Logo Bee Web

Pengertian Financial Modeling, Jenis, dan Contohnya

financial modeling adalah proses membangun representasi matematis dan abstrak dari situasi keuangan dunia nyata. Berikut contoh dan metodenya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 13 April 2024

Financial modelling adalah salah satu alat bantu esensial untuk memahami dan memprediksi masa depan finansial. Baik untuk kepentingan individu, perusahaan, ataupun organisasi, modelling keuangan berperan sebagai peta yang menuntun pengambilan keputusan yang lebih terarah dan terukur.

Metode ini memungkinkan para profesional keuangan untuk mengidentifikasi tren, menganalisis risiko, dan membuat proyeksi yang akurat untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat.

Melalui artikel ini, mari pahami apa itu financial modelling, apa saja manfaat dan informasi lainnya.

Financial Modeling Adalah..

Financial Forecast

Financial modeling adalah proses membangun representasi matematis dan abstrak dari situasi keuangan dunia nyata. (Credit: Freepik.com)

Mengutip dari dokumen online Pusat Pengambanan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (PPA FEB UI), menjelaskan jika financial modeling adalah proses membangun representasi matematis dan abstrak dari situasi keuangan dunia nyata. dan dilakukan stimulasi untuk membantu proses pengambilan keputusan.

Umumnya, financial modeling dibuat dalam bentuk excel atau spreadsheet secara detail, agar perusahaan dapat dengan mudah meninjau dan mengambil keputusan finansial di masa yang akan datang.

Financial modeling atau model keuangan memiliki banyak tujuan bagi para eksekutif perusahaan dan analis keuangan. Seperti untuk memperkirakan biaya, proyeksi laba, mengevaluasi proyek-proyek yang diajukan, dan membuat keputusan strategis.

Sedangkan dalam proses analisisnya, biasanya digunakan untuk menilai bagaimana faktor-faktor yang berbeda, baik internal maupun eksternal, dapat mempengaruhi kinerja saham suatu perusahaan.

Komponen Financial Modeling

Financial modeling memiliki 4 komponen penting, yakni laporan laba rugi, neraca, arus kas dan jadwal utang.

  • Laporan laba rugi, menunjukkan kinerja keuangan suatu entitas selama periode tertentu.
  • Neraca, menunjukkan posisi keuangan suatu entitas pada suatu waktu tertentu.
  • Laporan arus kas, menunjukkan pergerakan kas masuk dan keluar suatu entitas selama periode tertentu.
  • Jadwal utang merinci hutang perusahaan berdasarkan jenis, jatuh tempo, dan suku bunga.

Baca Juga: Laporan Keuangan Neraca: Pengertian, Cara Buat dan Contohnya

Fungsi Financial Modeling

Secara umum financial modeling berfungsi sebagai pembantu bisnis dalam memutuskan keputusan financial dimasa yang akan datang.

Selain itu ada beberapa fungsi utama financial modeling lainnya menurut investopedia, yakni:

1. Pengambilan Keputusan

Financial modeling memberikan wawasan berharga yang mendukung proses pengambilan keputusan di dalam organisasi. Dengan mensimulasikan berbagai skenario dan menganalisis hasil potensial.

Sehingga, para pengambil keputusan dapat membuat pilihan yang terinformasi mengenai alokasi modal, inisiatif strategis, dan perbaikan operasional.

2. Analisis Keuangan

Selanjutnya, model keuangan juga dapat memfasilitasi analisis keuangan mendalam, memungkinkan stakeholder untuk menilai kinerja dan kelayakan berbagai aspek bisnis.

Termasuk evaluasi profitabilitas, likuiditas, solvabilitas, dan kesehatan keuangan secara keseluruhan, memungkinkan pengambilan keputusan strategis yang terinformasi.

3. Pengumpulan Modal

Berikutnya membantu perusahaan dalam mengumpulkan modal, dimana perusahaan seringkali membuat model keuangan ketika mencari modal dari investor atau pemberi pinjaman.

Model ini membantu menyampaikan posisi keuangan perusahaan, prospek pertumbuhan, dan peluang investasi, sehingga menarik sumber dana potensial.

4. Pertumbuhan Bisnis

Kemudian, model keuangan juga mendukung pertumbuhan bisnis organik dengan memberikan wawasan tentang strategi ekspansi potensial, mengidentifikasi peluang pertumbuhan, dan menilai kelayakan finansial dari proyek atau inisiatif baru.

5. Transaksi Strategis

Fungsi selanjutnya dari financial modeling adalah membantu menilai implikasi keuangan, risiko, dan potensi pengembalian yang terkait dengan langkah-langkah tersebut, membimbing para pengambil keputusan dalam menjalankan transaksi secara efektif.

6. Alokasi Modal

Berikutnya, membantu dalam mengoptimalkan alokasi modal dengan membantu perusahaan memprioritaskan investasi berdasarkan tingkat pengembalian yang diharapkan dan profil risikonya.

Hal ini memastikan bahwa sumber daya dialokasikan secara efisien ke proyek atau inisiatif yang menghasilkan nilai tertinggi bagi bisnis.

7. Pembuatan Anggaran dan Peramalan

Financial modeling juga proses pembuatan anggaran dan peramalan dengan menyediakan kerangka kerja untuk memperkirakan kinerja keuangan di masa depan.

Model membantu organisasi menetapkan target keuangan yang realistis, mengalokasikan sumber daya dengan efektif, dan memantau kinerja terhadap proyeksi.

8. Penilaian Bisnis

Terakhir adalah menilai perusahaan, dimana modal keuangan ini berperan dalam menilai nilai suatu bisnis, baik untuk keperluan internal maupun untuk potensi merger, akuisisi, atau penjualan.

Dengan memproyeksikan arus kas masa depan dan menerapkan metode penilaian yang tepat, model membantu menentukan nilai intrinsik suatu bisnis, membimbing negosiasi dan pengambilan keputusan strategis.

Jenis-Jenis Financial Modeling

Ilustrasi proses analisis bisnis (Credit: Freepik.com)

Ada 4 jenis financial modeling yang umum digunakan menurut PPA FEB UI, yakni:

1. Discounted Cash Flow (DCF)

Mede pertama adalah discounted cash flow (DCF), yakni metode yang digunakan untuk menilai nilai intrinsik suatu investasi dengan memproyeksikan arus kas masa depan dan mendiskonto nilainya ke nilai saat ini menggunakan tingkat diskonto yang sesuai.

Bertujuan untuk Menilai nilai intrinsik suatu aset atau bisnis berdasarkan arus kas masa depan yang didiskontokan. Caranya dengan:

  • Memperkirakan arus kas masa depan dari aset atau bisnis.
  • Diskontokan arus kas tersebut ke nilai sekarang menggunakan tingkat diskonto yang sesuai.
  • Total nilai sekarang dari arus kas masa depan tersebut menunjukkan nilai intrinsik aset atau bisnis.

Baca Juga: Aset Adalah: Jenis, Sifat dan Manfaatnya, Lengkap! - Bee.id

2. Leveraged Buyout (LBO)

Selanjutnya ada Leveraged buyout, yakni proses di mana investor menggunakan sejumlah besar utang untuk membeli sebuah perusahaan.

Financial modeling LBO digunakan untuk kelayakan finansial pembelian perusahaan (target) menggunakan sebagian besar pinjaman (debt financing).

Secara umum metode ini digunakan oleh private equity firms dan investor lain yang mempertimbangkan pembelian perusahaan dengan leverage (pinjaman).

3. Merger & Acquisitions (M&A)

Selanjutnya adalah financial modeling M&A, yakni metode yang digunakan untuk menganalisis dampak finansial dari merger (penggabungan) atau akuisisi (pembelian) antar perusahaan.

Mencakup analisis terhadap nilai saham, estimasi synergies, perhitungan laba bersih yang disesuaikan, serta proyeksi kinerja keuangan gabungan setelah transaksi.

4. Comparative Company Analysis (CCA)

Terakhir adalah comparative company analysis, yakni bertujuan untuk membandingkan kinerja keuangan dan valuasi perusahaan dengan perusahaan sejenis (comparable companies) untuk mendapatkan insights tentang valuasi wajar perusahaan tersebut.

Caranya dengan melakukan analisis rasio keuangan, pertumbuhan pendapatan, marjin laba, dan faktor lainnya untuk mengevaluasi posisi relatif suatu perusahaan di pasar.

Download Contoh Financial Modeling Excel

Berikut beberapa contoh financial modeling excel yang bisa anda unduh di bawah ini:

Tombol Download Template Excel

PENUTUP

Financial modeling adalah alat penting untuk membantu bisnis memahami kinerja keuangan mereka dan merencanakan masa depan. Salah satu elemen kunci dalam financial modeling adalah data keuangan yang akurat dan terkini.

Di sinilah peran aplikasi pembukuan keuangan menjadi sangat penting. Dimana aplikasi pembukuan keuangan membantu Anda mencatat semua transaksi keuangan bisnis.

Seperti pendapatan, pengeluaran, dan aset, yang nantinya akan digunakan dalam membuat laporan keuangan, melacak hingga analisis. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud yang sudah pasti akurat dan sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Klik banner di atas untuk langganan sekarang juga!

Artikel Terkait

Revenue Adalah: Jenis, Faktor dan Cara Hitungnya (Lengkap)
Revenue adalah pendapatan perusahaan yang dihasilkan dari aktivitas penjualan. Sehingga bisa dikatakan revenue menjadi hal wajib yang harus dipelajari dan
Baca Juga
Neraca Perdagangan: Faktor Pengaruh & Dampaknya pada Bisnis
Dalam era globalisasi ini, ekonomi suatu negara tidak lagi beroperasi secara terisolasi. Salah satu aspek yang penting dalam menjaga keseimbangan
Baca Juga
Perhitungan Laba Rugi dalam Laporan Keuangan Perusahaan
Dаlаm menjalankan usaha аtаu bіѕnіѕ, diperlukan perhitungan laba rugi dalam laporan keuangan perusahaan untuk mеngеlоlа uѕаhа. Inі tеrmаѕuk kеgіаtаn perusahaan
Baca Juga
Fungsi Kwitansi Pembayaran, Contoh dan Cara Membuatnya
Pada umumnya kwitansi pembayaran digunakan sebagai bukti transaksi untuk menyusun laporan keuangan. Kwitansi yang berupa lembar kertas biasanya diperoleh saat
Baca Juga
Neraca Keuangan Perusahaan, Pokok Vital Penentuan Kebijakan
Sebuah perusahaan baik yang masih berkembang atau yang telah maju wajib memiliki neraca keuangan yang dilaporkan setiap bulannya. Neraca keuangan
Baca Juga
Contoh Faktur Pembelian Beserta Penjelasannya
Contoh Faktur Pembelian - Menjalankan suatu usaha memang membutuhkan sebuah perjuangan yang maksimal. Terkadang bisnis yang dijalankan mengalami kenaikan dan
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu