Logo Bee Web

4 Ciri Ciri Sistem Ekonomi Komando dan Kelebihannya

Ada setidaknya empat ciri-ciri sistem ekonomi Komando dan tiga kelebihan utama sistem ekonomi komando. Apa saja?
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 19 March 2023

Sistem ekonomi komando mempunyai istilah lain, yaitu sistem ekonomi terpusat. Di Indonesia, sistem ekonomi ini bukanlah satu-satunya, ada juga sistem ekonomi kapitalis atau liberalis serta sistem ekonomi campuran. Pahami ciri-ciri sistem ekonomi Komando agar bisa membedakannya.

Sistem ekonomi komando adalah suatu sistem wadah yang digunakan oleh pemerintah dalam membuat keputusan ekonomi. Tujuan diciptakannya sistem ini adalah untuk membantu pemerintah agar bisa menjadi lebih kolektif serta memiliki alat produksi yang sifatnya mandiri.

Maksudnya alat produksi tersebut tidak bergantung pada hukum penawaran atau permintaan dalam ekonomi pasar. Sistem ekonomi terpusat dilakukan dengan menerapkan berbagai pembatasan di berbagai aktivitas ekonomi yang dikerjakan oleh anggota masyarakat.

Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando

Ekonomi Komando (1)

Untuk membedakan sistem ekonomi terpusat dengan dua sistem ekonomi lainnya, ada beberapa ciri yang perlu diperhatikan. Semua ciri tersebut bisa dilihat di bawah ini.

1. Sumber ekonomi

Pemilik sumber ekonomi adalah pemerintah, dengan sumber ekonominya sendiri berupa tanah, alat produksi, dan modal. Individu tidak mempunyai kebebasan, khususnya dalam memproduksi atau memiliki sumber daya tertentu.

2. Ketersediaan produk

Produk yang beredar di pasar merupakan produk yang berdasarkan keinginan pemerintah dan bukan merupakan produk yang dihasilkan oleh kreasi masyarakat. Hal ini berarti ada kesenjangan dalam pemenuhan kebutuhan.

Baca Juga: Tips Manajemen Gudang untuk Kontrol Stok Barang

3. Pihak swasta

Ciri sistem ekonomi Komando yang berikutnya adalah pihak swasta tidak memiliki pengaruh besar, terutama terhadap sumber daya atau pasar yang ada. Selain itu, pihak swasta juga tidak mempunyai hak dalam melakukan aktivitas perekonomian secara bebas.

4. Warga negara

Masyarakat atau warga negara harus mengikuti peraturan yang telah pemerintah tetapkan. Warga negara tersebut tidak mempunyai kebebasan dalam menentukan apa yang diinginkan. Selain itu, seluruh warga negara merupakan karyawan bagi negara.

Kelebihan Sistem Ekonomi Komando

Sistem ekonomi terpusat hadir dengan berbagai kelebihan tapi juga membawa beberapa kekurangan. Ada tiga negara yang saat ini menerapkan sistem ekonomi komando, yaitu Korea Utara, Cina, dan Kuba. Apa saja kelebihan yang dibawa oleh sistem ekonomi terpusat?

Sistem Ekonomi Komando

Keunggukan Sistem Ekonomi Komando Bisa Menekan Angka Pengangguran (Kredit: Freepik.com)

1. Menekan angka pengangguran

Dilihat dari ciri-ciri sistem ekonomi Komando di atas, bisa disimpulkan bahwa sistem ekonomi ini bisa membantu menekan angka pengangguran di negara yang menerapkannya. Hal ini karena pihak pemerintah yang mempunyai kendali penuh terhadap sumber daya dan seluruh faktor produksi.

Contohnya adalah Korea Utara yang menerapkan sistem ekonomi terpusat. Di negara tersebut, karyawan BUMN harus merupakan warga negara Korea Utara. Peluang kerja untuk masyarakat asli terbuka lebar sehingga pengangguran bisa dikurangi.

2. Tersedia jaminan bagi warga negara

Perekonomian negara akan dinilai maju jika tujuan penerapan sistem ekonomi adalah untuk mensejahterakan rakyatnya. Beberapa contoh sistem ekonomi Komando menunjukkan bahwa pemerintah akan menguasai faktor produksi.

Hal ini berarti pemerintah bisa menciptakan jasa maupun produk yang bagus, berkualitas, dan tentunya sesuai dengan kebutuhan warga negara. Warga negara pun tidak perlu mengkhawatirkan kebutuhan hidup yang berkualitas karena semuanya sudah disediakan oleh pemerintah.

3. Harga bisa dikendalikan dengan mudah

Karena pemerintah merupakan pengendali sistem ekonomi terpusat, maka harga berbagai produk di pasaran bisa lebih mudah dikendalikan. Pemilik bisnis dan pihak swasta tidak mempunyai kebebasan dalam menurunkan atau menaikkan harga sesuka hati.

Para pemilik bisnis atau pihak swasta tersebut hanya bisa mencari keuntungan tanpa berlaku semena-mena terhadap harga. Itulah sebabnya negara dengan sistem ekonomi terpusat memiliki harga yang jauh lebih stabil dan mampu mencapai permintaan ekonomi dengan mudah.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi: Jenis, Pelaku, Contoh, dan Tips Optimasi

Kekurangan Sistem Ekonomi Komando

Selain ciri-ciri sistem ekonomi Komando dan tiga kelebihan yang disebutkan di atas, pahami juga beberapa kelemahan sistem ekonomi terpusat. Di bawah ini beberapa kelemahan yang dibawa oleh sistem ekonomi komando.

Produk Tidak Sesuai

Kekurangan dari Penerapan Ekonomi Komando adalah Produk tidak Sesuai (Kredit: Freepik.com)

1. Produk tidak sesuai

Berbagai produk yang dihasilkan oleh pemerintah bisa jadi tidak sesuai dengan permintaan konsumen. Akibatnya, konsumen pun mencari cara untuk memenuhi kebutuhannya. Dan salah satu cara yang sering dipilih adalah melalui pasar gelap.

Pasar gelap memungkinkan konsumen untuk memperoleh barang yang tidak disediakan oleh pemerintah. Upaya pemerintah untuk mengendalikan keberadaan pasar gelap malah akan melemahkan dukungan terhadap sistem ekonomi komando.

2. Menghambat inovasi

Sistem ekonomi terpusat juga sangat menghambat inovasi, karena pemerintah mempunyai peran penuh, khususnya dalam mengatur seluruh kegiatan ekonomi di suatu negara. Hal ini membuat inovasi atau solusi baru tidak bisa dikembangkan.

3. Mobilisasi berjalan dengan cepat

Mobilisasi suatu negara yang berlangsung dengan cepat akan membuat suatu sistem ekonomi suatu negara mampu mengurangi kebutuhan masyarakat. Sebagai contoh, pemerintah bisa jadi akan menginformasikan para pekerja mengenai pekerjaan tertentu untuk memproduksi kebutuhan rakyat.

Selain mengetahui ciri-ciri sistem ekonomi Komando, memahami kelebihan serta kekurangan sistem ekonomi terpusat juga sangat penting. Dengan memahami semuanya, Anda jadi bisa melakukan perbandingan dan menemukan sistem ekonomi mana yang terbaik bagi suatu negara.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu melakukan dalam menjalankan bisnis pada sistem ekonomi komando ini, Anda juga perlu melakukan pencatatan transaksi secara terstruktur agar mudah dalam mengatur dan memantaunya.

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Coba saja gunakan software akuntansi Beeaccounting, tidak pelu koneksi internet beli sekali akses gratis seumur hidup, sudah bisa melakukan pembukuan transaksi dengan mudah, laporan keuangan langsung jadi, pantau stok pasti klop dan fitur-fitur lainnya.

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Manajemen Piutang Efektif: Kurangi Risiko Kredit Macet
Manajemen piutang merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan piutang merupakan aset
Baca Juga
Brand Awareness adalah Kesadaran, Begini Penjelasannya
Brand Awareness adalah sebuah kesadaran merek seorang konsumen tentang sebuah merek yang mereka beli, biasanya mereka sudah tidak ragu lagi
Baca Juga
RAB: Fungsi, Metode Penghitungan dan Cara Membuatnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang RAB? Dalam dunia konstruksi, RAB atau rencana anggaran biaya, seringkali menjadi acuan untuk menghitung biaya
Baca Juga
Mengenal Apa itu Wirausaha? Ciri-ciri dan Tujuannya
Apa itu Wirausaha? Wirausaha adalah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha
Baca Juga
Pengertian Etika Bisnis, Prinsip, Tujuan dan Manfaatnya Untuk Pebisnis
Pengertian Etika Bisnis Etika Bisnis merupakan aturan yang tidak tertulis dalam menjalankan suatu bisnis berlandaskan norma dan perilaku yang mencakup
Baca Juga
Berapa Gaji Kasir Cafe dan Bagaimana Cara Menghitungnya?
Gaji kasir cafe merupakan salah satu peran penting dalam industri cafe. Kasir tidak hanya melakukan transaksi pembayaran dengan pelanggan, namun
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu