🌙 Beerkah Ramadhan Disc. upto 20% dan Cashback 15%
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Shopee Affiliate Adalah: Pengertian, Syarat dan Cara Mendaftarnya

Shopee Affiliate adalah program terbaru dari Shopee yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Thursday, 18 August 2022

Shopee affiliate adalah program terbaru dari Shopee yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut syarat shopee affiliate dan cara daftarnya!

Butuh penghasilan tambahan hanya dengan bermain HP? Jika iya maka bisa coba ikuti program Shopee Affiliate. Shopee affiliate merupakan program yang dibuat shopee untuk pengguna setianya yang ingin mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan menawarkan berbagai produknya di media sosial.

Caranya sendiri tidak begitu sulit dan tidak dibutuhkan followers media sosial dalam jumlah banyak. Bagi yang penasaran, berikut adalah penjelasan mengenai pengertian shopee affiliate, syarat shopee affiliate dan cara mendaftarnya dengan mudah.

Pengertian Shopee Affiliate Adalah

logo shopee

Ilustrasi Logo Shopee (Sumber: Shopee.co.id)

Shopee Affiliate merupakan salah satu program dari Shopee yang memungkinkan peserta untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Semua pengguna diperbolehkan untuk mengikuti program ini dengan syarat bahwa akunnya harus aktif.

Cara kerja shopee affiliate adalah memasarkan berbagai produk yang ada di shopee melalui media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya. Peserta dibebaskan untuk membuat konten-konten menarik sesuai keinginan.

Sedangkan komisinya sendiri berkisar mulai dari 2,5% sampai 10% jika berhasil melakukan promosi produk di media sosialnya. Komisi ini sebenarnya merupakan bentuk imbalan karena peserta sudah membantu pelanggan Shopee dalam menemukan produk dengan menyematkan tautan ke toko.

Komisi yang diperoleh dihitung dari harga barang yang sudah terjual menggunakan custom link peserta. Jika yang membeli menggunakan link semakin banyak maka akan semakin besar juga komisinya.

Baca Juga: Digital Marketing Artinya Apa? Lengkap dengan Manfaat

Syarat Shopee Affiliate

Syarat Program Shopee Affiliate

Ilustrasi Affiliate Marketing (Sumber: Freepik.com)

Sebelum ikut bergabung, tentu harus paham terlebih dahulu mengenai berbagai persyaratan yang ditentukan. Adapun syarat-syarat shopee affiliate adalah sebagai berikut:

  • Setidaknya mempunyai minimal 1 follower di instagram, subscribers di Youtube, dan teman di Twitter, TikTok ataupun Facebook
  • Memiliki akun media sosial yang aktif dan tidak di private atau dikunci
  • Akun Shopee atau media sosial yang dimiliki adalah akun milik pribadi, bukan akun penjual ataupun toko
  • Akun media juga tidak boleh memiliki unsur pornografi, unsur SARA, dan tentunya juga tidak melanggar peraturan perundangan yang ada di Indonesia
  • Barang yang akan mendapatkan komisi tetap merupakan barang atau produk yang diambil dari Shopee Mall, Star Seller, Star+ dan juga Shoppe Supermarket
  • Barang yang dilarang adalah ganja, rokok, vape, barang dewasa, barang palsu atau tidak original, dan obat-obatan terlarang
  • Peserta harus mengaktifkan ShopeePay dan melengkapi syarat pembayaran untuk memudahkan dalam menerima komisi. Komisi sekitar Rp10.000 sampai Rp1 juta akan dibayarkan lewat ShopeePay,sedangkan jika lebih dari Rp1juta menggunakan metode transfer.
  • Shopee memiliki hak untuk mengupload ulang konten di aplikasi Shopee ataupun media sosial

Cara Daftar Shopee Affiliate

Cara Daftar Shopee Affiliate

Ilustrasi Mendaftar Shopee Affiliate (Sumber: Freepik.com)

Jika sudah memahami pengertian dan syarat-syaratnya maka bisa langsung memulai pendaftaran. Cara daftar shoppe Affiliate adalah sangat mudah dan semuanya bisa dilakukan melalui online, yaitu sebagai berikut:

  • Pertama buka terlebih dahulu shopee di browser. Bisa juga dengan ketikkan “Shoppe Affiliate Program” di fitur pencarian yang ada pada aplikasi Shopee.
  • Kemudian bisa langsung mendaftarkan diri atau akun sebagai affiliates berbayar.
  • Pada halaman awal akan diminta untuk mengisi informasi secara lengkap mengenai akun, mulai dari tipe akun, nama, panggilan, wilayah atau negara, alamat, kode pos, alamat email dan nomor HP yang aktif.
  • Tunggu selama kurang lebih 3 hari untuk mendapatkan pemberitahuan dari pihak Shopee mengenai program  tersebut.
  • Selanjutnya juga harus memiliki custom link yang bisa dipakai sebagai produk ulasan. Link ini bisa didapatkan melalui halaman produk yang ada di aplikasi Shopee jika sudah berhasil mendaftar.
  • Jika ingin mendapatkan custom link maka klik salin tautan berikut ini di halaman produk yang ingin dipromosikan
  • Custom link tersebut kemudian bisa disebarkan di akun media sosial yang dimiliki, seperti postingan Facebook, deskripsi YouTube, swipe up IG story, bio IG, caption TikTok dan lainnnya.
  • Setelah itu, sekarang tinggal menunggu ada yang berminat untuk membeli lewat custom link yang dibagikan. Komisi program ini memang dibayarkan ke ShopeePay pada minggu pertama atau minggu ketiga setiap bulannya.

Baca Juga: Cara Jualan di Shopee Cepat Dapat Pesanan untuk Pemula

Kesimpulan

Nah, itu tadi pembahasan mengenai Shopee Affiliate mulai dari pengertian, syarat, hingga cara mendaftarnya. Shopee affiliate adalah program yang menarik untuk mendapatkan penghasilan dengan mudah. Hanya dengan modal HP, koneksi internet maka sudah bisa coba program menarik ini.

Selain menggunakan pemasaran digitak dalam menunjang bisnis Anda juga harus belajar bagaimana mengatur keuangan dengan rapi dan akurat. Tidak ada gunanya strategi marketing yang baik tanpa pengelolaan keuangan yang juga baik.

Mengelola keuangan bisnis sangat mudah dan praktis jika Anda menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Beeaccounting membantu Anda menyusun laporan keuangan hanya dengan 1x klik. Jadi Anda tidak perlu lembur rekap data manual, waktu Anda bisa dipakai untuk memikirkan strategi marketing untuk menambah omset.

Coba gratis software akuntansi Beeaccounting dengan klik banner di bawah ini!

Beeaccounting, Software Akuntansi Sekali Bayar Lifetime, Cukup 1x Bayar

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Contoh Slip Gaji Karyawan: Komponen dan Format
Contoh slip gaji karyawan saat ini sebenarnya bisa dibuat secara online maupun offline. Slip gaji merupakan salah satu dokumen yang
Baca Juga
5+ Konsep Pelayanan Prima jadi Kunci Gaet Pelanggan
Berbagai bidang industri/bisnis pasti memproduksi produk maupun jasa untuk pelanggan. Ketika berhubungan dengan pelanggan, pastikan untuk menerapkan konsep pelayanan prima
Baca Juga
9 Langkah Cara Membuat Marketing Plan Paling Efektif
Menyusun marketing plan atau rencana pemasaran yang baik dan efektif adalah langkah penting dalam meningkatkan kinerja bisnis Anda. Dalam artikel
Baca Juga
Contoh Format Order untuk Usaha Online Shop
Ketika pertama kali membuat sebuah bisnis online shop, tentu siapapun akan bingung untuk memulainya dari mana. Salah satu yang sering
Baca Juga
5 Rekomendasi Software Cetak Struk Online Terbaik 2023
Software struk cetak online merupakan inovasi teknologi yang sangat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda, pasalnya software cetak struk ini sudah
Baca Juga
9 Tips Cara Mengatur Keuangan dalam Bisnis Mudah
Bisnis apa pun yang sedang dijalani pastinya tidak terlepas dari manajemen keuangan. Hal tersebut karena keuangan menjadi bagian yang penting
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu