Logo Bee Web

10 Contoh Usaha Mikro Cocok Untuk Pengusaha Pemula

Contoh usaha mikro di Indonesia ada banyak sekali, baik di bidang fashion, jasa, kuliner maupun dagang, ada apa saja? Berikut diantaranya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 14 January 2024

Usaha mikro adalah jenis usaha yang dijalankan dalam skala kecil. Contoh usaha mikro yang umum ditemukan pada pengrajin, toko kelontong dan lain sebagainya.

Meskipun berskala kecil, jenis usaha ini memiliki peran yang cukup krusial bagi perekonomian negara, khususnya Indonesia. Mengutip dari website djpb.kemenkeu.go.id, kontribusi UMKM terhadap PDB sebesar 61,8% setara dengan Rp8.374,89 triliun pada tahun 2023.

Selain itu, dengan skala yang terbatas ini menjadikan pengusaha pemula dengan modal terbatas cocok untuk mengikutinya. Ada usaha apa saja? Berikut diantaranya:

Apa Itu Usaha Mikro Kecil?

Apa Itu Usaha Kecil Menengah Mikro

Penjualan usaha mikro bisa dilakukan secara online maupun offline (Credit; Freepik.com)

Berdasarkan Undang-Undang No.9 tahun 1995 tentang usaha kecil menjelaskan, jika pengertian dari usaha kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat dalam skala kecil dan memenuhi kriteria kekayaan bersih tahunan dan kepemilikan yang diatur dalam Undang-Undang.

  • Kriteria usaha kecil ini mencakup beberapa hal, yakni:
  • Kekayaan bersih maksimal senilai Rp200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha
  • Atau, memiliki hasil penjualan tahunan maksimal senilai Rp1.000.000.000
  • Dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berdiri sendiri, bulan anak perusahaan atau cabang dari perusahaan yang dimiliki, dikuasai, dan afiliasi secara langsung maupun tidak langsung oleh usaha yang memiliki skala lebih besar. Contohnya Usaha Menengah dan Usaha Besar.
  • Usaha dalam bentuk perseorangan, baik berbadan hukum atau tidak, termasuk koperasi.

Baca Juga: Mengenal Usaha Mikro, Ciri, Kriteria, Contoh dan Perbedaannya

Contoh Usaha Mikro di Berbagai Bidang

Berikut beberapa contoh usaha mikro di bidang kuliner, fashion hingga jasa:

1. Warung Makan Sederhana

Warung Jadoel Di Dago Kuliner Malam Bandung

Potret contoh usaha mikro bidang kuliner (Credit: Kompas.com)

Contoh usaha mikro pertama ada dibidang usaha kuliner, yakni warung makan sederhana. Dimana usaha ini memiliki peluang yang tinggi, khususnya di daerah yang memiliki banyak pendatang baik untuk menetap maupun sekedar berwisata.

Pemilik warung mungkin mengoperasikan bisnis ini dengan modal terbatas, menyajikan makanan sederhana, seperti nasi goreng, mie goreng, atau makanan khas daerah dengan skala yang relatif kecil.

Mereka mungkin bekerja sendiri atau dengan bantuan beberapa karyawan, dan fokus pada pelayanan kepada pelanggan lokal di lingkungan sekitar.

2. Katering Rumahan

Selanjutnya masih di bidang usaha kuliner, yakni katering rumahan. Dengan bentuk usaha rumahan dan dikelola secara perseorangan usaha ini termasuk dalam usaha mikro yang menarik untuk dicoba.

Khususnya ibu rumah tangga atau Anda yang memiliki hobi memasak, Anda bisa menawarkan jasa katering ini kepada orang sekitar untuk acara-acara kecilan, seperti hajatan, arisan dan sejenisnya.

3. Bisnis Makanan Ringan

Pernah melihat atau mendengar cemilan basreng, makaroni pedas daun jeruk, mie gulung? Itu adalah beberapa contoh produk dari usaha mikro rumahan yang umum dijual belikan.

Usaha ini cukup populer saat ini, apalagi promosi di media sosial yang cukup masif menjadikan audience tertarik dan penasaran dengan rasanya. Sehingga penjualannya juga cukup cepat.

Yang perlu Anda lakukan ketika membuka usaha ini adalah fokus pada cita rasa, packaging yang baik dan menarik, dan promosi secara berkala agar tidak kalah saing dengan usaha lainnya.

4. Usaha Minuman

Contoh usaha mikro di bidang kuliner berikutnya adalah usaha minuman. Pemilik usaha ini mungkin memiliki kafe kecil, gerai minuman, stand atau toko minuman.

Adapun jenis minuman yang disajikan biasanya juga cukup sederhana,  seperti kopi, teh, jus, atau lainnya. Jika Anda tertarik untuk memulai usaha ini, Anda bisa memulai dengan sederhana terlebih dahulu.

Seperti membuat stand di area ramai pengunjung, atau membuka warung kecil dan menyediakan tempat yang nyaman untuk pelanggan.

6. Usaha Sepatu dan Tas Lokal

Contoh Usaha Mikro Produksi Sepatu Lokal

Contoh Usaha Mikro Produksi Sepatu Lokal (Credit; Instagram.com/@Marque.co)

Contoh usaha mikro selanjutnya di bidang usaha sepatu atau tas lokal. Di Indonesia sendiri produk sepatu atau tas lokal sangat beragam.

Mulai dari tas dan sepatu formal hingga tas dan sepatu yang diproduksi dengan corak khas Indonesia. Jika Anda memiliki minat untuk menggeluti bidang ini, Anda perlu mempelajari teknik dan peluang bisnisnya.

5. Contoh Usaha Mikro Fashion Wanita

Masih di bidang usaha fashion, khusus fashion wanita yang memiliki pergerakan dan perkembangan yang masif dan cepat.

Pelaku usaha bidang ini berkemungkinan melakukan dari proses produksi atau hanya sekedar menjualnya saja dengan skala yang terbatas. Proses penjualannya bisa dilakukan melalui toko online, pasar lokal atau menyewa ruko kecil di pasar.

Baca Juga: Ide Bisnis Fashion Wanita Belum Banyak Pesaing

7. Usaha Laundry

Selanjutnya adalah contoh usaha mikro di bidang jasa, usaha laundry. Pemilik usaha ini mungkin menyediakan layanan pencucian pakaian untuk pelanggan lokal. Mereka bisa melayani kebutuhan cuci harian atau cuci kiloan.

8. Usaha Fotokopi

Berikutnya adalah usaha fotocopy, usaha ini cocok untuk Anda yang berada di area sekolah atau administrasi yang banyak membutuhkan jasa fotocopy untuk menggandakan dokumen atau mencetak dokumen.

Pemilik usaha fotokopi harus memiliki peralatan fotokopi yang handal, dan mungkin juga menawarkan layanan cetakan berwarna atau cetakan besar.

Selain itu, mereka perlu menjaga kualitas hasil cetakan, memberikan pelayanan yang ramah, dan bersaing dengan harga yang kompetitif untuk mempertahankan pelanggan setia.

9. Usaha Pangkas Rambut

Berikutnya ada usaha pangkas rambut, usaha ini termasuk dalam contoh usaha mikro di bidang layanan/jasa. Untuk membuka usaha ini, Anda perlu memiliki keterampilan teknis dalam seni potong rambut dan perawatan rambut.

Fokusnya bukan hanya pada aspek teknis, tetapi juga pada memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan pelanggan. Selain itu, pemilik usaha ini juga perlu mengikuti tren terbaru dalam dunia kecantikan untuk tetap relevan di pasar.

10. Usaha Bengkel

Usaha Bengkel adalah contoh bisnis mikro di sektor jasa perbaikan kendaraan bermotor. Pemilik bengkel ini menawarkan layanan perbaikan dan pemeliharaan kendaraan seperti sepeda motor atau mobil.

Usaha ini mungkin berlokasi di daerah komunitas lokal dan menyediakan layanan yang cepat, harga yang terjangkau, dan keterampilan teknis mekanik yang handal.

Selain itu mereka juga harus memiliki pengetahuan mendalam tentang mesin kendaraan dan peralatan yang diperlukan untuk perbaikan. Untuk mengoptimalkan pelayanan pelaku usaha bisa menggunakan software bengkel Beeaccounting.

Dengan Beeaccounting, pelaku usaha bisa melakukan manajemen antrian yang lebih sistematis, menghitung komisi mekanik, mencatat perintah kerja, membuat nota, work order, catat riwayat servis pelanggan dan masih banyak lagi.

Anda tertarik menggunakannya? Cek banner di bawah ini untuk informasi dan akses gratis uji coba, khusus pengguna pertama!

Beeaccounting Software Bengkel Sparepart Bisa Cek Riwayar Antrian

Keuntungan Membuka Usaha Mikro

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika Anda membuka usaha mikro ini, berikut diantaranya:

  • Bagi pelajar atau mahasiswa, usaha ini bisa menjadi pekerjaan sampingan yang hasilnya bisa digunakan untuk biaya kuliah.
  • Bagi ibu rumah tangga, usaha mikro ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan sekaligus pengisi waktu luang yang bisa membantu perekonomian keluarga.
  • Usaha mikro juga bisa menjadi peluang kerja baru yang akan memperbaiki kondisi finansial.
  • Dengan adanya usaha mikro ini masyarakat juga berpotensi untuk mandiri secara ekonomi dengan penghasilan mereka.

Tantangan Umum Usaha Mikro

Selain menguntungkan, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa tantangan umum yang harus dihadapi pelaku usaha mikro secara umum, yakni:

  • Keterbatasan modal, hal ini karena usaha dibuka dengan dana pribadi atau pinjaman yang membuat pelaku ushaa perlu melakukan upaya ekstra dalam mengambagkan usahanya.
  • Promosi pemasaran, tidak adanya struktur jabatan secara fungsional menjadikan promosi ini dilakukan dengan kurang maksimal.
  • Terbatasnya fasilitas usaha, pemanfaatan teknologi dan media pemasaran yang digunakan.
  • Dibutuhkan usaha ekstra untuk menjadikan bisnis bisa terus eksis ditengah persaingan usaha yang semakin sengit.

Nah, itu dia beberapa contoh usaha mikro dan beberapa informasi lainnya, pastikan untuk selalu update informasi bisnis lainnya. semoga bermanfaat.

4 Cara Menghitung Modal Awal Usaha dan Contohnya
Memulai merintis karir sebagai seorang pengusaha mengetahui cara menghitung modal adalah hal dasar yang perlu dipahami, dimana modal ini menjadi
Baca Juga
9 Elemen Penyusun Bisnis Model Canvas
Berbicara soal rancangan bisnis, ada istilah yang namanya canvas business model. Istilah ini dipakai untuk menyebutkan model atau tipe rancangan
Baca Juga
7 Cara Melestarikan Budaya Indonesia dengan Bisnis
Bagaimana cara melestarikan budaya Indonesia dengan bisnis? Apakah bisa? Bisa dong, Anda bisa mengkombinasikan nilai-nilai budaya lokal pada komponen bisnis
Baca Juga
12 Inspirasi Usaha, Modal & 5 Tips Sukses Memulainya
Apakah Anda adalah calon pebisnis yang bingung mau usaha atau memulai bisnis apa? Jika iya, di artikel ini akan dibahas
Baca Juga
Contoh Surat Izin Usaha: Cara Membuat dan Syarat Membuat
Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) merupakan surat perizinan yang wajib dimiliki oleh siapa saja yang menjalankan usaha di bidang perdagangan
Baca Juga
Content Marketing: Pengertian, Bentuk dan Cara Membuatnya
Content Marketing saat ini memang memegang peranan yang sangat penting. Secara umum, strategi pemasaran konten bisa diterapkan oleh berbagai macam
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu