Web Logo Bee
Penulis: Lutfatul Malihah

15 Bidang Bidang Akuntansi dan Penjelasannya, Lengkap!

Kategori:
Dipublish Tgl: Saturday, 18 March 2023

Sedang belajar akuntansi adalah untuk kepentingan bisnis atau sekolah Anda wajib mengetahui apa saja jenis bidang bidang akuntansi yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada akuntansi keuangan, pendidikan sampai pemeriksaan.

Sebab, ilmu akuntansi sendiri merupakan ilmu yang lura dan bisa mencakup berbagai bidang kehidupan. Sedangkan akuntansi sendiri diartikan sebagai cara untuk mencatat, meringkas, mengklasifikasi dan mengidentifikasi setia adanya transaksi. Berikut penjelasan lebih detail mengenai bidang apa saja yang ada dalam akuntansi.

15 Bidang Bidang Akuntansi dan Penjelasan Lengkapnya

Bidang akuntansi

Mengenal Bidang-Bidang dalam Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Berikut ini deretan jenis bidang-bidang dalam akuntansi, lengkap dengan penjelasannya:

1. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Pertama adalah bidang keuangan atau financial accounting, dimana bidang ini berkaitan dengan seluruh unik ekonomi secara menyeluruh da berkaitan dengan pelaporan keuangan perusahaan baik untuk pihak internal maupun eksternal.

Adapun kegiatan yang dilakukan dalam akuntansi keuangan ini meliputi cara membuat laporan neraca perusahaan, cara membuat laporan laba rgi, perubahan modal dan beberapa lainnya, yang dilakukan dalam satu periode akuntansi.

2. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Berikutnya adalah akuntansi biaya dalam bahasa Inggris disebut dengan cost accounting. Akuntansi biaya sendiri adalah kegiatan mencatat, menghitung dan menganalisa data keuangan perusahaan dalam menentukan besarnya harga pokok produksi sebuah produk.

Fokus pada bidang ini pada penyusunan laporan keuangan guna dapat menentukan dan mengontrol biaya yang dikeluarkan perusahaan baik untuk kepentingan operasional tidak atau activity based costing

Baca Juga: Mengenal Akuntansi Biaya, Jenis, Unsur, Fungsi, dan Siklus

3. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Berikutnya ada akuntansi manajemen, akuntansi ini berfungsi untuk memberikan informasi kepada pihak manajemen terhadap usaha yang sedang dijalankan. Akuntansi manajemen ini berkesinambungan dengan akuntansi biaya.

Sebab, banyak laporan keuangan dan data-data dari akuntansi biaya digunakan pada bidang ini. Sehingga, bisa dikatakan meskipun keduanya berjalan di bidang yang berbeda namun bisa dikerjakan di waktu yang sama.

Adapun terkait fungsi dari akuntansi manajemen sendiri adalah mengendalikan kegiatan perusahaan, memonitor arus kas dan melakukan analisa dan nilai alternatif dari keputusan yang diambil perusahaan.

4. Akuntansi Pajak (Tax Accounting)

Selanjutnya adalah biang akuntansi perpajakan, seperti namanya biang akuntansi ini digunakan untuk memanajemen urusan yang berkaitan dengan pajak yang sudah menjadi beban perusahaan.

Urusan ini mencakup cara menghitungnya untuk kepentingan pelaporan pajak setiap tahunnya. Sederhananya, akuntansi pajak ini berfungsi sebagai pengendali dalam menentukan pilihan transaksi perusahaan yang berkaitan dengan pajak serta Undang-Undang yang mengaturnya.

5. Auditing Accounting

Audit Adalah

Ilustrasi Proses Akuntansi Auditing (Sumber: Frepik.com)

Berikutnya adalah akuntansi pemeriksaan, bidang ini berhubungan dengan audit yang dilakukan pada hasil laporan yang dikeluarkan oleh akuntansi keuangan.

Adanya akuntansi bidang auditing ini akan menjadikan laporan keuangan yang dihasilkan menjadi lebih dipercaya. Selain itu, adanya auditing ini digunakan untuk mengarahkan agar proses penyusunan laporan keuangan sesuai dengan prosedur, kebijakan dan standar yang berlaku.

Dari sinilah yang menjadikan auditing harus memiliki sifat yang objektif dan independensi dari pemeriksaan yang dilakukan. Dan tetap menjaga dan memeriksa kerahasiaan dari bukti-bukti yang relevan.

6. Akuntansi Penganggaran (Budgeting)

Berikutnya ada akuntansi penganggaran atau budgetary accounting, adalah bidang yang bergerak pada kegiatan pengelolaan data perusahaan berkaitan dengan perencanaan masa depan.

Dengan adanya akuntansi ini perusahaan bisa melihat dan merencanakan kegiatan mereka di masa yang akan datang berdasarkan dengan analisis finansial. Mulai dari menghitung proyeksi sampai forecasting.

7. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Ketujuh ada akuntansi pemerintahan, seperti namanya bidang ini mengarah pada pencatatan, analisa dan pelaporan data yang terjadi pada badan pemerintah.

Tidak hanya melaporkan daya keuangan saja, pihak yang bertuga juga bis menjabarkan tanggung jawab terhadap operasional pemerintah kepada keuangan negara.

8. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Sia Atau Sistem Informasi Akuntansi Ilustrasi Kalkulator

Sia Atau Sistem Informasi Akuntansi Ilustrasi Kalkulator (Sumber: Freepik.com)

Selanjutnya ada sistem akuntansi, bidang sistem ini berkaitan degan prosedur dan aturan pencatatan serta penyajian laporan akuntansi sebuah perusahaan atau institusi, agar lebih aman dan efektif.

Baca Juga: Akuntansi UKM: Aplikasi Pembukuan Sederhananya Usaha Kecil

9. Akuntansi Perbankan (Banking Accounting)

Secara umum akuntansi perbankan merupakan akuntansi yang bergerak di bidang perbankan, mencakup proses akuntansi dalam bank seperti pencatatan sampai penafsiran data keuangan bank.

Dilakukan secara sistematis dan dapat memberikan informasi secara lengkap dan detail kepada pihak yang berkepentingan baik dari internal bank maupun eksternal bank.

10. Akuntansi Internasional (International Accounting)

Seperti namanya, akuntansi internasional ini mencakup transaksi keuangan tanpa memandang batas negara dan biasanya dalam salah satu aktivitasnya bidang akuntansi ini membandingkan prinsip akuntansi dari negara satu ke negara yang lainnya.

11. Akuntansi Sosial (Social Accounting)

Akuntansi Sosial adalah bidang akuntansi bergerak dalam bidang yang menangani proses komunikasi mengenai dampak sosial dan lingkungan dari tindakan ekonomi oleh sebuah badan usaha kepada kelompok masyarakat tertentu.

Gampangannya, akuntansi sosial ini ada untuk melayani program tanggung jawab sosial sebuah perusahaan. Contoh paling umum praktek akuntansi sosial adalah pemberian beasiswa kepada masyarakat, adanya kelompok swadaya masyarakat yang dibuat oleh perusahaan atau CSR dan sejenisnya.

12. Akuntansi Pendidikan (Educational Accounting)

Kemudian ada bidang pendidikan, dimana bidang ini fokus pada pendidikan akuntansi. Seperti pembelajaran dan pengajaran dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan masalah pendidikan.

Dengan adanya akuntansi pendidikan ini bisa dikatakan sebagai kebijakan desentralisasi yang diyakini bisa meningkatkan relevansi, efisiensi, pemerataan dan meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri.

Adapun hal-hal yang berkaitan dengan akuntansi pendidikan ini meliputi anggaran sekolah, manajemen sekolah, partisipasi orang tua, akuntabilitas pelaksanaan pendidikan dan infrastruktur sekolah.

13. Akuntansi Sektor Publik

Berikutnya ada akuntansi sektor publik, bidang akuntansi yang mengelola dana masyarakat juga mekanisme teknis dan analisis akuntansi yang dijalankan dalam prose pengelolaan. Jenis akuntansi ini biasanya hanya diterapkan oleh lembaga-lembaga tinggi negara dan departemen yang menjalankannya.

14. Akuntansi Perilaku

Terakhir adalah akuntansi perilaku, pada bidang  ini sangat mempertimbangkan adanya faktor perilaku dari pekerja yang bisa menimbulkan proses akuntansi perusahaan.

Karena, dalam operasional perusahaan perilaku pekerja sangat mempengaruhi keputusan yang diterapkan oleh perusahaan. Bidang akuntansi perilaku ini juga disebut dengan human resource accounting atau akuntansi sumber daya manusia (SDM).

Nah, untuk Anda pebisnis yang tidak sempat belajar akuntansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi Beeaccounting untuk mengelola dan memanajemen bisnis Anda.

Beeaccounting Catat Jual Beli Bayar Langsung Jadi Laporan Keuangan

Baik dari segi keuangan, laporan keuangan sampai manajemen stock bisa diatur dengan mudah menggunakan Beeaccounting. Sistemnya yang offline menjadikan Anda lebih hemat kuota, tidak pusing lagi mikirin susah sinyal. Yuk pakai Beeaccounting, sekali daftar Anda akan mendapatkan akses seumur hidup gratis. Tunggu apa lagi?

Rumus Elastisitas serta Hubungannya dengan Permintaan dan Penawaran
Rumus elastisitas akan sangat berkaitan dengan ilmu ekonomi yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Konsep elastisitas ini diciptakan untuk mengukur […]
Baca Juga
Pelatihan Software Akuntansi beserta Program Aplikasinya
Banyaknya program pelatihan software akuntansi yang ada, baik langsung atau pun secara virtual, adalah bukti nyata ekonomi global sedang berada […]
Baca Juga
Software Laporan Keuangan Terbaik untuk Berbagai Jenis Usaha
Setiap bisnis atau usaha pasti membutuhkan laporan tentang status keuangan. Laporan tersebut akan digunakan untuk analisis pertumbuhan dan perkembangan suatu […]
Baca Juga

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Web Bee Logo
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Kontak
No. GSM klik bawah ini
Logo GSM Telp
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No. 41B, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2023 Bee.id
magnifiercrossmenu