Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik

Dipublish Tgl: Monday, 24 October 2022

Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang memasok bahan mentah untuk diolah bagi usaha lainnya. Sedangkan distributor adalah orang atau perusahaan penyalur barang dan jasa namun tidak memasok bahan baku.

Sebagai contoh apabila menjalankan bisnis kedai kopi. Maka harus ada supplier bahan baku seperti kopi, gula, dan juga bahan lainnya. Supplier bisa merupakan produsen, petani langsung atau juga dapat merupakan pengumpul bahan mentah dan menjualnya langsung ke konsumen.

Apa itu Supplier?

Apa Itu Supplier

Ilustrasi Gudang Supplier (Sumber: Freepik.com)

Supplier atau pemasok bahan baku adalah orang, bisnis, atau perusahaan yang menyuplai kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan oleh bisnis lainnya. Bahan yang disuplai harus berupa bahan baku atau bahan setengah jadi.

Supplier juga dapat bertindak sebagai distributor. Akan tetapi, distributor tidak dapat berlaku seperti supplier. Jika dilihat secara sederhana dalam sebuah bisnis kafe kopi kekinian, maka didalamnya ada komponen bahan baku.

Contohnya, alat atau mesin kopi, plastik atau gelas minum, biji kopi, gula, susu, bubuk green tea, es krim, atau komponen lainnya. Semua komponen bahan baku tersebut bisa disediakan oleh supplier ataupun distributor.

Nantinya bisnis café tersebut akan meramu berbagai bahan baku dan menjadikannya layak untuk dapat langsung dikonsumsi oleh konsumen. Begitulah siklus sebuah rantai pasok dalam bisnis.

Baca Juga: [DOWNLOAD] Contoh Purchase Order dan Tips Mudah Membuatnya

Jenis-Jenis Supplier

Jenis supplier diklasifikasikan berdasarkan produk yang dijualnya dan juga berdasarkan kesiapan material atau bahan baku yang dijual.

1. Berdasarkan Produk yang Dijual

Jenis Supplier Berdasarkan Produk Yang Dijual

Ilustrasi Supplier Biji Kopi (Sumber: Freepik.com)

  • Supplier Produk Jasa

Maksudnya adalah orang atau perusahaan yang dapat memproduksi bahan mentah dan diolah menjadi produk jasa. Tugas supplier hanya akan menyuplai bahan baku saja dan orang mengolahnya dapat mengubah menjadi penjualan berupa jasa.

Sebagai contoh adalah produk supplier software atau aplikasi komputer atau ponsel. Misalnya sebuah perusahaan teknologi sebagai supplier mengembangkan software untuk akuntansi, maka pengguna software tersebut dapat mengubah menjadi produk jasa kepada pelanggan.

  • Supplier Produk Barang

Sedangkan produk barang lebih mudah dipahami karena hasilnya bisa terlihat dalam bentuk nyata atau fisik. Supplier hanya melakukan suplai bahan mentah dan nantinya diolah akan menjadi sebuah produk siap pakai.

Sebagai contoh sebuah perusahaan buku tulis membutuhkan supplier berupa orang atau perusahaan yang bisa memasok kertas ke dalam usahanya. Selain itu, juga perlu plastik, percetakan, dan lain sebagainya. Hal ini penting dalam rantai bisnis.

2. Berdasarkan Bahan Baku yang Dijual

Jenis Supplier Berdasarkan Bahan Yang Dijual

Ilustrasi Supplier Bahan Baku Kayu (Sumber: Freepik.com)

Sedangkan mengidentifikasi apa itu supplier dan jenisnya, apabila melihat dari bahan baku yang dijual, maka diklasifikasikan menjadi supplier bahan fabrikasi dan non fabrikasi.

  • Supplier Bahan Fabrikasi

Maksudnya adalah supplier mampu menyediakan bahan yang dipesan oleh orang atau usaha lainnya. Akan tetapi, terlebih dahulu dilakukan pemrosesan bahan baku sesuai dengan kesepakatan kepada pihak pembeli.

  • Supplier Non Fabrikasi

Sedangkan untuk supplier non fabrikasi dapat memasok bahan atau material tertentu tanpa harus melalui pembuatan atau proses khusus di tempat supplier awal. Hal ini juga tentunya didiskusikan dengan pihak pembeli.

Cara Mencari Supplier Terbaik untuk Bisnis Anda

Cara Menjadi Supplier

Ilustrasi Cara Menjadi Supplier (Sumber: Freepik.com)

Dalam mencari seorang supplier haruslah sesuai dan memenuhi beberapa kriteria yang diinginkan oleh perusahaan Anda. Untuk itu sebaiknya perhatikan saat supplier berinteraksi dengan Anda. Penting juga untuk memahami rekam jejaknya dan memiliki bahan baku berkualitas.

  • Menentukan Kebutuhan dalam Bisnis

Pertama tentukan kebutuhan bahan baku yang akan digunakan dalam bisnis yang akan dijalani. Pebisnis juga harus paham dan mengerti tentang alur bisnis yang dijalaninya. Jika memang baru terjun ke dunia tersebut, bisa mencari tahu dari internet atau orang yang sudah berpengalaman.

  • Mengidentifikasi Kriteria Supplier yang Cocok

Saat memilih supplier tentu harus selaras dan sejalan dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Misalnya kualitas bahan baku yang baik, profesional, memahami produk dengan baik, komunikatif, dan lain sebagainya. Jangan sampai salah saat membedakan apa itu supplier dan reseller.

  • Hitung Kemampuan Supplier

Saat bisnis yang dijalani cukup besar, maka kemampuan untuk menghitung daya pasok dari supplier sangat dibutuhkan. Jangan sampai ketika akan berproduksi tinggi dan permintaan meningkat, bahan baku dari supplier tersendat. Hal ini juga harus menjadi perhatian.

Baca Juga: Membuat Uang Muka Supplier/Customer Beeaccounting

Kesimpulan

Mengetahui apa itu supplier, jenis hingga cara menentukan supplier yang cocok untuk bisnis Anda merupakan proses yang tidak mudah dan terkadang harus melalui tahapan panjang.

Supplier adalah pihak yang menjual dan menyalurkan bahan mentah untuk diolah lagi oleh pabrik atau perusahaan untuk menjadi barang jadi. Inilah hal utama yang membedakan antara supplier dan distributor yakni jenis barang yang dijual.

Distributor menyalurkan barang jadi, supplier menyalurkan bahan mentah kepada pabrik untuk diolah menjadi barang jadi. Contohnya, supplier kayu jati menjual kayu-kayunya pada perusahaan pengolah kayu untuk dijadikan furnitur.

Saat permintaan pelanggan semakin meningkat dan membutuhkan pengiriman produk yang cepat, maka proses operasional perusahaan pun harus dituntut bekerja lebih cepat. Software akuntansi Beecloud membantu dalam PO (pengiriman dan pembelian), SO (penjualan da retur). hutang piutang, stok gudang, hingga integrasi laporan akuntansi.

Coba gratis Beecloud selama 14 hari dengan klik banner di bawah ini!

Software Akuntansi Online Beecloud

5 Strategi Memilih Lokasi Bisnis yang Strategis
Banyak orang berfikir di era teknologi seperti saat ini, lokasi tidaklah terlalu penting. Namun, terlepas dari semakin pesatnya teknologi dan […]
Baca Juga
Aplikasi Kasir Sederhana untuk Usaha Cafe
Saat ini banyak pilihan aplikasi penunjang bisnsi yang dapat digunakan. Salah satunya aplikasi kasir sederhana yang dapat digunakan untuk memudahkan […]
Baca Juga
Pengertian Sistem Konsinyasi dan Contoh Pencatatan Akuntansinya
Salah satu perjanjian tak bernama yang populer di dunia kerjasama dan bisnis adalah perjanjian konsinyasi atau biasa disebut perjanjian bagi […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu