Logo Bee Web

7+ Ide Jualan Makanan yang Lagi Viral 2023

Tidak ada salahnya Anda mencoba memulai usaha makanan yang lagi viral. Yuk simak apa saja dan bagaimana tipsnya disini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 28 September 2023

Setiap tahunya trend makanan yang lagi viral beragam, mulai dari makanan manis, asin, pedas hingga bercita rasa aneh pun viral. Hal ini menjadikan banyak orang yang penasaran dan ingin mencoba.

Dari tingginya rasa penasaran dan permintaan di pasaran terkait produk yang viral ini bisa dimanfaatkan menjadi peluang usaha. Bagaimana cara dan tipsnya agar bisa tetap laku meskipun sudah tidak lagi trend?

Ide Jualan Makanan yang Lagi Viral

Makanan Yg Lg Viral

Fruit Sando salah satu makanan yang lagi viral dan banyak dicari (Credit: Kompas.com)

Berikut beberapa rekomendasi ide jualan makanan yang lagi viral 2023:

1. Dessert Box

Ide jualan makanan yg lagi viral pertama ada dessert box, makanan ini sebenarnya bukan jenis makanan baru dan sudah pernah viral beberapa tahun sebelumnya. Namun, dessert box masih menjadi makanan viral yang coba sebagai ide usaha.

Anda bisa mengkreasikan dessert box ini dengan banyak varian rasa, dengan toping yang menarik agar produk Anda mudah dilirik konsumen di tengah padatnya persaingan jualan dengan produk serupa. Pastikan rasa dari dessert box Anda enak hingga customer tidak ragu balik lagi untuk mencicipi varian lainnya.

2. Sandwich Buah

Sandwich buah atau fruit sando adalah makanan asal jepang. Seperti namanya, bentuk dari makanan ini adalah sandwich namun berisi buah segar dn whipped cream yang cukup padat diapit dua potong roti. Dari segi bentuknya saja fruit sando ini cukup menarik dan membuat siapa saja ingin mencobanya.

Isian buah dari fruit sando juga beragam, mulai dari strawberry, anggur, jeruk dan lainya. Untuk memulai bisnis ini kira-kira Anda memerlukan biaya sebesar kurang lebih Rp300.000 untuk menghasilkan kurang lebih 30 potong.

Anda beberapa tantangan untuk memulai bisnis ini, pertama biaya awal tinggi karena bahan dasar yang dibutuhkan juga sedikit lebih mahal, persaingan pasar, dan ketahanan produk yang cuma bertahan selama 24 jam.

3. Es Kul Kul

Es Kul Kul adalah sejenis camilan yang terbuat dari buah yang telah dibekukan, kemudian dicelupkan ke dalam lelehan coklat, dan akhirnya ditambah topping. Meskipun camilan ini sudah ada sejak zaman dahulu, popularitasnya kembali meningkat berkat viralnya di TikTok.

Pada awalnya, Es Kul Kul sulit ditemukan di pasaran, tetapi sekarang banyak penjual yang menawarkan camilan ini. Biasanya, satu potong Es Kul Kul dijual dengan harga sekitar Rp1 ribu - Rp2 ribu. Camilan ini sangat digemari oleh anak-anak kecil dan juga orang dewasa. Sehingga, cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal sedikit untung besar.

4. Milles Crepes

Selanjutnya, Milles Crepes sejenis kue lapis yang terdiri dari banyak lapisan tipis crepes (kue tipis seperti pancake) yang dipisahkan oleh lapisan krim atau ganache, yang sedang viral-viralnya di TikTok.

Milles Crepes bisa menjadi bisnis yang menarik karena memiliki rasa yang lezat dan tampilan yang cantik. Camilan ini sering diminati untuk acara-acara istimewa atau dijual eceran dalam bentuk potongan kecil.

Anda dapat menawarkan berbagai varian rasa dan tampilan kreatif untuk menarik pelanggan. Tantangan utama dalam bisnis milles Crepes adalah persiapan yang membutuhkan keterampilan dalam membuat crepes yang tipis dan sempurna serta lapisan krim yang lembut.

Selain itu, pengelolaan stok bahan baku yang segar dan berkualitas tinggi juga penting. Persaingan dengan toko kue dan kafe lainnya juga bisa menjadi tantangan, jadi inovasi dalam produk dan pemasaran diperlukan.

5. Corndog

Ide Jualan Makanan Corndog

Ilustrasi corndog mini (Credit: Freepik.com)

Corndog adalah sosis yang dibalut dengan adonan tepung jagung atau terigu kemudian digoreng hingga cokelat keemasan. Salam satu makanan yang lagi viral dengan rasa yang memikat banyak orang.

Ini bisa menjadi bisnis yang menguntungkan karena bisa disajikan sebagai makanan cepat saji atau di tempat-tempat rekreasi seperti taman hiburan, karnaval, atau festival. Anda dapat menciptakan berbagai varian corn dog dengan isian yang berbeda untuk menarik pelanggan.

Tantangan dalam bisnis corndog melibatkan pengelolaan hygiene dan keamanan makanan yang ketat karena melibatkan pengolahan daging. Selain itu, lokasi bisnis dan persaingan dengan pemain besar dalam industri makanan cepat saji juga bisa menjadi hambatan. Harga yang kompetitif juga perlu dipertimbangkan.

6. Ice Cream Rasa Unik

Ide jualan makanan selanjutnya adalah bisnis Ice cream rasa unik, Anda bisa mengkreasikan berbagai jenis es krim yang menawarkan rasa yang tidak biasa atau unik, seperti rasa buah-buahan eksotis, rempah-rempah, hingg mie instan.

Bisnis ice cream rasa unik dapat menarik pelanggan yang mencari pengalaman baru dalam menikmati es krim. Keberagaman rasa dapat menarik berbagai kelompok konsumen. Selain itu, bisa dipasarkan di kafe, toko es krim khusus, atau acara-acara spesial.

Kreativitas dalam mengembangkan rasa yang unik dan berkualitas tinggi serta manajemen stok yang efisien adalah kunci sukses. Musim dingin atau cuaca dingin dapat mempengaruhi penjualan, jadi strategi musiman juga harus dipertimbangkan.

Baca Juga: 11 Ide Nama Minuman Unik untuk Brand Bisnis Anda

7. Aneka Korean Food

Korean food menjadi makanan yang lagi viral selaras dengan tingginya korean hallyu yang masuk di Indonesia. Dimana tak jarang dalam film, drama hingga variety shownya menampilkan beragam korean food yang menggugah selera.

Mulai dari hidangan tradisional dan modern Korea, seperti bibimbap, bulgogi, tteokbokki, kimchi, Odeng,i dan lainnya. Tidak hanya di Indonesia Korean food telah menjadi populer secara global dan memiliki basis penggemar yang besar.

Bisnis ini dapat tumbuh dengan baik terutama di daerah dengan komunitas Korea yang signifikan atau di tempat-tempat wisata. Anda dapat menawarkan variasi hidangan dan menyajikannya di restoran fisik atau melalui layanan pengiriman makanan.

8. Tanghulu

Selanjutnya ada makanan viral di Tiktok, tanghulu. Makanan ini tidak hanya sedang viral di Indonesia namun hampir di seluruh dunia. Tanghulu sendiri adalah manisan buah berasal dari China.

Cara membuatnya cukup sederhana, Anda hanya perlu menusukkan beberapa buah bisa sejenis atau dari beberapa jenis kemudian dicelupkan kedalam gula yang sudah dicairkan. Nah, cairan gula inilah yag perlu diperhatikan, jangan sampai gosong atau terlalu tipis.

Karena tanghulu yang Anda buat akan gagal bahkan rasanyapun tidak menjadi manis lagi. Dengan kepopuleran dan bahan baku yang mudah ditemui di Indonesia khususnya, tanghulu jadi ide jualan yang menarik perhatian dan menguntungkan.

9. Cromboloni

Makanan Viral Tiktok 2023

Cromboloni jadi makanan viral di Tiktok akhir thun 2023 (Credit: meilleurduchef.com)

Berikutnya ada cromboloni, makanan yang lagi viral-viralnya di Tiktok, cromboloni sendiri merupakan jenis kue kecil asal Italia, paduan antara dari "Croissant" dan "Bomboloni".

Makanan ini cukup viral di media sosial bahkan beberapa oultet ramai diserbu pengunjung yang ingin mencicipinya, dengan tekstur renyah dan berbagai varian isi dan toping menjadikan cromboloni cukup menyita mata.

Cromboloni ini bisa jadi menu tambahan bahkan ide jualan yang menarik untuk dicoba.

Tips Jalankan Bisnis Berkelanjutan

Salah satu tantangan terbesar menjalankan bisnis yang viral adalah tidak bertahan lama. Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisnis bisa berkelanjutan yakni:

1. Tentukan Produk yang Paling Berpotensi

Sebelum memulai bisnis yang viral, penting untuk melakukan riset pasar dan memilih produk atau layanan yang memiliki potensi berkelanjutan. Produk ini menjadi salah satu hal penentu paling penting untuk menentukan apakah bisnis Anda bisa berkelanjutan atau tidak.

Pahami permintaan pasar dan cari tahu apakah tren yang sedang viral saat ini akan memiliki daya tarik jangka panjang. Fokus pada produk yang memiliki daya tahan dan dapat disesuaikan dengan perubahan tren.

2. Bentuk Rencana Bisnis secara Matang

Jika sudah menentukan produk, selanjutnya adalah coba susun rencana bisnis dengan matang dari proses produksi hingga pemasaran.

Rencana bisnis yang komprehensif ini mencakup strategi pemasaran, analisis persaingan, perencanaan keuangan, dan proyeksi pertumbuhan jangka panjang. Rencana bisnis yang matang akan membantu Anda mengatasi tantangan dan menjaga bisnis tetap berkelanjutan.

Baca Juga: Contoh dan Cara Promosi Makanan Menarik

3. Jalankan Bisnis Semaksimal Mungkin

Selanjutnya adalah jalankan semua rencana bisnis yang sudah Adnda susun semaksimal mungkin. Berikan pelayanan atau produk yang berkualitas tinggi kepada pelanggan Anda.

Memuaskan pelanggan dengan pengalaman yang baik akan membuat mereka tetap setia dan berpotensi untuk merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Jangan abaikan aspek-aspek penting seperti kualitas, pelayanan, dan kepuasan pelanggan.

4. Konsisten

Konsistensi dalam produk, merek, dan layanan adalah kunci untuk menjaga bisnis berkelanjutan. Jangan sering berubah-ubah atau mengikuti setiap tren baru tanpa pertimbangan yang matang. Pertahankan integritas merek Anda dan berkomitmen untuk memberikan apa yang dijanjikan kepada pelanggan.

5. Pakai Software Kasir Online Beepos

Tips selanjutnya adalah menggunakan software kasir online seperti Beepos dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional bisnis Anda. Mulai dari sistem kasir untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pembeli, pelayanan yang cepat sekaligus manajemen keuangan bisnis karena terintegrasi dengan akuntansi.

Dapatkan segera gratis trial TERBATAS untuk Anda pengguna pertama dengan klik banner di bawah ini!

Cta Beepos Software Kasir Khusus Usaha Makanan Dan Minuman

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan peluang bisnis viral Anda untuk menjadi berkelanjutan dalam jangka panjang. Selain itu, terus memantau perkembangan pasar dan beradaptasi dengan perubahan yang mungkin terjadi akan membantu menjaga bisnis tetap relevan dan menguntungkan.

Beverage Adalah: Bisnis Minuman, Jenis dan Tips Suksesnya
Beverage atau bisnis minuman merupakan industri yang sangat besar dan berkembang pesat di seluruh dunia. Bisnis minuman dapat mencakup berbagai
Baca Juga
7 Hal yang Perlu Diperhatikan pada Desain Kemasan Makanan
Desain dalam kemasan produk bisa menjadi penentu keputusan pembelian pelanggan, termasuk pada desain kemasan makanan. Semakin menarik desain yang digunakan
Baca Juga
Definisi Bisnis Model Canvas Makanan dan Elemennya
Bisnis kuliner menjadi yang paling banyak diminati oleh para pebisnis saat ini. Hal tersebut dikarenakan peminat dari kuliner tidak pernah
Baca Juga
13 Ide Jualan Bulan Puasa, Prospektif Sarat Cuan
Apakah Anda siap untuk meningkatkan bisnis makanan Anda selama bulan puasa? Tidak perlu mencari lagi! Pada artikel kali ini, kami
Baca Juga
Pakai Software Akuntansi RM Padang, Bisnis Jadi Lebih Efektif
  Software akuntansi padang belakangan menjadi obrolan ramai di jagat dunia maya. Tidak lain tidak bukan adalah andil para pengusaha
Baca Juga
11 Jenis Teh Indonesia yang Bisa Jadi Peluang Usaha
Indonesia jadi salah satu negara yang menjadikan teh menjadi minuman harian, hampir disetiap cafe, rumah makan, resto, kedai menyajikan menu
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu