🎉 Promo Spesial Ritel, Dapatkan Disc. Rp. 750.000
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa Perbedaan Expense dan Cost? Begini Penjelasannya

Expense adalah komponen penting dalam akuntansi karena dapat mempengaruhi laporan keuangan. Apa bedanya dengan cost? Simak disini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 30 April 2023

Expense adalah beban yang timbul atas berbagai faktor. Sehingga terbagi atas beberapa jenis. Dalam pembuatan laporan keuangan, tentu akan terdiri dari pemasukan dan pengeluaran. Unsur pengeluaran sendiri meliputi biaya (cost) serta beban (expense).

Keduanya adalah variabel penting yang tidak bisa terlewatkan dalam akuntansi. Meskipun terlihat mirip, jika diulas secara lebih mendalam memiliki arti serta fungsi yang berbeda. Agar tidak salah memahaminya, pengertian dan perbedaannya tentu harus dipahami dengan baik.

Pengertian Expanse dan Cost

Expense Adalah

Expense adalah beban sedangkan cost adalah biaya (Credit: Freepik.com/ @opatsuvi)

Expenses artinya biaya yang dibebankan kepada nasabah atas jasa bank dalam periode tertentu sesuai dengan kesepakatan yang dibuat sebelumnya. Expense atau beban termasuk dalam jenis pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk dapat membantu proses pemerolehan barang atau jasa.

Secara signifikan, komponen ini nantinya dapat mempengaruhi jumlah nilai pendapatan perusahaan. Bisa dikatakan bahwa expense merupakan biaya yang dapat memberikan manfaat.

Expense bisa terjadi akibat beberapa hal, diantaranya seperti biaya penggunaan atas pemanfaatan utilitis tertentu, biaya yang sudah melewatinya masanya, dan lain sebagainya.

Expense bisa terjadi bersama dengan pengeluaran kas, sesudah, maupun sebelumnya. Contoh yang bersamaan sebelum pengeluaran kas adalah biaya untuk membayar gaji karyawan dan lainnya.

Sedangkan cost adalah jumlah yang dapat diukur dalam satuan angka berupa uang dalam rangka kepemilikan barang atau jasa yang dibutuhkan sebuah perusahaan. baik harga perolehan yang terjadi di masa lalu atau dimasa yang akan datang

Baca Juga: Expanse adalah Beban dalam Akuntansi, Ini Jenis-Jenisnya

Perbedaan Cost dan Expense

Untuk pebisnis pemula yang baru mulai mempelajari masalah akuntansi, mungkin akan merasa kebingungan dengan istilah expenses dan cost.

Perbedaan keduanya tentu perlu dipahami dengan baik agar tidak salah dalam membuat laporan keuangan. Hal ini juga dibutuhkan agar perhitungan beban dan biaya sebuah perusahaan bisa dilakukan secara efektif dan benar.

Seperti yang diketahui bahwa laporan keuangan harus dibuat dengan baik dan benar karena dapat mendefinisikan secara detail tentang gambaran kinerja keuangan bisnis. Termasuk didalamnya ada laba, pendapatan, dan kerugian.

Baca Juga: Apa Saja Beda Biaya dan Beban?

Pemahaman tentang perbedaan kedua komponen ini memungkinkan Anda bisa mengenalinya dengan mudah dan tidak bingung mendefinisikan satu dengan yang lainnya. Agar dapat memahaminya secara lebih mudah, perhatikan penjelasan di bawah ini.

1. Jumlah Nominal yang Dikeluarkan

Biaya akan diambil dari modal perusahaan, sehingga jumlah pengeluaran akan semakin besar bahkan sama dengan aset usaha lainnya seperti biaya penyusutan yang periodenya masih berkelanjutan. Akun beban akan mengambil data yang berasal dari nilai pendapatan.

Akun beban umumnya memiliki nilai pengeluaran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan nilai biaya.

2. Periode Akuntansi

Hal lain yang membedakan cost dan expense adalah dari periode akuntansi dalam sebuah laporan. Biaya (cost) memiliki lebih dari satu periode akuntansi sehingga dianggap sebagai pengeluaran atau modal atau aset.

Sedangkan expense memiliki periode akuntansi kurang dari setahun. Biaya (expense) dinilai sebagai pengeluaran yang dapat dimanfaatkan agar bisa menghasilkan sumber pendapatan atau disebut sebagai expense recognition.

Beban juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber modal yang jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan jumlah biaya.

3. Definisi Secara Umum

Biaya (cost) diartikan sebagai sumber ekonomi yang perlu dikeluarkan agar bisnis yang dikelola bisa tetap berjalan secara baik. Sedangkan beban (expense) umumnya didefinisikan sebagai penurunan nilai ekonomi diantaranya seperti pengeluaran uang akibat penyusutan nilai aktiva.

Jika dilihat secara umum, cost dan expense mempunyai perbedaan yang cukup mencolok dan bisa secara mudah dipahami. Selain itu, biaya belum bisa dipastikan penggunaannya dalam kegiatan bisnis. Namun beban yang telah ada dan akan digunakan pada awal bisnis.

4. Berdasarkan Manfaat

Cost dan expense memiliki manfaat yang berbeda. Akun biaya dapat bermanfaat dan bisa mempengaruhi nilai pendapatan. Berbeda dengan akun expense yang dimanfaatkan sebagai sumber daya.

Adanya manfaat dari berbagai komponen ini mampu memberikan efek pada jumlah modal yang dapat diterima setelahnya. Namun akun bebas dapat memberikan efek yang cukup besar terhadap jumlah keuangan perusahaan.

5. Letaknya Pada Laporan Keuangan

Letak cost dan expense pada laporan akan berbeda. Akun bebas dibukukan di laporan laba rugi. Hal ini tentunya tidak akan memberikan manfaat yang signifikan di masa depan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa expense atau beban adalah pengeluaran yang sudah terpakai dalam kurun waktu tidak lebih dari satu tahun.

Sedangkan akun biaya, akan dibukukan pada laporan neraca dan bisa memiliki manfaat di masa mendatang. Hal inilah yang membuat akun biaya dapat dianggap sebagai aktiva sebab biaya tersebut belum digunakan.

Beecloud Kelola Keuangan Bisnis Tanpa Asal Asalan Laporan Akurat

Kini Anda bisa membuat laporan keuangan perusahaan secara otomatis baik perusahaan jasa maupun barang dengan lebih mudah menggunakan software akuntansi online Beecloud. Mudahkan Anda dalam mencatat transaksi, memantau stok barang di gudang atau di toko, laba rugi, neraca, cash flow, lengkap dengan laporan akuntansi lainnya.

Artikel Terkait

Mengenal KAP (Kantor Akuntan Publik) Secara Lengkap
KAP (Kantor Akuntan Publik) adalah sebuah lembaga bisnis yang bergerak di bidang keuangan dan akuntansi. KAP didirikan dengan tujuan untuk
Baca Juga
Ebitda Adalah, Komponen, Rumus, Manfaat, dan Ebitda Margin
Ebitda adalah istilah dalam akuntansi yang menunjukkan aktivitas dan arus kas perusahaan. Merupakan pendapatan sebelum dikurangi bunga, amortisasi, pajak, dan
Baca Juga
Mengenal Integrated Marketing Communication (IMC)
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah sebuah pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan berbagai elemen komunikasi pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. IMC
Baca Juga
BUMS Adalah: Jenis, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan
BUMS adalah singkatan dari badan usaha milik swasta, salah satu jenis perusahaan yang ada di Indonesia dan menjadi bagian salah
Baca Juga
Mengenal Dasar Dasar Akuntansi, Ini Pembahasannya Lebih Lanjut
Ada sejumlah dasar dasar akuntansi yang perlu dipahami pemula, terutama bagi pemilik usaha. Ilmu akuntansi dan usaha sangat berkaitan satu
Baca Juga
Cara Membaca Laporan Keuangan Perusahaan yang Baik
Laporan keuangan bagaikan jendela yang membuka pandangan kita terhadap kesehatan finansial suatu perusahaan. Oleh sebab itu, wajib hukumnya pelaku usaha
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu