Logo Bee Web

Akuntansi Manajerial: Pengertian, Fungsi, dan Tujuannya

Akuntansi manajerial memainkan peran penting dalam perkembangan perusahaan, apa saja fungsi dan tujuannya? Simak penjelasan lengkapnya disini!
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 7 July 2022

Akuntansi manajerial atau akuntansi manajemen adalah salah satu komponen paling penting dalam suatu bisnis atau perusahaan. Pasalnya, semua hal yang berkaitan dengan perencanaan manajemen akan mengacu pada data dari yang didapatkan dari sistem akuntansi ini.

Proses akuntansi manajemen bertujuan mendapatkan seluruh bentuk laporan sebagai sebuah satuan usaha untuk dipergunakan pihak internal demi mempermudah pelaksanaan proses manajemen yang meliputi, perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), dan pengendalian (controlling).

Pengertian Akuntansi Manajerial

Pengertian Akuntansi Manajerial

Ilustrasi Akuntansi Manajerial (Sumber: Freepik.com)

Menurut RA Supriyono yang dilansir dari Management Accounting Practices yang diprakarsai National Association of Accountants, disebutkan bahwa akuntansi manajemen merupakan proses identifikasi, pengukuran, pengumpulan, dan juga analisis data untuk kepentingan manajemen bisnis.

Sementara itu, Mulyadi (2001) menyebutkan, bahwa akuntansi manajemen adalah suatu informasi keuangan yang diperoleh dari berbagai macam tipe accounting management. Umumnya, data informasi tersebut akan digunakan untuk keperluan internal perusahaan.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Manajemen, Fungsi, Penerapan dan Manfaatnya

Fungsi Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen perusahaan memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Alat Analisa Mengambil Keputusan

Akuntansi manajerial digunakan sebagai dasar mengambil keputusan, baik yang berkaitan dengan data kualitatif maupun data kuantitatif. Akuntansi sangat diperlukan sebab berisi informasi data penting perusahaan. Khususnya yang bersangkutan dengan strategi kepemimpinan.

  • Sistem Informasi bagi Pihak Eksternal

Akuntansi manajemen mengandung unsur-unsur penting dalam unit bisnis, baik itu unsur internal maupun eksternal yang meliputi investor. Laporan keuangan merupakan salah satu bagian paling esensial dari akuntansi manajemen dan non manajemen.

Ada pertanggungjawaban pihak perusahaan terhadap pemegang saham yang menanamkan modal di perusahaan. Analisis kondisi keuangan di sistem akuntansi manajemen akan dijadikan sebagai pertimbangan bagi pihak eksternal (investor) untuk melanjutkan kerjasama dengan perusahaan.

  • Informasi dan Sumber Data Keuangan yang Relevan

Seorang Karyawan Mengerjakan Data Di Microsoft Excel

Ilustrasi Data Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Manajemen akuntansi berfungsi sebagai penyedia informasi dan data keuangan valid perusahaan. Laporan dari sistem tersebut nantinya akan dijadikan sebagai sumber data untuk membuat perencanaan dana ke depan atau implementasi anggaran di masa mendatang.

Keberadaan laporan akuntansi akan dijadikan dasar anggaran operasional bagi manajemen perusahaan. Namun, hal tersebut harus terlebih dahulu divalidasi pihak internal dan eksternal.

  • Bukti Pertanggungjawaban Setiap Level Manajemen

Dalam sebuah perusahaan, setiap bidang dan divisi mengemban tanggung jawab besar sesuai posisi yang dipegangnya. Untuk mendukung performa bidang tersebut, maka dibutuhkan proses akuntansi manajerial sebagai sumber informasi. Sehingga terjalin kerjasama yang konsisten dan terencana.

  • Mengukur dan Monitoring Performa Perusahaan

Manajemen perusahaan bertugas melakukan pengawasan terhadap segala aktivitas usaha. Salah satu komponen yang dijadikan dasar monitoring adalah laporan data keuangan. Dengan begitu, dapat dilihat sejauh mana strategi yang diimplementasikan perusahaan berjalan.

  • Koordinasi Berbagai Aktivitas Perusahaan

Akuntansi manajemen dijadikan sebagai materi koordinasi berbagai kegiatan perusahaan. Sebab pada dasarnya, setiap kegiatan dalam unit usaha berjalan terpisah. Sedangkan data-data dalam manajemen yang tersimpan di riwayat dapat menjadi penyambung dari setiap divisi di perusahaan.

  • Sebagai Arsip Audit

Fungsi akuntansi manajerial lainnya adalah sebagai arsip audit. Pasalnya, seringkali terjadi hal tidak terduga yang menimpa perusahaan dan membutuhkan laporan semua bentuk transaksi keuangan. Tentunya, kegiatan audit harus dilakukan oleh audit profesional supaya hasilnya lebih akurat.

Manfaat dan Tujuan Akuntansi Manajemen

Manfaat Dan Tujuan Akuntansi Manajerial

Ilustrasi Manfaat dan Tujuan Akuntansi Manajerial (Sumber: Freepik.com)

Akuntansi manajemen memiliki segudang manfaat dan tujuan yang dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan. Selain dapat mempermudah proses mengelola dan menganalisis tantangan usaha, akuntansi manajemen juga mempunyai manfaat lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan informasi dalam bentuk data keuangan statistik yang akurat dan tepat. Sehingga pihak manajemen bisa mengambil keputusan jangka pendek maupun panjang secara tepat.
  • Menjadi fondasi dasar bagi manajemen perusahaan dalam membuat perencanaan. Dengan begitu, manajemen perusahaan bisa lebih siap dalam menjalankan fungsinya.
  • Membantu memprediksi tantangan yang mungkin dihadapi oleh bisnis sehingga bisa mencari solusi dan strategi ampuh untuk mengembangkan usaha sejak dini.
  • Memprediksi arus kas usaha dalam bentuk grafik tren serta perencanaan dana. Jadi, dana kas perusahaan bisa dialokasikan secara lebih tepat.

Baca Juga: 5 Tugas & Tanggung Jawab Manajer Akuntansi

Kesimpulan

Anda merupakan seorang pemilik usaha dan merasa kesulitan dalam mengelola bagian akuntansi? Segera beralih ke software akuntansi manajerial online Beecloud untuk memudahkan proses mengontrol perusahaan secara cepat, tepat, dan fleksibel.

Agar memudahkan Anda dalam menyusun laporan, Anda bisa menggunakan software akuntansi online seperti Beecloud yang bisa diakses secara real-time di mana saja dan kapan saja. Sehingga akan memudahkan untuk koordinasi dengan manajer divisi yang lain,

Coba gratis Beecloud di sini!

Pakai Beecloud Berbisnis Jadi Lebih Mudah Dan Menguntungkan

Format Neraca Lajur, Contoh dan Cara Membuatnya
Membahas tentang format neraca lajur tentu sangat menarik, terlebih bagi para pebisnis. Jenis neraca ini merupakan suatu lembaran kertas dengan
Baca Juga
Komputer Akuntansi: Pengertian Serta Manfaatnya Dalam Perusahaan
Komputer akuntansi dengan perkembangan teknologinya yang semakin maju, hampir semua bisnis terdorong untuk memanfaatkan teknologi tersebut untuk menunjang kinerja perusahaan.
Baca Juga
Audit Internal Adalah, Jenis, Tujuan dan Perbedaannya
Audit internal adalah sebuah proses penilaian independen yang sistematis terhadap efektivitas, keandalan, dan kepatuhan suatu organisasi terhadap kebijakan, prosedur, serta
Baca Juga
Fungsi dan Contoh Laporan Audit Perusahaan
Penyusunan laporan audit harus dilakukan secara teliti untuk menghindari kesalahan input. Apabila terjadi kesalahan maka yang dirugikan adalah pihak perusahaan
Baca Juga
10 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa (Lengkap)
Dalam satu periode waktu setiap perusahaan membutuhkan catatan keuangan yang terbagi menjadi beberapa jangka waktu tertentu. Bisa tahunan, bulanan atau
Baca Juga
Laporan Harga Pokok Produksi: Cara Membuat dan Contohnya
Dalam dunia bisnis, terutama pada perusahaan manufaktur, pemahaman yang mendalam tentang laporan harga pokok produksi (HPP) menjadi kunci utama untuk
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu