🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Tips Menghemat Biaya Operasional Perusahaan yang Efektif

Intip cara menghemat biaya operasional agar bisa mengoptimalkan keuangan bisnis, salah satunya menggunakan software akuntansi sekali beli
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Monday, 26 August 2019

Kebanyakan bisnis kecil dan menengah atau startup memiliki biaya operasional yang terbatas. Maka dari itu, tentunya selalu diperlukan cara yang tepat untuk mengurangi biaya operasional tanpa mengurangi kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

Di bawah ini, Anda bisa menemukan beberapa tips menghemat biaya operasional perusahaan yang efektif. Dengan memanfaatkan tips-tips di bawah ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Tips dan Cara Menghemat Biaya Operasional Bisnis

Menghemat Biaya Operasional

Menghemat biaya operasional adalah salah satu cara mengoptimalkan bisnis (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa tips dalam menghemat biaya operasional bisnis:

1. Lakukan Outsourcing

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya operasional bisnis adalah melakukan outsourcing. Dimana Anda juga bisa mengalihkan tanggung jawab beberapa tugas yang biasanya Anda lakukan sendiri pada tenaga ahli dari luar perusahaan, atau yang dikenal dengan istilah outsourcing.

Unsur dari perusahaan yang paling menguntungkan dari outsourcing adalah bidang pengiklanan dan pemasaran karena bagi kebanyakan pengusaha, dua hal inilah yang paling merepotkan. Semakin banyak waktu yang dialokasikan untuk pemasaran, semakin sedikit yang bisa mereka gunakan untuk mengembangkan usaha.

Meskipun kelihatannya merekrut seseorang yang ahli di bidangnya akan menambah pengeluaran, waktu yang bisa Anda hemat dengan adanya tenaga bantuan ini pada akhirnya akan membawa keuntungan serta hasil yang lebih baik.

2. Memilih Supplier yang Tepat

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis distribusi atau yang melibatkan pihak produsen, Anda harus cermat dalam memilih produsen yang menawarkan harga paling menguntungkan untuk barang dengan kualitas terjamin.

Bandingkan harga dan produk dari beberapa produsen, lalu pilihlah yang sekiranya paling berpeluang mendatangkan keuntungan bagi perusahaan Anda.

3. Pangkas Biaya Sewa Gedung

Menyewa Gedung perkantoran, membeli peralatan, serta merawat kantor yang berbentuk fisik bisa saja menjadi aspek yang paling menguras biaya. Hal ini bisa diatasi dengan menerapkan cara kerja online atau telekomunikasi.

Dengan adanya layanan koneksi internet maupun telepon dengan biaya yang sangat terjangkau saat ini, bekerja di rumah dan kantor hampir tidak memiliki perbedaan. Selain menguntungkan bagi Anda, karyawan juga akan merasa lebih diuntungkan karena tidak perlu menghabiskan waktu untuk berkendara ke kantor.

4. Bayar Tagihan Tepat Waktu

Selanjutnya adalah membayar tagihan tepat waktu, dimana banyak supplier barang yang menawarkan diskon jika Anda membayar pesanan sesuai waktu yang ditentukan.

Meskipun diskonnya kecil, bahkan di bawah 10%, penghematan ini bisa menjadi menguntungkan dalam jangka panjang. Membayar tagihan tepat waktu juga akan menghindarkan Anda dari risiko harus membayar denda atau penalti lain.

5. Menggunakan Teknologi yang Relevan

Sekarang ini, ada banyak sekali software dan program offline maupun offline yang bisa membantu bisnis dalam operasional sehari-hari. Akuntansi, situs perusahaan, komunikasi dan pemasaran, serta penghitungan berbagai biaya bisa dilakukan dengan lebih mudah, bahkan otomatis.

Jika Anda menemui halangan dalam bisnis, misalnya dalam hal akuntansi dan melakukan tugas-tugas yang sebenarnya sederhana namun memakan banyak waktu, maka saatnya Anda mulai menggunakan teknologi untuk mengurangi biaya operasional.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting untuk mengelola keuagan bisnis Anda, dengan beli sekali dapat akses seumur hidup cocok untuk Anda yang mencari solusi dalam menghemat biaya operasional bisnis.

Dilengkapi dengan banyak fitur pendukung yang akan memudahkan bisnis Anda, mulai dari kontrol stok, pencatatan, pembelian, hingga laporan akuntansi. Cek informasi selengkapnya di bawah ini:

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

6. Kurangi Biaya yang Tidak Efisien.

Proses dalam bisnis yang dijalankan secara efisien tentunya akan membantu dalam menghemat biaya. Dengan memodifikasi proses dan prosedur sedemikian rupa, Anda bisa mengurangi waktu, tenaga, serta biaya yang terbuang.

7. Jadikan Perusahaan Anda Lebih Ramah Lingkungan.

Jika perusahaan Anda sudah berada dalam suatu gedung perkantoran atau lokasi fisik, mengubahnya menjadi tempat yang lebih ramah lingkungan akan membantu menghemat biaya operasional. Pilih lampu hemat energi, kurangi penggunaan AC, dan kurangi sampah kertas atau material lain. Jika memungkinkan, dorong semua orang dalam perusahaan untuk berkomunikasi lewat e-mail atau sarana komunikasi elektronik lainnya.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Operasional, Fungsi, Tujuan dan Prinsipnya

Menghemat biaya operasional bukan tidak mungkin dilakukan, namun tentunya Anda memerlukan penyesuaian di awal. Jangan takut mengeluarkan biaya untuk sesuatu yang memang dibutuhkan, namun pikirkan pilihan Anda baik-baik. Jangan sampai biaya operasional terbuang untuk hal yang sebenarnya tidak menguntungkan bagi perusahaan.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Apa itu Model Bisnis? Ini Pengertian, Jenis dan Contohnya
Menentukan model bisnis sebelum membuka usaha adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap pelaku usaha, dimana dengan menentukan modelnya terlebih
Baca Juga
17 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2023
Biaya hidup meningkat tapi penghasilan itu-itu aja, ide bisnis rumahan bisa menjadi solusi isi waktu luang juga tingkatkan penghasilan setiap
Baca Juga
Pentingnya Analisi Laporan Keuangan
Biasanya di akhir periode tahun berjalan, seorang akuntan yang bekerja untuk sebuah perusahaan akan membuat berbagai macam laporan keuangan seperti
Baca Juga
Kenali Fitur & Manfaat Aplikasi Pengelola Keuangan
Aplikasi pengelola keuangan merupakan salah satu alat yang dapat digunakan dalam mengelola keuangan yang dasarnya cukup sulit dilakukan oleh orang
Baca Juga
Peluang dan Kiat Sukses Usaha Toko Minimarket
Usaha toko minimarket seiring berjalannya waktu mengalami masa-masa sulit terutama saat pandemi melanda Indonesia. Bukan hanya itu, keberadaan usaha toko
Baca Juga
Apa yang Dimaksud dengan Forecast Penjualan dan Tujuan?
Anda mungkin pernah mendengar istilah "Forecast Penjualan" sebelumnya, tetapi apa arti sebenarnya? Dan mengapa hal ini sangat penting? Forecast artinya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu