Web Logo Bee
Penulis: Rizal Arisona

5 Langkah Membuat Bisnis Plan Sederhana Beserta Contohnya

Kategori:
Dipublish Tgl: Thursday, 27 October 2022

Anda mungkin pernah mendengar istilah "bisnis plan" saat bertemu dengan rekan bisnis, tetapi apa arti sebenarnya? Dan seperti apa contoh bisnis plan yang benar?

Membuat rencana bisnis tidak harus sulit - cukup ikuti langkah-langkah sederhana ini dan Anda akan memilikinya dalam waktu singkat.

Apa itu Bisnis Plan?

Jadi, Anda ingin memulai menaikkan kelas bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah membuat bisnis plan.

Tapi apa itu business plan, dan mengapa Anda membutuhkannya?

Business plan adalah dokumen yang menguraikan tujuan bisnis Anda dan bagaimana Anda berencana untuk mencapainya. Ini adalah alat yang dapat membantu Anda tetap berada di jalur yang benar dan memastikan Anda membuat kemajuan menuju tujuan Anda.

Bisnis plan juga penting saat mencari investasi atau pendanaan dari investor atau bank untuk bisnis Anda.

Mengapa Perlu Bisnis Plan?

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa saya memerlukan business plan? Apa saja tujuan membuat business plan ?

  1. Sebagai acuan perkembangan bisnis bagi anda sendiri
  2. Sebagai acuan untuk merencanakan anggaran dan keuangan perusahaan
  3. Sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja perusahaan
  4. Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis

Selain itu, ini merupakan persyaratan bagi banyak sumber pendanaan, jadi jika Anda mencari pembiayaan, Anda memerlukan rencana bisnis di tangan.

Cara Membuat Business Plan

Cara Membuat Business Plan (Sumber: Freepik.com)

Rencana bisnis memang berperan penting dalam suatu bisnis. Tanpa business plan, anda tidak akan tahu arah dan tujuan mana yang ingin anda capai. Anda juga tidak akan tahu bagaimana cara memulai dan mengembangkan bisnis anda. Dengan adanya business plan, anda dapat menjadikan bisnis anda lebih profesional dan berkesinambungan.

Tidak ada cara yang benar atau salah untuk membuat rencana bisnis - bisa sesederhana atau serumit yang Anda inginkan. Tetapi dengan mengikuti lima langkah ini akan membantu Anda membuat rencana yang mudah dipahami dan digunakan.

Apa yang Harus Dicantumkan dalam Rencana Bisnis?

Rencana bisnis harus mencakup ringkasan eksekutif, analisis pasar, analisis SWOT, sasaran bisnis, strategi pemasaran, rencana operasional, dan rencana keuangan. Selain itu, Anda juga harus mencantumkan bagan organisasi perusahaan, profil manajemen, dan rincian biaya.

Berikut 7 Komponen Penting dalam Business Plan :

1. Exsecutive Summary Perusahaan

Menjelaskan secara singkat tentang business plan yang akan Anda rancang.

2. Profil Perusahaan dan Bagan Organisasi

Berisi informasi data perusahaan seperti : latar belakang, visi dan misi, goal perusahaan dan mitra usaha. Profil manajemen akan membantu calon investor atau pemberi pinjaman untuk mengetahui siapa yang mengelola perusahaan dan apa kualifikasi mereka. Hal ini akan memberi mereka gambaran tentang bagaimana perusahaan akan dijalankan.

3. Analisa SWOT

Menguraikan Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman perusahaan

4. Sasaran Bisnis dan Strategi Pemasaran

Tentukan sasaran bisnis Anda dan buatlah strategi pemasaran yang tepat untuk mencapainya.

5. Rencana Operasional

Berisi langkah-langkah operasional untuk mencapai sasaran bisnis, seperti pembuatan produk atau jasa, proses bisnis, dan lain sebagainya.

6. Rencana Keuangan dan Rincian Biaya

Berisi estimasi kebutuhan dana dan asumsi pendapatan. Rencana keuangan akan membantu Anda menentukan modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis Anda, sehingga Anda dapat menentukan anggaran yang tepat.

Cara Membuat Anggaran Tahunan dan Kontrol Realisasinya di Beecloud

7. Komponen Lain

Selain komponen di atas, Anda juga harus menyertakan beberapa dokumen pendukung lain seperti studi kelayakan bisnis, rencana bisnis tahunan, dan laporan keuangan perusahaan.

Jika Anda ingin membuat rencana bisnis yang efektif, pastikan untuk mencakup seluruh aspek yang disebutkan di atas. Anda dapat menyesuaikan isi rencana bisnis sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Rencana bisnis yang baik akan membantu Anda untuk mengembangkan sebuah ide bisnis menjadi sebuah bisnis yang sukses. Hal ini juga dapat menjadi alat yang berguna bagi Anda untuk mengukur kinerja perusahaan, sehingga Anda dapat menyesuaikan langkah-langkah Anda sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

Template Daftar Pustaka Business Plan

Template Daftar Pustaka Contoh Bisnis Plan (Sumber: sis.binus.ac.id)

Tapi jangan khawatir, membuat rencana bisnis tidak harus sulit. Bahkan, bisa jadi mudah jika Anda mengikuti lima langkah sederhana ini.

Cara Membuat Rencana Bisnis Sederhana

Membuat bisnis plan sederhana lebih mudah dari yang Anda pikirkan. Ikuti saja 5 langkah sederhana ini:

1. Kenali bisnis Anda luar dalam. Apa yang Anda jual? Siapa target audiens Anda? Apa nilai jual unik Anda? Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang semua hal ini bahkan sebelum Anda mulai menulis rencana bisnis Anda.

2. Buat garis besar tujuan dan sasaran Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan bisnis Anda? Berapa banyak pelanggan yang ingin Anda tarik? Apa sasaran jangka panjang Anda?

3. Perkirakan biaya awal Anda. Ini termasuk segala sesuatu mulai dari perlengkapan kantor, materi pemasaran hingga gaji karyawan. Penting untuk memiliki perkiraan yang akurat sehingga Anda tidak kehabisan uang bahkan sebelum bisnis Anda mulai berjalan.

4. Buat perkiraan keuangan. Ini akan menunjukkan berapa banyak uang yang diharapkan akan dihasilkan bisnis Anda di tahun depan, 5 tahun, dan 10 tahun. Penting untuk memiliki harapan yang realistis, terutama pada tahap awal bisnis Anda.

5. Terakhir, satukan semuanya dalam satu paket yang rapi dan teratur. Rencana bisnis Anda harus mudah dibaca dan dipahami. Pastikan Anda menyertakan semua detail penting, dan jangan lupa untuk memperbaruinya seiring perkembangan bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Cara Membuat Anggaran Tahunan untuk Bisnis dan Contohnya

Contoh Bisnis Plan dalam Bentuk Mind Map

Selain membuat bisnis plan dalam bentuk bagan atau word, Anda bisa juga membuatnya dalam bentuk Mind Map seperti berikut ini

Contoh Business Plan Berupa Mind Map

Contoh Business Plan Berupa Mind Map (Sumber: Moqups.com)

Untuk membuatnya, Anda bisa gunakan aplikasi Moqups.

Jika Anda Sudah Memiliki Bisnis Plan, Apa yang Harus Anda Lakukan Selanjutnya?

Nah, yang paling penting adalah meninjau rencana bisnis Anda secara teratur dan melakukan evaluasi setiap bulan. Anda juga harus memperbarui rencana Anda setiap kali ada perubahan signifikan dalam bisnis Anda - seperti peluncuran produk baru, misalnya.

Dan jangan lupa untuk membagikan rencana bisnis Anda dengan tim Anda! Mereka harus setuju dengan strategi Anda, jika mereka akan membantu mewujudkannya. Semakin banyak orang yang tahu tentang rencana bisnis Anda dan apa yang ingin Anda capai, semakin baik.

Jadi, itulah hal-hal penting yang perlu diingat jika Anda sudah memiliki rencana bisnis. Tetapi jika Anda baru memulai, jangan khawatir-tidak ada kata terlambat untuk membuatnya. Cukup ikuti lima langkah mudah ini dan Anda akan segera memulai.

Kesimpulan

Rencana bisnis adalah alat penting untuk bisnis apa pun, baik Anda baru memulai atau sudah berbisnis selama bertahun-tahun. Rencana bisnis membantu Anda untuk mengatur pemikiran Anda dan menghasilkan strategi untuk bisnis Anda.

Ada banyak cara berbeda untuk membuat rencana bisnis, tetapi lima langkah di atas adalah cara yang baik untuk memulai. Anda dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan bisnis Anda sendiri, dan Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak informasi sesuai kebutuhan.

Jadi, itu tadi pengertian, contoh bisnis plan dan cara membuatnya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menyusun atau merencanakan bisnis Anda menjadi lebih baik.

Ini Dia Macam-Macam Bukti Transaksi yang Harus Diketahui!
Beberapa orang mengaku bahwa mereka suka menyimpan macam-macam bukti transaksi, tujuannya agar jika ingin mengembalikan atau menukar barang yang sudah […]
Baca Juga
Pentingnya Standar Operasional Prosedur Perusahaan
Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang baik dan benar akan menentukan bagaimana masa depan suatu perusahaan. SOP menjadi sebuah tolak ukur […]
Baca Juga
Strategi dan Estimasi Keuntungan Usaha Rental Mobil
Memulai usaha rental mobil memang akan membutuhkan strategi tertentu di dalamnya. Dengan begitu, peluang kesuksesan yang dapat Anda peroleh bisa selalu […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Copyright © 2022 Bee.id
magnifiercrossmenu