Logo Bee Web

11 Tahapan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Lengkap

Hal-hal yang wajib diketahui dari siklus akuntansi perusahaan dagang, mulai dari definisi, manfaat, hingga siklusnya.
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 28 February 2023

Masing-masing jenis akuntansi memiliki tahapan siklusnya sendiri, hal ini juga berlaku pada siklus akuntansi perusahaan dagang. Jenis siklus ini sangat penting untuk perusahaan dagang dikarenakan proses membuat laporan keuangan secara sederhana.

Pembuatan laporan ini dalam suatu periode tertentu. Di dalam tulisan ini akan membahas seputar siklus akuntansinya, manfaat, hingga perbedaannya dengan siklus akuntansi perusahaan jasa.

Apa itu Siklus Akuntansi?

Business Pitching Adalah

Ilustrasi Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai Tahapan (Sumber: Freepik.com)

Siklus akuntansi merupakan suatu rangkaian aktivitas yang dibagi menjadi rangkaian kegiatan. Hal ini berkaitan dengan analisis transaksi suatu perdagangan yang dimasukkan ke dalam jurnal serta berikutnya ke buku besar.

Untuk buku besar ini tercantum akun-akun perkiraan yang berkaitan dengan beragam pencatatan transaksi keuangan. Buku besar terdiri dari konsumen, pemasok, serta umum atau nominal.

Definisi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Sebelum membahas siklus akuntansinya, sebaiknya Anda pelajari dasarnya terlebih dahulu seperti apa itu siklus akuntansi, perusahaan dagang, serta ciri-cirinya. Hal ini untuk meningkatkan wawasan serta pemahaman dari akuntansi perusahaan dagang.

Pengertian Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan sebuah jenis perusahaan yang kegiatan utamanya berupa penjualan serta penawaran produk. Jenis produk ini seperti barang setengah jadi, bahan baku, hingga barang jadi.

Barang-barang ini bisa hasil dari pertanian, hutan, perkebunan, serta industri pengolahan. Aktivitas perusahaan dagang dimulai dari membeli, menyimpan, hingga menjual kembali produk dagangannya tanpa memberi nilai tambah.

Baca Juga: Contoh Perusahaan Dagang, Ciri-ciri, dan Siklus Akuntansinya

Ciri-Ciri dari Jenis Perusahaan Dagang

Ada 4 ciri dari jenis perusahaan ini, berikut diantaranya:

  1. Asal pendapatan utama perusahaan ialah penjualan barang dagangan.
  2. Biaya utama berasal dari harga pokok barang yang terjual serta biaya usaha-usaha lainnya.
  3. Tujuan dari jenis perusahaan dagang ini yaitu mencari keuntungan dari penjualan barang dagang dengan memberikan harga lebih tinggi dibanding harga beli.
  4. Ada akun persediaan barang dagang di dalam akuntansi perusahaan.

Definisi dari Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Perhitungan Modal Biaya

Sikus Akuntansi Merupakan Alur Perputaran Pembuatan Laporan yang Tidak Pernah Putus (sumber: Istockphoto)

Siklus suatu putaran waktu yang didalamnya ada rentetan peristiwa yang terjadi berulang kali secara teratur. Jenis siklus yang pada akuntansi memiliki manfaat yaitu memberi kemudahan dalam penyelesaian pekerjaan akuntansi.

Lalu, siklus perusahaan dagang adalah sebuah proses dalam pembuatan laporan keuangan untuk perusahaan dagang dalam suatu periode tertentu. Siklus ini tidak putus hingga tahap akhir dikarenakan tahap satu dan lainnya saling berkaitan.

Ikut dalam aturan ini penting karena para pengambil keputusan perusahaan bisa menerima informasi secara lengkap tentang keuangan perusahaannya. Tidak hanya itu, pembuatan siklus ini bisa membantu sistematika dalam memahami beragam informasi akuntansi.

Manfaat dari Siklus Akuntansi Dagang

Saat melakukan proses penyusunan laporan keuangan perusahaan, Anda wajib melakukannya sesuai prosedur siklus akuntansi yang berlaku. Hal ini supaya Anda serta perusahaan mendapat beragam manfaat.

1. Mendapatkan Beragam Informasi yang Bermanfaat

Informasi ini seperti kondisi keuangan dari perusahaan Anda secara tepat serta gambaran dari laporan penghasilan, jumlah piutang, modal perusahaan, hingga laba rugi. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui perkembangan performa perusahaan apakah menurun atau meningkat.

2. Penghitungan Pajak Terasa Lebih Mudah

Pajak adalah sebuah kontribusi wajib kepada negara serta bersifat memaksa untuk keperluan negara. Penyusunan laporan keuangan sesuai siklus bisa memudahkan penghitungan pajak. Anda juga tidak kesulitan dalam mengetahui jumlah pajak yang wajib disetor ke negara.

Tahapan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Contoh Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang (Sumber: slideplayer.info)

Secara umum, ada 11 tahapan siklus dari akuntansi perusahaan dagang ini. Hal ini dimulai dari pencatatan transaksi di jurnal umum, membuat laporan keuangan umum hingga membuat jurnal pembalik.

1. Pencatatan Transaksi kedalam Jurnal Umum

Siklus pertama ini Anda harus melakukan pencatatan pada seluruh transaksi bisnis serta kejadian yang ada di dalam sistem akuntansi sebuah perusahaan dagang. Tujuannya untuk menampilkan bagaimana kejadian tersebut berubah dalam persamaan akuntansi.

2. Pencatatan didalam Buku Besar Pembantu

Buku Besar Bentuk Skontro

Contoh Buku Besar Bentuk Skontro (Sumber: Bee.id)

Akun pada buku besar pembantu membuat kategori perubahan ke dalam akun tertentu. Hal ini membuat manajemen bisa mempunyai informasi yang bermanfaat untuk kinerja keuangan beserta tujuan penganggaran.

3. Pembuatan Neraca Saldo yang Belum Disesuaikan

Neraca saldo ini berisi daftar seluruh akun bisnis yang tampil di laporan keuangan, alurnya sebelum entri dari jurnal penyesuaian pada akhir tahun dibuat. Hal tersebut membuat neraca saldo ini disebut tidak disesuaikan.

4. Melakukan Entry pada Jurnal Penyesuaian

contoh jurnal penyesuaian

Contoh jurnal penyesuaian (Sumber: Bee.id)

Definisi dari jenis jurnal ini ialah entri jurnal yang dibuat di akhir periode tujuannya mengoreksi akun sebelum penyusunan laporan keuangan. Ada 3 jenis entri yaitu pembayaran di muka, akrual, serta pengeluaran non tunai.

5. Persiapan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Jenis neraca saldo ini berisi daftar seluruh akun perusahaan yang akan tampil pada laporan keuangan setelah jenis jurnal penyesuaian akhir tahun ini dibuat. Ada 2 cara utama dalam menyiapkan neraca saldo tetapi tergantung situs perusahaan serta bagan akun yang dipakai.

Cara pertama, posting akun ke saldo setelah melakukan penyesuaian memakai metode yang sama. Cara kedua, ambil saldo percobaan yang tidak disesuaikan serta tambahkan penyesuaian ke akun yang sudah diubah.

6. Siklus Keenam: Pembuatan Laporan tentang Keuangan

Persiapan pembuatan laporan keuangan ini diantaranya neraca, laporan arus kas, laporan laba ditahan, serta laporan laba rugi dari perusahaan dagang. Konsep pelaporan ini fokus pada penyediaan informasi untuk pengguna eksternal ke dalam bentuk sebuah laporan keuangan.

7. Pembuatan Dokumen Lembar Kerja Akuntansi

Lembar kerja ini berperan sebagai alat untuk menolong akuntan dalam menyelesaikan siklus akuntansi serta persiapan laporan akhir tahun. Dokumen jenis ini mempunyai 5 set kolom yang dimulai dengan akun saldo percobaan yang belum disesuaikan.

8. Pembuatan Berikutnya yakni Jurnal Penutup

Contoh Jurnal Penutup Usaha Dagang

Contoh Jurnal Penutup Usaha Dagang

Jenis jurnal penutup ini ialah entri yang dibuat diakhir periode akuntansi untuk penghapusan seluruh akun sementara serta melakukan transfer saldo mereka ke akun yang permanen. Oleh karena itu, fungsinya melaksanakan penutupan akun sementara.

9. Siklus Kesembilan: Pembuatan Ringkasan Sambilan

Akun ringkasan sambilan ini merupakan akun sementara yang bertujuan menyimpan saldo akun laporan laba rugi, akun pendapatan, serta pengeluaran selama langkah entri penutupan. Jenis akun ini hanya sebagai pengganti ketika entri penutupan sedang proses dibuat.

10. Penyusunan Neraca Saldo Setelah Penutupan

Neraca Saldo Setelah Penutupan Perusahaan Dagang

Contoh Neraca Saldo Setelah Penutupan Perusahaan Dagang (Sumber: akuntansis.blogspot.com)

Neraca saldo ini berisi daftar akun atau akun yang permanen serta tetap mempunyai saldo setelah entri penutupan dibuat. Tujuan penyusunan untuk melakukan verifikasi semua akun sementara sudah ditutup secara benar.

11. Siklus Kesebelas: Membuat Jurnal Pembalik

Pembuatan jurnal pembalik dilaksanakan karena akrual di tahun sebelumnya serta pembayaran di muka akan dilunasi sehingga tidak perlu dicatat sebagai aset serta kewajiban. Namun, jurnal pembalik ini bersifat opsional.

Dari 11 tahapan ini, ada contoh siklus akuntansi perusahaan dagang sebagai ringkasan serta lampiran tambahan. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam memahami siklus dengan baik serta benar.

Selain itu, pada contoh gambar ini ada beberapa keterangan untuk memperjelas tiap tahapannya. Berikut ini adalah contohnya.

Baca Juga: 9 Tahapan Siklus Akuntansi Beserta Pengertian Contohnya

Perbedaan Siklus Perusahaan Dagang dengan Jasa

Ada 2 perbedaan yang dimiliki siklus akuntansi antara perusahaan dagang dengan jasa. Pertama yaitu prinsipnya. Kedua pencatatan transaksi.

Ilustrasi pembuatan Laporan Keuangan (Sumber: Freepik.com)

1. Perbedaan Prinsip antara Perusahaan Dagang dengan Jasa

Perusahaan dagang menjual produk dari penyuplai ke dalam bentuk barang yang telah jadi tujuannya dijual kembali. Sedangkan perusahaan jasa menjual layanan atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dari konsumennya.

2. Perbedaan Pencatatan antara Perusahaan Dagang dengan Jasa

Pada perusahaan dagang diwajibkan mencatat seluruh transaksi pembelian serta penjualan barang inventaris mereka. Sebaliknya, perusahaan yang bergerak dibidang jasa ini tidak diwajibkan melakukan pencatatan transaksi.

Kesimpulan

Seluruh proses siklus akuntansi ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian supaya perusahaan Anda tidak mengalami kesalahan fatal di kemudian hari. Untuk memudahkan proses pembuatan laporan dari awal siklus sampai penutupan di akhir periode, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Dengan fitur pengelolahan stok yang klop, laporan keuangan akurat dan lengkap dari laba rugi sampai akuntansi. Berbisnis lebih mudah, bisa dicek kapan saja dan dimana saja.

software akuntansi online beecloud untuk analisa keuangan

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Tips Bisnis

Coba Gratis

Follow Social Media Bee

Template Laporan Keuangan Sederhana Mudah Ditiru!
Template laporan keuangan sederhana sangat dibutuhkan pengusaha yang baru memulai atau yang sudah berjalan lama. Karena memang ada beberapa pengusaha
Baca Juga
Laporan Keuangan Neraca: Komponen, Cara Membuat, dan Contohnya
Dalam ranah akuntansi, dikenal istilah laporan keuangan neraca. Laporan ini adalah salah satu dari beberapa jenis laporan keuangan. Laporan ini
Baca Juga
Apa itu Profit? Profit Adalah Laba, Ini Penjelasan dan Rumusnya
Profit adalah Laba yang didapatkan sebuah perusahaan/ bisnis dalam periode akuntansi tertentu yang sudah ditentukan. Sederhananya profit merupakan sebuah rincian
Baca Juga
4 Contoh Pembukuan Kas Masuk dan Keluar dan Prosesnya
Contoh pembukuan kas masuk dan keluar - Buku kаѕ mеruраkаn elemen penting dаlаm реnсаtаtаn kеuаngаn. Tіdаk hanya penting bаgі mereka
Baca Juga
Software Akuntansi Online Bisnis, Berikut Penjelasan Manfaatnya
Sekarang, dunia bisnis tak lagi sama dengan zaman dahulu. Secara perlahan, bisnis konvensional mulai bergerak menuju era digital. Hal ini
Baca Juga
Contoh Laporan Keuangan Konsolidasi dan Fungsinya
Contoh laporan keuangan konsolidasi adalah cerminan integral dari kesehatan finansial sebuah grup bisnis, dimana laporan ini menggambarkan gambaran menyeluruh tentang
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Ruang 59 - Jl. Surya Sumantri No.59, Sukawarna, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu