🎉 Promo Khusus Pengguna Beeaccounting, Disc. upto se-Juta
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Contoh Desain Produk Kreatif Memperkuat Identitas Brand Anda

Desain kemasan produk makanan yang menarik merupakan kunci kesuksesan. Berikut contoh desain produk yang meningkatkan produk Anda.
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Monday, 26 June 2023

Memiliki desain kemasan produk makanan dan minuman yang menarik merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam dunia bisnis. Contoh desain produk yang baik dapat membantu meningkatkan daya tarik dan nilai jual suatu produk.

Desain yang menonjol dapat membuat produk Anda terlihat lebih profesional, menarik perhatian konsumen, dan memberikan pengalaman yang lebih baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh desain produk yang dapat menginspirasi Anda untuk mengembangkan produk dengan identitas yang kuat dan menarik.

Apa Itu Desain Produk?

Sebelum kita membahas contoh-contoh desain produk yang menarik, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu desain produk. Desain produk merupakan proses menciptakan tampilan, fungsi, dan pengalaman dari suatu produk.

Hal ini mencakup segala aspek visual, struktural, dan ergonomi dari suatu produk. Desain produk melibatkan pemikiran kreatif, pemahaman terhadap kebutuhan pengguna, serta pengetahuan tentang teknologi dan material yang digunakan.

Baca juga: Fungsi Kemasan dan Tujuannya Bagi Bisnis

Contoh Desain Produk

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang desain produk yang menarik, berikut adalah beberapa contoh desain produk yang berhasil mencuri perhatian dan memperkuat identitas brand:

1. Contoh Desain Produk Makanan

Salah satu contoh desain produk makanan yang menarik adalah kemasan kreatif untuk makanan ringan. Misalnya, sebuah perusahaan snack menggunakan kemasan yang unik dan berwarna-warni dengan ilustrasi yang menarik.

Bungkus Produk Standing Pouch Pastik

Bungkus Produk Standing Pouch Pastik (Credit: flexypack.com)

Kemasan tersebut tidak hanya melindungi makanan, tetapi juga memberikan kesan yang menyenangkan dan menggugah selera. Desain kemasan yang kreatif ini membuat produk tersebut mudah dikenali dan menjadi daya tarik bagi konsumen.

2. Contoh Desain Produk Minuman

Desain produk juga sangat penting dalam industri minuman. Sebuah contoh desain produk minuman yang menarik adalah botol minuman dengan desain ergonomis dan inovatif.

desain Kemasan produk Flat Bottom Pouch

Kemasan Flat Bottom Pouch (Credit: longdapac.com)

Misalnya, sebuah merek minuman energi menggunakan botol yang dilengkapi dengan pegangan yang nyaman untuk memudahkan konsumen saat mengonsumsinya. Selain itu, mereka juga menggunakan label botol yang modern dan menarik untuk menciptakan kesan yang premium dan eksklusif.

Manfaat Desain Produk

Ada beberapa manfaat penting dari memiliki desain produk yang menarik. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Memperkuat Identitas Brand

Desain produk yang kuat dan konsisten dapat membantu memperkuat identitas brand Anda. Desain yang unik dan mudah dikenali akan membantu Anda membedakan produk Anda dari pesaing dan meningkatkan kesan yang positif pada konsumen. Ketika konsumen melihat produk Anda, mereka akan langsung mengenali dan mengaitkannya dengan merek Anda.

2. Menampilkan Sisi Menarik dari Produk

Desain produk yang menarik dapat membantu menampilkan sisi menarik dan keunikan produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual produk pakaian, desain yang kreatif dan menarik akan membuat produk Anda terlihat lebih modis dan unik. Hal ini akan menarik perhatian konsumen dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda.

3. Terlihat Menonjol di Media Sosial

Desain produk yang menarik juga dapat membantu produk Anda terlihat menonjol di media sosial. Ketika konsumen merasa tertarik dengan desain produk Anda, mereka cenderung akan membagikannya dengan teman-teman mereka di media sosial. Hal ini akan membantu meningkatkan eksposur merek Anda dan menciptakan buzz positif di antara calon konsumen.

4. Desain Produk Menggambarkan Kualitas Produk

Desain produk yang baik dapat memberikan kesan yang positif tentang kualitas produk Anda. Jika produk Anda memiliki desain yang terlihat profesional dan berkualitas tinggi, konsumen akan percaya bahwa produk tersebut juga memiliki kualitas yang baik.

Sebaliknya, jika desain produk terlihat kurang menarik atau murahan, konsumen mungkin akan meragukan kualitas produk tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Desain Kemasan Produk Makanan

Terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat merancang desain kemasan untuk produk makanan atau produk kreatif lainnya. Berikut ini adalah faktor-faktor tersebut:

1. Faktor Keamanan dan Efisiensi

Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah keamanan dan efisiensi. Desain kemasan produk kreatif harus mampu melindungi isi produk dari kerusakan yang mungkin terjadi. Ini sangat penting dalam desain kemasan produk makanan yang rentan mengalami kerusakan lebih cepat.

Selain itu, perlu juga mempertimbangkan efisiensi biaya produksi dalam merancang kemasan produk makanan atau kreatif lainnya. Tujuannya adalah agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi manfaat yang diberikan.

2. Faktor Distribusi dan Komunikasi

Desain kemasan produk makanan atau produk kreatif yang baik adalah kemasan yang mudah didistribusikan. Artinya, saat produk dikirim dari pabrik atau produsen hingga sampai ke tangan konsumen, kemasan tetap dalam kondisi yang baik.

Selain itu, faktor komunikasi juga penting dalam desain kemasan. Kemasan produk harus mampu menunjukkan isi produk dan mencerminkan citra merek perusahaan agar menarik perhatian konsumen untuk membelinya.

Distribusi prooduk makanan

Ilustrasi pendistribusian produk

Desain kemasan produk makanan atau produk kreatif haruslah mudah dilihat, dipahami, dan mudah diingat agar memberikan kesan yang baik pada konsumen.

3. Faktor Ergonomi dan Estetika

Faktor ergonomi juga perlu diperhatikan dalam desain kemasan produk makanan atau produk kreatif. Kemasan produk harus mudah dibawa, dibuka, dan diambil oleh konsumen.

Selain itu, aspek estetika juga penting dalam desain kemasan produk makanan atau produk kreatif. Kemasan harus memiliki daya tarik visual yang dapat efektif dan optimal untuk menarik perhatian konsumen.

4. Faktor Identitas dan Promosi

Faktor selanjutnya adalah identitas dan promosi. Desain kemasan produk makanan atau produk kreatif harus menjadi identitas bisnis Anda. Ini juga bertujuan agar produk mudah dikenali dan membedakan dari kemasan produk sejenis lainnya oleh konsumen.

Selain itu, desain kemasan produk makanan atau produk kreatif juga dapat berperan dalam kegiatan promosi bisnis. Disebut sebagai "silent salesperson" yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

5. Faktor Lingkungan

Faktor terakhir yang perlu diperhatikan adalah lingkungan. Desain kemasan produk makanan atau produk kreatif haruslah ramah lingkungan, dapat didaur ulang, dan dapat digunakan kembali. Hal ini bertujuan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat penumpukan sampah kemasan produk makanan saat ini.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda dapat merancang desain kemasan produk makanan yang unik dan menarik, serta memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen.

Teknik untuk Menghasilkan Desain Produk yang Menarik

Untuk menghasilkan desain produk yang menarik, Anda dapat mengikuti beberapa teknik berikut:

1. Brainstorming Ide Desain Produk

Anda dapat mengadakan sesi brainstorming dengan tim Anda untuk menghasilkan ide-ide kreatif untuk desain produk. Diskusikan secara terbuka dan luangkan waktu untuk mengeksplorasi berbagai konsep dan gagasan yang mungkin.

2. Melakukan Riset Terhadap Ide Desain Produk

Lakukan riset mendalam tentang tren desain terkini, kebutuhan pengguna, dan preferensi pasar. Perhatikan juga desain produk pesaing Anda agar Anda dapat membuat desain yang unik dan berbeda.

3. Analisis Pengguna

Analisis pengguna sangat penting untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan masalah yang dihadapi oleh target pasar Anda. Dengan memahami pengguna dengan baik, Anda dapat menghasilkan desain produk yang relevan dan memenuhi kebutuhan mereka.

4. Menyusun Ide Baru

Berdasarkan hasil brainstorming dan riset Anda, susun ide-ide baru untuk desain produk Anda. Buatlah sketsa, mood board, atau prototipe untuk membantu visualisasi dan pengembangan ide-ide tersebut.

5. Membuat Desain Produk

Dengan menggunakan perangkat desain grafis atau bekerja sama dengan desainer profesional, mulailah membuat desain produk Anda. Pastikan desain tersebut mencerminkan identitas merek Anda dan mempertimbangkan aspek visual, fungsional, dan ergonomi.

6. Menguji dan Memvalidasi Produk

Sebelum meluncurkan produk ke pasar, lakukan pengujian dan validasi terhadap desain produk Anda. Dapatkan umpan balik dari pengguna dan lakukan perbaikan jika diperlukan.

7. Aktivitas Setelah Peluncuran Produk

Setelah produk diluncurkan, lakukan aktivitas pemasaran untuk mempromosikan desain produk Anda. Gunakan media sosial, kampanye iklan, atau kerjasama dengan influencer untuk meningkatkan kesadaran dan popularitas produk Anda.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, memiliki desain produk yang menarik merupakan keharusan. Dengan menerapkan teknik-teknik yang tepat dan mengambil inspirasi dari contoh-contoh desain produk yang berhasil, Anda dapat menciptakan produk dengan identitas yang kuat dan menarik.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis, desain produk yang menarik menjadi kunci kesuksesan. Contoh desain produk yang baik dapat meningkatkan daya tarik dan nilai jual suatu produk. Dalam artikel ini, kami telah membahas contoh-contoh desain produk yang sukses dalam mencuri perhatian dan memperkuat identitas merek.

Faktor-faktor seperti keamanan, distribusi, ergonomi, estetika, identitas, dan lingkungan juga perlu dipertimbangkan dalam merancang kemasan produk makanan atau kreatif.

Dengan menerapkan teknik-teknik seperti brainstorming, riset, analisis pengguna, serta pengujian dan validasi produk, Anda dapat menciptakan produk dengan desain yang menarik dan identitas yang kuat. Desain produk yang baik dapat membuat perbedaan besar dalam menciptakan kesan positif pada konsumen dan mencapai keunggulan kompetitif.

Dan sebagai pebisnis, jangan hanya memikirkan branding sehingga mengabaikan keuangan bisnis Anda, perlu adanya pembukuan yang baik dan tertata. Sebab, dari pembukuan tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana bisnis Anda akan mendapatkan untung.

Beecloud Bisnis Lebih Profesional, Pembukuan Rapi

Namun, apabila pembukuan secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Artikel Terkait

Pengertian Outsourcing, Sistem Kerja dan Jenisnya, Lengkap!
Outsourcing telah menjadi salah satu strategi bisnis yang semakin populer dalam beberapa dekade terakhir, menawarkan solusi efektif bagi perusahaan untuk
Baca Juga
Lengkap! 10 Ide Bisnis Makanan Ringan, Logo, Stiker & Tipsnya
Anda pasti pernah merasakan kelezatan makanan ringan, bukan? Snack adalah teman setia saat Anda ingin menikmati camilan ringan di antara
Baca Juga
7+ Brand Lokal ini Berhasil Go Internasional, Begini Strateginya!
Menjadi konsumen brand lokal Indonesia menjadi kebanggaan sendiri, dengan produk berkualitas, trendi yang tidak ketinggalan jaman konsumen juga bisa turut
Baca Juga
Kuliner di Bandung: Nikmati Lezatnya Makanan di Kota Kembang
Cari kuliner di Bandung? Mulai dari kuliner bandung legendaris hingga kuliner bandung malam hari yang menggoda selera di artikel ini!
Baca Juga
Pengertian Biaya Akomodasi Adalah dan Contohnya (Lengkap)
Istilah akomodasi bisa diartikan menjadi banyak makna, tergantung dimana konteks penempatan kalimat ini berada. Sedangkan biaya akomodasi adalah jenis biaya
Baca Juga
11 Ide Bisnis Makanan Kekinian dan Paling Laris 2023
Ingin memulai bisnis dan bingung mau cari ide bisnis makanan apa, simak beberapa rekomendasi di bawah ini. Lengkap dari mulai
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu