Web Logo Bee
Penulis: Rininta Oktaviana

Rekomendasi Bisnis Rumahan dengan Modal Sedikit

Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 22 August 2022

Jika berbicara soal bisnis, ada banyak sekali macam bisnis yang dijalankan oleh berbagai kalangan masyarakat. Salah satu contohnya ada bisnis rumahan. Bisnis ini dijalankan dengan dukungan waktu dan tempat yang lebih fleksibel karena dilakukan di rumah saja. 

Bisnis ini juga bentuknya ada beraneka ragam. Biasanya bisnis rumahan dijalankan oleh orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan lain di luar rumah. Bisnis ini bisa menjadi pekerjaan utama atau pekerjaan sampingan yang tentu saja bisa membantu finansial Anda. 

Rekomendasi Bisnis Rumahan

Rekomendasi Bisnis Rumahan

Ilustrasi Bisnis Rumahan (Sumber: Freepik.com)

Tidak ada salahnya mencoba bisnis yang bisa dijalankan di rumah saja. Apalagi saat ini masyarakat sedang gencar-gencarnya menjalankan bisnis yang menghasilkan banyak uang. Untuk Anda yang ingin mencoba keberuntungan berbisnis, berikut di bawah ini beberapa rekomendasi macam bisnisnya: 

  • Menjadi Reseller atau Dropshipper

Bisnis pertama yang sangat cocok dijalankan untuk orang rumahan adalah reseller atau dropshipper. Bisnis ini juga sangat cocok untuk Anda yang mungkin tidak memiliki banyak modal untuk membuka usaha. Pasalnya bisnis reseller dan dropship ini bisa dilakukan tanpa modal. 

Menjadi reseller dan dropshipper bisa dilakukan dengan Menjadi penengah atau perantara antara pembeli dengan penjual tangan pertama. Produk dari tangan pertama bisa dijualjan kembali dengan modal katalog dan list harga yang sesuai dengan kesepakatan kerjasama.

Jaman sekarang promosi produk saat menjadi reseller atau dropshipper juga semakin mudah. Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan berbagai media lain yang memungkinkan. Bahkan Anda juga bisa membuka toko online di marketplace. 

  • Katering Makanan Sehat

Meskipun wabah covid saat ini sudah hampir hilang jejak, namun tetap saja ada sisa-sisa virus baru yang bahkan bisa menjadi wabah baru nantinya. Tak heran jika tim medis terus melakukan pemantauan agar masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat, termasuk soal konsumsinya. 

Semakin kesini juga semakin banyak masyarakat yang mencari konsumsi sehat. Ini bisa menjadi peluang besar untuk orang rumahan dalam membangun bisnis. Anda bisa memulai dengan mendirikan katering makanan sehat. 

Pastikan usaha katering ini tak hanya untuk dijual sehari-hari, namun juga membuka pesanan untuk acara besar seperti pernikahan dan sejenisnya. Peluang bisnis rumahan yang satu ini cocok untuk ibu-ibu yang tidak bekerja di luar rumah namun sudah punya modal untuk berbisnis. 

Baca Juga: Bisnis Rumahan Tanpa Modal yang Menjanjikan di Tahun 2023

  • Jual Pulsa dan Paket Internet

Jual Pulsa Dan Paket Internet

Ilustrasi Jualan Paket Internet (Sumber: Freepik.com)

Jaman sekarang hampir semua orang punya HP. Tentunya dengan adanya HP atau smartphone orang akan semakin sering membutuhkan pulsa bahkan paket internet. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk meraih keuntungan dengan menjual pulsa sekaligus paket internetnya. 

Cara jual pulsa dan paket internet ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftar menjadi member supplier pulsa dan paket internet. Kemudian belilah saldo untuk pulsa dan paket internet yang dijual. Selain pulsa untuk HP, Anda juga bisa menjual pulsa listrik. 

Di berbagai kalangan masyarakat saat ini juga sudah semakin banyak yang memilih menggunakan listrik yang dayanya diisi dengan pulsa listrik khusus. Meskipun bisnis ini terlihat sederhana, namun keuntungan yang bisa didapatkan lumayan banyak. 

  • Buka Kedai Kopi

Jika kebetulan Anda memiliki halaman rumah atau latar rumah yang sudah tidak terpakai, maka ide untuk membuat kedai kopi ini agaknya sangat tepat. Dimana-mana sekarang usaha kedai kopi sudah cukup menjamur di kalangan masyarakat. 

Meski begitu kedai kopi tetap banyak dicari oleh orang-orang yang hobi nongkrong. Selain mendirikan kedai sendiri, Anda juga bisa mencoba bergabung menjadi franchise kedai kopi yang sudsh ternama. Contohnya seperti kopi janji jiwa yang franchise nya sudah tersebar dimana-mana.

Dengan menjadi franchise pun akan lebih mudah dijalankan karena sudah ada perencanaan dan Strategi pemasaran yang disediakan oleh pemilik produk aslinya. Modal untuk franchise juga tidak seberapa besar sehingga sangat cocok untuk dijadikan usaha rumahan. 

  • Usaha Laundry

Selanjutnya ada usaha laundry yang layak dicoba sebagai orang rumahan. Namun perhatikan dulu lingkungan di sekitar Anda. Jika memang lingkungan tersebut dekat dengan area kampus dan perkantoran, maka usaha ini berpotensi menghasilkan keuntungan besar. 

Pasalnya banyak anak kos yang kuliah atau bekerja di kantor dan mencari jasa laundry. Modal yang dibutuhkan juga tidak terbilang besar, apalagi jika sedari awal Anda sudah punya mesin cuci sendiri. 

Akan lebih baik lagi jika Anda menambah stok mesin cuci saat usaha laundry tersebut nantinya sudah besar dan berkembang. Untuk usaha laundry pemula, cukup siapkan satu buah mesin cuci saja dan modal lain seadanya namun tetap mengedepankan kualitas dan layanan. 

  • Jasa Cuci Motor

Jasa Cuci Motor

Ilustrasi Jasa Cuci Motor dan Mobil (Sumber: Freepik.com)

Selain berjualan produk, usaha rumahan juga bisa dilakukan dengan menjual jasa yang kini banyak dicari. Salah satu contohnya adalah dengan membuka jasa pencucian motor. Usaha ini dinilai tidak butuh banyak modal. 

Anda hanya perlu membeli alat dan bahan pembersih motor seperti sabun khusus. Selain itu juga butuh sedikit tempat khusus untuk melakukan kegiatan usaha cuci motor ini. Untuk modal tempat ini bisa memanfaatkan halaman depan rumah jika ada. 

  • Menjadi Guru Les Privat

Bisnis jadi guru les privat sangat cocok untuk Anda yang masih menjadi pengangguran di rumah namun memiliki modal kecerdasan. Tempat les juga bisa dilakukan di rumah Anda apabila kondisinya memungkinkan. 

Jika tidak, Anda bisa datangi rumah murid les tersebut untuk kegiatan belajar privat nya. Tidak harus semua pelajaran, usaha les privat ini bisa dibuka hanya untuk jenis mata pelajaran tertentu saja yang disesuaikan dengan kemampuan Anda. 

Memang awalnya penghasilan dari les privat tidak seberapa banyak. Namun seiring banyaknya jumlah murid dan jam yang diambil, Anda juga nantinya akan mendapat penghasilan yang lumayan. 

  • Jual Frozen Food

Jaman sekarang selain konsumsi sehat, masyarakat juga masih menggemari jenis makanan instan seperti frozen food. Frozen food biasanya berupa makanan camilan hingga lauk makan seperti sosial, pengolahan, dan lain sebagainya.  

Bisa dibilang peminat frozen food ini semakin banyak karena sedang menjadi makanan yang cukup trend di era instan saat ini. Namun tentu saja dalam hal ini Anda membutuhkan modal awal seperti kotak penyimpannya hingga frozen foodnya yang harus sudah tersedia. 

Untuk berbisnis frozen food pun Anda bisa memulai dengan menjadi agen. Menjadi agen umumnya tidak butuh modal yang besar dan bisa dijalankan di rumah. 

  • Translator

Bisnis Rumahan Sebagai Translator

Ilustrasi Wanita Bekerja sebagai Translator Jarak Jauh (Sumber: Freepik.com)

Hanya bermodalkan laptop dan kemampuan berbahasa asing, Anda bisa memulai bisnis rumahan online ini sendiri salah satunya dengan menjadi translator. Jaman sekarang juga banyak sekali pelaku pendidikan yang membutuhkan jasa translator. 

Mulai dari mahasiswa, dosen, doktor, hingga pebisnis umumnya menggunakan jasa translator untuk kebutuhan tertentu. Bisnis ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bekerja di rumah saja dan tidak butuh banyak tenaga. 

Baca Juga: Contoh Pembukuan Akuntansi dan Manfaat Menerapkannya Bagi Bisnis

Kesimpulan

Dari berbagai ide bisnis rumahan di atas, Anda bisa pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Pasalnya dari sekian ide di atas ada yang butuh modal sedikit, ada juga yang butuh modal agak besar sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi.

Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.

Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.

Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.

Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!

Banner Beecloud Laporan Neraca

Mengenal Faktur Pembelian dan Kegunaannya
Faktur pembelian adalah salah hal yang punya peran penting dalam transaksi jual beli. Dalam transaksi jual beli pun biasanya ada […]
Baca Juga
8 Ide Bisnis Rumahan Online Bisa Untung Sampai Jutaan
Bekerja remote atau mencoba ide bisnis rumahan online sudah menjadi trend belakangan ini. Selain menguntungkan, bisnis online tidak pernah semudah […]
Baca Juga
Shopee Affiliate Adalah: Pengertian, Syarat dan Cara Mendaftarnya
Shopee Affiliate adalah program terbaru dari Shopee yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut syarat dan cara daftarnya! Butuh […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu