🔧Diskon se-Juta khusus Bisnis Bengkel, Sisa 3 Hari
00
Hari
:
00
Jam
:
00
Menit
:
00
Detik
Logo Bee Web

7 Cara Efektif Meningkatkan Customer Experience

Di artikel ini akan dibahas 7 cara meningkatkan customer experience atau pelayanan pustomer yang optimal. Simak selengkapnya.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 27 March 2023

Untuk bisa mempertahankan customer, seorang pebisnis perlu memperhatikan bagaimana customer experience, baik dalam segi kualitas produk, pelayanan dan sejenisnya. Sebab, dari sinilah customer akan memutuskan untuk melakukan repeat order atau tidak.

Customer experience sendiri jika diartikan secara Bahasa berarti pengalaman pelanggan, yang jika dijabarkan kembali akan mengacu pada kesan setelah memperoleh pelayanan dari penjual atau penyedia jasa ketika melakukan transaksi.

Oleh sebab itu, tidak jarang para pebisnis berlomba=lomba untuk meningkatkan customer eksperience mereka dengan berbagai upaya, seperti pelayanan ramah, cepat dan beberapa inovasi lainya. Yuk, simak selengkapnya pada artikel di bawah ini:

Apa Itu Customer Experience?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai strategi untuk meningkatkan dan memperbaiki experience Anda alangkah sebaiknya untuk mengenal lebih dalam apa itu customer eksperience?

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pembuka sebelumnya jika customer experience merupakan kesan seorang konsumen terhadap pelayanan sampai kualitas produk setelah melakukan transaksi. Baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama.

Timbulnya kesan ini lebih umum berkaitan dengan bagaimana pelayanan yang diberikan kepada mereka ketika melakukan transaksi mulai dari segi keramahan sampai kecepatan dalam proses transaksi yang dilalui mereka.

Jika pada bisnis online biasanya dipengaruhi oleh seberapa cepat penjual merespon pesan yang diberikan konsumen dan seberapa cepat barang mereka sampai ke rumah. Sekali lagi, kecepatan dan ketepatan menjadi pertimbangan timbulkan kesan yang baik ketika melakukan transaksi.

Baca Juga: Customer Adalah Pelanggan, Begini Tips Cara Mendapatkannya

Cara Meningkatkan Customer Experience

Memahami Pentingnya Customer Experience

Pentingnya Memahami Customer Experience (Credit: Freepik.com)

Berikut ini tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun customer experience dan meningkatkan loyalitas customer.

1. Merancang Rencana yang Matang

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan memperbaiki customer experience adalah dengan merancang rencana dan strategi yang matang sebagai langkah awalnya. Penyusunan strategi ini bisa berupa inovasi, perbaikan manajemen kinerja dan sejenisnya.

Perancangan ini sekaligus bisa menjadi evaluasi dan perbaikan yang mungkin tidak bisa sering dilakukan. Selain itu, perancangan ini juga bisa mengurangi potensi kegagalan dalam operasional bisnis di masa yang akan datang.

2. Memberikan Experience yang Cepat

Cara selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang cepat kepada konsumen. Tidak ada yang suka menunggu, kurang lebih seperti itu alasan kenapa perlu memberikan pelayanan yang cepat kepada konsumen.

Dengan pelayanan yang cepat ini sangat berpotensi membangun eksperience yang baik bagi konsumen dan berpotensi menjadi pertimbangan mereka untuk melakukan pembelian ulang atau repeat order.

Kecepatan dalam proses pelayanan ini berlaku untuk transaksi langsung maupun tidak langsung (online). Oleh sebab itu, pebisnis wajib melakukan perbaikan pelayanan jika dirasa dalam melakukan proses transaksi kecepatan dan ketepatannya kurang.

3. Kemudahan Akses Ketika Melakukan Transaksi

Selanjutnya adalah kemudahan akses ketika melakukan proses transaksi. Cara ini sangat berkaitan dengan cara sebelumnya. Dimana dengan akses transaksi yang mudah maka akan menjadikan proses transaksi menjadi lebih cepat.

Dan sebaliknya untuk bisa mendapatkan pelayanan yang cepat pebisnis perlu memberikan kemudahan dalam mengakses dan menjalankan proses transaksinya. Kedua cara ini kembali menegaskan jika kecepatan transaksi memiliki banyak pengaruh dalam membangun experience customer yang baik.

Dalam memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, kemudahan dalam melakukan transaksi menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Hal ini juga menjadi fokus utama bagi para pelaku bisnis, terutama bagi para pemilik usaha ritel yang memiliki pelanggan dengan volume yang besar.

Beepos Bikin Pelanggan Puas Belanja Dengan Layanan Kasir Yang Cepat Dan Aman

Dalam hal ini, aplikasi kasir seperti Beepos dapat menjadi solusi untuk memudahkan proses transaksi. Dengan Beepos, pemilik usaha ritel dapat mempercepat proses transaksi, mengelola inventaris, dan memantau penjualan dengan mudah dan efisien. Selain itu, Beepos juga memiliki fitur keamanan yang dapat meminimalisir potensi manipulasi dari karyawan.

Dengan begitu, para pelaku bisnis ritel dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada pelanggan, sambil tetap memastikan keamanan dan kelancaran operasional usaha. Oleh karena itu, menggunakan aplikasi kasir Beepos dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi usaha ritel dalam memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dan mengoptimalkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

4. Menghargai Konsumen

Cara berikutnya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan customer experience adalah dengan menghargai konsumen. Pernah mendengar istilah “pembeli adalah raja”? kurang lebih seperti itulah gambaran dalam menghargai konsumen.

Petugas pelayanan customer sudah sepatutnya menghargai konsumen sebaik mungkin, mulai dari menyapa ketika datang, membantu ketika butuh bantuan dan mengucapkan terima kasih ketika selesai melakukan transaksi, tanpa membeda-bedakan siapa konsumen yang datang.

Dengan demikian konsumen tidak segan ketika akan berbelanja atau membeli produk dagang atau jasa yang Anda tawarkan.

5. Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen

Cara berikutnya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan customer experience adalah dengan meningkatkan transaksi dengan konsumen. Baik interaksi langsung maupun tidak langsung. Ada tiga hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu agar interaksi antara penjual dan konsumen bisa terjalin, berikut diantaranya:

  • ERP (Experience Response Point), seperti mengadakan acara live music, desain interior dan penataan bangku yang interaktif dan sejenisnya.
  • EVP (Experience Voting Point)
  • ETP (Experience Touch Point)

6. Memberikan Diskon dan Reward

Berikutnya cara keenam adalah dengan memberikan diskon atau reward kepada pelanggan/ customer ketika ada event-event tertentu atau sekedar ucapan terima kasih setelah melakukan transaksi dengan nominal tertentu.

Dengan adanya reward ini konsumen akan merasa dihargai dan berpeluang bisa meningkatkan customer eksperience mereka ketika belanja di usaha Anda. Meskipun sebenarnya kepuasan pelanggan tidak hanya timbul ketika sengaja diciptakan saja namun juga bisa secara kebetulan muncul sendirinya tapi tidak ada salahnya untuk berusaha.

Selain bisa meningkatkan customer experience yang baik, memberikan reward atau diskon kepada konsumen juga bisa menjadi cara promosi agar produk atau jasa yang Anda jual lebih dikenal banyak orang. Sebab, biasanya customer baru akan berdatangan untuk mencoba ketika event diskon diadakan.

Baca Juga: 13 Contoh & Cara Promosi Produk Paling Efektif Dijamin Laris

7. Mendengarkan Kritik dan Saran

Mendengarkan Kritik Atau Saran Dari Customer Experience

Mendengarkan Kritik Atau Saran (Credit: Freepik.com)

Terakhir adalah tidak segan untuk mendengarkan saran dan kritik dari customer. Cara ini menjadi bentuk lanjutan dari interaksi antara pebisnis dan customernya pada pembahasan sebelumnya, sekaligus sebagai bentuk rasa menghargai konsumen dengan menanggapi saran yang mereka berikan.

Dari saran – saran ini juga, Anda bisa melakukan evaluasi agar bisa lebih ‘relate’ dengan kebutuhan konsumen, karena ide yang digagas berasal dari konsumen itu sendiri.

Tidak semua saran dan kritik dari konsumen bisa dilaksanakan, pilih dan pilah mana yang paling berpotensi untuk kebaikan bisnis dan mana yang perlu diprioritaskan dalam pelaksanaannya, sehingga akan mendapatkan hasil yang optimal.

Kesimpulan

Kehadiran seorang pelanggan bagi perusahaan/ bisnis merupakan sebuah hal penting yang tidak bisa disepelekan. Dari pelanggan, penjualan produk bisa dilakukan dan perputaran keuangan perusahaan bisa berjalan.

Oleh sebab itu, kesan mereka terhadap bisnis kita sangat perlu dipertimbangkan dan perlu diupayakan. Konsumen/ customer memiliki kelompok besar yang bisa kapan saja mempengaruhi bisnis yang dijalankan.

Contoh saja, Si A merasa kecewa dengan pelayanan bisnis C, SI A akan bercerita ke teman mereka, temannya akan bercerita ke teman lainnya dan seterusnya menyebar. Perlahan namun pasti memberikan efek buruk bagi bisnis karena branding bisnis telah rusak sebab kekecewaan pelanggan.

Oleh sebab itu, peningkatan customer eksperience sangat perlu dilakukan setiap bidang usaha, untuk menunjang kepuasan pelanggan dan menjaga kestabilan bisnis yang dijalankan. Sekian informasi mengenai customer eksperience, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

5 Pаnduаn Bisnis Rental Mobil dаn Alasannya
Sudah berpuluh-puluh tahun lamanya bisnis rental mobil mеnjаdі ѕаrаnа trаnѕроrtаѕі ріlіhаn untuk bepergian keluar kоtа. Semakin lаmа bisnis tеrѕеbut menjamur
Baca Juga
6 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis
Bisnis kuliner menjadi bisnis yang saat ini paling tepat untuk digeluti. Pasalnya bisnis kuliner menjadi bisnis yang tak pernah hilang
Baca Juga
Memahami Perbedaan Omzet dan Profit, Lengkap!
Tujuan seseorang melakukan bisnis tidak lain adalah untuk mendapat keuntungan atau disebut profit. Sementara itu, ada kata lain yang tidak
Baca Juga
Contoh Proposal Bisnis dan Panduan Cara Membuatnya, Lengkap!
Proposal bisnis adalah dokumen tertulis yang memaparkan secara detail tentang sebuah peluang usaha, strategi, dan proyeksi keuangannya. Proposal ini berfungsi
Baca Juga
10 Strategi Pemasaran Online dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Pemasaran online adalah salah satu teknik marketing yang dijalankan dengan cara memanfaatkan jaringan internet. Contohnya saja media sosial, website, iklan
Baca Juga
Peluang dan Kiat Sukses Usaha Toko Minimarket
Usaha toko minimarket seiring berjalannya waktu mengalami masa-masa sulit terutama saat pandemi melanda Indonesia. Bukan hanya itu, keberadaan usaha toko
Baca Juga

Artikel Populer

Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Wednesday, 28 June 2023
7 Contoh Positioning Produk Brand Ternama dan Strateginya
Baca Juga
Wednesday, 7 June 2023
Feedback Artinya: Jenis, Fungsi, beserta Cara Mendapatkannya
Baca Juga
Wednesday, 7 February 2024
4 Tahapan Proses Manajemen Strategi, Fungsi dan Komponennya
Baca Juga
Monday, 31 October 2022
7 Contoh Ekonomi Kreatif di Indonesia Saat Ini
Baca Juga
Wednesday, 18 October 2023
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu