🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif

Intip cara menghemat biaya operasional agar bisa mengoptimalkan keuangan bisnis, salah satunya menggunakan software akuntansi sekali beli
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Monday, 26 August 2019

Kebanyakan bisnis kecil dan menengah atau startup memiliki biaya operasional yang terbatas. Maka dari itu, tentunya selalu diperlukan cara yang tepat untuk mengurangi biaya operasional tanpa mengurangi kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

Di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa tips menghemat biaya operasional perusahaan yang efektif. Dengan memanfaatkan tips-tips di bawah ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Tips dan Cara Menghemat Biaya Operasional Bisnis

Menghemat Biaya Operasional

Menghemat biaya operasional adalah salah satu cara mengoptimalkan bisnis (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa tips dalam menghemat biaya operasional bisnis:

1. Lakukan Outsourcing

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya operasional bisnis adalah melakukan outsourcing. Dimana Anda juga bisa mengalihkan tanggung jawab beberapa tugas yang biasanya Anda lakukan sendiri pada tenaga ahli dari luar perusahaan, atau yang dikenal dengan istilah outsourcing.

Unsur dari perusahaan yang paling menguntungkan dari outsourcing adalah bidang pengiklanan dan pemasaran karena bagi kebanyakan pengusaha, dua hal inilah yang paling merepotkan. Semakin banyak waktu yang dialokasikan untuk pemasaran, semakin sedikit yang bisa mereka gunakan untuk mengembangkan usaha.

Meskipun kelihatannya merekrut seseorang yang ahli di bidangnya akan menambah pengeluaran, waktu yang bisa Anda hemat dengan adanya tenaga bantuan ini pada akhirnya akan membawa keuntungan serta hasil yang lebih baik.

2. Memilih Supplier yang Tepat

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis distribusi atau yang melibatkan pihak produsen, Anda harus cermat dalam memilih produsen yang menawarkan harga paling menguntungkan untuk barang dengan kualitas terjamin.

Bandingkan harga dan produk dari beberapa produsen, lalu pilihlah yang sekiranya paling berpeluang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan Anda.

3. Pangkas Biaya Sewa Gedung

Menyewa Gedung perkantoran, membeli peralatan, serta merawat kantor yang berbentuk fisik bisa saja menjadi aspek yang paling menguras biaya. Hal ini bisa diatasi dengan menerapkan cara kerja online atau telekomunikasi.

Dengan adanya layanan koneksi internet maupun telepon dengan biaya yang sangat terjangkau saat ini, bekerja di rumah dan kantor hampir tidak memiliki perbedaan. Selain menguntungkan bagi Anda, karyawan juga akan merasa lebih diuntungkan karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk berkendara ke kantor.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Selanjutnya adalah membayar tagihan tepat waktu, dimana banyak supplier barang yang menawarkan diskon jika Anda membayar pesanan sesuai waktu yang ditentukan.

Meskipun diskonnya kecil, bahkan di bawah 10%, penghematan ini bisa menjadi menguntungkan dalam jangka panjang. Membayar tagihan tepat waktu juga akan menghindarkan Anda dari risiko harus membayar denda atau penalti lain.

5. Menggunakan Teknologi yang Relevan

Sekarang ini, ada banyak sekali software dan program offline maupun offline yang bisa membantu bisnis dalam operasional sehari-hari. Akuntansi, situs perusahaan, komunikasi dan pemasaran, serta penghitungan berbagai biaya bisa dilakukan dengan lebih mudah, bahkan otomatis.

Jika Anda menemui halangan dalam bisnis, misalnya dalam hal akuntansi dan melakukan tugas-tugas yang sebenarnya sederhana namun memakan banyak waktu, maka saatnya Anda mulai menggunakan teknologi untuk mengurangi biaya operasional.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting untuk mengelola keuagan bisnis Anda, dengan beli sekali dapat akses seumur hidup cocok untuk Anda yang mencari solusi dalam menghemat biaya operasional bisnis.

Dilengkapi dengan banyak fitur pendukung yang akan memudahkan bisnis Anda, mulai dari kontrol stok, pencatatan, pembelian, hingga laporan akuntansi. Cek informasi selengkapnya di bawah ini:

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

6. Kurangi Biaya yang Tidak Efisien.

Proses dalam bisnis yang dijalankan secara efisien tentunya akan membantu dalam menghemat biaya. Dengan memodifikasi proses dan prosedur sedemikian rupa, Anda bisa mengurangi waktu, tenaga, serta biaya yang terbuang.

7. Jadikan Perusahaan Anda Lebih Ramah Lingkungan.

Jika perusahaan Anda sudah berada dalam suatu gedung perkantoran atau lokasi fisik, mengubahnya menjadi tempat yang lebih ramah lingkungan akan membantu menghemat biaya operasional. Pilih lampu hemat energi, kurangi penggunaan AC, dan kurangi sampah kertas atau material lain. Jika memungkinkan, dorong semua orang dalam perusahaan untuk berkomunikasi lewat e-mail atau sarana komunikasi elektronik lainnya.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Operasional, Fungsi, Tujuan dan Prinsipnya

Menghemat biaya operasional bukan tidak mungkin dilakukan, namun tentunya Anda memerlukan penyesuaian di awal. Jangan takut mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang memang dibutuhkan, namun pikirkan pilihan Anda baik-baik. Jangan sampai biaya operasional terbuang untuk hal yang sebenarnya tidak menguntungkan bagi perusahaan.

Artikel Terkait

Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat
Digital marketing artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki dengan beberapa
Baca Juga
Contoh Barang Ekonomi, Jenis dan Perbedaannya
Dalam ilmu ekonomi ada tiga jenis barang yang digunakan manusia dalam menunjang keberlangsungan hidup, yakni barang bebas, barang illith dan
Baca Juga
Bagaimana Cara Membangun Partnership, Tugas dan Contohnya
Sukses bisnis tidak diraih dengan sendirinya. Membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan mitra bisnis atau partnership adalah kunci utamanya.
Baca Juga
Pengertian Deflasi Adalah, Jenis, Penyebab, dan Tips Mengatasinya
Deflasi adalah kondisi penurunan harga saat jumlah uang yang ada di masyarakat jumlahnya kecil. Penurunan dapat terjadi secara terus menerus
Baca Juga
Aplikasi Kasir Toko Pakaian dan Fitur Pentingnya
Aplikasi kasir toko pakaian merupakan sebuah sistem yang dibutuhkan setiap pemilik usaha. Perkembangan teknologi memberikan dampak terhadap beberapa bisnis, salah
Baca Juga
Harga, Syarat dan Cara Daftar Franchise Alfamart (Update 2023)
Melihat ramainya toko ritel seperti alfamart seking kali menjadikan iri, bagaimana ya caranya buat usaha seperti itu? Tenang Anda bisa
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu