Logo Bee Web

6 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis

Memulai bisnis kuliner harus tahu triknya, biar enggak sepi-sepi aja, Intip dan Ikuti tips bisnis kuliner berikut ini
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Monday, 29 July 2019

Bisnis kuliner menjadi bisnis yang saat ini paling tepat untuk digeluti. Pasalnya bisnis kuliner menjadi bisnis yang tak pernah hilang termakan waktu. Sehingga perlu tips bisnis kuliner yang tepat agar bisa bersaing dipasaran.

Tingginya minat berbisnis kuliner juga karena makan memang sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Banyak sekali jenis bisnis kuliner yang bisa anda pilih mulai dari makanan berat, makanan ringan dan minuman.

Jika anda ingin mencoba untuk memulai bisnis kuliner, Anda bisa mencoba membuat makanan ringan yang saat ini paling disukai seperti keripik dengan berbagai rasa. Selain itu, Anda juga bisa memulai bisnis kuliner berupa makanan yang bisa dijual secara berkeliling atau menjualnya secara online. Untuk lebih jelasnya mengenai tips bisnis kuliner kecil-kecilan.

1. Tips Bisnis Kuliner Wajib Memiliki Kualitas Bagus

Tips bisnis kuliner kecil-kecilan yang pertama yaitu memiliki kualitas yang baik. Yang dimaksud dengan kualitas yaitu bahan yang digunakan, cara penyajian serta cara pengemasan. Jika bisnis yang Anda jalankan sudah memenuhi 3 kriteria tersebut, anda akan lebih mudah untuk menarik perhatian konsumen.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam bisnis kuliner, gunakan bahan-bahan yang tidak mengandung zat berbahaya serta mengemas makanan tersebut di wadah yang bersih dan rapi.

2. Harus Memiliki Banyak Inovasi

Agar bisnis kuliner Anda bisa menarik perhatian banyak orang, selalu gunakan inovasi terbaru. Hal ini bertujuan agar kuliner yang Anda jual memiliki tampilan yang berbeda dengan kuliner yang lainnya. Karena kebanyakan konsumen saat ini lebih tertarik pada kuliner yang memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.

3. Lokasi bisnis yang strategis

Yang tak kalah penting dalam memulai bisnis kuliner yaitu mencari lokasi yang strategis. Karena lokasi yang strategis inilah yang mudah diketahui oleh banyak orang. Namun jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat, anda bisa memanfaatkan sebagian rumah anda untuk membuka bisnis ini.

4. Ciptakan keakraban dengan Customer

Setelah bisnis kuliner yang Anda jalankan sudah mulai berjalan, tips yang selanjutnya yaitu berikan pelayanan yang terbaik kepada setiap konsumen. Pasalnya sukses tidaknya sebuah bisnis terletak pada kepercayaan konsumen. Dengan kata lain, berikan kesan yang bagus kepada setiap pembeli. Sehingga bisa menarik pembeli untuk datang kembali.

Agar bisnis kuliner Anda bisa semakin dikenal banyak orang, manfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk mempromosikan. Promosi melalui media sosial memberikan dampak yang baik untuk keberlangsungan bisnis, karena bisa menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.

Baca Juga: 5 Trik Promosi Terbaru Di Facebook

5. Mempunyai Strategi Pemasaran yang Bagus

Tips yang selanjutnya yaitu gunakan strategi yang bagus, karena strategi yang bagus bisa memberikan pengaruh terhadap perkembangan bisnis kedepannya. Maka dari itu, sebagai pebisnis pemula Anda harus bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat.

Selain itu, Anda juga perlu memahami pasar untuk mengembangkan bisnis. Strategi yang bisa anda gunakan yaitu memberikan diskon di hari-hari tertentu, menambah porsi makanan dan lain sebagainya.

6. Selalu Berpikir Positif

Tips yang terakhir yaitu selalu berfikir positif, karena sudah menjadi kewajiban bagi setiap pebisnis untuk selalu berpikir positif terhadap keberlangsungan bisnisnya. Dengan memiliki pikiran yang positif, maka dalam menjalankan bisnis akan semakin tenang dan nyaman.

Sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang lebih berkualitas. Dalam hal ini anda juga perlu meninggalkan pikiran-pikiran negatif terhadap keberlangsungan bisnis.

Itulah ulasan mengenai tips bisnis kuliner kecil-kecilan yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui tips-tips ini, setidaknya anda memiliki pedoman untuk menjalankan bisnis kuliner, sehingga lebih terarah. Semoga artikel ini bermanfaat dan bagikan kepada teman-teman yang sedang merintis bisnis kuliner.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

7 Ide Bisnis Kuliner Pinggir Jalan dan Tips Suksesnya
Mencari tempat sewa untuk membuka bisnis memang terbilang sulit. Belum lagi keterbatasan modal yang dimiliki, sehingga tak heran jika saat
Baca Juga
Cara Memasarkan Produk untuk Pebisnis Pemula
Menyusun cara memasarkan produk adalah salah satu poin paling penting yang harus dilakukan. Pasalnya suatu produk tidak akan bisa terjual
Baca Juga
Peluang Ide Usaha Kreatif Ramah Lingkungan yang Bisa Anda Coba
Pernahkah Anda mendengar atau melihat himbauan untuk mengurangi sampah plastik? Gerakan anti plastik ini mungkin terlihat sederhana namun besar manfaatnya.
Baca Juga
7+ Tips Menggunakan Promo Gratis Ongkir Anti Rugi
Penggiat bisnis online atau pembeli online pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah gratis ongkir atau gratis ongkos kirim ini.
Baca Juga
Contoh dan Cara Promosi Makanan Menarik
Ada banyak orang yang penasaran dan ingin tahu tentang bagaimana cara promosi makanan menarik serta efektif agar bisa mendapatkan cuan
Baca Juga
29 Ide Jualan Makanan Online yang Laris Manis
Dalam dunia digital yang terus berkembang, ide jualan makanan online telah menjadi tren yang sangat menarik dan relevan. Masyarakat kini
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu