🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Affiliate Marketing: 6 Strategi Meningkatkan Pendapatan

Berikut ini strategi bisnis marketing affiliate untuk meningkatkan pendapatan lengkap dengan penjelasan lainnya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Sunday, 26 February 2023

Sekarang, ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online, termasuk bekerja sebagai affiliate marketing. Dengan cara ini, Anda bahkan dapat menghasilkan uang bahkan ketika sedang tidur dan bermimpi indah.

Sebagian dari kita pasti sudah akrab dengan istilah Affiliate marketing terutama bagi yang terlibat dalam bisnis online. Banyak yang tertarik dengan strategi pemasaran ini karena terkenal dan memiliki banyak peminat.

Yuk kita pelajari cara kerja Affiliate marketer dan tips untuk menjadi sukses menerapkan strategi Affiliate marketer untuk bisnis Anda!

Apa itu Affiliate Marketing?

Marketing Affiliate

Affiliate marketing adalah strategi pemasaran bisnis (Sumber: Freepik.com)

Affiliate marketing adalah sebuah metode pemasaran atau bisnis di mana afiliasi akan mendapatkan komisi setelah berhasil mempromosikan produk dari si pedagang atau merchant.

Besaran komisi yang diterima biasanya berbeda-beda, tergantung pada persentase dan harga jual produk. Pembayaran komisi dapat dihitung dari penjualan, leads, klik ke website, pengguna free trial, dan download aplikasi.

Ada dua metode pembayaran yang biasanya digunakan dalam affiliate marketing, yaitu pembayaran di awal dan pembayaran per produk yang berhasil terjual. Metode pencarian komisi ini sangat menguntungkan bagi afiliasi yang bekerja dengan baik dan berhasil mempromosikan produk secara efektif.

Keuntungan Affiliate Marketing untuk Pemilik Bisnis

Ada berbagai keuntungan yang bisa perusahaan dapatkan jika menerapkan strategi pemasaran afiliasi ini, antaranya adalah :

Ada Beberapa Keuntungan Menjalankan Marketing Affiliate Salsh Satunya, Strategi Mudah Dijalankan (Sumber: Freepik.com)

1. Strategi yang Mudah Diterapkan

Menerapkan strategi pemasaran afiliasi memiliki keuntungan utama yang mudah dijalankan. Prosesnya cukup sederhana, hanya perlu menunggu pihak ketiga mendaftar sebagai afiliasi dan membantu mencari pelanggan.

Keuntungan lain yang didapat dari pemasaran afiliasi yang sukses adalah kesempatan untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Dengan menawarkan produk baru dan melakukan kampanye lainnya.

Perusahaan bisa tetap mempertahankan jumlah pembelian. Dengan begitu, pemasaran afiliasi menjadi sebuah investasi yang menguntungkan bagi perusahaan.

2. Hemat Biaya Marketing

Keuntungan lain dari pemasaran afiliasi adalah biaya yang lebih hemat dibanding teknik pemasaran lainnya. Dengan program afiliasi, perusahaan tidak perlu memiliki tim periklanan untuk membuat visual iklan atau membeli ruang iklan.

Sebaliknya, pihak ketiga bertanggung jawab untuk membuat konten promosi yang akan mendorong audiens untuk melakukan pembelian.

Pemasaran afiliasi juga memiliki biaya berkelanjutan yang kecil karena perusahaan hanya perlu membayar komisi dari penjualan yang dihasilkan oleh affiliator melalui pemasaran afiliasi.

Ini merupakan solusi yang sangat baik untuk pengusaha kecil yang ingin meningkatkan traffic dan keuntungan dengan biaya yang rendah.

3. Minim Risiko

Pemasaran afiliasi juga minim risiko karena tidak ada biaya yang dikenakan untuk bergabung dengan program afiliasi. Affiliator dapat menghasilkan uang melalui komisi secara pasif, sehingga perusahaan dan affiliator sama-sama diuntungkan.

Untuk menghasilkan uang melalui pemasaran afiliasi, affiliator hanya perlu menginvestasikan waktu dan tenaganya untuk membuat konten promosi dan membagikan tautan pada audiens.

Namun, tautan tersebut dapat bertahan dalam jangka waktu lama, sehingga affiliator dapat terus menghasilkan penghasilan pasif tanpa batas.

4. Meningkatkan Traffic ke Bisnis Anda

Pemasaran afiliasi dapat membantu meningkatkan jumlah traffic pada perusahaan dan membuka peluang baru untuk mendapatkan pelanggan baru.

Melalui tautan yang dibagikan oleh affiliator, perusahaan dapat menjangkau berbagai kelompok audiens dari berbagai daerah sehingga semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan traffic yang tinggi.

Ini dapat membantu meningkatkan jumlah pengunjung toko online atau website perusahaan dan berpotensi menghasilkan penjualan yang lebih banyak. Dengan menggunakan pemasaran afiliasi, perusahaan dapat mengembangkan jangkauan pemasaran dengan efektif melalui bantuan dari pihak ketiga, yaitu affiliator.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Selain meningkatkan pendapatan, pemasaran afiliasi juga berpotensi meningkatkan kesadaran merek usaha Anda dengan efektif. Melalui program afiliasi, Anda bisa menyebarluaskan informasi mengenai produk, merek, dan tautan penjualan pada audiens yang lebih luas.

Hal ini akan membantu merek Anda dikenal lebih baik oleh pelanggan, terutama jika affiliator yang bekerja sama dengan Anda merupakan influencer yang memiliki pengaruh besar di media sosial.

Kerja sama dengan influencer ini juga dapat menciptakan efek word of mouth marketing yang kuat, yang akan membantu Anda memperluas basis pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek lebih lanjut.

Baca Juga: Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya

Cara Bekerja sebagai Affiliate Marketer (Affiliator)

Marketing Affliate

Ilustrasi Affliator Melakukan Live Streaming untuk Mempromosikan Produk (Sumber: Freepik)

Sebagai calon affiliate marketer, mungkin Anda ingin tahu cara kerja affiliate marketing secara sederhana. Dalam affiliate marketing, Anda akan membagikan tautan produk kepada orang lain.

Anda akan menerima komisi ketika seseorang membeli produk melalui tautan tersebut. Untuk penjelasan yang lebih detail, silakan simak informasi di bawah ini :

1. Daftar ke Program Affiliate Marketing

Untuk bergabung sebagai afiliasi, langkah pertama adalah mendaftar program affiliate marketing melalui website perusahaan atau brand yang diinginkan. Cukup mencari dengan kata kunci "affiliate marketing [nama perusahaan/brand]" pada mesin pencari, maka akan muncul tautan yang mengarah ke halaman pendaftaran afiliasi.

Setelah terdaftar sebagai afiliasi, akan diberikan link afiliasi dengan ID khusus untuk merekam semua transaksi yang berasal dari ID tersebut. Komisi yang diperoleh akan masuk ke akun afiliasi.

Salah satu program affiliate yang bisa Anda manfaatkan adalah program partnership dari Bee. Anda cukup mendaftar sebagai partner Bee lalu Anda bisa membagikan link affiliate di platform yang Anda punya dan tunggu orang lain melakukan pembelian software Bee melalui link Anda. Selengkapnya tentang program affiliate atau partnership dari Bee ini, Anda bisa hubungi di sini

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Bee sendiri memiliki beberapa produk unggulan, salah satunya software akuntansi Beeaccounting, sebuah program yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis sampai kontrol stok barang dengan akurat dan lengkap.

2. Membagikan Linknya Afiliasi ke Platform Anda

Setelah mendapatkan link afiliasi, Anda dapat membagikannya di berbagai platform seperti website atau blog, TikTok, Instagram, Twitter, atau media sosial lain yang Anda miliki. Link tersebut dapat juga dibagikan kepada orang-orang terdekat.

3. Orang Mengklik Link dan Membeli Produk

Setelah membagikan link di berbagai platform, pengguna dapat mengklik link tersebut dan akan diarahkan ke halaman produk untuk melakukan pembelian.

4. Penjualan Masuk dan Dicatat oleh Affiliate Network

Setiap kali konsumen mengklik link yang Anda bagikan dan melakukan pembelian produk, transaksi tersebut akan tercatat oleh jaringan afiliasi melalui link afiliasi yang Anda berikan.

5. Pembelian Dikonfirmasi

Selanjutnya, perusahaan yang memiliki program affiliate akan mengonfirmasi pembelian dan memproses produk untuk dikirim ke pelanggan.

6. Affiliator Mendapatkan komisi

Jika semua proses di atas sudah selesai, Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi yang diterima, jumlahnya berbeda-beda. Tergantung harga produk yang terjual dan besar persentase yang Anda dapatkan.

Persentase komisi yang Anda terima dari setiap produk juga berbeda-beda, ada yang menawarkan 5% per produk, ada juga yang menawarkan komisinya hingga 20% per produk. Semua tergantung dari program afiliasi yang Anda ikuti.

Komisi ini bisa dicairkan ke rekening Anda dalam bentuk uang. Namun, di beberapa perusahaan/brand, ada jumlah minimal yang harus tercapai agar komisi tersebut bisa dikirimkan ke rekening Anda. Misalnya, komisi akan dikirimkan apabila Anda sudah mencapai minimal Rp 20.000.

Jenis-Jenis Afiliasi pada Affiliate Marketing

Dibawah ini merupakan beberapa jenis afiliasi atau contoh affiliate marketing yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dimiliki. antara lain :

Affliate bisa dilakukan dengan media sosial (Sumber: Freepik.com)

1. Influencer Social Media

Jenis afiliasi pertama adalah influencer di media sosial. Seorang influencer memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain terhadap produk atau jasa melalui jumlah pengikutnya yang besar dan loyal.

Sebagai strategi pemasaran afiliasi, selebriti, pakar atau ahli di bidang tertentu, atau pengguna media sosial dengan pengikut yang besar dapat digunakan sebagai influencer.

2. Blogger (Website)

Jenis afiliasi kedua adalah blogger. Strategi pemasaran dengan menggunakan blogger dapat meningkatkan kepercayaan konsumen karena seorang blogger dapat memberikan ulasan dan melakukan uji coba terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Banyak orang lebih percaya pada blogger daripada influencer karena pada umumnya blogger memiliki pengetahuan atau pemahaman yang lebih luas tentang suatu produk atau jasa yang ditawarkan, dibandingkan dengan influencer yang tidak selalu memiliki kesesuaian dengan bidang produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Paid Marketing Chanel

Jika Anda baru memulai dalam dunia afiliasi marketing, maka paid marketing bukanlah opsi terbaik. Hal ini disebabkan karena menjadi seorang paid marketer membutuhkan keterampilan yang cukup tinggi dan keahlian dalam membaca data.

Biasanya, pengguna paid marketing adalah para pemasar internet yang sudah berkecimpung dalam afiliasi marketing dalam waktu yang lama sebelum menjadi tenar seperti sekarang ini.

4. Email Marketing

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan mengirimkan email kepada calon pelanggan atau pelanggan yang telah ada. Dengan memanfaatkan database yang dimiliki, email marketing dapat menjadi cara yang efektif dan efisien dalam menjalankan affiliate marketing.

Langkah awal dalam memulai email marketing adalah dengan mengumpulkan database sebanyak mungkin dan mengolahnya menjadi traffic tanpa harus mengeluarkan biaya seperti paid marketing atau banyak menulis seperti blog.

Baca Juga: Shopee Affiliate Adalah: Pengertian, Syarat dan Cara Mendaftarnya

6 Strategi Sukses Manfaatkan Strategi Affiliate Marketing

Trik Jalankan Affiliate

Strategi Sukses Memulai Marketing Affiliate (Sumber: Freepik.com)

Berikut ini beberapa tips afiliasi marketing yang diambil dari Influencer Marketing Hub, yang bisa membantu para pebisnis dalam meningkatkan penjualan melalui program pemasaran afiliasi.

1. Pilih Affiliate yang Tepat

Word of mouth tetap menjadi alat pemasaran yang paling efektif meskipun banyak strategi pemasaran modern lainnya, oleh karena itu, pastikan untuk memilih afiliasi yang paling memiliki potensi di bidang tersebut.

Selain melihat angka, penting juga untuk memperhatikan engagement, otoritas, dan jumlah page view sebelum mengambil keputusan. Pastikan juga audiens yang ditargetkan tertarik membeli produk dengan program affiliate marketing dan bekerja sama dengan afiliasi yang niche-nya sesuai dengan target pasar yang diinginkan.

2. Kerjasama dengan Influencer

Peran influencer dalam pemasaran telah menjadi semakin signifikan di era media sosial, terutama bagi generasi Z dalam membuat keputusan pembelian. Seiring dengan bertambahnya jumlah influencer, strategi affiliate marketing juga dapat memasukkan kerja sama dengan mereka, terutama karena audiens mereka yang besar.

Selain selebritas, banyak pengguna media sosial yang berhasil menggandeng audiens melalui konten yang menarik.

3. Diversifikasi Program Afiliasi

Diversifikasi program afiliasi adalah salah satu strategi affiliate marketing yang dapat meningkatkan penjualan. Bergantung pada satu atau dua program afiliasi saja tidaklah sustainable dalam jangka panjang.

Untuk memaksimalkan potensi affiliate marketing, mengikuti berbagai program afiliasi bisa mendatangkan keuntungan, menggandeng audiens baru, dan menciptakan peluang lainnya.

Sebelum memulai, pastikan untuk melakukan riset terkait platform dan membuat strategi affiliate marketing yang relevan untuk setiap platform.

4. Lakukan Optimasi Platform

Tujuan utama dari affiliate marketing bukan hanya membawa traffic ke situsmu, melainkan juga meningkatkan konversi. Oleh karena itu, optimasi platform menjadi sangat penting untuk menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan meningkatkan traffic ke situsmu.

Beberapa strategi optimasi platform yang bisa diterapkan antara lain menciptakan konten video informatif, mengirim pesan email yang personal, dan menyajikan konten berkualitas dan relevan dengan target pasar.

5. Berikan Tawaran Menarik Berupa Kupon

Dalam strategi pemasaran digital, kupon menjadi populer karena konsumen cenderung mencari harga yang lebih murah. Memberikan tawaran menarik seperti kupon dapat menghemat biaya pemasaran dan meningkatkan jumlah konsumen serta menarik konsumen lama untuk berbelanja kembali.

Hal ini juga memberikan kontrol penuh bagi pelaku usaha dalam mendistribusikan kupon atau potongan harga. Namun, setelah itu, penting untuk melacak tingkat konversi guna mengevaluasi keberhasilan upaya pemasaran melalui strategi affiliate marketing ini.

6. Bangun Program Affiliate Sendiri

Memperluas jangkauan bisnis melalui program afiliasi in-house bisa menjadi strategi affiliate marketing yang efektif dan memberikan kesempatan untuk mengontrol seluruh transaksi, affiliate, dan komisi.

Dengan membuat program afiliasi sendiri, kamu dapat meningkatkan traffic ke situsmu dan memberikan keuntungan kepada afiliator yang bergabung. Sebelum memulai program afiliasi, pastikan untuk menyiapkan aturan dan skema pembayaran yang jelas untuk para afiliator.

Itu dia pembahasan tentang cara kerja dan tips affiliate marketing yang bisa Anda pelajari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang tertarik menjadi affiliator atau bahkan pemilik bisnis yang ingin menggunakan program affiliate marketing.

Artikel Terkait

Pengertian Komunikasi Bisnis, Jenis, Teknik, hingga Tujuannya
Apakah Anda sudah tahu pengertian komunikasi bisnis secara mendalam? Karena komunikasi bisnis adalah hal penting yang harus ada dalam sebuah
Baca Juga
9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya
Ada banyak sekali contoh promosi yang bisa dilakukan pebisnis agar produknya bisa laku dipasaran. Selain laku, dengan menggunakan system promo
Baca Juga
Ramai Social Distancing, Banyak Usaha Pakai Aplikasi Order Online
Mungkin masih saat ini masih ada yang menganggap bahwa menjalankan bisnis ditengah pandemi seperti akan sangat sulit, kita diharuskan survive
Baca Juga
Harga, Syarat dan Cara Daftar Franchise Alfamart (Update 2023)
Melihat ramainya toko ritel seperti alfamart seking kali menjadikan iri, bagaimana ya caranya buat usaha seperti itu? Tenang Anda bisa
Baca Juga
Aplikasi Kasir Beepos: Bukan Sekedar Aplikasi Biasa
Sedang mencari aplikasi kasir untuk usaha Anda? Kenalan dulu sama Aplikasi Kasir Beepos yuk! Kebutuhan Aplikasi Kasir di Era Serba
Baca Juga
Apa Arti Reseller? Perbedaan antara Reseller dan Dropship
Pada saat ini toko online banyak dijadikan pilihan, baik oleh pemilik usaha maupun konsumen. Berbicara mengenai belanja online tentu tidak
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu