🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Bea Cukai Adalah: Tugas, Fungsi, dan Perannya

Anda pasti sudah familiar dengan bea cukai, Istilah bea cukai adalah terdiri dari dua kata yaitu pengertian bea dan cukai.
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Friday, 10 March 2023

Halo, Anda pasti sudah familiar dengan bea cukai, Istilah bea cukai adalah terdiri dari dua kata yaitu pengertian bea dan cukai.

Di artikel ini akan dibahas lengkap tentang Bea Cukai, yuk kita mulai!

Pengertian Bea Cukai Adalah ...

Bea Cukai adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah atas barang yang diimpor atau diekspor dari suatu negara. Dalam hal ini, Anda sebagai pebisnis tentunya pernah berurusan dengan proses Bea Cukai saat mengimpor atau mengekspor barang dari atau ke luar negeri.

Pengertian Bea dan Cukai Adalah

Ilustrasi dokumen bea cukai (Credit: Unsplash)

Dalam praktiknya, proses Bea Cukai seringkali memakan waktu dan biaya yang cukup besar bagi bisnis Anda. Oleh karena itu, sebagai pebisnis yang cerdas, Anda perlu memahami dengan baik tentang proses Bea Cukai dan mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan dengan teliti agar dapat menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Intinya, sebagai pebisnis yang ingin terus berkembang, Anda perlu selalu memperhatikan dan mematuhi aturan yang berlaku terkait Bea Cukai agar bisnis Anda tetap berjalan lancar dan terhindar dari masalah hukum yang dapat merugikan bisnis Anda.

Tugas Bea Cukai

Tugas utama dari Bea Cukai adalah mengawasi, mengatur, dan mengontrol kegiatan impor dan ekspor barang, termasuk pemeriksaan dokumen, pemungutan pajak, dan pengawasan terhadap barang-barang yang masuk atau keluar dari suatu negara. Berikut adalah penjelasannya:

1. Pemeriksaan Dokumen

Bea Cukai bertugas untuk memeriksa dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kegiatan impor dan ekspor, seperti surat izin impor, faktur, dan dokumen pengiriman.

Tujuan dari pemeriksaan dokumen ini adalah untuk memastikan bahwa kegiatan impor dan ekspor dilakukan secara legal dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

2. Pemungutan Pajak

Bea Cukai juga bertugas untuk melakukan pemungutan pajak atas barang yang diimpor atau diekspor. Pajak yang dikenakan oleh Bea Cukai dapat berupa bea masuk, bea keluar, dan pajak pertambahan nilai (PPN).

Pemungutan pajak ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan perdagangan antara negara dan mencegah terjadinya dumping.

3. Pengawasan Keluar-Masuk Barang

Bea Cukai memiliki tugas untuk mengawasi barang-barang yang masuk atau keluar dari suatu negara. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa barang-barang tersebut memenuhi persyaratan dan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti izin impor, sertifikasi produk, dan persyaratan keamanan dan kesehatan.

4. Pemberian Informasi dan Konsultasi

Selain tugas-tugas di atas, Bea Cukai juga memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk informasi dan konsultasi mengenai peraturan dan prosedur yang berlaku dalam kegiatan impor dan ekspor.

Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk memperoleh informasi dan pemahaman yang lebih baik tentang aturan dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam kegiatan impor dan ekspor.

Fungsi dan Peran Bea Cukai dalam perekonomian Indonesia

Ilustrasi Pegawai Bea Cukai

Ilustrasi pegawai bea cukai (Credit: Unsplash)

Sebagai pebisnis yang aktif dalam kegiatan perdagangan internasional, Anda perlu memahami betapa pentingnya peran dan fungsi Bea Cukai dalam perekonomian Indonesia. Fungsi Bea cukai selain sebagai perumusan kebijakan di bidang penegakan hukum, pelayanan dan pengawasan, optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai berikut ini adalah penjelasannya:

1. Penerimaan Negara

Bea Cukai menjadi salah satu sumber pendapatan negara yang signifikan melalui pemungutan pajak atas barang-barang yang diimpor atau diekspor.

Penerimaan ini kemudian dapat digunakan untuk membiayai berbagai program pembangunan dan pengembangan perekonomian di Indonesia.

2. Pelindung Industri Nasional

Bea Cukai memiliki peran penting dalam melindungi industri nasional dari persaingan yang tidak sehat, seperti dumping atau impor barang ilegal.

Dengan memastikan bahwa barang-barang yang masuk ke Indonesia memenuhi persyaratan dan standar yang telah ditetapkan, Bea Cukai dapat membantu mendorong perkembangan industri dalam negeri dan meningkatkan daya saing produk-produk lokal.

3. Pengawasan Barang Impor dan Ekspor

Bea Cukai bertanggung jawab untuk mengawasi barang-barang yang masuk atau keluar dari Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa barang-barang tersebut aman dan memenuhi persyaratan serta standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dengan adanya pengawasan ini, Bea Cukai dapat mencegah terjadinya penyelundupan barang, penghindaran pajak, dan praktek perdagangan ilegal lainnya.

4. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat

Bea Cukai juga berperan dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan kemudahan akses dalam melakukan kegiatan ekspor dan impor. Bea Cukai memberikan informasi dan konsultasi mengenai peraturan dan prosedur yang berlaku dalam kegiatan impor dan ekspor.

Dengan demikian, para pelaku usaha dapat memahami dan memenuhi persyaratan yang berlaku dengan baik, sehingga kegiatan perdagangan internasional dapat berjalan dengan lancar.

Dalam kesimpulannya, peran dan fungsi Bea Cukai sangatlah penting dalam memperkuat perekonomian Indonesia, melindungi industri nasional, dan memberikan kemudahan akses bagi para pelaku usaha.

Jenis-jenis Bea Cukai

1. Bea Masuk

Pajak Bea Masuk

ilustrasi jenis pajak bea masuk (Credit: Unsplash)

Bea Masuk adalah jenis bea cukai yang dikenakan atas barang-barang yang diimpor ke Indonesia. Bea Masuk ini meliputi berbagai macam jenis, seperti:

a. Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP)

BMTP dikenakan pada barang-barang impor yang diyakini dapat membahayakan industri dalam negeri. Tujuan dari penerapan BMTP adalah untuk melindungi industri dalam negeri dari persaingan yang tidak sehat.

b. Bea Masuk Anti-Dumping (BMAD)

BMAD dikenakan pada barang-barang impor yang dijual dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga jualnya di negara asalnya. Tujuan dari penerapan BMAD adalah untuk mencegah persaingan yang tidak sehat dan melindungi industri dalam negeri dari dampak yang merugikan.

c. Bea Masuk Pembalasan (BMP)

BMP dikenakan pada barang-barang impor dari negara yang memberlakukan hambatan perdagangan terhadap barang-barang ekspor Indonesia. Tujuan dari penerapan BMP adalah untuk memberikan balasan atas hambatan perdagangan yang diterapkan oleh negara tersebut.

d. Bea Masuk Imbalan (BMI)

BMI dikenakan pada barang-barang impor sebagai bentuk imbalan atas pemberian fasilitas atau jaminan yang diberikan oleh negara asal barang impor tersebut terhadap barang-barang ekspor Indonesia.

Tujuan dari penerapan BMI adalah untuk menyeimbangkan kembali hubungan perdagangan antara Indonesia dengan negara asal barang impor.

2. Bea Keluar

Anda perlu tahu bahwa Bea Keluar adalah biaya yang harus dibayar kepada negara berdasarkan aturan Kepabeanan. Biaya ini dikenakan terhadap barang yang diekspor, seperti:

  • Kulit
  • Kayu
  • Biji kakao
  • Kelapa sawit (CPO dan turunannya),
  • Produk hasil pengolahan mineral logam
  • dan produk mineral logam dengan kriteria tertentu

Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pebisnis untuk memahami jenis-jenis Bea Keluar yang berlaku dan memperhitungkannya dalam biaya produksi dan ekspor barang.

Apa saja Barang yang Kena Cukai?

Sebagai pebisnis, Anda perlu memahami bahwa istilah Cukai merujuk pada pungutan yang dikenakan pada beberapa barang tertentu dengan karakteristik dan sifat khusus.

Barang-barang tersebut tergolong ke dalam barang yang dikenakan pajak Cukai berdasarkan UU No. 7 tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Beberapa contohnya adalah:

  • Etanol atau etil alkohol
  • Minuman dengan kadar etil alkohol
  • dan produk tembakau seperti cerutu, sigaret, rokok, daun tembakau iris, dan hasil tembakau lainnya yang proses pembuatannya tidak sesuai dengan himbauan dari pemerintah

Penting bagi Anda untuk memperhitungkan pajak Cukai dalam biaya produksi dan harga jual barang tersebut agar bisnis Anda tetap berjalan lancar secara finansial.

Lalu bagaimana yang tidak paham dengan akuntansi? atau sibuk tidak sempat menghitung sana sini. Tenang, ada Software Akuntansi Beeaccounting yang akan membantu anda mengoptimalkan bisnis dan memudahkan Anda dalam membuat laporan biaya produksi dan laporan keuangan.

Buat Catatan Biaya Produksi Dan Laporan Keuangan Mudah Dan Akurat Dengan Beeaccounting

Fraud Adalah Penipuan dalam Bisnis, Mari Ketahui Faktornya!
Fraud adalah tindakan merugikan yang dilakukan untuk bisa mengambil keuntungan dengan cara tidak baik atau curang. Ada beberapa contoh fraud,
Baca Juga
Perbedaan Montir dan Mekanik Beserta Tugas dan Kisaran Gaji
Dalam membahas dunia usaha bengkel tentu tidak lepas dengan istilah montir dan mekanik. Apakah Anda sudah mengenal perbedaan montir dan
Baca Juga
Rumus Modal Usaha Lengkap dengan Cara Menghitungnya
Sudah menjadi rahasia umum jika ingin menjalankan usaha membutuhkan modal usaha, mulai dari untuk modal produksi hingga modal promosi. Agar
Baca Juga
Mengenal Istilah Account Payable dalam Laporan Akuntansi
Account payable adalah bahasa dalam akuntansi yang pasti familiar di telinga staff keuangan. Adanya AP memberikan berbagai keuntungan, terutama membantu
Baca Juga
Maintenance Artinya: Jenis, Proses, serta Manfaat
Istilah teknis yang selalu dijumpai saat ada perbaikan sistem adalah maintenance dan melakukan maintenance artinya memastikan setiap aspek berjalan dengan
Baca Juga
EOQ Adalah: Cara Mengurangi Biaya Persediaan hingga 50%!
Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana perusahaan bisa mengatur persediaan barangnya dengan begitu efisien sehingga dapat menghemat biaya dan meningkatkan produktivitas?
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu