🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

5 Rahasia Sukses Bisnis ala Warung Madura

Warung Madura adalah toko kelontong yang dikelola dan dimiliki orang Madura, keberadaanya ada dimana saja, pelajari tips suksesnya di sini
Penulis: Lutfatul Malihah
Daftar Isi
Dipublish Tgl: Saturday, 19 August 2023

Siapa saat ini yang tidak tahu apa itu warung Madura, toko kelontong yang dimiliki dan dikelola oleh orang Madura yang saat ini menjadi perbincangan masyarakat karena keberadaannya yang ada dimana mana dan selalu buka 24 jam.

Selain berada dimana-mana dan buka 24 jam, warung Madura memiliki ciri khas lain yang cukup ikonic, seperti memiliki kulkas minuman di luar, pom mini/ menjual bensin eceran, hingga produk yang disusun rapi dan sistematis.

Keberadaannya juga cukup mudah ditemukan, bahkan tak segan berjejeran dengan bisnis sejenisnya yang memiliki kapasitas lebih besar, sebut saja Indomaret dan Alfamart. Lantas apa yang menjadikan bisnis warung Madura ini tetap eksis dan bersaing di tengah ketatnya persaingan bisnis ritel?

7 Rahasia Bisnis ala Warung Madura

Bisnis warung Madura

Kenapa Warung Madura Buka 24 Jam? (Credit: Freepik.com)

Berikut rangkuman dan analisis singkat rahasia sukses bisnis ala warung Madura:

1. Memiliki Mental Wirausaha

Rahasia sukses bisnis warung Madura yang pertama terletak dari sisi pebinisnya. Mereka cenderung memiliki mentalitas Wirausaha yang kuat, dimana kebanyakan dari mereka merupakan perantau yang merintis bisnisnya dari nol di kota besar, yang tentunya tidaklah instan dan mudah.

Mereka perlu bersabar, tekun, dan teliti dalam berproses. Tanpa mentalitas wirausaha yang kuat warung Madura mungkin saja tidak akan bisa bertahan lama.

Prinsip dasar mereka adalah 'rezeki sudah diatur oleh Tuhan' sehingga mereka akan cenderung tekun dalam berbisnis, memahami dengan bijak jika bisnis tidak akan selalu ramai. Bahkan beberapa dari mereka tidak segan untuk mendirikan warungnya di dekat kompetitor yang jika di analisa jauh lebih hebat dari mereka.

Baca Juga; Warung Kelontong Strategi Bertahan di Tengah Gempuran Zaman

2. Pemilihan Lokasi Warung Strategis

Suksesnya bisnis warung Madura tidak luput dari pemilihan lokasi yang strategis, Meskipun berada dimana-mana lokasi yang dipilih untuk membangun usaha ini tidak sembarangan.

Mereka cenderung memilih lokasi yang mudah diakses, dilewati banyak orang, dan ramai. Seperti pingging jalan, perempatan dan sejenisnya. Maka dari itu warung orang Madura ini tampak begitu menonjol karena pemilihan lokasinya yang strategis.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membangun usaha pebisnis sangat perlu memperhatikan seberapa strategis lokasi yang akan digunakan.

3. Pelayanan Cepat dan Tanggap

Selanjutnya adalah memiliki pelayanan yang cepat dan tanggap. Pelayanan yang cepat ini biasanya karena pemilik usaha akan selalu standby berada di toko sehingga mereka akan tanggap dalam melayani konsumen yang datang.

Tidak hanya itu saja, Ada banyak pertanyaan terkait kenapa warung Madura tidak pernah tutup? Juga kalimat populer jika warung Madura akan tutup jika kiamat saja, hal ini cocok untuk menggambarkan ketanggapan warung ini dalam memberikan fasilitas kepada pembeli untuk mengakses warungnya kapan saja jika membutuhkan.

4. Menjual Produk Beragam

Warung Madura Buka 24 Jam

Potret Produk yang dijual di Warung Madura (Credit; ukmindonesia.id)

Pernah mendengar jika kita akan hidup tenang ketika ada warung Madura di sekitar kita. Hal ini karena keberagaman produk yang mereka jual membuat kita tidak perlu jauh-jauh pergi ketempat lain untuk membelinya.

Dimana warung madura terkenal dengan kompleksitas mereka dalam menjual produk. Mulai dari minuman ringan, makanan ringan, keperluan mandi, beras, telur, gula hingga bensin, semuanya ada.

Dengan banyaknya produk yang mereka jual, pemilik warung perlu melakukan analisa terkait mana produk yang paling laris dan sebaliknya untuk mengoptimalkan penjualan.

5. Harga Jual Bersaing

Persaingan bisnis retail, terutama toko kelontong, sangat sengit dengan hadirnya minimarket. Namun, toko kelontong masih bisa menarik pelanggan jika menawarkan harga bersaing seperti yang diterapkan warung Madura.

Salah satu strategi untuk mendapatkan harga barang dagang yang lebih kompetitif adalah dengan membeli dari toko grosir. Disarankan untuk mengunjungi beberapa toko grosir dan membandingkan harga yang ditawarkan.

Misalnya, harga teh di toko grosir A mungkin lebih murah daripada di toko grosir B, sementara harga kecap di agen B lebih ekonomis dibandingkan dengan toko grosir A. Melakukan perbandingan di beberapa toko grosir dapat membantu mendapatkan penawaran harga terbaik untuk produk tertentu.

6. Manajemen Stok Barang

Salah satu ciri khas dari warung madura adalah penataan produknya yang selalu rapi, yang mana akan memudahkan proses manajemen kontrol stok barang nantinya. Dengan demikian pebisnis akan jauh lebih mudah dalam melakukan analisa stok barang mana yang paling cepat terjual dan seterusnya.

Selain itu, dengan penataan dan manajemen stok yang rapi siapa saja yang melihat pasti akan menyukainya, termasuk para pelanggan. Potensi repeat order juga akan semakin terbuka lebar.

7. Manajemen Keuangan Bisnis yang Baik

Rahasia sukses terakhir ala warung milik orang Madura ini adalah pengelolaan keuangan yang baik. Tidak hanya untuk bisnis toko kelontong saja melainkan untuk semua bisnis. Manajemen keuangan adalah kunci utama berhasilnya sebuah usaha.

Sebab dari manajemen keuangan yang baik, kegiatan operasional juga akan mudah dikelola dengan baik. Cukup lakukan pencatatan teratur untuk pendapatan dari penjualan dan pengeluaran untuk pembelian barang dagang serta biaya rutin seperti listrik, air, dan angkut.

Keuntungan mencatat secara rutin antara lain seperti melacak omset dan keuntungan, membandingkan harga pembelian barang dagang, serta kemudahan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan seperti Beecloud untuk versi online dan Beeaccounting untuk versi offline.

Baca Juga: 9 Tips Sukses Bisnis Warung Sederhana

Rekomendasi Aplikasi Kasir Cocok untuk Warung Madura

Apakah warung Madura juga perlu mesin kasir? Harus dong, apalagi jika ingin pembukuan keuangannya tercatatan secara rapi dan sistematis. Salah satu rekomendasi aplikasi kasir yang cocok untuk bisnis warung adalah Beepos.

Dengan menggunakan software kasir online Beepos, Anda bisa mencatat setiap transaksi, bisa setting promo, member, kontrol stok, cek produk terlaris, kelola harga jual barang, integrasi aplikasi akuntansi dan masih banyak lagi. Cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini dan jadikan warung Madura Anda unggul dari kompetitor.

Hitung Stok Hingga Catat Pembukuan Keuangan Toko Kelontong Mudah Pakai Beepos

Artikel Terkait

Bagaimana Strategi Bisnis UKM Survive Saat "LockDown"?
Sejak 2020, berita duka datang untuk seluruh dunia. Virus tersebar, bumi pun istirahat. Seluruh tempat di lockdown Semenjak adanya sebuah
Baca Juga
9 Rekomendasi Franchise Murah Cocok Untuk Memulai Usaha
Membeli franchise murah termasuk pilihan paling tepat bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Pasalnya modal yang dibutuhkan
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
5 Cara Mitigasi Risiko pada Bisnis dan Penjelasan Lengkapny!
Mitigasi risiko adalah suatu pendekatan manajemen untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola potensi ancaman yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan perusahaan. Dengan
Baca Juga
Apa itu Resi? Cara Melacak Paket dengan Nomor Resi
Ketika mengirim paket atau berbelanja secara online tentu akan ada suatu nomor yang digunakan untuk melacak barang yang dikirim sudah
Baca Juga
7+ Tips Menggunakan Promo Gratis Ongkir Anti Rugi
Penggiat bisnis online atau pembeli online pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah gratis ongkir atau gratis ongkos kirim ini.
Baca Juga

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Apa Itu Brand Positioning? Begini Penjelasan Lengkapnya
Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah melakukan brand positioning. Kegiatan ini berkaitan dengan upaya menempatkan brand, agar memiliki tempat
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Pengertian, Format dan Contoh Jurnal Penerimaan Kas
Dalam akuntansi, jurnal penerimaan kas adalah jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan yang masuk secara tunai. Contoh jurnal penerimaan
Baca Juga
25 Ide Jualan Makanan yang laku Setiap Hari Minim Modal
Bisnis jualan makanan bisa menjadi pilihan menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih, dengan permintaan masyarakat yang selalu meningkat terhadap makanan. Namun, untuk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu