🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa yang Dimaksud dengan Forecast Penjualan dan Tujuan?

Forecast penjualan adalah alat penting bagi bisnis. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat membuat forecast, apa saja itu?
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Monday, 14 November 2022

Anda mungkin pernah mendengar istilah "Forecast Penjualan" sebelumnya, tetapi apa arti sebenarnya? Dan mengapa hal ini sangat penting? Forecast artinya proyeksi penjualan di masa depan.

Ini digunakan untuk memperkirakan berapa banyak produk atau layanan yang akan dijual di masa depan, dan ini merupakan alat penting untuk bisnis dari semua ukuran.

Apa yang Dimaksud dengan Forecast Penjualan?

Forecast artinya proses untuk menentukan berapa jumlah penjualan yang diharapkan akan terjadi di masa yang akan datang. Mengapa penting? Karena dengan melakukannya, Anda dapat membuat rencana bisnis yang tepat dan menyusun strategi untuk mencapai tujuan.

Namun, perlu diketahui juga bahwa forecast penjualan bukanlah ilmu pasti. Artinya, sebaiknya Anda tidak mengandalkannya 100%. Oleh karena itu, selain melakukan proses forecast penjualan, Anda juga harus menerapkan manajemen risiko dengan baik. Dengan begitu, ketika terjadi perubahan mendadak atau hal-hal yang tidak diinginkan, Anda tetap dapat mencapai tujuan bisnis dengan baik.

Data Apa Saja yang Diperlukan dalam Forecasting?

Untuk melakukan forecasting secara akurat, Anda memerlukan tiga jenis data:

  • Data penjualan historis
  • Kondisi pasar saat ini
  • dan data tren dalam industri.

Data penjualan historis dapat Anda dapatkan dari laporan keuangan perusahaan. Kondisi pasar saat ini dapat Anda dapatkan dari riset pasar atau data publik yang tersedia secara online. Data tren industri biasanya didapat dari publikasi ilmiah atau situs web ekonomi.

Data Yang Diperlukan Forecasting

Analisa Data Laporan Lampau (Credit: Freepik.com)

Ketiga jenis data ini akan memberikan gambaran yang baik tentang apa yang harus Anda harapkan dalam jangka waktu tertentu. Anda dapat menggunakan data ini untuk menentukan target penjualan, dan kemudian membuat rencana untuk mencapainya.

Setelah Anda memiliki data ini, Anda perlu menganalisisnya untuk mengidentifikasi tren dan hubungan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan Excel, paket perangkat lunak statistik, atau bahkan pena dan kertas sederhana. Setelah Anda menganalisis data, Anda dapat mulai mengembangkan perkiraan penjualan Anda.

Forecast Penjualan yang baik dapat membantu Anda tetap terdepan dalam persaingan dan memastikan bahwa bisnis Anda menguntungkan.

Apa Saja Tujuan Forecasting?

Sales forecast itu penting karena dapat membantu Anda menentukan berapa banyak produk yang perlu Anda hasilkan dan berapa banyak karyawan yang mungkin Anda butuhkan.

1. Merencanakan Masa Depan

Ada beberapa alasan mengapa forecast penjualan itu penting. Yang utama adalah memungkinkan Anda untuk merencanakan penjualan di masa depan. Dengan melihat data penjualan di masa lalu dan kemudian mengekstrapolasi data itu ke masa depan, Anda bisa mendapatkan gambaran seperti apa penjualan Anda dalam beberapa bulan atau tahun mendatang.

2. Membuat Keputusan Strategis

Informasi ini sangat berharga dalam membantu Anda membuat keputusan strategis tentang bisnis Anda. Misalnya, jika Anda tahu bahwa penjualan Anda akan melambat pada kuartal berikutnya, Anda dapat merencanakannya dan menyesuaikan anggaran pemasaran atau tingkat kepegawaian Anda.

3. Melacak Peningkatan Penjualan

Forecasting juga memungkinkan Anda untuk melacak kemajuan Anda. Anda dapat melihat apakah penjualan Anda meningkat atau menurun dari waktu ke waktu, dan kemudian membuat penyesuaian yang diperlukan untuk tetap berada di jalurnya. Jadi, seperti yang Anda lihat, ada banyak manfaat untuk meramalkan penjualan

4. Mengidentifikasi Potensi Masalah dan Solusi

Selain itu, informasi ini juga berguna dalam mengidentifikasi potensi masalah. Jika Anda tahu bahwa penjualan akan menurun pada suatu waktu tertentu, Anda dapat mulai mencari solusi sebelum masalah itu muncul. Misalnya, Anda bisa mulai merekrut lebih banyak karyawan atau melakukan pemasaran yang lebih agresif untuk meningkatkan penjualan.

5. Menganggarkan untuk Pertumbuhan di Masa Depan

Forecast membantu Anda juga dalam menetapkan anggaran untuk pertumbuhan di masa depan. Dengan memiliki data penjualan yang akurat, Anda bisa menetapkan anggaran yang tepat untuk investasi bisnis, seperti pemasaran atau pengembangan produk. Tanpa informasi ini, Anda bisa mengalami kesulitan dalam menentukan anggaran yang tepat dan mungkin akan melewatkan peluang pertumbuhan.

Budget Untuk Forecast Penjualan

Menyusun Budget untuk Forecast (Credit: Freepik.com)

Setelah Anda menentukan tujuan, Anda perlu menentukan time frame atau periode waktu tertentu untuk melakukan forecast. Ini bisa menjadi 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Pada time frame ini, Anda akan mempelajari pasar dan menganalisis data penjualan masa lalu untuk menentukan pola dan tren. Dari sini, Anda akan dapat menentukan perkiraan jumlah penjualan di masa depan.

Jadi, sekarang Anda telah melihat beberapa manfaat dari forecasting penjualan. Pastikan Anda melakukannya dengan benar untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

catat anggaran bulanan otomatis sinkron pembukuan

Metode Apa saja yang Dapat Digunakan untuk Forecast Penjualan?

Ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk meramalkan penjualan, dan metode yang paling tepat akan tergantung pada jenis data yang tersedia.

Metode forecasting dibagi menjadi dua, yakni peramalan secara kualitatif dan peramalan secara kuantitatif.

Metode Forecasting Kualitatif

Peramalan secara kualitatif adalah metode peramalan yang mengandalkan opini para ahli. Biasanya, para ahli akan memberikan ramalan penjualan berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka.

Adapun yang berikut merupakan metode peramalan secara kualitatif:

  1. Time Series
  2. Regresi
  3. Ekonometrik
  4. Hubungan Kausal

Metode Forecasting Kuantitatif

Sedangkan, peramalan secara kuantitatif adalah metode peramalan yang mengandalkan data penjualan masa lalu. Data masa lalu akan dianalisis untuk menentukan pola penjualan, dan kemudian pola tersebut digunakan untuk meramalkan penjualan di masa yang akan datang.

Adapun yang berikut merupakan kelompok metode peramalan kuantitatif:

  1. Survei pasar
    Metode survei pasar adalah metode peramalan penjualan dengan cara melakukan survei kepada calon konsumen. Survei ini biasanya dilakukan secara langsung atau melalui telepon.
  2. Kelompok Fokus
  3. Teknik Delphi

Metode peramalan secara kualitatif dan kuantitatif memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk menentukan metode peramalan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana Membuat Forecast Penjualan?

Cara membuat forecast penjualan sangat mudah. Anda hanya perlu menentukan berapa penjualan rata-rata yang telah terjadi selama beberapa periode waktu tertentu. Kemudian, Anda dapat menghitung potensi pertumbuhan atau penurunan dengan menggunakan analisis regresi. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi penjualan seperti ekonomi, politik, dan cuaca.

Untuk menghasilkan perkiraan penjualan yang sukses, Anda perlu memahami apa yang masuk ke dalamnya.

Ada empat langkah utama:

  1. Menetapkan tujuan forecast penjualan
  2. Menentukan periode perkiraan penjualan
  3. Mengumpulkan data dan menganalisisnya
  4. Memproduksi laporan prakiraan

Masing-masing langkah ini penting, dan jika Anda melewatkan salah satunya, perkiraan Anda akan menjadi tidak akurat. Mari kita lihat lebih dekat masing-masing langkah.

Tantangan Utama dalam Sales Forecast

Forecasting penjualan bukanlah tugas yang mudah. Namun, ini adalah bagian penting dari operasi perusahaan. Ada beberapa tantangan utama yang perlu Anda waspadai saat membuat prakiraan penjualan.

Yang utama di antara tantangan-tantangan ini adalah variabilitas permintaan pelanggan. Mungkin sulit untuk memprediksi berapa banyak produk atau layanan yang dibutuhkan pelanggan pada waktu tertentu. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang basis pelanggan Anda dan kebiasaan membeli mereka.

Tantangan Sales Forecast

Tantangan Sales Forecast (Credit: Freepik.com)

Tantangan lainnya adalah dampak kondisi ekonomi terhadap permintaan. Ketika ekonomi berjalan dengan baik, orang cenderung menghabiskan lebih banyak uang. Dan ketika ekonomi sedang buruk, orang cenderung membelanjakan lebih sedikit uang. Hal ini membuat sales forecast menjadi tugas yang sulit, karena sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

Tetapi dengan perencanaan yang cermat dan dengan mempertimbangkan semua faktor ini, Anda dapat membuat perkiraan penjualan yang akurat dan dapat diandalkan.

Kesimpulan

Forecast penjualan adalah proyeksi penjualan di masa depan, biasanya dipecah berdasarkan produk, wilayah, atau pelanggan. Forecast artinya alat penting bagi bisnis karena memungkinkan mereka untuk merencanakan masa depan dan membuat keputusan berdasarkan data yang akurat.

Tujuan utama forecast artinya untuk memperkirakan permintaan di masa depan dan membuat rencana untuk memenuhi permintaan itu. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat membuat forecast penjualan, dan ini bisa menjadi tugas yang menantang. Namun, dengan perencanaan yang cermat dan perhatian terhadap detail, bisnis dapat membuat perkiraan yang andal yang akan membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Artikel Terkait

Aplikasi Penjualan Barang untuk Pengusaha Banyak Cabang
Untuk saat ini, dunia bisnis memang sudah sangat jauh berkembang. Apalagi dengan adanya sebuah teknologi yang dapat memudahkan kegiatan berbisnis.
Baca Juga
Perhitungan Laba Rugi dalam Laporan Keuangan Perusahaan
Dаlаm menjalankan usaha аtаu bіѕnіѕ, diperlukan perhitungan laba rugi dalam laporan keuangan perusahaan untuk mеngеlоlа uѕаhа. Inі tеrmаѕuk kеgіаtаn perusahaan
Baca Juga
Mengupas Cashless: Efisiensi Bisnis dengan Uang Elektronik
Di era digital yang semakin maju ini, sistem pembayaran dompet digital atau uang elektronik menjadi sebuah inovasi yang telah merevolusi
Baca Juga
8 Ide Bisnis Berburu Cuan di Akhir Tahun
Bisnis apa yang cocok dijalankan di akhir tahun? Sudahkah Anda tahu bahwa ada 5 periode penting untuk menaikkan penjualan dalam
Baca Juga
Cara Menghitung Biaya Peluang dan Contohnya Lengkap
Memahami cara menghitung biaya peluang menjadi wajib bagi semua orang. Terlebih bagi pebisnis yang selalu bermain dengan kemungkinan tidak terduga.
Baca Juga
Management Keuangan: Penjelasan dan Cara Pengelolaannya
Management Keuangan - Dalam setiap perusahaan tidak lepas dari kegiatan pengelolaan keuangan. Berbagai perusahaan harus mengatur keuangan agar bisa mencapai
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu