🔴 Pilih Diskon 15% atau Bonus 2 Bulan? Buruan!
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Apa Itu Deposit? Deposit Adalah Uang Jaminan

Sederhananya, arti deposit adalah dana simpanan yang berada di sebuah akun rekening. SImak penjelan dan jenisnya lengkap disini
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 16 February 2023

Seringkah Anda mendengar istilah Deposit? Deposit adalah istilah yang digunakan dalam dunia keuangan yang mengacu pada transfer dana ke pihak lain, seperti bank, untuk diamankan.

Deposit juga dapat berarti menyimpan sebagian dana sebagai jaminan sebelum memperoleh suatu barang. Untuk memahami deposit secara lebih baik, berikut adalah definisi, jenis, dan contohnya.

Apa itu Deposit? Deposit Adalah …

Apa itu deposit

Ilustrasi penyimpanan uang dalam toples (Sumber: Freepik.com)

Menurut KBBI, deposit adalah dana yang disimpan dalam sebuah rekening untuk mempermudah atau mengamankan transaksi. Apakah deposit dapat ditarik kembali oleh pembayar? Ini tergantung pada jenis deposit yang dimaksud.

Pada dasarnya, apa itu deposit? deposit adalah uang yang dibayarkan sebagai jaminan ketika melakukan pembelian produk atau jasa, terutama jika jumlahnya besar. Tujuannya adalah untuk melindungi penjual dari kerugian yang mungkin terjadi jika pembeli membatalkan transaksi.

Oleh karena itu, deposit seringkali tidak akan dikembalikan jika terjadi pembatalan transaksi atau pelanggaran perjanjian oleh pembeli.

Di dunia perbankan, pengertian deposit justru berbeda. Dalam hal ini, deposit adalah dana yang disimpan oleh nasabah di bank. Nasabah memiliki hak untuk menarik deposit kapan saja karena dana tersebut masih menjadi milik nasabah.

Baca Juga: Apa Itu Deposit, Jenis dan Contohnya?

Deposit Berbeda dari Deposito

Secara penyebutannya deposit dan deposito memiliki nama yang mirip namun memiliki perbedaan yang mendasar. Deposit merujuk pada jaminan dan simpanan uang. Sedangkan deposito adalah produk simpanan yang ditawarkan oleh bank.

Deposito memiliki keunggulan dalam hal tingkat bunga atau imbal hasil yang lebih tinggi dibanding produk simpanan lain. Namun, dalam deposito, Anda tidak bisa sembarangan menarik simpanan.

Saat membuka deposito, Anda harus memilih jangka waktu mulai dari 3 sampai 12 bulan. Jika Anda memilih jangka waktu selama 12 bulan, Anda baru bisa menarik uang dalam deposito setelah 12 bulan sejak membuka deposito.

Jenis-jenis Deposit

deposit

Pahami 8 Jenis Deposit dan Cara Kerjanya Di sini (Sumber: Freepik.com)

Lalu ada berapa jenis deposit? Ada 8 jenis deposit yang perlu diketahui saat ini

1. Refundable Deposit

Refundable deposit adalah deposit yang dapat ditarik kembali oleh investor atau diterima kembali setelah jangka waktu tertentu. Contohnya adalah uang jaminan dan deposit sewa.

2. Demand Deposit

Demand Deposit adalah jenis deposit yang memiliki likuiditas tinggi, sehingga banyak dipilih oleh pengguna bank. Dana dapat diambil kapan saja tanpa perlu memberitahu sebelumnya.

Contohnya rekening tabungan dan giro. Imbal hasil atau bunga Simpanan Giro biasanya tidak terlalu tinggi dan nasabah sering dikenakan biaya administrasi.

Baca Juga:  Giro Adalah: Jenis, Manfaat, dan Perbedaannya

3. Time Deposit

Time deposit adalah jenis rekening bank dengan bunga yang memiliki tanggal jatuh tempo. Tingkat bunga time deposit lebih tinggi dibandingkan rekening tabungan biasa. Semakin lama tanggal jatuh tempo yang dipilih, maka tingkat bunga yang didapatkan nasabah juga semakin tinggi.

Transaksi tidak dapat dilakukan selama masa jatuh tempo yang telah ditentukan. Terdapat dua jenis time deposit, yaitu deposito jangka pendek dengan jangka waktu kurang dari satu tahun dan deposito jangka panjang dengan jangka waktu lebih dari satu tahun.

4. Term Deposit

Term deposit adalah istilah untuk deposito atau tabungan berjangka yang ditemukan di lembaga keuangan. Ini dianggap sebagai instrumen investasi yang paling aman karena memiliki risiko rendah. Konsekuensinya, tingkat keuntungan juga rendah.

Dana nasabah diputar untuk digunakan sebagai pinjaman untuk nasabah lain atau bisnis tertentu, dan nasabah akan menerima imbal hasil atau bunga sebagai imbalannya. Uang nasabah yang disimpan dalam term deposit pasti bertambah, namun dengan tingkat kenaikan yang rendah.

5. Customer Deposit

Deposit Customer

Ilustrasi pembayaran deposit customer kepada penjual (Sumber: Freepik.com)

Customer deposit adalah uang jaminan yang harus dibayar oleh calon pembeli sebelum penjual menyediakan produk atau jasa. Tujuannya adalah untuk melindungi penjual dari kerugian jika transaksi gagal.

Contohnya, sebuah toko furnitur meminta customer deposit sebesar 15% dari total transaksi untuk membuat 100 tempat tidur untuk hotel baru. Jika transaksi dibatalkan, biaya produksi sudah tertutup oleh customer deposit dan penjual tidak akan mengalami kerugian yang besar.

Jika Anda pelaku bisnis, penting bagi Anda untuk mencatat deposit dari customer. Terutama jika Anda adalah produsen, mencatat deposit dari customer dalam software akuntansi memiliki beberapa manfaat penting.

  • Pertama, mencatat deposit membantu mengatur cash flow bisnis. Ini membantu Anda memantau pemasukan dan pengeluaran uang dan membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.
  • Kedua, mencatat deposit juga membantu meminimalkan risiko terjadinya kekeliruan dan kesalahan. Data yang tepat dan up-to-date membuat Anda dapat dengan mudah mengakses informasi keuangan bisnis dan membuat keputusan yang tepat.
  • Terakhir, mencatat deposit dalam software akuntansi juga mempermudah pembuatan laporan keuangan. Laporan yang tersedia secara real-time membantu Anda mengukur kinerja bisnis dan membuat perencanaan bisnis yang lebih baik.

6. Saving Deposit

Saving deposit adalah jenis demand deposit yang tersedia di bank dan lembaga keuangan lain. Nasabah memiliki kebebasan untuk menarik dana dari rekening mereka tanpa batasan.

Saving deposit memiliki bunga rendah dan ada yang membutuhkan saldo minimum untuk menghindari biaya bunga tertinggi, sementara ada juga yang tidak memiliki syarat saldo minimum.

8. Deposit Bank

Deposit Bank adalah jenis deposit di mana seseorang menyimpan uangnya di sebuah bank untuk tujuan investasi atau simpanan. Ini bisa mencakup deposit berjangka, deposit berkala, deposit giro, deposit berbasis instrumen keuangan, dan sebagainya.

Kesimpulannya

Itu dia pengertian apa itu deposit dan jenis deposit, perlu diingat kembali bahwa deposit berbeda dengan deposito. Deposit merupakan suatu jaminan yang diberikan untuk memastikan pelunasan hutang serta simpanan uang yang memberikan imbal hasil tetap.

Sementara itu, deposito adalah produk simpanan yang ditawarkan oleh bank dan memberikan imbal hasil yang lebih tinggi.

Karena perbedaannya, maka perlu dipertimbangkan dengan cermat sebelum memilih produk deposit maupun deposito. Pemahaman yang baik tentang kedua produk ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam mengelola dan menggunakan uang Anda.

Catat Deposit Pembelian Dan Penjualan Untuk Usaha Tiket, Pulsa, Dll Dengan Beeaccounting

Untuk memudahkan proses pengelolahannya Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting, mencatat deposit setiap transaksi Anda dengan mudah dan akurat. Klik di atas ini dan bergabung bersama pebisnis hebat lainnya.

Artikel Terkait

Apa yang Dimaksud dengan E Budgeting? Ini Penjelasannya
Dahulu istilah budgeting artinya perencanaan anggaran yang dilakukan secara tradisional. Berkat perkembangan teknologi yang semakin pesat, e-budgeting mulai digunakan oleh
Baca Juga
Tutorial Mudah Cara Pengisian Aplikasi e-SPT PPh 21
Aplikasi e-SPT PPh 21 diciptakan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) untuk memudahkan pembuatan dan pelaporan SPT PPh 21. Sebelum era e-SPT,
Baca Juga
Pengertian Rasio Solvabilitas, Jenis, Rumus dan Manfaatnya
Sebuah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar hutang yang dipunyai ialah rasio solvabilitas. Rasio solvabilitas adalah salah satu jenis
Baca Juga
5 Tips Mudah Memulai Usaha Rental Tanpa Modal
Beberapa tahun belakangan ini, bisnis rental mobil di Indonesia lebih sering diminati oleh banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari
Baca Juga
Income Adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya, Lengkap!
Income jadi istilah yang sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada umumnya pebisnis langsung berpikir bahwa income adalah pendapatan
Baca Juga
7 Tips Kelola Hutang Usaha dengan Mudah
Ketika memiliki perusahaan seringkali kebutuhan operasional tidak terpenuhi, sehingga cara yang banyak digunakan yaitu berhutang hingga menimbulkan hutang usaha. Dalam
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu