Logo Bee Web

17 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Untung Besar 2023

Ada banyak sekali Ide bisnis rumahan online, untuk ibu rumah tangga hingga bisnis modal kecil untung besar yang bisa dilakukan, apa saja?
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Tuesday, 3 January 2023

Biaya hidup meningkat tapi penghasilan itu-itu aja, ide bisnis rumahan bisa menjadi solusi isi waktu luang juga tingkatkan penghasilan setiap harinya.

Ada banyak sekali bisnis rumahan modal kecil yang bisa di coba hanya dengan menggunakan modal kecil namun berpeluang mendapatkan untung yang besar, bahkan bisa melebihi gaji para pegawai kantoran. Ada apa aja?

Gaji kebanyakan karyawan yang tidak seberapa terkadang tidak cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari dan gaya hidup.

Rekomendasi Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Ide bisnis rumahan

Bisnis di rumah sesuai hobi bisa menjadi ide bisnis idaman (Sumber: Freepik)

Rekomendasi pertama ide bisnis rumahan bisa dilakukan hanya secara online saja, hanya dengan memanfaatkan hobi dan kemampuan Anda.

Perkembangan zaman yang serba digital ini membuka banyak peluang untuk bisa menghasilkan cuan secara digital pula. Berikut diantaranya:

1. Buka Jasa Penulis Lepas

Anda memiliki hobi menulis dan suka menulis, ide bisnis rumahan ini bisa dicoba, caranya sederhanya Anda bisa mencari agensi-agensi penulis lepas atau membuka jasa sendiri dan mempromosikannya di sosial media.

Tentukan terlebih dahulu jenis tulisan yang bisa Anda buat, jika jenis artikel SEO tentunya Anda perlu memahami teknik penulisan SEO yang tepat.

Sehingga, bisnis jasa penulisan yang Anda buat nantinya bisa berjalan lancar, tidak hanya Anda yang mendapatkan keuntungan tapi juga client yang memesan tulisan di Anda.

2. Buka Jasa Desain Grafis

Ide bisnis rumahan online berikutnya cocok untuk Anda yang menyukai hal-hal berkaitan dengan desain grafis. Untuk bisa mendapatkan client Anda bisa mencoba melakukan promosi di sosial media atau website freelance yang menyediakan lapak untuk membuka jasa design.

3. Buka Jasa Edit Video

Ide bisnis online selanjutnya adalah membuka jasa edit video, Anda bisa membuat portofolio terlebih dahulu di media sosial sekaligus melakukan promosi. Mungkin saja ada Youtuber atau lembaga tertentu membutuhkan jasa edit video.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Rumahan Lagi Trend di Tahun 2023

Ide Bisnis Rumahan

Menjadi Ibu Rumah Tangga Tidak Bisa Menjadi Alasan Berdiam Diri Tanpa Penghasilan (Sumber: Freepik.com)

4. Bisnis Jualan Kue Kering

Rekomendasi bisnis rumahan selanjutnya adalah cocok untuk ibu rumah tangga. Sehingga, bagi para ibu rumah tangga yang sedang membaca artikel ini Anda tidak perlu khawatir jika Anda merasa tidak memiliki kemampuan di atas dan Anda merupakan ibu rumah.

Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga pertama Anda bisa membuka bisnis kue kering. Usaha kue kering ini akan sangat menguntungkan apalagi ketika ada momen momen hari besar. Seperti idul fitri, natal atau hari-hari penting lainnya.

5. Bisnis Jualan Kue Basah

Selanjutnya tidak hanya bisnis kue kering, Ada ibu rumah tangga juga bisa membuat usaha kue basah. Mungkin pemasaran kue basah ini bisa Anda titipkan ke toko-toko kelontong atau toko kue lainnya.

Kemudian mencoba untuk memperluas bisnis dengan membuka pesanan, bisnis kue basah ini tidak lengkang waktu karena di momen-momen penting biasanya sangat membutuhkan jajanan kue basah sebagai suguhan.

6. Bisnis Jualan Gorengan

Jajanan favorite hampir semua orang, jualan gorengan bisa menjadi ide bisnis jualan yang cukup menjanjikan. Waktu yang dibutuhkan pada proses produksinya juga tidak terlalu memakan waktu dan bisa disambi dengan mengurus rumah tangga.

7. Bisnis Jualan Risol Mayo

Risol mayo juga menjadi jajanan yang cukup populer akhir ini, jadi tidak salah jika Anda ibu rumah tangga mencoba membuka bisnis ini.

8. Bisnis Jualan Frozen Food

Ide bisnis ini lebih berjangka panjang yakni frozen food. Bisnis ini bisa dimulai dari 0 atau menjadi reseller. Untuk menjalankan bisnis frozen food Anda perlu menyiapkan freezen sebagai tempat penyimpanan stok.

9. Bisnis Katering

Selanjutnya, bisnis yang bisa dicoba adalah dengan membuka bisnis catering, ibu rumah tangga identik dengan kemampuan memasaknya. Sehingga bisnis katering ini bisa menjadi hal yang bisa direkomendasikan untuk mencoba bisnis rumahan.

10. Bisnis Reseller Pakaian

Selain bisnis makanan, ada juga rekomendasi lainnya seperti dengan menjadi reseller pakaian, bisnis pakaian menjadi bisnis yang bisa dikatakan sebagai bisnis yang tidak ada matinya. Sehingga, bisnis ini layak untuk dicoba kapan saja.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa menjadi reseller dengan metode PO/ pre-order sehingga modal untuk membeli bisa Anda dapatkan sebagian dari konsumen.

11. Bisnis Reseller Kerudung

Selanjutnya bisa juga dengan mencoba bisnis kerudung, langkah awal bisnis reseller coba dengan kerudung dengan harga murah terlebih dahulu. Kemudian, cari pasar dan tambah produk jika memang Anda sudah mendapatkan target pasar yang tepat.

12. Bisnis Reseller Produk Kecantikan

Bisnis reseller berikutnya bisa mencoba menjalankan bisnis reseller produk kecantikan. Jika memang tidak memiliki modal yang cukup bisa mencoba dengan membuka pesanan terlebih dahulu dan menetapkan konsumen untuk bisa membayar uang muka.

13. Bisnis Reseller Makanan Ringan

Mencoba bisnis modal mudah untung besar bisa Anda coba dengan membuka bisnis reseller makanan ringan. Makanan ringan ini bisa Anda repack kembali menjadi kemasan yang lebih kecil atau ukuran yang sama.

Contohnya saja, Anda membeli basreng satu kilo kemudian dijual kembali dengan ukuran dan harga yang lebih kecil. Ukuran ini bisa disesuaikan dengan target pasar kalian.

14. Bisnis Franchise Makanan/ Minuman Kekinian

Bisnis berikutnya Anda bisa mencoba mencoba Franchise makanan  atau minuman kekinian yang mungkin belum ada di daerah Anda.

15. Bisnis Baju Thrift

Bisnis menguntungkan lainnya adalah dengan menjadi reseller baju thrift, saat ini banyak konsumen yang mencari baju thrift karena mereka bisa mendapatkan baju bermerek namun dengan harga murah.

16. Membuka Toko Kelontong Sederhana

Ide bisnis berikutnya yang bisa Anda coba adalah membuka toko kelontong sederhana. Sekiranya modal yang Anda siapkan cukup. Baru kemudian dikembangkan menjadi toko yang lebih besar jika modal sudah terkumpul banyak.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan untuk Pemula

Tips Kelola dan Kontrol Bisnis Rumahan Jadi Profesional

Meskipun terkesan sederhana, bisnis rumahan tidak bisa diremehkan, karena jika dijalankan dengan serius akan membuka peluang omset yang luar biasa.

Banyak sekali contoh kisah inspiratif sukses dari usaha bisnis rumahan. Berikut tips bisnis rumahan jadi profesional:

1. Konsisten

Untuk mengelola bisnis rumahan agar menjadi bisnis yang profesional seorang pebisnis perlu konsisten dalam menjalankannya. Bisnis yang sukses dilakukan dengan serius dan penuh dedikasi.

Konsisten ini menjadi tips penting yang wajib dilakukan oleh seorang pebisnis agar bisnisnya bisa berjalan dengan lancar dan terus bisa berkembang.

2. Mengikuti Perkembangan Zaman

Tips berikutnya agar bisnis menjadi profesional adalah dengan mengikuti perkembangan zaman. Jika bisnis rumahan Anda seperti reseller atau produksi sendiri yang dipasarkan secara offline dan online Anda bisa memanfaatkan Aplikasi Pembukuan Online Shop ‘Beecloud + Plugin E-Commerce’.

Beecloud Ecommerce Untuk Toko Online Web

Beecloud + Plugin E-Commerce ini akan membantu Anda melakukan import data dari setiap transaksi dari marketplace (Shopee dan Tokopedia) ke dalam aplikasi pembukuan online shop, bisa mengontrol omset dan profit dimana saja, hingga melihat produk mana yang paling laris.

Selain itu, dengan menggunakan software ini Anda bisa melihat laporan penjualan per-channel serta memantau stok opname harian. Memudahkan bisnis dan meminimalisir pembengkakan biaya.

3. Mengelola Keuangan dengan Profesional

Tidak hanya mengikuti perkembangan zaman, seorang pebisnis juga perlu mengelola keuangan perusahaan mereka dengan profesional pula agar tidak terjadi kesalahan dan meminimalisir kerugian.

Untuk mengelolah keuangan ini Anda juga bisa langsung menggunakan software akuntansi online Beecloud tanpa perlu menggunakan software tambahan lainnya. Sekali berlangganan banyak masalah terselesaikan.

4. Melakukan Analisa Pasar

Selain melakukan optimasi internal bisnis, Anda juga perlu melakukan analisa pasar untuk mengetahui apa sebenarnya yang sedang digemari para konsumen, bagaimana sistem penjualan yang konsumen sukai dan beberapa hal lainnya.

Hal ini perlu dilakukan agar Anda semakin dekat dengan konsumen, produk yang Anda tawarkan juga menjadi produk yang memang dibutuhkan oleh mereka, sehingga angka penjualanpun akan semakin meningkat.

5. Terus Belajar dan Melakukan Evaluasi

Terakhir adalah melakukan avaluasi secara berkala agar bisnis bisa semakin baik di setiap periodenya. Urusan bisnis adalah belajar, sebab banyak hal baru yang akan ditemui oleh para pebisnis seiring perkembangan perilaku konsumen yang ada.a

Kesimpulannya, ide bisnis rumahan ada beragam yang bisa dicoba, rekomendasi di atas bukan menjadi satu-satunya, namun sekiranya bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan solusi. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

7+ Tips Memberi Nama Toko yang Bagus dan Mudah Diingat
Anda sedang bingung mencari nama toko yang bagus buat bisnis? Nama apa yang cocok digunakan, bagaimana tips memilih nama, semuanya
Baca Juga
Analisis Resiko Usaha: Penyebab, Jenis dan Cara Identifikasinya
Dalam dunia bisnis yang penuh dengan tantangan, risiko usaha menjadi faktor yang tidak dapat dihindari. Kewirausahaan selalu melibatkan potensi kerugian
Baca Juga
4 Contoh Proses Bisnis Sederhana dan Manfaatnya
Mengelola sebuah bisnis tidaklah mudah, untuk itu dibutuhkan tahapan-tahapan yang jelas tentang operasional bisnis nantinya. Inilah yang dinamakan proses berbisnis.
Baca Juga
Mau Belajar Membuat Akuntansi Laporan Keuangan? Ini Caranya!
Laporan keuangan berperan penting dalam operasional usaha, baik skala besar hingga kecil sekalipun. Selain memudahkan proses administrasi, juga memperlancar keuangan
Baca Juga
Manajemen Resiko, Prinsip, Jenis dan Prosedurnya
Proses manajemen resiko adalah  aspek penting dalam menjaga ketahanan perusahaan di tengah perubahan dan ketidakpastian. Dalam artikel ini, akan dijelaskan
Baca Juga
Mengenal Strategi Komunikasi Mudahkan Proses Pemasaran
Dalam dunia bisnis strategi komunikasi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan strategi komunikasi yang tepat, bisnis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu