Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B

Monday, 29 July 2019
Anggara Farhan
Anggara Farhan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Cara Mengembangkan Bisnis F&B – Bisnis F&B atau food and beverage kini semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar. Karena target dari bisnis ini yaitu anak-anak muda sebagai konsumen utamanya. Pasalnya anak-anak muda ini memang menyukai tempat makan di Cafe dan Resto dengan konsep yang unik.

Karena di perkembangan teknologi ini banyak sekali orang-orang yang memposting berbagai makanan dan Spot foto menarik di kafe untuk di posting di media sosial. Meski begitu dalam menjalankan bisnis F&B Ini membutuhkan strategi yang tepat dalam pengembangannya agar bisa bertahan lebih lama.

Jika anda memiliki bisnis F&B dan bingung bagaimana cara cepat mengembangkannya, simak cara-cara berikut ini.

1. Pilihan makanan dan minuman.

Nilai jual sekaligus identitas cafe atau resto yaitu pilihan makanan dan minuman yang ditawarkan. Karena setiap konsumen akan tertarik dengan pilihan menu dengan penyajian dan rasa yang unik. Sehingga menu bisa menjadi penentu daya saing suatu bisnis kuliner. Maka dari itu, jika anda membuka bisnis F&B, Anda harus memastikan memilih menu yang bisa memuaskan setiap konsumennya.

Pada dasarnya, kunci awal dalam kesuksesan usaha yaitu keseimbangan antara jumlah menu yang ringkas dengan tampilan yang menarik, sehingga bisa memuaskan setiap.

2. Kualitas makanan dan minuman

Cara Mengembangkan Bisnis F&B
Gambar 1. Perhatikam Kualitas untuk Minuman dan Makanan (Sumber: Pexels.com)

Selain memperhatikan pilihan menu makanan dan minuman, cara selanjutnya dalam mengembangkan bisnis F&B dengan cepat yaitu kualitas makanan dan minuman terjamin. Karena kualitas dari hidangan bisa menentukan kembali atau tidaknya konsumen ke bisnis F&B anda. Intinya jika kualitas makanan dan minuman ini bisa memuaskan lidah pengunjung, maka bisnis Anda bisa semakin berkembang dengan cepat.

Dalam bisnis F&B yang menentukan perkembangannya tidak terletak pada menu yang lengkap, melainkan dari citarasanya. Dengan kata lain, percuma jika menyediakan menu yang lengkap, namun kualitas hidangan sama sekali tidak memenuhi ekspektasi selera konsumen.

3. Tingkat kepuasan terhadap fasilitas yang disediakan.

Di jaman yang semakin modern seperti saat ini, Cafe dan Resto dituntut untuk memperhatikan fasilitas. Sehingga tidak hanya terfokus pada menu makanannya. Karena hal ini Cafe dan Resto tidak hanya dijadikan sebagai tempat makan, namun dijadikan juga sebagai lokasi untuk nongkrong anak-anak muda, sehingga fasilitas lengkap sangat dibutuhkan seperti WiFi, TV layar lebar, colokan listrik dan lain sebagainya.

Tak jarang saat ini Cafe dan Resto dijadikan sebagai lokasi nonton bareng atau sekedar nongkrong bersama teman-teman.

Baca Juga: Inilah Rahasia Promosi Bisnis Offline yang Paling Ampuh

4. Tingkat kepuasan terhadap harga yang diberikan.

Cara yang selanjutnya untuk mengembangkan bisnis F&B yaitu meningkatkan kepuasan harga yang diberikan, apalagi saat ini bisnis F&B semakin banyak bermunculan. Sehingga persaingan juga semakin ketat. Agar bisnis F&B Anda bisa semakin berkembang, Anda harus mencari informasi mengenai harga yang bersaing di pasaran. Untuk mendapatkan informasi ini lebih jelas, Anda bisa bertanya langsung kepada para konsumen terkait pendapat mereka mengenai makanan dan minuman di beberapa cafe atau Resto.

5. Pelayanan yang diberikan

Untuk mengembangkan bisnis F&B tidak cukup sekedar memperhatikan kualitas makanan, suasana yang nyaman dan fasilitas yang lengkap. Namun perkembangan bisnis F&B ini akan semakin cepat jika anda memberikan pelayanan kepada setiap konsumen dengan baik. Sehingga mereka bisa merasa dihargai.

Hal yang sangat bernilai bagi setiap bisnis F&B  yaitu waktu menunggu makanan yang cepat serta pelayanan yang baik.

Itulah ulasan mengenai cara cepat mengembangkan bisnis F&B. Dengan menerapkan cara-cara ini, diharapkan bisnis bisa semakin berkembang dengan cepat. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis apapun yaitu tetap menjaga kualitas. Semoga bermanfaat.

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print

Artikel Yang Mungkin Anda Suka :