Logo Bee Web

13 Langkah Memulai Bisnis Rice Box Peluang Usaha Kekinian

Tergitur ingin memulai bisnis rice box? Tapi ridak tahu mau memulainya dari mana? Yuk simak tips dan triknya pada artikel berikut ini
Penulis: Lutfatul Malihah
Dipublish Tgl: Monday, 17 April 2023

Peluang usaha semakin kesini semakin bervariasi salah satunya adalah bisnis rice box, sebuah sajian nasi lengkap dengan aneka lauk yang dikemas dalam sebuah box menarik.

Fenomena bisnis rice box sudah booming sejak tahun 2020 lalu dan menjadi usaha kuliner yang paling diminati. Dengan kemasannya yang praktis dan menarik inilah kenapa rice box bisa sukses mencuri perhatian berbagai kalangan.

Ingin memulai bisnis tapi tidak tahu caranya? Yuk simak selengkapnya pada artikel di bawah ini:

Cara dan Tips Sukses Bisnis Rice Box

Bisnis Rice Box

Potret Rice Box dengan Dua Varian Menu (Credit: Frepik.com)

1. Membuat Rencana Usaha yang Matang

Langkah awal dalam memulai sebuah usaha adalah dengan membuat sebuah rencana. Hal ini berlaku untuk semua jenis bisnis yang akan dikembangkan tanpa terkecuali.

Dengan adanya perencanaan ini pengusaha bisa melakukan analisa juga persiapan yang lebih matang dalam menghadapi setiap alur bisnis di masa yang akan datang.

Saat mengembangkan rencana bisnis, Anda perlu memperhatikan berbagai hal. Mulai dari menentukan jumlah dana, melakukan analisa pasar, menentukan perkiraan harga, dll.

Selain itu, dalam melakukan pengembangkan rencana bisnis yang lengkap, Anda dapat memulai dengan berbagai penelitian. Misalnya mencari referensi di internet, di buku, di komunitas bisnis, atau langsung di industri.

2. Menentukan Menu yang Akan Dihidangkan

Selanjutnya adalah menentukan menu yang akan dihidangkan atau tawarkan. Menu ini menjadi hal penting yang sangat-sangat perlu diperhatikan setiap pengusaha rice box. Semakin enak, semakin bervariatif dan semakin unik maka semakin menguntungkan juga.

Dimana bisnis kuliner cita rasa akan menjadi penentu pelanggan mau membeli ulang atau tidak, kemudian pilihan yang bervariatif menjadikan konsumen memiliki banyak pilihan dan tidak bosan hanya dengan menu itu-itu saja. Selanjutnya adalah keunikan, keunikan ini akan menjadi citra atau branding bisnis rice box Anda dikenal.

Sebab, biasanya selain nama, lokasi bisnis, interior bangunan menu yang unik akan lebih mudah diingat oleh konsumen. Tidak hanya itu saja, adanya menu makanan yang unik ini akan menjadi poin tambahan Anda dibandingkan dengan kompetitor bisnis Anda.

Baca Juga: 11 Ide Bisnis Makanan Kekinian dan Paling Laris 2023

3. Memperhitungkan Modal Bisnis Rice Box

Perencanaan sudah dilakukan begitu juga penyusunan menu, langkah berikutnya adalah menghitung modal bisnis. Menghitung keperluan modal Iki dilakukan untuk mengoptimalkan realisasi rencana bisnis yang sudah ada susun sebelumnya. Sekaligus sebagai pencatatan keuangan dan analisa di akhir periode nanti. Apakah bisnis untung atau malah sebaliknya.

4. Memilih Supplier Bahan Baku

Keempat adalah memilih supplier yang tepat, supplier sendiri adalah seorang memberikan atau menyuplai bahan baku yang kemudian akan dikelola menjadi produk rice box. Pemilihan Supplier ini penting di lakukan secara hati-hati dan bijak.

Dari supplier kualitas produk dan harga yang akan Anda jual ditentukan. Sebab, mereka yang menyediakan bahan awal juga memberikan harga kepada bahan baku yang Anda kelola. Semakin bagus bahan baku maka akan semakin bagus pula kualitas makanan Anda, begitu pula dengan harga dan sebaliknya.

6. Menentukan Lokasi Bisnis Rice Box

Hal selanjutnya yang perlu direncanakan agar bisnis rice box sukses dan mendapatkan banyak pelanggan adalah menentukan lokasi bisnis yang strategis dan mudah dijangkau konsumen.

Pastikan lokasi usaha yang dipilih ramai dan mudah ditemukan. Semakin strategis lokasi usaha yang dipilih, maka akan semakin menjanjikan. Seperti area perkantoran, sekolah dan tempat penting lainnya.

Penjualan offline tidak serta merta membutuhkan pembangunan toko fisik, dan membutuhkan modal yang besar. Anda juga bisa menyewa toko untuk dijual jika dana bisnis Anda bermasalah. Atau bisnis rice box ini hanya mengandalkan via online saja sehingga tidak perlu menggunakan toko atau lokasi bisnis lainnya.

7. Mulai Proses Pemenuhan Kebutuhan Operasional

Rice Box Adalah

Ilustrasi Peralatan Dapur Sebagai kebutuhan Operasional Bisnis Kuliner (Credit: Freepik.com/ @Rawpixel)

Berikutnya Anda bisa mulai membangun bisnis nasi kotak ini, dimulai dari membangun interior bangunan, sampai membeli aneka ragam kebutuhan operasional selain bahan baku. Seperti kardus box kemasan nasi, peralatan masak, air, listrik, kursi dan lain sebagainya.

8. Lakukan Branding dan Promosi

Jika bisnis sudah mulai dijalankan jangan lupa lakukan promosi, lokasi bisnis yang ramai tidak cukup untuk bisa mengenalkan produk Anda ke khalayak umum. Promosi ini juga bisa menjadi ajang Anda untuk melakukan branding dan menentukan bagaimana citra bisnis yang ingin Anda bangun.

Kini cara promosi bisa dilakukan dengan banyak cara dengan biaya yang juga tidak terlalu tinggi, cocok untuk pebisnis pemula yang ingin membangun usahanya. Cara promosi bisa dilakukan di media sosial seperti Instagram, tiktok, website dan masih banyak media promosi lainnya.

9. Jalankan Bisnis Via Online Juga

Perkembangan zaman dan perubahan pola gaya hidup masyarakat pasca pandemi begitu terasa, salah satunya kebiasaan serba online mulai dari belanja sampai memesan makanan. Hal ini menjadi peluang usaha untuk Anda untuk memperluas pasar juga meningkatkan pendapatan.

Kini juga sudah beragam media yang bisa digunakan untuk berjualan makanan via online, mulai dari gofood, grabfood sampai shopee food. Daftarkan diri dan memanfaatkan peluang yang ada.

10. Jaga Kualitas Rice Box

Setelah bisnis sudah mulai lancar dan berkembang, jangan sekali - kali Anda berfikiran untuk mengurangi kualitas dari bisnis kuliner yang akan Anda jalankan. Sebab, kualitas ini akan sangat menentukan bagaimana bisnis Anda akan berjalan.

Produk yang terjaga ini akan menumbuhkan loyalitas customer, dan bisnis pun akan berjalan dengan stabil bahkan berpotensi mengalami peningkatan secara berkala dari rekomendasi antar costumer yang ada.

Baca Juga: 8 Cara Menentukan Harga Jual Produk Anda

11. Berikan Pelayanan Terbaik

Selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang terbaik, layanan yang baik ini mencakup fasilitas, desain interior bisnis, kecepatan pelayanan dan keramahan dalam melayani.

Sehingga, banyak hal yang perlu dioptimalkan agar bisnis rice box Anda bisa bersaing dengan kompetitor lainnya. Upayakan untuk memberikan pelayanan yang cepat dan ramah agar pelanggan menjadi lebih betah.

Tawarkan layanan sebanyak mungkin untuk memberi mereka pengalaman berbelanja yang baik dan berkesan. Jika pelanggan memiliki masalah, cobalah untuk merespons secepat mungkin dan temukan solusinya.

Pelanggan yang puas dengan pelayanan toko Anda lebih cenderung melakukan pembelian berulang. Bahkan, mereka tidak segan-segan untuk merekomendasikannya kepada klien lain.

Cta Beepos Software Kasir Khusus Usaha Makanan Dan Minuman

Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos untuk meningkatkan efisiensi pelayanan. Selain itu, beragam program loyalitas pelanggan juga bisa diatur dengan mudah secara terpusat dalam sekali klik. Mulai dari promo, loyality, mamber, diskon dan masih banyak lagi.

12. Punya Manajemen Bisnis yang Baik

Bisnis yang bertahan lama adalah bisnis yang memiliki manajemen yang terkontrol, baik manajemen bisnis, operasional dan keuangan.

Manajemen bisnis mencakup bagaimana pihak pemilik mengatur bagaimana para pegawainya bekerja, sistem operasional berkaitan bagaimana mengatur produksi sampai penjualan yang terjadi, kemudian yang terakhir adalah manajemen keuangan.

Manajemen keuangan ini berfungsi untuk memantau bagaimana kondisi perusahaan pada setiap periodenya, apakah bisnisnya sedang rugi atau sedang untung.

13. Mau Belajar dan Evaluasi

Dalam menjalankan bisnis, belajar adalah tidak akan ada habisnya. Banyak sekali perubahan yang terjadi baik dalam segi pasar maupun customernya. Setiap perubahan yang terjadi ini harus siap dan sigap dihadapi agar tidak merugi bahkan bangkrut.

Nah, sekian informasi yang bisa disampaikan tentang tips dan trik menjalankan bisnis rice box banjir customer. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

9 Rekomendasi Franchise Murah Cocok Untuk Memulai Usaha
Membeli franchise murah termasuk pilihan paling tepat bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Pasalnya modal yang dibutuhkan
Baca Juga
13 Cafe Murah Meriah, Tempat Nongkrong Favorite di Surabaya
Cafe murah meriah di surabaya adalah angin segar bagi kita, kaum yang hobby nongkrong tapi takut dompet kecekik. Di Surabaya
Baca Juga
Apa itu E-Commerce? Inilah Penjelasannya
Berkat Internet, perkembangan teknologi telah menimbulkan peluang baru dalam dunia bisnis. Web E-commerce adalah salah satunya. Banyak orang belum mengetahui
Baca Juga
5 Rekomendasi Software Cetak Struk Online Terbaik 2023
Software struk cetak online merupakan inovasi teknologi yang sangat berguna dalam mengembangkan bisnis Anda, pasalnya software cetak struk ini sudah
Baca Juga
Template Laporan Keuangan Sederhana Mudah Ditiru!
Template laporan keuangan sederhana sangat dibutuhkan pengusaha yang baru memulai atau yang sudah berjalan lama. Karena memang ada beberapa pengusaha
Baca Juga
Apa itu Supplier, Jenis, dan Cara Mencari Supplier Terbaik
Seringkali supplier disamakan dengan distributor padahal keduanya dua hal yang berbeda. Apa itu supplier? Supplier adalah orang atau perusahaan yang
Baca Juga

Artikel Populer

Tuesday, 10 May 2022
Download File Excel Laporan Laba Rugi Gratis
Baca Juga
Friday, 11 September 2020
11 Contoh SIM (Sistem Informasi Manajemen) Perusahaan
Baca Juga
Monday, 7 March 2022
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Baca Juga
Thursday, 21 April 2022
Aplikasi POS Alfamart Adalah: Pengertian dan Cara Kerja
Baca Juga
Friday, 25 September 2020
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Baca Juga
Monday, 25 April 2022
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu