🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Cara Cepat Mengembangkan Bisnis F&B

Cara Mengembangkan Bisnis F&B - Bisnis F&B atau food and beverage kini semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar. Karena target dari bisnis ini
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Monday, 29 July 2019

Cara Mengembangkan Bisnis F&B - Bisnis F&B atau food and beverage kini semakin banyak diminati, terutama di kota-kota besar. Karena target dari bisnis ini yaitu anak-anak muda sebagai konsumen utamanya. Pasalnya anak-anak muda ini memang menyukai tempat makan di Cafe dan Resto dengan konsep yang unik.

Karena di perkembangan teknologi ini banyak sekali orang-orang yang memposting berbagai makanan dan Spot foto menarik di kafe untuk di posting di media sosial. Meski begitu dalam menjalankan bisnis F&B Ini membutuhkan strategi yang tepat dalam pengembangannya agar bisa bertahan lebih lama.

Jika anda memiliki bisnis F&B dan bingung bagaimana cara cepat mengembangkannya, simak cara-cara berikut ini.

Tips Sukses Memulai Bisnis F&B

Bisnis Restoran

Ilustrasi proses pelayanan di restoran (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika memulai bisnis F&B:

1. Pilih Lokasi Strategis

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan lokasi bisnis, dimana dengan lokasi yang baik dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda dan memperluas basis pelanggan. Pilih lokasi yang ramai dan sesuai dengan target pasar Anda. Faktor-faktor seperti aksesibilitas, keamanan, dan parkir juga perlu dipertimbangkan.

2. Tentukan Menu Makanan dan Minuman

Selanjutnya adalah tentukan menu yang akan ditawarkan, Anda bisa menggunakan riset pasar untuk memahami selera dan preferensi pelanggan potensial. Kembangkan menu yang unik, berkualitas, dan sesuai dengan konsep bisnis Anda. Sesuaikan menu dengan tren kuliner terkini untuk tetap bersaing.

Tidak hanya itu saja, menu ini juga bisa menjadi identitas dari bisnis Anda. Karena setiap konsumen akan tertarik dengan pilihan menu dengan penyajian dan rasa yang unik. Sehingga menu bisa menjadi penentu daya saing suatu bisnis kuliner. Maka dari itu, jika anda membuka bisnis F&B, Anda harus memastikan memilih menu yang bisa memuaskan setiap konsumennya.

Pada dasarnya, kunci awal dalam kesuksesan usaha yaitu keseimbangan antara jumlah menu yang ringkas dengan tampilan yang menarik, sehingga bisa memuaskan setiap.

Baca Juga: 10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Makanan 2023

3. Tentukah Harga yang Tepat

Tips berikutnya adalah tetapkan harga yang mencerminkan kualitas produk Anda dan sejalan dengan anggaran target pasar. Hindari menetapkan harga terlalu tinggi yang dapat membuat pelanggan enggan datang, atau terlalu rendah yang dapat merugikan profitabilitas bisnis Anda.

Agar bisnis F&B Anda bisa semakin berkembang, Anda harus mencari informasi mengenai harga yang bersaing di pasaran. Untuk mendapatkan informasi ini lebih jelas, Anda bisa bertanya langsung kepada para konsumen terkait pendapat mereka mengenai makanan dan minuman di beberapa cafe atau Resto.

4. Jaga Kualitas Makanan

Berikutnya, Pastikan konsistensi dalam penyediaan makanan dan minuman. Gunakan bahan baku berkualitas tinggi dan pastikan standar kebersihan dan keamanan pangan di tempat kerja. Dapatkan umpan balik pelanggan dan terapkan perubahan jika diperlukan.

Karena kualitas dari hidangan bisa menentukan kembali atau tidaknya konsumen ke bisnis F&B anda. Intinya jika kualitas makanan dan minuman ini bisa memuaskan lidah pengunjung, maka bisnis Anda bisa semakin berkembang dengan cepat.

Dalam bisnis F&B yang menentukan perkembangannya tidak terletak pada menu yang lengkap, melainkan dari citarasanya. Dengan kata lain, percuma jika menyediakan menu yang lengkap, namun kualitas hidangan sama sekali tidak memenuhi ekspektasi selera konsumen.

5. Tingkatkan Pelayanan

Cara ke lima adalah meningkatkan pelayanan, dengan layanan pelanggan yang baik dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan membangun loyalitas. Latih staf Anda untuk berinteraksi dengan ramah, tanggap terhadap kebutuhan pelanggan, dan memberikan pelayanan yang efisien.

Karena, untuk mengembangkan bisnis F&B tidak cukup sekedar memperhatikan kualitas makanan, suasana yang nyaman dan fasilitas yang lengkap. Namun perkembangan bisnis F&B ini akan semakin cepat jika anda memberikan pelayanan kepada setiap konsumen dengan baik. Sehingga mereka bisa merasa dihargai.

Anda bisa menggunakan software kasir cafe, untuk meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan, melalui pelayanan yang cepat dan akurat. Klik banner di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Beepos Mobile Cafe untuk Kedai Kopi Angkringan web

6. Lakukan Promosi di Media Sosial

Manfaatkan juga kekuatan media sosial untuk mempromosikan bisnis Anda. Buat akun bisnis di platform populer dan bagikan foto-foto menarik dari menu Anda. Gunakan kampanye promosi, diskon, atau acara khusus untuk menarik perhatian pelanggan potensial.

7. Evaluasi dan Perbaiki

Terakhir, terus pantau kinerja bisnis Anda dengan melakukan evaluasi secara berkala. Tinjau keuntungan, biaya, dan umpan balik pelanggan. Jika ada area yang perlu diperbaiki, jangan ragu untuk membuat perubahan strategis.

Selain itu, selalu terbuka terhadap umpan balik pelanggan menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan Anda. Kesuksesan bisnis F&B melibatkan kombinasi dari manajemen yang efisien, kreativitas dalam pemasaran, dan perhatian terhadap kepuasan pelanggan.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis F&B Untuk Pengusaha Pemula

Itulah ulasan mengenai cara cepat mengembangkan bisnis F&B. Dengan menerapkan cara-cara ini, diharapkan bisnis bisa semakin berkembang dengan cepat. Yang terpenting dalam menjalankan bisnis apapun yaitu tetap menjaga kualitas. Semoga bermanfaat.

5 Tips Mudah Memulai Usaha Rental Tanpa Modal
Beberapa tahun belakangan ini, bisnis rental mobil di Indonesia lebih sering diminati oleh banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari
Baca Juga
Contoh Kode Produksi, Pengertian dan Cara Membuatnya
Kode produksi adalah sebuah informasi penting sebuah produk untuk menunjukkan bagaimana proses produksi produk itu sendiri, biasanya berisi tentang tanggal
Baca Juga
4 Contoh Surat Penawaran Negosiasi & Cara Menulisnya
Proses negosiasi adalah hal yang umum dalam dunia bisnis. Salah satu komponen kunci dalam negosiasi adalah penggunaan surat penawaran negosiasi.
Baca Juga
9 Cara Jualan Online Untuk Pemula (Lengkap)
Cara Jualan online di era serba digital ini menjadi trend dan sangat diminati berbagai kalangan pengusaha baik pemula ataupun yang
Baca Juga
9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya
Ada banyak sekali contoh promosi yang bisa dilakukan pebisnis agar produknya bisa laku dipasaran. Selain laku, dengan menggunakan system promo
Baca Juga
Cara Membuat Pembukuan Bengkel Motor Excel
Pembukuan bengkel motor excel merupakan salah satu dokumen penting yang sangat dibutuhkan oleh pemilik bengkel. Karena format excel dapat diterapkan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu