Software Akuntansi Untuk Travel Agent dan Tour dari Bee.id

Thursday, 23 September 2021
Rininta Oktaviana
Rininta Oktaviana
Software-Akuntansi-Untuk-Travel-Agent-Tour

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

Anda punya usaha travel? Sudah coba pakai software akuntansi untuk travel agent dan tour belum? Bisnis travel dan tour menjadi satu dari beberapa bisnis yang jarang sepi pelanggan. Karena setiap harinya akan selalu ada orang yang mencari bisnis ini untuk menunjang kebutuhan mobilitas mereka.

Supaya pengelolaan bisnis jadi lebih terarah, Anda bisa meminta bantuan software akuntansi travel agent dan tour. Ini merupakan aplikasi komputer yang dirancang khusus bagi perusahaan travel dan tour. Software ini punya banyak fitur menarik. Salah satunya kemampuan untuk melaporkan perkembangan bisnis setiap hari.

Jika Anda tertarik membeli software akuntansi untuk travel agent dan tour, ada sejumlah kriteria yang perlu Anda perhatikan. Masing-masing kriteria ini akan menggambarkan mutu atau kualitas dari software tersebut. Apa saja kriterianya? Ini daftar lengkapnya!

Cari Software Akuntansi Untuk Travel Agent & Tour? Cek Beeaccounting, Yuk!

Software-Akuntansi-Untuk-Travel-Agent-Tour

Software Akuntansi Untuk Travel Agent & Tour (Sumber: Freepik.com)

Bisnis di era modern ini terus saja berkembang pesat. Salah satunya adalah bisnis travel agent dan tour. Bisnis ini semakin berkembang akibat padatnya angka mobilitas masyarakat setiap hari. Khususnya pada daerah perkotaan padat penduduk, dan juga daerah yang kaya akan spot wisata. Sarana transportasi darat, udara dan laut yang memadai juga mendukung bisnis ini untuk terus berkembang.

Keberadaan travel agent dan tour bertujuan memberikan kemudahan bagi siapa saja dalam hal transportasi. Sejauh ini, pebisnis travel dan tour juga berkomitmen baik dalam menciptakan terobosan baru demi kenyamanan pelanggan dalam bermobilitas. Bisnis ini memiliki lalu lintas transaksi yang begitu padat dalam setiap harinya.

Sehingga sangat memerlukan adanya penanganan dan kontrol yang signifikan terhadap setiap jenis transaksinya. Khususnya dalam hal manajemen keuangan. Tak jauh berbeda dari bisnis yang lain, uang juga menjadi persoalan paling krusial dalam hal ini. Masalah keuangan yang paling sering terjadi adalah luputnya sejumlah transaksi dari laporan keuangan, sehingga perputaran uang menjadi tidak seimbang.

laporan-keuangan-usaha-travel-agent

Laporan Keuangan Usaha Travel Agent Sangat Penting (Sumber: Pexels.com)

Dampak terburuknya, mungkin saja usaha travel Anda terpaksa tutup sebab mengalami kebangkrutan. Guna mengantisipasi permasalahan yang berhubungan dengan keuangan, Anda perlu software akuntansi untuk travel agent dan tour. Yakni sistem komputer yang punya kemampuan untuk menangani penjualan tiket, mencatat deposit uang muka dari pelanggan sampai dengan melaporkan perkembangan bisnis dari hari ke hari.

Software akuntansi yang mampu menjawab kebutuhan tersebut adalah Bee Accounting versi Gold dan juga Platinum. Tapi, mengapa harus Bee Accounting? Karena software ini sudah mengantongi salah satu kriteria dari software akuntansi yang baik. Yakni dilengkapi dengan modul akuntansi yang punya kemampuan untuk cek laporan laba/rugi secara berkala.

Kriteria Saat Membeli Software Akuntansi untuk Travel Agent dan Tour

Kriteria Saat Membeli Software Akuntansi untuk Travel Agent

Kriteria Membeli Software Akuntansi untuk Usaha Travel Agent (Sumber: Freepik.com)

Software dengan modul akuntansi dirasa yang paling pas untuk bisnis travel agent dan tour. Mengingat jenis transaksinya yang berbeda dari kebanyakan bisnis lain. Selain itu, ada sejumlah kriteria lain yang perlu Anda perhatikan ketika membeli software akuntansi untuk travel agent dan tour. Antara lain sebagai berikut.

1.      Melakukan Transaksi Penjualan

Transaksi yang terdapat dalam bisnis travel agent dan tour cukup berbeda dari kebanyakan bisnis pada umumnya. Transaksi yang pasti terjadi dalam bisnis ini adalah penjualan tiket. Tak sama dengan strategi penjualan biasanya, menjual tiket butuh strategi khusus. Sebab harganya cepat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Misalkan saja ketika musim libur. Harga tiket travel cenderung lebih mahal daripada biasanya. Momen ini biasanya menjadi kesempatan emas bagi pengusha travel agent dan tour untuk menggaet pelanggan sebanyak mungkin. Tak jarang mereka menawarkan diskon yang menggiurkan, dan juga menghadirkan layanan yang berbentuk paket liburan.

transaksi-penjualan-berantakan-waktu-ada-promo-travel-agent

Catatan Transaksi Penjualan Tetap Rapi Meski Sedang Promo Travel Agent (Sumber: Freepik.com)

Untuk bisa menjalankan strategi yang seperti ini, tentu perlu adanya perhitungan laba rugi yang baik. Apabila salah perhitungan, bukan hal yang mustahil usaha Anda mengalami kerugian alih-alih meraup untung. Maka dari itu, jangan membeli software akuntansi travel agent dan tour yang hanya mampu mencatat tiket.

Tetapi, cari software yang juga mampu menangani penjualan tiket kepada konsumen. Pastikan juga software yang Anda pilih mampu melakukan print out dan membuat jurnal secara otomatis.

2.      Bisa Mencatat Deposit dari Pelanggan

Software akuntansi untuk travel agent dan tour harus punya kemampuan mencatat deposit dari pelanggan. Apabila ada jual beli tiket, tentunya ada deposit dari pelanggan kepada vendor. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan catatan deposit secara manual. Hanya saja masih sering terjadi kekeliruan data yang berakibat pada kerugian agent travel dan tour.

Biasanya masalah ini terjadi pada saat lalu lintas transaksi sedang padat-padatnya, dan baru akan disadari ketika penghitungan atau pembuatan laporan keuangan. Maka dari itu, software akuntansi yang punya kemampuan mencatat deposit sangat Anda perlukan. Daripada mencatat manual, jelas software mampu bekerja lebih baik, cepat dan cermat. Sehingga Anda bisa mengontrol sisa uang deposit ke vendor dan memanfaatkannya untuk keperluan lain.

3.      Melakukan Transaksi Penjualan Paket Tour dan Travel

transaksi-penjualan-paket-tour-and-travel

Transaksi Penjualan Paket Tour dan Travel (Sumber: Unsplash.com)

Paket travel dan tour bisa dikatakan sebagai produk andalan jenis usaha ini. Transaksi ini paling sering dicari pada saat musim libur, khususnya di daerah yang memiliki destinasi pariwisata. Paket tour dan travel biasanya mencakup tiket hotel, biaya transportasi, biaya konsumsi dan juga biaya tiket untuk menikmati spot wisata.

Proses administrasi untuk penjualan paket tour dan travel sudah tentu berbeda dari transaksi per-orangan. Sebagai upaya menarik minat pelanggan, pihak travel agent dan tour biasanya menawarkan potongan harga khusus dan bonus-bonus lainnya. Trik marketing seperti ini membutuhkan perhitungan yang jeli supaya bisa mendapatkan keuntungan yang cukup.

Menggunakan software akuntansi khusus travel agent dan tour akan banyak membantu. Software ini bisa melakukan transaksi penjualan, mencatat pembayaran dari pelanggan, mencatat deposit, menghitung sisa deposit ke vendor, sampai dengan menangani pembayaran kepada pihak supplier. Semuanya bisa selesai lebih dua kali lebih cepat daripada menggunakan cara manual.

software-akuntansi-mempermudah-dan-mempercepat-transaksi

Kesimpulannya, temukanlah software akuntansi yang punya kemampuan untuk melakukan berbagai transaksi untuk perusahaan travel agent dan tour. Mulai dari penjualan tiket, penjualan paket travel dan tour, menangani pembayaran ke supplier, mencatat deposit pelanggan, membuat laporan keuangan, dan juga kemampuan untuk memantau perkembangan bisnis dari hari ke hari.

Sebagai langkah awal yang baik, kami sarankan untuk menggunakan Bee Accounting saja. Software ini punya kemampuan yang sangat baik dalam hal transaksi dan juga mengelola keuangan. Selain itu, ada layanan untuk uji coba gratis selama 30 hari. Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk menguji apakah software ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.

Jika Anda benar tertarik mencoba, Anda bisa membeli Bee Accounting versi gold atau versi platinum. Mengapa demikian? Sebab kedua versi ini yang paling memadai dan punya tools paling lengkap. Dan juga sudah dilengkapi dengan modul akuntansi sehingga layak menjadi software akuntansi untuk travel agent dan tour pilihan.

Banner Beecloud untuk Travel Agent

Banyak Berbagi Banyak Rejeki :
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on print
Print
Artikel Yang Mungkin Anda Suka :