🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Berakhir Hari Ini
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

Annual Report: Fungsi Bagi Bisnis dan Contohnya

Annual Report atau laporan tahunan ini memang sangat penting dalam suatu perusahaan, simak informasinya di bawah ini!
Penulis: Al Faris
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 5 April 2023

Annual Report atau laporan tahunan lebih dikenal salah satu dokumen yang paling diinginkan oleh para pemegang saham. Laporan ini biasanya ditujukan oleh pemegang saham, internal perusahaan itu sendiri serta seluruh masyarakat yang memerlukan.

Laporan ini berisi tentang rangkuman dari seluruh kegiatan dan keputusan perusahaan sepanjang tahun. Selain itu, tentang rencana masa mendatang yang akan dilaksanakan nantinya.

Kenali Apa Itu Annual Report

Pengertian laporan tahunan menurut Otoritas Pengawas Keuangan Finlandia (OJK) merupakan sebuah catatan tahunan yang akan menggambarkan kondisi operasional suatu perusahaan atau bank. Umumnya, terdiri atas neraca dan laporan laba rugi serta laporan operasi perusahaan.

Dilengkapi juga dengan adanya laporan pemeriksaan. Melalui dokumen ini, tentunya perusahaan akan menyampaikan informasi tentang perkembangan dan kesuksesan bisnis. Selain itu, juga didukung penuh dengan informasi dan tanggal yang akurat. Bahkan, juga diuraikan secara perspektif dan prakiraan untuk rencana tahun yang mendatang.

Laporan tahunan

Annual report termasuk kumpulan laporan keuangan yang disajikan kepada publik

Umumnya, laporan keuangan akan berisi tabel-tabel yang dianalisis oleh internal perusahaan. Sedangkan, laporan tahunan akan menggambarkan laporan keuangan tahunan dengan cara yang lebih menarik. Tujuannya agar para pembeli lebih memahami detail perusahaan. Selain itu untuk perbedaan antara Annual Report dan keuangan bukan hanya tentang spreadsheet pelaporan keuangan saja.

Laporan keuangan terdiri dari laporan neraca, laba rugi, perubahan modal, dan arus kas. Semua laporan tersebut dapat digunakan sebagai refrensi dalam mengambil keputusan setiap strategi perusahaan.

 

 

Dalam menyusun laporan keuangan tidak mudah dilakukan dan membutuhkan staff khusus yang mengetahui tentang ilmu akuntansi. Anda bisa merekrut staff akuntansi atau Anda bisa menyusun laporan keuangan sendiri menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Tujuan utama dari adanya laporan tahunan yang diterbitkan oleh perusahaan untuk bisa memberikan informasi mengenai keuangan, hasil, dan perubahan. Selain itu, berkaitan dengan keputusan, dan informasi lainnya yang berlaku selama satu tahun.

Fungsi dan Tujuan Adanya Annual Report Bagi Bisnis

Ada beberapa fungsi dan tujuan dari Annual Report ini. Berikut ini adalah penjelasan terkait fungsi dari laporan tahunan.

1. Memastikan Informasi Valid

Seperti penjelasan sebelumnya, laporan tahunan berisi tentang informasi penting mengenai keuangan, serta pencapaian perusahaan. Selain itu, informasi yang disajikan berbentuk data, grafik, serta penjelasan bisnis yang menjadi referensi valid bagi perusahaan.

2. Menjadi Media Pemasaran

Laporan tahunan perusahaan pada dasarnya banyak digunakan oleh perusahaan. Mulai dari untuk perkembangan saham perusahaan, calon investor, kreditur atau pihak lainnya.

Oleh sebab itu, dalam menyajikan laporan tahunan harus mudah dipahami dan kreatif. Hal ini karena bisa menjadi sarana pemasaran bagi suatu perusahaan.

Laporan tahunan sangat diperlukan bagi suatu perusahaan. Berikut ini adalah tujuan memiliki laporan tahunan:

  • Laporan Tahunan akan memberikan informasi tentang prospek perusahaan dan hasil keuangan kepada para pemangku kepentingan, meliputi investor, auditor, pejabat pemerintah dan lainnya.
  • Perusahaan yang menggunakan laporan tahunan sebagai bahan analisis laporan keuangan untuk menilai prospek kedepannya.
  • Laporan tahunan tentunya akan membantu pemerintah dalam masalah pajak dan audit. Hal ini karena laporan tahunan merupakan standar yang menjadi acuan perusahaan untuk melaporkan perkembangan usahanya.

Contoh dari Annual Report

Anda bisa langsung melihat contoh apa itu Annual Report perusahaan publik melalui website Bursa Efek Indonesia. Kemudian, Anda bisa melihatnya terlebih dahulu dengan mengklik link website BEI.

Annual Report Bei

Tanpa melakukan proses pendaftaran lebih dahulu, bisa langsung klik "DAFTARKAN PERUSAHAAN" di bilah menu. Ikutilah dengan cara mengklik "Laporan Keuangan dan Tahunan".

Setelah itu, dilanjutkan dengan isi formulir yang ada di bawah ini. Apabila ingin, Anda bisa langsung melihat laporan berdasarkan jenis saham atau obligasi, serta nama perusahaan dan tanggal laporan.

Laporan Keuangan Tahunan

Laporan tahunan yang ada di situs resminya akan terlihat seperti dokumen biasa. Biasanya, memang perusahaan akan membuat laporan tahunan versi cetak yang tampilannya lebih mengesankan.

Mari kita lihat contoh laporan tahunan yang ada di bawah ini. Laporan keuangan yang dalam bentuk tabel dan infografis sama sekali tidak membosankan, bukan?

Cara Mudah Membuat Laporan Tahunan yang Benar

Agar bisa memahami komponen penyusunan laporan keuangan. Setiap perusahaan yang terdaftar harus bisa menyiapkan laporan tahunan lebih dahulu.

Namun sayangnya, tidak semua perusahaan memahami langkah pembuatan yang benar. Secara ringkas, tahapan penyusunan laporan keuangan tahunan bisa melalui langkah berikut ini. Kumpulkanlah semua informasi tentang pencapaian perusahaan tersebut.

Menentukan siapa yang nantinya akan membaca laporan tahunan biasanya analisis keuangan, karyawan, calon investor, pemerintah, serta media lainnya.

Menentukan topik laporan dan topik utama biasanya dimuat dalam laporan ini, khususnya topik utama yang ingin disampaikan kepada target audiens. Misalnya saja kategori laporan menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dipahami.

Bikin Laporan Keuangan Tahunan Lebih Mudah

Tulislah pendapat pada manajemen Perusahaan. Setelah menyelesaikan langkah-langkah yang di atas, Anda bisa langsung mengikuti langkah lainnya, seperti berikut ini:

1. Penjelasan Lengkap mengenai Company Profile

Tahap pertama dalam penyusunan laporan ini dimulai dengan penyajian profil perusahaan yang mencakup tujuan serta sasaran bisnisnya. Selain itu, ide-ide yang dibuat oleh perusahaan dan informasi pelaporan operasional lainnya juga harus ditambahkan.

2. Membuat Desain, Tampilan dan Teknik Penulisan Baru

Pada langkah yang selanjutnya, perhatikan teknik penulisan yang dirancang pada kontennya. Jadi tujuan dibuat konten harus tersampaikan kepada pembaca.

Oleh karena itu, ada banyak perusahaan yang mempekerjakan ahli desain untuk menentukan jenis huruf dan menampilkan data numerik, infografis, maupun table. Jadi nantinya ada banyak perusahaan yang menampilkan laporan dengan menjadikannya sebagai infografis.

3. Copywriting, Terjemahkan dan Pastikan Kualitas

Teknik menulis dan terjemahan ini termasuk salah satu hal penting dalam laporan. Dengan informasi yang dituangkan dalam tulisan tentunya akan lebih mudah dibaca oleh konsumen.

Saat informasi ditulis, maka periksa kualitas tulisan. Apakah sudah layak dan tidak ada kesalahan dalam transmisi informasi atau tidak. Hal ini agar tulisan bisa diubah sebelum akhirnya harus dicetak.

4. Buatlah Contoh Laporan dan Selesaikan Pencetakan Akhir

Sebelum mencetak, maka tentukan terlebih dahulu desain dan warnanya. Umumnya, pola yang dicetak dikenal sebagai dummy. Ketika template laporan diperlukan, maka proses selanjutnya adalah menghasilkan hard copy akhir dari isi laporan tahunan perusahaan.

5. Memastikan Kualitas Cetakan dan Kelancaran Pengiriman

Pada langkah yang terakhir ini adalah proses percetakan dimana kualitas harus diperiksa kembali. Jadi apabila terjadi kesalahan dalam proses percetakan, maka tempat percetakan tetap akan bertanggung jawab.

Selain itu, proses pengiriman bisa dilakukan pada beberapa tempat dalam waktu yang bersamaan. Jadi memang perlu waktu untuk membuat laporan keuangan sedemikian rupa sehingga tidak merugikan.

Oleh karena itu, langkah-langkah penyusunan laporan ini memang harus diperhatikan perusahaan. Hal ini tentunya untuk bisa langsung mencapai hasil yang maksimal.

Kesimpulan

Pada dasarnya, laporan tahunan tidak hanya mengenai kewajiban perusahaan saja. Namun penyusunan laporan ini harus dilakukan secara cermat dengan tim berpengalaman.

Hal ini dilakukan agar laporan tahunan tidak mempengaruhi laporan keuangan yang sebelumnya telah dibuat. Jadi pada dasarnya, Annual Report ini memang sangat penting dalam suatu perusahaan.

Artikel Terkait

Shopee Affiliate Adalah: Pengertian, Syarat dan Cara Mendaftarnya
Shopee affiliate adalah program terbaru dari Shopee yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Berikut syarat shopee affiliate dan cara
Baca Juga
Diferensiasi Produk: Menciptakan Keunikan yang Memikat Pasar
Dalam dunia bisnis harus memiliki keunggulan kompetitif, penting bagi perusahaan untuk mencari cara agar produknya dapat membedakan diri dari pesaing.
Baca Juga
Dynamic Pricing Adalah: Jenis, Strategi dan Cara Penerapannya
Dynamic pricing adalah salah satu strategi penetapan harga, dimana strategi ini dinilai lebih inovatif dan efektif dibandingkan dengan cara tradisional.
Baca Juga
Pahami Literasi Keuangan Jika Ingin Pondasi Bisnis yang Kuat
Dalam dunia yang terus berkembang dengan pesat, pengetahuan tentang literasi keuangan semakin menjadi aspek penting dalam kehidupan kita, terutama bagi
Baca Juga
IFRS Adalah: Standar Akuntansi yang Bikin Investor Tertarik
Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa laporan keuangan perusahaan dari berbagai negara bisa dibaca dan dipahami dengan mudah? Jawabannya adalah karena
Baca Juga
3+ Program Bengkel Terbaik Untuk Usaha Bengkel Anda
Program bengkel akan selalu dibutuhkan untuk pemilik usaha bengkel karena memiliki berbagai fungsi yang dapat dimanfaatkan. Kenyamanan selalu menjadi prioritas
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Sunday, 4 December 2022
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Baca Juga
Monday, 25 December 2023
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu