aplikasi Warkop
Aplikasi warkop emang ada ya? Warkop adalah salah satu tempat favorit para remaja untuk berkumpul dengan teman-temannya. Banyak yang ingin […]
Baca Juga
Strategi Promosi Produk ke Luar Negeri, Efektif untuk Ekspansi Bisnis
Satu-satunya cara ekpansi bisnis hinggi ke luar negeri adalah dengan merencanakan strategi promosi produk. Konsultan bisnis terkemuka,  Matriks Ansoff menyarankan […]
Baca Juga
Apa itu Tanda Terima Barang? Cara Mudah Membuatnya
Jadi, Anda baru saja menerima kiriman produk dari supplier, tetapi Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan tanda terima […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu