🌙 Ketupat Lebaran Disc. upto 20%, Pebisnis Ritel Merapat!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Fluktuasi Adalah Naik Turunnya Harga, Pahami Penyebabnya

Fluktuasi adalah ketidakpastian harga yang terjadi akibat penawaran dan permintaan pasar, kebijakan pemerintah dan perdagangan internasional.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Fluktuasi adalah ketidakpastian harga. Jika Anda mengamati akhir-akhir ini ada banyak perubahan harga bahan pokok yang terjadi di pasaran, maka hal itu merupakan salah satu contoh dari adanya fluktuasi. Kondisi ini tentu akan sangat berpengaruh pada daya beli masyarakat.

Dengan kata lain fluktuasi juga akan berimbas pada kondisi perekonomian secara umum. Untuk lebih memahami tentang fluktuasi dan apa saja yang menjadi penyebabnya, Anda bisa langsung menyimak ulasan berikut.

Apa itu Fluktuasi?

Di awal sudah sedikit disinggung tentang fluktuasi yang diartikan sebagai naik turunnya harga. Kali ini kita akan mengulas lebih dalam lagi tentang apa yang dimaksud fluktuasi. Dapat dikatakan bahwa fluktuasi merupakan peristiwa yang menunjukkan adanya perubahan dan bentuk ketidakpastian.

Fluktuasi sendiri bisa diterapkan pada beberapa konteks, dan salah satunya adalah dari sudut pandang ekonomi. Dalam hal ini fluktuasi didefinisikan sebagai ketidakpastian dan pergerakan harga suatu produk. Fluktuasi juga bisa diartikan sebagai sebuah perubahan yang berlangsung terus menerus.

Sementara metode fluktuasi adalah metode pengisian kas kecil dengan jumlah yang selalu berubah sesuai kebutuhan. Pada metode ini jumlah dari kas kecil akan disesuaikan kebutuhan.

Selain itu, fluktuasi di dalam istilah ekonomi juga diartikan sebagai tingkat pendapatan nasional dari suatu negara yang menggambarkan pertumbuhan ekonomi. Sementara ekonomi pasar memiliki sifat yang dinamis dan selalu berubah.

Ketika terjadi kenaikan pada pendapatan nasional maka hal itu menunjukkan adanya pertumbuhan ekonomi. Sedangkan pendapatan nasional yang menurun menunjukkan adanya kontraksi di bidang ekonomi. Agar lebih paham, berikut adalah beberapa contoh fluktuasi:

  • Ketidakpastian harga minyak dunia akibat adanya konflik atau perang.
  • Ketidakpastian stok minyak goreng yang menyebabkan harganya naik turun.
Ketidakpastian Harga Minyak Dunia

Foto Perusahaan Gas Dunia (Sumber: Freepik.com)

Penyebab-Penyebab Fluktuasi Pada Bisnis

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa arti fluktuasi adalah ketidakpastian harga yang terjadi di pasaran. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut:

1. Kebijakan Pemerintah

Sebagai pemegang kebijakan dan kendali atas mekanisme pasar, maka pemerintah memiliki peran yang cukup penting sehingga akan berpengaruh pada perekonomian di dalam negeri. Salah satunya adalah kebijakan moneter dan fiskal yang mempengaruhi pasar keuangan.

Baca Juga: Peran Penting Kebijakan Fiskal beserta Jenis dan Contohnya

Sebagai contoh, kenaikan maupun penurunan suku bunga yang dilakukan Bank Indonesia. Hal itu bisa mempercepat atau memperlambat pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Kondisi inilah yang dikenal sebagai kebijakan moneter.

Selain itu itu, contoh lainnya bisa terlihat dari kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM yang menyebabkan harga berbagai barang mengalami kenaikan akibat biaya distribusi yang semakin besar.

2. Ekspektasi Berlebihan

Pada dasarnya ekspektasi dan spekulasi merupakan hal yang berpengaruh pada sistem keuangan. Adanya pandangan yang berbeda antara investor, konsumen, dan politisi akan mempengaruhi cara masing-masing pihak dalam bertindak.

Pemerintah akan menetapkan kebijakan ekonomi untuk mencapai ekspektasi yang diharapkan. Namun ekspektasi terkait kondisi ekonomi di masa depan tersebut bisa menimbulkan fluktuasi jika pada kenyataannya tidak sesuai dengan realita.

3. Transaksi Internasional

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya fluktuasi adalah transaksi internasional. Aliran dana yang terjadi antar negara akan mempengaruhi nilai mata uang dan kekuatan ekonomi dari negara tersebut.

Negara yang banyak mengeluarkan uang ke luar negeri akan membuat nilai mata uang dan perekonomiannya mengalami penurunan. Sementara negara yang mendominasi di bidang ekspor akan mengalirkan dana ke dalam negeri dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

4. Supply and Demand

Fluktuasi juga bisa disebabkan faktor supply dan demand, atau penawaran dan permintaan. Baik terhadap produk mata uang, layanan maupun berbagai jenis investasi. Hal tersebut akan menimbulkan dinamika harga di pasaran sehingga tidak pasti.

Gambaran sederhananya adalah seperti ini. Jika di pasar pasokan barang melebihi permintaan maka hal itu akan membuat harga barang turun. Sedangkan pasokan yang stabil akan membuat harga mengalami fluktuasi, bisa naik atau turun tergantung permintaan pasar.

Jenis-Jenis Fluktuasi

Perlu ditegaskan lagi bahawa fluktuasi artinya perubahan yang terjadi di pasar berupa naik turunnya harga akibat adanya perubahan dalam mekanisme pasar. Fluktuasi sendiri bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu fluktuasi ekonomi jangka panjang dan jangka pendek. Berikut adalah penjelasannya.

1. Fluktuasi Ekonomi Jangka Pendek

Jenis fluktuasi ekonomi ini merupakan kondisi naik turunnya mata uang luar negeri yang terjadi sehari-hari. Seperti yang diketahui, nilai mata uang akan berubah setiap harinya dan menunjukkan adanya tren positif dan negatif.

Contohnya adalah adanya kenaikan nilai mata uang dollar terhadap rupiah yang menyebabkan nilai mata uang rupiah turun dan berimbas pada harga barang yang mengalami kenaikan.

Baca Juga: Prinsip Ekonomi Adalah: Jenis, Ciri dan Manfaatnya, Lengkap

2. Fluktuasi Ekonomi Jangka Panjang

Berbeda  dari fluktuasi jangka pendek, fluktuasi jangka panjang menggambarkan kondisi naik turunnya harga dalam jangka waktu yang cukup lama. Salah satu contohnya adalah perekonomian saat pandemi yang mempengaruhi pergerakan nilai mata uang rupiah.

Dampak Fluktuasi Ekonomi

Fluktuasi Ekonomi Yang Sering Terjadi

Dampak dari Fluktuasi (Sumber: Freepik.com)

Secara garis besar, dampak fluktuasi ekonomi bisa sangat beragam. Diantaranya adalah dampak yang ringan seperti adanya kenaikan harga produk barang yang terjadi pada jangka waktu tertentu. Hingga terjadinya dampak yang berat seperti inflasi ekonomi dan penurunan nilai tukar rupiah.

Meski begitu, adanya fluktuasi juga bisa memberikan dampak yang positif. Dampak fluktuasi tersebut bisa dilihat ketika terjadi kenaikan harga minyak di pasar dunia 2000-2011. Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga menekan laju inflasi.

Contoh Fluktuasi

Sebelumnya telah telah dijelaskan tentang faktor penyebab serta jenis-jenis fluktuasi. Untuk lebih memahaminya, Anda perlu mengetahui apa saja contohnya. Adapun contoh fluktuasi adalah:

1. Fluktuasi Harga Barang

Salah satu contoh yang menggambarkan adanya fluktuasi yaitu pada fluktuasi harga barang. Dalam hal ini harga minyak dunia yang tidak stabil akan mempengaruhi pendapatan dan pengeluaran pemerintah.

Ketidakpastian atau fluktuasi pada harga minyak juga akan berpengaruh pada kebijakan pemerintah dalam memberikan subsidi bagi kebutuhan produksi maupun konsumsi. Kondisi tersebut juga akan membuat harga barang di pasaran mengalami fluktuasi.

2. Fluktuasi Nilai Tukar

Contoh lain dari fluktuasi adalah ketidakpastian nilai tukar atau harga mata uang asing. Dapat dijelaskan bahwa fluktuasi nilai tukar ini merupakan naik turunnya harga mata uang suatu negara dibandingkan dengan nilai mata uang negara asing.

Adanya perubahan nilai tukar mata uang asing bisa disebabkan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar. Seperti yang terjadi pada nilai tukar dolar Amerika terhadap rupiah yang mengalami naik turun pada waktu-waktu tertentu.

Fluktuasi nilai tukar mata uang bisa dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kebijakan pemerintah, kondisi politik, konflik, bencana alam dan kondisi ekonomi negara.

3. Fluktuasi Harga Saham

Contoh berikutnya berupa fluktuasi harga saham yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Saham sendiri bisa diartikan sebagai bentuk kepemilikan atas modal suatu perusahaan.

Fluktuasi saham ini lebih disebabkan karena kondisi ekonomi negara dan global, kurs valuta asing, permintaan dan penawaran, konflik serta kinerja perusahaan.

Kesimpulan

Pada dasarnya fluktuasi adalah ketidakpastian harga yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti kebijakan pemerintah, ekspektasi yang berlebihan, perdagangan internasional serta penawaran dan permintaan yang terjadi di pasar. Kondisi ini akan memberikan dampak terhadap perekonomian.

Dalam kondisi fluktuasi ekonomi dunia seperti saat ini, penggunaan software akuntansi seperti Beecloud menjadi semakin penting untuk membantu bisnis mengambil keputusan yang tepat dalam menghadapi perubahan yang tidak pasti. Dengan software akuntansi, pebisnis dapat memantau kondisi keuangan secara real-time dan membuat analisis yang akurat tentang kinerja bisnis mereka.

Untung Pakai Beecloud Ambil Keputusan Cepat Laporan Keuangan Realtime

Dengan demikian, pebisnis dapat membuat keputusan strategis yang tepat dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengoptimalkan keuntungan mereka dan mengurangi risiko.

Pengertian Akuntansi Manajemen, Fungsi, Penerapan dan Manfaatnya
Akuntansi Manajemen merupakan hal terpenting bagi bisnis. Segala perencanaan dan pengambilan keputusan manajemen berdasarkan data akuntansi manajemen. Oleh sebab itu,
Baca Juga
Manajemen Pemasaran: Definisi, Tahapan, Konsep dan Tujuan
Bagi pelaku bisnis, istilah manajemen pemasaran merupakan hal yang sudah tidak asing lagi. Istilah satu ini memang salah satu yang
Baca Juga
Pengertian Studi Kelayakan Bisnis, Pebisnis Wajib Tahu
Studi kelayakan bisnis adalah salah satu hal penting yang wajib dipelajari sebelum membangun sebuah usaha. Sebab, hanya mengandalkan ide dan
Baca Juga
Biaya Langsung Adalah? Ini Jenis dan Perbedaanya
Dalam dunia bisnis, pengelolaan keuangan yang efektif menjadi salah satu faktor kunci dalam mencapai keberhasilan. Salah satu aspek penting dalam
Baca Juga
Hukum Permintaan dan Penawaran, Bagaimana Bunyinya?
Bagi yang pernah mempelajari ilmu ekonomi, tentunya tidak asing lagi dengan hukum permintaan dan penawaran. Pasalnya, kedua hukum ini akan
Baca Juga
Balance Scorecard: Alat Pengukur Kinerja Bisnis yang Efektif
Balance Scorecard merupakan kerangka kerja pengukuran kinerja sangat populer di kalangan organisasi dan perusahaan besar yang dikembangkan pada awal tahun
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu