Pengertian Software Akuntansi yang Jarang Diketahui Akuntan

Wednesday, 25 August 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
pengertian-software-akuntansi-yang-jarang-diketahui-akuntan

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

 

Digitalisasi  pada zaman sekarang ini memiliki pengaruh ke berbagai aspek kehidupan, termasuk urusan akuntansi dalam sebuah perusahaan. Saat ini sudah ada sebuah software khusus yang  berkaitan dengan akuntansi.  Software tersebut membuat pekerjaan akuntansi mejadi lebih mudah dan cepat. Lantas, apa fungsi, manfaat, dan pengertian software akuntansi? Berikut penjelasan lengkapnya.

Konsep dan Pengertian Software Akuntansi

pengertian-software-akuntansi-yang-jarang-diketahui-akuntan

Pengertian Software Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Software merupakan sebuah perangkat lunak yang sistem komputer atau smartphone jalankan. Di zaman digital ini, software adalah salah satu hal yang dapat Anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan, termasuk pekerjaan akuntansi sekalipun.

Pengertian software akuntansi itu sendiri adalah sebuah aplikasi yang khusus dibuat untuk para akuntan dalam membantu proses dokumentasi transaksi dan pekerjaan yang berkaitan dengan akuntansi lainnya. Pengertian software akuntansi lainnya yaitu program aplikasi yang dirancang secara khusus untuk melakukan pengelolaan pencatatan transaksi sebuah bisnis atau usaha.

Program ini bermanfaat untuk membuat pengelolaan data-data seputar transaksi menjadi lebih mudah. Sejumlah data yang dapat dicatat oleh software akuntansi yaitu seperti data pembelian, laporan keungan, penjualan, pembayaran gaji, serta data-data lainnya.

Fungsi Software Akuntansi

fungsi-software-akuntansi

Memahami Fungsi Software Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Software akuntansi memiliki segudang fungsi yang sangat signifikan. Setelah Anda mengetahui pengertian software akuntansi, yuk simak fungsi software akuntansi berikut ini.

1. Pencatatan Transaksi

Fungsi software akuntansi yang pertama yaitu sebagai pencatat transaksi. Sebuah perusahaan manufaktur yang baik adalah perusahaan yang mempunyai catatan transaksi yang detail. Mengapa demikian? Hal ini karena data transaksi tersebut sangat penting untuk dijadikan laporan keuangan.

Nah, dengan menggunakan software ini, maka pencatatan transaksi bisa dilakukan secara otomatis. Contoh transaksi yang biasa dilakukan yaitu transaksi penjualan, pembelian, dan transaksi biaya-biaya lainnya. Selain bisa tercatat secara otomatis dengan baik, Anda juga tidak perlu khawatir data hilang karena sudah tersedia back up atau cadangan data.

2. Menyusun Laporan Keuangan

membantu-menyusun-laporan-keuangan

Software Akuntansi Membantu Penyusunan Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

Selain berfungsi untuk pencatatan transaksi, software akuntansi juga berfungsi untuk menyusun laporan keuangan. Proses menyusun laporan keuangan adalah pekerjaan yang rumit karena membutuhkan ketelitian dan kejelian agar mendapatkan hasil yang akurat.

Namun, jika Anda  menggunakan software akuntansi, maka proses membuat laporan keuangan tidak menjadi rumit karena semua data transaksi sudah tercatat. Dengan demikian, membuat laporan keuangan menjadi lebih mudah dan cepat.

Baca Juga: Profesi Akuntan Adalah: Pengertian dan Tugas

3. Mencatat Pengeluaran Transaksi

Setiap transaksi yang dilakukan dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk membuat laporan, seperti laporan keuangan. Dengan menggunakan software ini, maka pencatatan pengeluaran transaksi tidak perlu Anda lakukan secara manual. Hal ini karena software tersebut secara otomatis akan mencatat dan membukukan semua transaksi, sehingga memudahkan pekerjaan.

Manfaat Software akuntansi

manfaat-software-akuntansi

Memahami Manfaat Software Akuntansi (Sumber: Unsplash.com)

Manfaat software akuntansi banyak sekali dalam mempermudah urusan akuntansi. Nah, setelah Anda mengetahui fungsi dan pengertian software akuntansi, di bawah ini adalah sederet manfaat dari software akuntansi yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Mengurangi Kesalahan Manusia

Manfaat yang pertama adalah meminimalisir kesalah saat melakukan proses akuntansi secara manual. Jika terjadi kesalahan dalam proses input data, maka tidak jarang  hal tersebut dapat mengambil waktu yang lama untuk memperbaiki.

Selain itu, bahkan kesalahan terkecil dapat menambah biaya perusahaan. Oleh karena itu, saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang hanya mempekerjakan tenaga profesional dalam menggunakan software akuntansi tersebut.

2. Menghasilkan laporan rinci dalam waktu cepat

laporan-laba-rugi

Laporan Laba-Rugi Terperinci (Sumber: Bee.id)

Manfaat yang selanjutnya adalah mampu menghasilkan laporan secara rinci hanya dengan satu kali klik tombol. Tingkat aksesibilitas yang tinggi ini membuat perusahaan Anda tidak harus menunggu lama untuk membuat laporan keuangan. Dengan demikian, laporan keuangan menjadi mudah, cepat, dan akurat untuk dibuat.

3. Software akuntansi mudah sisesuaikan

Kebanyakan software akuntansi mudah untuk disesuaikan. Hal ini sangat berguna ketika pengguna ingin melihat semua data mereka dalam berbagai format. Sebagai contoh, jika seorang akuntan bertanggung jawab terhadap klien penagihan, maka ia bisa dengan mudah membangun template faktur sesuai masing-masing klien.

Selain itu, akuntan juga bisa laporan keuangan ke berbagai tata letak atau format yang berbeda-beda untuk dikirim ke berbagai departemen.

4. Mengurangi Biaya SDM

mengurangi-biaya-sdm

Software Akuntansi Dapat Menghemat Biaya Operasional (Sumber: Unsplash.com)

Dengan menggunakan software akuntansi terbaik ini, maka perusahaan bisa  menghilangkan banyak pekerjaan manual yang biasa dilakukan saat melakukan akuntansi tradisional.

Oleh karena itu, mempekerjakan seorang ahli komputerisasi software akuntansi, maka akan memungkinkan perusahaan untuk mengurangi SDM dan pengurangan biaya untuk menggaji SDM. Dengan demikian, perusahaan hanya perlu satu karyawan untuk membuat laporan, melakukan pengajuan, dan  menangani catatan keuangan.

Baca Juga: 9 Tahapan Siklus Akuntansi Beserta Pengertian Contohnya

Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

Jika Anda tertarik untuk menggunakan software akuntansi untuk bisnis atau perusahaan Anda, berikut sejumlah rekomendasi software akuntansi terbaik tahun 2021.

1. Beecloud

Software-Akuntansi-Online-Nirlaba-Beecloud

Software Akuntansi Online Beecloud

Rekomendasi software akuntansi yang pertama adalah Beecloud. Beecloud merupakan software akuntansi yang terbaik dengan banyak kelebihan dan manfaat untuk kelancaran koperasi dan bisnis lainnya.

Semua data juga terpusat secara online & realtime dan tergabung menjadi data, tanpa rekap ulang, anti molor dan pasti klop. Karena semua cabang perusahaan bisa terkontrol dari kantor pusat menggunakan software ini, maka Anda bisa mengecek limit hutang, anggaran biaya, dan lain sebagainya secara online.

Selain itu, Anda bisa kontrol perusahaan kapanpun dan dimanapun karena sudah tersedia aplikasi Beecloud Dashborad di Playstore. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengecek omset 1 jam terakhir, laba rugi hari ini, piutang atau pinjaman yang sudah jatuh tempo, hingga saldo kas.

2. Beepos

Software-Kasir-Beepos-Desktop-Tampilan-Terminal-Kasir

Software Kasir POS dan Akuntansi Beepos

Rekomendasi software akuntansi berikutnya adalah Beepos. Beepos adalah software kasir online yang akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Software ini support untuk banyak merk hardware dan tipe peralatan POS, sehingga bisa untuk membantu kasir berjualan lebih cepat dan aman.

Kasir bisa mencari item, mengecek harga, dan cetak nota hanya dalam satu kali klik aja. Tidak hanya itu, software ini juga bisa melakukan integrasi akuntansi, seperti kontrol juga gross profit, data omset penjualan, biaya operasional hingga pajak PPN & PPH dan laba bersih.

Keuntungan lainnya adalah bisnis Anda akan aman dari manipulasi dan kebocoran, karena Beepos bisa menjaga bisnis anda. Owner juga bisa melakukan kontrol stok harian. Hal ini juga sudah terbukti oleh ribuan user yang membuktikan bahwa stok klop dan hpp benar  jika menggunakan software kasir online.

3. Beeaccounting

software-akuntansi-desktop-beeaccounting

Software Akuntansi Beeaccounting

Rekomendasi software akuntansi yang terakhir adalah Beeaccounting. Software ini adalah jenis software akuntansi offline yang berbasis desktop.  Software akuntansi offline terbaik ini hanya satu-satunya yang bisa melakukan 48 plugin berbeda yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis usaha yang Anda miliki.

Contoh bidang usaha yang tersedia yaitu retail, distributor, bengkel, restoran, pabrik, grosir dan masih banyak lainnya. Software ini sangat stabil, powerful, dan fleksibel, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi error atau terjadi kebocoran privasi dan semacamnya.

Pihak Bee accounting juga menyediakan garansi uang kembali setelah 30 hari percobaan. Jadi, Anda bisa mengklaim uang kembali 100% setelah penggunaan kurang dari 30 hari jika ternyata software ini tidak cocok dengan kebutuhan Anda.

Sekian penjelasan tentang fungsi, manfaat, dan pengertian software akuntansi yang perlu Anda ketahui untuk kelancaran bisnis Anda.

Laporan Akuntansi-Pakai-Software-Akuntansi-Beeaccounting

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :