Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

Strategi dan Estimasi Keuntungan Usaha Rental Mobil

Dipublish Tgl: Wednesday, 22 June 2022

Memulai usaha rental mobil memang akan membutuhkan strategi tertentu di dalamnya. Dengan begitu, peluang kesuksesan yang dapat Anda peroleh bisa selalu meningkat di setiap waktunya. Jadi, hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda yang berperan sebagai pelaku usaha.

Membahas tentang strategi untuk memulai bisnis rental mobil yang sukses, di sini kami akan membagikan beberapa strateginya yang lengkap. Jika Anda ingin mengetahui bagaimana strateginya yang tepat, simak dengan baik penjelasan yang ada di bawah ini!

 4 Strategi Memulai Usaha Rental Mobil

Sama halnya seperti bisnis di bidang lainnya, untuk memulai bisnis di bidang rental mobil seperti ini juga akan membutuhkan strategi yang tepat. Maka dari itu, penting untuk Anda ketahui apa saja strategi yang bisa Anda ikuti.

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda ikuti untuk memulai usaha rental mobil profesional, yaitu:

1. Lakukan Survei Terlebih Dahulu

Survey Memulai Bisnis Rental Mobil

Lakukan Survey untuk Memulai Bisnis Rental Anti Gagal (Sumber: Pexels.com)

Aktivitas survei di sini tidak hanya berkaitan dengan lokasi usaha yang akan digunakan saja, tapi juga perlu dilakukan untuk mencari kendaraan mobil jenis apa yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Pastikan Anda menyewakan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan banyak orang.

Sebagai informasi tambahan, akan lebih baik jika Anda menyewakan beberapa jenis mobil yang berkapasitas penumpang cukup banyak. Sebab, mobil dengan jenis ini umumnya akan lebih diminati oleh sebagian besar orang.

Selain bisa dilihat dari jumlah kapasitas penumpangnya, Anda juga perlu memilih beberapa jenis mobil yang memiliki perawatan dan suku cadang yang mudah dicari. Hal ini perlu dilakukan untuk meringankan beban biaya operasional bisnis Anda.

2. Lengkapi dengan Asuransi Kendaraan

Asuransi Penyewaan Mobil

Ilustrasi Penandatanganan Asuransi (Sumber: Pexels.com)

Untuk strategi yang kedua ini, bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian yang mungkin saja terjadi selama mobil sedang disewa. Beberapa jenis kerugian yang bisa dialami adalah kecelakaan ringan maupun berat, terjadi kerusakan di beberapa bagian mobil tertentu, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Pemula

Dengan adanya asuransi kendaraan seperti ini, Anda jadi tidak perlu menanggung beban kerugian tersebut sendiri. Dengan begitu, sistem yang berlangsung di dalam bisnis Anda tidak akan terpengaruh dengan terjadinya kerugian tersebut.

3. Bangun Jaringan Konsumen yang Banyak

Strategi untuk memulai bisnis rental mobil pemula yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak jaringan konsumen dalam bisnis Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas pelanggan yang Anda miliki.

Selain itu, untuk menjaga keamanan bisnis Anda secara lebih baik lagi, Anda juga perlu menyiapkan segala jenis administrasi yang lengkap, agar data konsumen bisa selalu tercatat secara rinci. Dengan begitu, hal ini juga bisa mengurangi risiko terjadinya kerugian dalam jenis apapun itu.

4. Berikan Pelayanan Terbaik kepada Para Konsumen

Untuk menjaga reputasi usaha Anda dalam jangka waktu yang panjang, Anda wajib untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen. Dalam hal ini, mobil berkualitas, mesin mobil yang selalu terjaga kondisinya, jasa supir bertanggung jawab, dan lain-lainnya perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Loyalitas Pelanggan Merupakan Asset Bagi Bisnis Anda

Membahas tentang jasa supir yang Anda sediakan, Anda perlu memilih supir yang benar-benar bertanggung jawab, disiplin, tidak sembrono. Dengan begitu, konsumen akan lebih mempercayai segala pelayanan yang akan Anda berikan.

Estimasi Keuntungan Usaha Rental Mobil

Perempuan Membawa Uang Hasil Dari Penjualan

Keuntungan Punya Bisnis Rental Mobil

Ada beberapa poin penting tertentu yang bisa Anda jadikan acuan, untuk mengukur estimasi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam berbisnis rental mobil seperti ini. Dalam hal ini, segala jenis yang menyangkut keuntungan bisnis wajib diperhatikan dengan cermat dan teliti.

Maka dari itu, kenali apa saja poin penting yang dimaksud tersebut, dan informasi lebih jelasnya bisa dilihat dari daftar berikut ini:

  • Lebih disarankan untuk membeli mobil baru dibanding mobil bekas, karena mobil baru akan memiliki biaya perawatan yang lebih sedikit.
  • Usahakan untuk membeli mobil baru dengan cara kontan. Sebab, membeli mobil baru dengan cara kredit hanya akan merugikan usaha Anda, karena harus membayar bunga di setiap bulannya.
  • Kenali apa saja risiko dan segala jenis hambatan yang dapat terjadi di masa mendatang. Dengan begitu, Anda bisa mencari solusi terbaik untuk hal itu.

Beeaccounting Rental Web

Selain beberapa poin di atas, Anda juga perlu menggunakan aplikasi pembukuan dan kelola manajemen usaha rental mobil dari Beeaccounting Rental. Sebab, dengan menggunakan aplikasi ini Anda jadi lebih bisa mengelola pencatatan transaksi rental yang sedang berlangsung di dalam bisnis rental Anda.

Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula
Gagasan membangun ide bisnis rumahan untuk pemula memiliki daya tarik karena alasan yang jelas, apalagi selama pandemi Covid-19 berlangsung. Bayangkan, […]
Baca Juga
Software Bengkel Motor Untuk Mulai Usaha Bengkel Motor
Software bengkel motor, merupakan sebuah sistem yang banyak digunakan untuk memudahkan operasional usaha bengkel motor. Bisnis perbaikan sepeda motor dapat […]
Baca Juga
5 Langkah Membuat Bisnis Plan Sederhana Beserta Contohnya
Anda mungkin pernah mendengar istilah "bisnis plan" saat bertemu dengan rekan bisnis, tetapi apa arti sebenarnya? Dan seperti apa contoh […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu