Logo Bee Web

COD Artinya Cash On Delivery, Seperti Inilah Cara Menerapkannya

COD artinya pembayaran yang dilakukan secara langsung saat produk sampai ke pihak pembeli. Simak penjelasan berikut ini.
Penulis: Al Faris
Dipublish Tgl: Saturday, 25 February 2023

COD artinya sistem pembayaran langsung. Saat ini banyak sekali metode pembayaran yang tersedia sehingga mampu memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Sistem COD dinilai lebih praktis karena dilakukan secara langsung dan tidak membutuhkan rekening.

Metode pembayaran ini tentu sangat cocok bagi pembeli yang memiliki uang cash atau berada jauh dari lokasi mesin ATM. Sistem pembayaran ini diketahui lebih aman dan rendah penipuan. Dengan begitu pembeli bisa merasa nyaman melakukan transaksi.

Apa Arti COD?

Apa Arti Cod

ilustrasi pengiriman barang COD (sumber: Unsplash)

COD artinya Cash on Delivery. Istilah ini diadaptasi dari Bahasa Inggris. Sistem pembayaran langsung ini bisa dilakukan dengan adanya persetujuan antara pembelian dan penjual. COD tidak hanya bisa diterapkan untuk pertemuan secara langsung antara penjual dan pembeli.

Namun juga sudah diterapkan pada sistem belanja online. Jasa pengiriman akan menjadi perantara yang mengantarkan barang yang dijual oleh penjual kepada pembeli. Dengan menggunakan metode ini, pembeli memiliki waktu yang cukup untuk dapat mempersiapkan uang dan bisa melakukan pembayaran penuh ketika produk yang dibeli datang. Konsumen tidak perlu takut uang akan hilang, karena pembayaran akan dilakukan setelah barang diterima.

Sedangkan Non COD artinya metode pembayaran di lakukan di luar sistem COD atau tidak dilakukan ketika barang diterima, sebagai opsi bisa denan transfer bank, pembayaran kredit atau debut, voucher, pembayaran digital dan beberapa opsi lainnya.

Metode pembayaran non COD umumnya lebih praktis dan efisien untuk penjual, karena tidak memerlukan penanganan tunai saat pengiriman barang. Pembayaran Non COD dinilai lebih praktis namun semua tergantung dengan pribadi konsumen masing-masing.

Cara Kerja Sistem COD (Cash On Delivery)

Cara Kerja Sistem Cod pembayaran langsung

ilustrasi transaksi sistem COD (sumber: Istockphoto)

Arti cod adalah pembayaran yang dilakukan secara langsung. Sistematika pembayaran ini cukup praktis dan lebih aman untuk pembeli maupun penjual. Dengan begitu transaksi bisa dilakukan secara nyaman tanpa harus takut adanya penipuan.

Pembelian dan sistem pembayaran COD bisa dilakukan atas persetujuan dari pihak pembeli dan penjual. Dalam pertemuan langsung, kedua pihak akan menentukan lokasi pertemuan. Penjual akan membawa produk dan pembeli membawa uang yang akan dibayar.

Ketika bertemu, pihak pembeli bisa melakukan pengecekan terhadap produk terlebih dahulu dan melakukan pembayaran secara tunai. Transaksi pun selesai setelah pembeli menerima uang dari hasil penjualan produk.

Dalam sistem belanja online, setelah transaksi dilakukan barang akan dikirimkan ke pembeli. Nantinya pembeli harus melakukan pembayaran secara tunai terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan barang yang diinginkan.

Dalam proses ini, terdapat jasa pengirim yang berperan sebagai pihak ketiga. Pengiriman produk akan dilakukan oleh pihak ketiga, bukan penjual secara langsung. Pihak jasa pengirim akan menerima uang pembayaran dari pembeli. Setelah dikonfirmasi, nantinya dana tersebut akan masuk ke akun penjual.

Kekurangan dan Kelebihan Sistem COD

Tidak hanya COD artinya apa saja yang perlu dipahami. Namun juga perlu diketahui, bahwa setiap metode pembayaran memiliki kelebihan dan kekurangan.

Begitu juga dengan sistem COD. Dengan memahami hal tersebut, penjual dan pembeli dapat melakukan pertimbangan terbaik untuk menerapkannya. Simak informasinya sebagai berikut.

1. Kekurangan Sistem COD

Pahaman tentang apa arti cod merupakan hal dasar yang dibutuhkan untuk bisa memberikan ragam pilihan metode pembayaran kepada pembeli. Ada beberapa kekurangan dari metode COD, berikut informasinya.

a. Pencatatan Sulit

Alat pembayaran yang digunakan dalam sistem COD adalah uang tunai. Penjual perlu melakukan pencatatan secara manual karena produk yang keluar tidak langsung dibayar, melainkan harus menunggu konsumen membayarnya terlebih dahulu.

Proses pembayaran akan dilakukan saat paket sudah sampai. Arus kas bisa saja sedikit terganggu karena adanya perbedaan waktu keluar barang dan penerimaan pembayaran.

b. Transaksi Lama

COD artinya pembayaran yang dilakukan ketika barang diterima. Metode pembayaran ini membutuhkan waktu transaksi yang lebih lama karena harus menunggu barang yang dikirim sampai ke lokasi pembeli terlebih dahulu.

Lamanya waktu pengiriman ditentukan dari lokasi pembeli sehingga estimasi waktu transaksi dengan sistem COD bisa beragam.

c. Ada Biaya Tambahan

Biaya administrasi yang ditetapkan untuk sistem COD akan berbeda jika dibandingkan dengan sistem pembayaran lainnya.
Hal tersebut terjadi karena pihak jasa pengirim yang berperan sebagai perantara menerapkan biaya tambahan untuk sistem pembembayaran dengan COD.

2. Kelebihan Sistem COD

Metode pembayaran COD memiliki banyak kelebihan yang dapat membantu pembeli dan penjual bertransaksi. Berikut beberapa diantaranya.

a. Praktis

Sistem pembayaran dengan COD tentu jauh lebih praktis karena konsumen tidak harus memiliki rekening untuk melakukan transaksi.
Konsumen hanya perlu menunggu paket datang ke alamat tujuan dan melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang ditagihkan. Untuk sistem belanja online, umumnya jumlah pembayaran COD akan terlihat pada label pengiriman.

b. Terjamin

Barang yang dibeli dengan menggunakan sistem pembayaran COD akan dikirim oleh pihak jasa pengiriman yang sudah terpercaya.
Sehingga produk dijamin sampai tepat waktu dengan kondisi yang bagus. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dan bisa melakukan transaksi secara lebih nyaman.

c. Media Promosi

COD artinya memberikan waktu kepada pembeli untuk menyiapkan uang karena pembayaran dilakukan secara tunai. Selain sebagai sarana pembayaran, COD juga dapat berperan sebagai media promosi.

Dengan adanya sistem pembayaran yang mudah, konsumen dapat lebih tertarik untuk melakukan transaksi. Dengan begitu target penjualan juga bisa lebih luas dan menjangkau lebih banyak konsumen.

d. Dapat Membangun Kepercayaan Konsumen

Menyediakan metode pembayaran COD dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah toko. Pembeli tidak perlu melakukan pembayaran sebelum barang sampai ke lokasi.

Kebanyakan konsumen tidak jadi berbelanja karena merasa ragu barang tidak dikirim atau penipuan. Dengan adanya metode pembayaran ini, konsumen bisa lebih yakin dan percaya untuk melakukan transaksi.

Tips Transaksi COD untuk Penjual

COD adalah sistem pembayaran langsung secara tunai. Sedangkan non cod artinya transaksi yang dilakukan melalui metode transfer atau yang lainnya.

Artinya transaksi pembayaran tidak dilakukan secara langsung. Agar lebih nyaman bertransaksi dengan metode ini, penjual perlu memperhatikan beberapa tips sebagai berikut.

  • Segera proses pesanan yang masuk agar produk yang dibeli dapat sampai di lokasi pembeli dengan cepat.
  • Untuk sistem online, penjual perlu memilih kurir yang terpercaya.
  • Jalin hubungan baik dengan pembeli agar dapat berkomunikasi secara lebih mudah.
  • Jika bertemu secara langsung, pastikan untuk memilih lokasi yang dekat dengan pembeli agar lebih nyaman.
  • Pastikan untuk memeriksa kondisi barang sebelum dikirim agar pembeli tidak merasa kecewa.

Tips Transaksi COD untuk Pembeli

Jika telah memahami apa arti cod lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Pembeli juga harus mengetahui tips bertransaksi aman dan nyaman dengan menggunakan sistem COD. Simak uraiannya di bawah ini.

  • Pilihlah toko yang menyediakan sistem pembayaran COD jika belanja secara online.
  • Periksa reputasi toko agar bisa lebih yakin untuk berbelanja.
  • Baca review yang diberikan oleh para konsumen sebelumnya untuk dapat mengetahui kualitas produk yang akan dibeli.
  • Siapkan uang tunai yang sesuai dengan nilai transaksi.
  • Apabila bertemu secara langsung dengan penjual, pilihlah lokasi yang ramai agar lebih aman. Periksa kondisi barang sebelum membayar.

Penjelasan tentang COD artinya beserta kelebihan dan kekurangannya dapat memberikan pemahaman yang lebih baik terkait metode pembayaran langsung secara tunai. Dengan begitu transaksi secara online maupun bertemu langsung dapat dilakukan secara nyaman dan aman.

Tapi jika bisnis Anda semakin besar, tentunya akan ada banyak sekali transaksi keluar masuk. Mengelola keuangan dalam bentuk rekapan data atau laporan keuangan sangat penting dilakukan bagi para pelaku kegiatan bisnis online shop. Untuk memudahkan dalam pembukuan rekap orderan olshop, sebaiknya Anda cobalah menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Software Akuntansi Beecloud dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, aplikasi stok barang sederhana, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan invoice pembelian dan pembayaran.

Coba gratis Beecloud sekarang! Info lebih lanjut klik banner di bawah ini.

Mudah input PO dan pantau stok pakai Beecloud

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Metode Pencatatan Persediaan Barang Dagang dan Strateginya
Dalam mengelola persediaan perusahaan barang dagang, metode pencatatan persediaan barang dagang yang tepat memiliki peran krusial dalam menjaga keseimbangan antara
Baca Juga
4 Cara Menghitung Modal Awal Usaha dan Contohnya
Memulai merintis karir sebagai seorang pengusaha mengetahui cara menghitung modal adalah hal dasar yang perlu dipahami, dimana modal ini menjadi
Baca Juga
10 Tips Manajemen Stok Barang Toko Ritel
Tujuan utama dari setiap bisnis ritel adalah menjual produk sesuai target. Karena produk ritel maka proses stok dan inventory harus
Baca Juga
10 Komponen Komunikasi Penting Dalam Melakukan Promosi
Komponen komunikasi tidak dapat dipisahkan dari jalannya sebuah proses bisnis. Hal tersebut karena apa pun jenis bisnis yang dilakukan selalu
Baca Juga
Tips Melakukan Manajemen Gudang yang Benar
Setiap perusahaan yang punya gudang sendiri atau menyewa memang sudah sepatutnya melakukan suatu sistem manajemen gudang secara baik dan benar.
Baca Juga
Tingkatkan Efisiensi dengan Sistem Pemrosesan Transaksi
Dalam era modern yang serba cepat dan bergerak, sistem pemrosesan transaksi atau bahasa inggrisnya Transaction Processing System (TPS), telah menjadi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu